Cara Merawat Kucing Anggora

Beranda » Kucing » Cara Merawat Kucing Anggora

Kamu penggemar kucing? Jika iya, pasti kamu tidak asing lagi dengan kucing anggora. Cara merawat kucing anggora ini juga tidak bisa sembarangan karena kucing ini bukanlah kucing biasa.

Kucing ini adalah salah satu kucing tercantik di dunia dan memiliki banyak sekali penggemar. Jika kamu sedang memelihara kucing ini simak cara terbaik untuk merawat kucing anggora dan menjaganya tetap sehat.

Tentang Kucing Anggora

gambar kucing anggora

Trah ini diyakini berasal dari suku Tartar di wilayah Ankara, Turki tengah berabad-abad yang lalu. Menurut beberapa sumber Sultan Turki menganugerahkan kucing cantik ini sebagai hadiah untuk bangsawan Eropa pada abad ke-16.

Setelah dikhawatirkan akan punah, pemerintah mulai melindungi kucing anggora. Sejak 1917, kebun binatang Ankara telah menyiapkan program pemuliaan untuk melindungi dan melestarikan kucing jenis ini.

Anggora adalah jenis kucing yang membutuhkan cinta dan perhatian ekstra karena Anggora adalah jenis kucing yang manja. Kucing ini adalah kucing yang cukup nakal, terlebih lagi jika mereka tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari pemiliknya.

Cara Merawat Kucing Anggora

cara merawat kucing anggora dengan baik

Jika kamu yang tertarik merawat kucing Anggora, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara merawat kucing Anggora dengan benar. Karena merawat kucing anggora tidak sama dengan merawat kucing pada umumnya.

Merawat kucing Anggora itu sedikit ribet karena kucing Anggora perlu lebih banyak perhatian daripada kucing lainnya. Berikut beberapa hal yang disarankan untuk merawat kucing Anggora.

Siapkan Kandang yang Luas

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan tempat tinggal yang layak dan nyaman. Kamu bisa beli kandang khusus kucing di pet shop dengan menyesuaikan ukuran kucing.

Karena kucing ini termasuk kucing yang butuh ruang luas kamu bisa beli kandang yang lebih besar dari kucing lokal. Agar kucing semakin nyaman, kamu bisa mempercantik kandang dengan berapa mainan.

Bersihkan Kandang Kucing

Hal penting yang patut kamu perhatikan selain menyiapkan kandang yang luas adalah harus rajin membersihkan tempat kucing bernaung. Kandang yang bersih bisa mengurangi risiko kucing terjangkit penyakit. Selain itu kucing bisa lebih betah tinggal di dalamnya.

Kamu tidak perlu membersihkannya setiap hari. Yang ideal kamu bisa bersihkan sekitar 7 sampai 10 hari sekali.

Berikan Pasir Khusus Kucing

Selain itu, kamu juga perlu pasir untuk membuang kotoran kucing yang bersih dan berkualitas. Jika pasir tempat kucing buang kotoran tidak dibersihkan, pasir akan mengeluarkan bau yang tidak enak dan dapat menyebabkan berbagai penyakit untuk kucing kesayangan kamu.

Ukuran tempat pasir kucing juga harus dipertimbangkan agar kucing kita merasa nyaman. Ukuran tempat pasir harus disesuaikan dengan berat dan ukuran kucing.

Mandikan Kucing Anggora

Kucing pada dasarnya adalah hewan yang bisa membersihkan badan dengan baik. Tapi alangkah baiknya kamu sebagai pemilik perlu memandikan kucing anggora.

Bulu kucing ini sangat tebal bisa jadi bersih secara keseluruhan apabila dimandikan secara teratur. Jangka waktu memandikan kucing ini biasanya satu sampai 2 bulan sekali.

Rutin Menyisir Bulunya

Selain memandikan kucing, kamu juga harus memastikan bulu kucing ini rapi dan terawat. Bulu anggora termasuk panjang daripada kucing lainnya jadi rentan kusut.

Apalagi jika anggora kamu sering bermain di luar rumah pasti bulunya jadi tak beraturan. Merapikan bulu anggora juga bisa menjaga anggora tetap sehat karena kotoran yang menempel di bulu tidak akan dijilat kucing.

Pastikan Memotong Kukunya

Kuku anggora juga perlu kamu perhatikan. Kamu jangan sampai membiarkan anggora memiliki kuku yang panjang karena kuku panjang biasanya membawa kotoran.

Kamu bisa merapikan kuku anggora di rumah secara mandiri atau potong kuku kucing ke dokter. Potong kuku kucing tidak perlu kamu lakukan setiap hari. Kamu bisa menunggu kuku kucing panjang sekitar 3 minggu sampai 4 minggu.

Bersihkan Telinganya

Cara ketujuh cara merawat anggora yang direkomendasikan adalah menjaga kebersihan telinga. Sama seperti kuku, telinga kucing juga mudah kotor. Dan jika dibiarkan kucing kamu bisa terkenal beberapa penyakit seperti telinga tersumbat.

Agar aman kamu bisa bawa ke dokter hewan saat ingin membersihkan telinga. Tapi jika kamu ingin membersihkan secara mandiri, kamu dapat memanfaatkan cotton bud.

Beri Asupan Makanan Bergizi

Sebagai ras yang kuat dan sehat, Anggora tidak memerlukan perawatan atau nutrisi khusus. Hal terbaik yang bisa dilakukan agar kucing anggora berumur panjang dan sehat adalah beri makanan dan minuman kucing anggora berkualitas tinggi.

