Kucing Bengal

Beranda » Kucing » Kucing Bengal

Bagi Anda yang memang pencinta kucing pasti tidak asing dengan kucing Bengal dan sudah tahu tentang seluk beluknya. Namun bagi yang baru mendengar pasti akan merasa penasaran dan ingin mengetahui lebih mendalam tentang jenis kucing satu ini.

Sebagai salah satu dari ras kucing yang ada, Bengal merupakan kucing unik dan memiliki bulu berbeda dari kucing pada umumnya. Banyak hal menarik tentang kucing ini dan jika Anda ingin mengetahui lebih jauh simak ulasan di bawah ini.

Informasi Tentang Kucing Bengal 

gambar kucing bengal

Banyak yang belum tahu tentang apa itu kucing Bengal dan bagaimana ciri-ciri hingga karakteristik lebih jelasnya? Kucing yang satu ini dikenal juga di masyarakat dengan sebutan kucing Blacan karena coraknya.

Kucing ini sangat unik jika dilihat dari segi penampilannya ataupun dari berbagai hal yang ada pada dirinya. Karena keunikan inilah yang membuatnya banyak dicari termasuk juga informasi seputar kucing satu ini.

Bengal merupakan kucing hasil dari persilangan antara kucing asian leopard dengan kucing american shorthair keturunan ketiga. Asalnya dari California, Amerika Serikat dan merupakan kucing hutan asli yang banyak digemari.

Secara sederhana ciri dari kucing ini yaitu memiliki badan yang lebih panjang dengan corak bulu khas dan berbeda dari kucing pada umumnya. Bulunya tebal dan membutuhkan perawatan khusus agar tidak merusak bulu indahnya.

Karena peminat ras kucing Bengal sangat tinggi maka tidak heran jika harga kucing yang satu ini juga melambung tinggi. Anda penasaran tentang sejarah, karakteristik, cara merawat dan berbagai informasi lainnya?

Yuk mengulas banyak tentang kucing yang satu ini!

Sejarah Kucing Bengal

Sejarah

Mengulas informasi tentang kucing memang sangat menarik karena pencinta kucing yang ada di seluruh dunia sudah sangat banyak.

Bahkan informasi tentang sejarah juga banyak dicari demi memperbanyak pengetahuan tentang jenis-jenis kucing. Sejarah singkat tentang Bengal yang diambil dari cuplikan buku karya Harrison Weir.

Tahukah Anda pada awal kemunculannya sebenarnya definisi kucing satu ini belum atau tidak jelas sama sekali. Informasi awal hanya menyebutkan hasil persilangan antara kucing domestik dan leopard saja tanpa adanya definisi jelas sekitar tahun 1889.

Informasi selanjutnya tentang asal usul kucing Bengal diketahui persilangan sama pada tahun 1924 di jurnal Saintifik Belgia. Sekitar tahun 1941 ada sebuah artikel yang dipublikasikan di Jepang tentang kucing dengan ciri-ciri mirip dipelihara oleh seseorang disana.

Pada era awal kemunculannya berbagai informasi masih belum terlalu jelas dan hanya samar-samar saja karena berbagai keterbatasan. Pengembang hanya mengembangbiakkan satu atau dua generasi saja dan tidak seperti saat ini.

Jean Mill merupakan salah satu orang yang disebut-sebut turut mencoba melakukan persilangan antara kucing. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil kucing domestik yang memiliki bulu seperti kucing liar.

Pada tahun 1963 Jean Mill kembali berjasa karena mampu mengembangkan Bengal pada era modern. Mill mencoba menyilangkan kucing leopard Asia yang masih liar dengan kucing domestik dan berhasil melakukan dokumentasi.

Pada tahun 1970 sampai tahun 1975 Jean Mill melanjutkan pengembangbiakan Bengal dan hingga akhirnya dikenal luas. Sehingga membuat banyak kelompok lain akhirnya juga turut tertarik untuk mengembangkan jenis kucing baru satu ini.

Bengal akhirnya diakui dan mendapatkan beberapa status, seperti:

  • TICA pada tahun 1991 sebagai championship.
  • GCCF pada tahun 1997.
  • FIFe pada tahun 1999.
  • ACF pada tahun 1999.

Jumlah pengembang Bengal terus meningkat menurut data dari TICA di tahun 1992 sekitar 125 yang terdaftar resmi. Jumlah ini naik berkali-kali lipat pada tahun 2019 menjadi 1929 itupun masih banyak pengembang yang belum terdaftar resmi.

Ciri Fisik Kucing Bengal

ciri ciri kucing bengal

Bagi pecinta kucing pasti dapat dengan mudah membedakan antara jenis kucing satu dengan jenis kucing lainnya. Hal ini dikarenakan setiap jenis kucing memiliki ciri-ciri khusus di beberapa bagian khusus seperti jenis kucing satu ini.

Bagian kepala

Secara sederhana mengetahui ciri-ciri Bengal dapat dilihat dari bagian kepala yang sangat khas. Bagian kepala kucing ini lebih besar dan agak panjang dibanding dengan kucing jenis lainnya.

Walaupun ukuran kepalanya lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya maka akan terlihat lebih kecil. Memiliki ukuran leher yang seimbang dengan kepalanya serta kekuatan otot leher sangat terlihat.

Hidungnya berukuran besar dan lebar serta memiliki warna merah bercorak hitam sangat menarik. Ciri khusus terlihat pada telinga runcing keatas, bentuk mata bulat dan lebar biasanya berwarna hijau.

Warna bulu

Untuk ciri corak kucing Bengal sangat khas dengan warna coklat dan bintik hampir di seluruh bagian tubuhnya. Hal inilah yang sekilas membuat kucing ini hampir mirip dengan anak harimau jika dari jauh.

Anda dapat menemukan ciri lain yang sangat khusus dan spesifik di warna bulunya. Karena di bagian pundak terdapat garis horizontal berwarna hitam dan lingkaran cincin di bagian ekornya.

Bagian badan

Ketika baru pertama kali melihat kucing ini Anda pasti akan terpesona dengan bentuk badannya dan hal ini menjadi ciri khusus. Badan yang atletis dan cukup panjang menjadi ciri mencolok dari kucing pada umumnya.

Secara umum dari berat badannya biasanya ideal dan tidak terlalu besar ataupun kurus. Sedangkan bentuk ekornya cukup panjang dibanding dengan ekor pada kucing umum yang sering ditemui.

Karakteristik Kucing Bengal

Karakteristik

Dari segi karakteristik kucing Bengal juga sangat menarik karena merupakan kucing cerdas dan selalu aktif. Kucing yang satu ini ternyata sangat suka air dan hal ini sangat berbeda dengan kucing lainnya.

Anda tidak perlu repot-repot dan bersusah payah memandikan kucing ini karena sangat nurut kalau diajak mandi. Bahkan sering diajak berendam bersama pemiliknya juga akan merasa nyaman-nyaman saja.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang penasaran untuk memeliharanya. Mengingat hal utama dalam memelihara kucing adalah menjaga kebersihannya dan tidak repot pada Bengal.

Bagi Anda yang ingin memelihara kucing dari jenis tertentu sebaiknya ketahui dulu bagaimana sifat aslinya. Hal ini akan sangat membantu mengingat sifat dari kucing akan berbeda satu sama lain termasuk Bengal.

Sangat lincah

Anda pasti sudah bisa menebak bagaimana sifat dari kucing yang satu ini jika melihat dari sejarah asal-usulnya. Bayangkan saja asalnya dari kucing liar Asia yaitu Leopard dan memang sudah biasa hidup secara bebas.

Keturunan genetik inilah yang membuat kucing Bengal besar sangat lincah biasa bermain melompat-lompat dan memanjat. Perlu Anda ketahui kalau kucing ini bahkan mampu melompat setinggi 3 meter.

Kemampuan melompat hingga bermeter-meter karena bentuk postur tubuhnya yang memang lebih panjang. Disamping itu bukan hewan penakut sehingga berani mengejar hewan apapun yang menurutnya sangat menarik.

Liar dan cerdas

Sudah menjadi rahasia umum kalau kucing ini sangat liar dan cerdas sehingga butuh perlakuan khusus ketika dipelihara. Karena kecerdasannya membuat suka tertarik dan penasaran dengan hal-hal baru diketahui.

Mudah belajar dan adaptasi dengan lingkungan sekitar membuat kucing ini sangat menarik untuk dipelihara. Namun terkadang karena merasa tertarik akan suatu hal baru biasanya akan membawa menggunakan mulutnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena kecerdasannya membuat mudah untuk dilatih dan mendisiplinkan diri. Bengal mampu dilatih menggunakan toilet serta berbagai trik kucing lainnya dan dijamin akan lebih cepat.

Banyak informasi yang mengatakan kalau sangat rusuh dan sering membuat kekacauan. Sebenarnya Bengal sangat penyayang kepada pemiliknya dan mudah adaptasi dengan orang baru sehingga tidak sulit untuk mengajaknya bermain.

Jenis Kucing Bengal

Jenis Kucing Bengal

Bengal memiliki beberapa ragam warna yang sudah diakui oleh TICA secara resmi, adapun warna-warnanya:

  • Coklat
  • Lynx point
  • Minx
  • Sepia
  • Perak

Sedangkan pola pada bulunya juga sudah diakui oleh TICA sebagai ciri khas dari kucing satu ini. Lantas pola apa saja yang ada pada Bengal, mari kita bahas dibawah ini untuk mengetahui lebih informasi.

Spotted

Spotted

Spotted merupakan corak macan tutul yang sangat populer dan paling banyak diminati dengan identik warna coklat. Walaupun sekilas terlihat mirip namun jika Anda amati corak macan tutul dengan Bengal sangat berbeda loh.

Warna corak tutul bisa bermacam-macam warnanya dan hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Warna-warna yang dimaksud antara lain hitam, coklat, merah, abu-abu, rosetted atau bahkan berawan atau gradasi.