Kamu dianjurkan untuk memberi makanan berprotein tinggi dimana kandungan protein dari setiap makanan yang diberikan kurang dari 40%. Kamu dapat konsultasi dengan dokter hewan tentang makanan kucing Anggora yang bergizi.

Sebagai karnivora, kucing bergantung pada protein premium. Mereka tidak dapat mengandalkan asupan karbohidrat saja karena dapat menyebabkan penyakit sekunder seperti diabetes.

Menu makanan yang berikan tidak boleh sembarangan karena anggora ternyata kucing yang mudah kelebihan berat badan. Karena kalau sudah obesitas, kesehatan kucing anggora akan banyak terganggu.

Terlepas dari nutrisi yang tepat, kamu harus membawa kucing anggora periksa ke dokter hewan setahun sekali untuk suntik vaksin. Pemeriksaan jantung dan paru juga perlu untuk mengenali penyakit potensial pada tahap awal.

Pemberian Vaksin

Tips yang ke sembilan adalah kamu harus sering-sering memeriksakan kesehatan kucing ke dokter hewan. Terlebih lagi kucing anggora, karena kucing jenis ini lebih rentan daripada kucing lokal.

Pemberian vaksin kucing secara rutin bisa menambah kekebalan tubuh kucing dan menjaganya tetap fit. Jika kamu rutin memberikan vaksin kepada kucing anggora, kamu tidak akan khawatir kucing terserang penyakit berbahaya.

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

Dalam proses merawat anak kucing anggora, ada sedikit perbedaan dengan yang dewasa. Pasalnya, anak kucing anggora memerlukan perawatan dan kebutuhan nutrisi yang juga berbeda.

Merawat Dengan Hati-Hati

Cara merawat anak kucing anggora harus dilakukan secara teliti. Kamu wajib merawatnya dengan ekstra hati-hati karena kondisi anak kucing masih cukup lemah.

Tulang dan daya imunitas anak kucing lebih lemah dibandingkan yang sudah dewasa. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa perawatan yang dilakukan tidak membuat si kitten kesakitan.

Makanan Anak Kucing Anggora

Yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin merawat anak kucing yaitu dalam memberikan asupan makanan. Pasalnya, makanan yang diperlukan oleh kucing sangat bergantung pada usia.

Cobalah untuk melatih si anak kucing agar mulai makan ketika sudah beranjak di usia 6 minggu. Karena pada usia tersebut, perkembangan sistem pertahanan tubuh si kitten mulai terlihat.

Kemudian setelah anak kucing sudah menginjak usia 7 minggu, anak kucing tersebut mulai disapih dari induknya. Hal ini sebenarnya harus diketahui dalam merawat kucing anggora.

Jika kitten sudah terlatih untuk memakan makanan padat di usia 6 minggu, maka kamu hanya perlu menambah kandungan nutrisi pada makanannya agar anak kucing bisa berkembang dengan baik.

Pastikan makanan yang diberikan untuk kitten mengandung cukup nutrisi yang diperlukan. Misalnya seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang seimbang.

Menjaga Kebersihan

Hal perlu diperhatikan namun terkadang luput dalam merawat kucing anggora yaitu tetap menjaga kebersihan kandang dan juga kebersihan tubuh kucing itu sendiri.

Menjaga kebersihan kandang adalah hal yang wajib dilakukan. Karena jika kandang kucing kotor, maka anak kucing maupun kucing dewasa sekalipun akan mudah diserang oleh penyakit.

Disarankan untuk memandikan anak kucing minimal dua minggu sekali secara rutin. Selain itu, potong kuku dan sisir bulunya jika kamu menginginkan anak kucing tetap sehat dan cantik.

Penyakit Kucing Anggora

Penyakit Kucing Anggora

Kucing Anggora dapat menderita berbagai kondisi kesehatan. Walaupun ini mungkin kondisi medis yang umum, kucing Anggora tetap perlu mendapatkan perawatan intensif jika menderita beberapa penyakit ini.

Ataxia

Ataxia adalah kondisi langka yang dianggap sebagai resesif autosom dan biasanya mempengaruhi anak kucing Anggora. Ciri-cirinya biasanya akan muncul gerakan gemetar dan kebanyakan anak kucing yang menderita ataxia tidak akan bertahan hidup sampai dewasa.

Tuli

Kucing Anggora terkadang mengalami masalah dengan kemampuan pendengaran mereka. Jika kucing ini lahir dengan mata biru, bisa jadi ini adalah tanda bahwa kucing anggora mengalami masalah pendengaran.

Kardiomiopati Hipertrofi

Kardiomiopati Hipertrofi adalah kondisi dimana kucing anggora didiagnosis menderita kelainan jantung antara usia 2 hingga 6 tahun. Kucing Anggora jantan lebih sering terkena penyakit ini daripada kucing betina.

Perawatan yang dibutuhkan untuk merawat kucing anggora memang tidak semudah merawat kucing-kucing pada umumnya. Tapi segala materi dan usaha yang kamu keluarkan akan setara dengan hasil yang akan didapatkan.

Itu adalah beberapa cara merawat kucing Anggora yang disarankan. Kamu harus benar-benar memperhatikan dan meluangkan waktu untuk merawat kucing kamu setiap hari jika kamu benar-benar ingin kucing kamu tetap sehat.

Tinggalkan komentar