Marble

Marble

Marble merupakan jenis pola pada bulu Bengal dengan ukuran yang lebih besar dan berbeda dari corak spotted. Corak Marble memiliki warna yang lebih gelap sehingga lebih mencolok dibanding dengan corak lainnya.

Selain itu corak Marble lebih menyeluruh di seluruh tubuh Bengal sehingga sangat dominan dengan gradasi minim. Sehingga membuat Bengal menjadi sangat menarik dari pola tutul yang berbeda-beda dan mempengaruhi harganya.

Cashmere Bengal

Cashmere Bengal

Cashmere Bengal umumnya memiliki bulu yang berukuran sedang, namun ada pula yang mempunyai bulu panjang. Perbedaan ini awalnya disebabkan karena adanya persilangan yang menghasilkan genetik resesif.

Kucing ini sangat aktif, selalu mencari tahu apa yang membuatnya penasaran, sering bermain keluar rumah, dan mudah beradaptasi dengan hewan peliharaan lainnya, seperti anjing.

Uniknya, kucing ini menyukai air sehingga mereka sangat nyaman ketika dimandikan. Jadi, sangat wajar apabila kucing jenis ini seringkali bermain air di wastafel atau shower.

Cara Merawat Kucing Bengal

Cara Merawat Kucing Bengal

Cara merawat kucing Bengal asli memang sedikit berbeda dengan kucing pada umumnya karena karakteristik dan sifat. Oleh sebab itu ketahui bagaimana cara yang paling tepat untuk bisa merawat kucing tersebut.

1. Nutrisi

Perlu Anda ketahui kalau Bengal merupakan kucing yang sangat aktif sehingga membutuhkan nutrisi tepat. Tubuhnya yang langsing dan berotot tentu membutuhkan banyak kalori dan nutrisi seimbang.

Anda harus memberikan makanan dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Hal ini demi menjaga kesehatan dan bentuk tubuhnya agar tetap langsing bertenaga.

2. Grooming dan kuku

Pada umumnya bulu yang dimiliki lebih tipis namun tetap saja Anda harus melakukan perawatan pada bulunya. Lakukan penyisiran dan pembersihan bulu seminggu sekali demi menjaga kebersihan bulu dari debu ataupun kotoran.

Untuk kukunya sebaiknya lakukan pemotongan di bagian ujung agar tidak terlalu runcing secara rutin. Hal ini dikarenakan sifatnya yang suka mencakar-cakar takutnya akan menyakiti Anda atau kucing lainnya.

3. Bukan jenis kucing indoor

Anda harus berpikir ulang kalau adopsi kucing Bengal karena berbagai alasan, salah satunya bukan jenis kucing indoor sejati. Mereka sangat aktif dan masih memiliki sifat liar sehingga bisa membuat rumah berantakan.

Maka untuk bisa memelihara sebaiknya siapkan tempat khusus di outdoor yang menjamin keamanannya. Biarkan melakukan aktivitasnya secara liar seperti berlari, melompat, mengikuti insting liarnya tanpa batasan namun tetap aman.

4. Butuh teman dan interaksi

Bengal merupakan kucing cerdas maka disarankan untuk memberikan teman bermain seperti kucing anggora atau jenis kucing lainnya. Mereka akan kompak dan klop karena mudah beradaptasi satu sama lain.

Jangan lupa untuk meluangkan waktu mengajaknya berinteraksi agar sifat liarnya bisa mudah dikendalikan. Ajari menjadi kucing rumahan secara perlahan agar tidak membuat rusuh di rumah.

5. Sering ajak jalan-jalan

Namun sebelum mengajaknya jalan-jalan coba latih untuk mau menggunakan tali terlebih dahulu. Tujuannya agar mudah dikendalikan ketika berada di luar dan tidak hilang ditengah banyak orang.

Makanan Kucing Bengal

Makanan Kucing Bengal

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat sebaiknya Anda juga harus mengetahui makanan kucing Bengal. Mengingat kucing ini bukan kucing rumahan asli maka makanan yang diberikan harus diperhatikan.

Makanan untuk kucing ini tidak boleh diberikan sembarangan jika ingin kucing tetap sehat dan aktif. Apalagi kucing terbiasa hidup di alam liar yang bebas dan makanan yang dimakan pun kebanyakan dari alam.

Ada komposisi tersendiri untuk makanan yang diberikan demi menjaga nutrisi dan Anda harus mengetahuinya. Setiap orang yang merawat biasanya memiliki cara berbeda dalam memberikan komposisi makanan.

Ada yang menyebutkan kalau mereka memberikan makanan sama seperti makanan kucing peliharaan pada umumnya. Namun ada juga yang memberi makanan daging rebus ataupun daging mentah untuk menjaga otot dari kucing tersebut.

Sebenarnya sah-sah saja dan tidak menjadi masalah namun disarankan untuk mencari informasi lebih jelasnya mengenai makanan. Sebaiknya campurkan daging dengan cat food kemasan demi menjaga nutrisi di dalam tubuhnya.

Harga Kucing Bengal

Jika anda ingin mencari tahu harga dari kucing yang satu ini, berikut daftar harga kucing bengal terbaru:

Jenis Kucing BengalUmurHarga
Silver Marble Mix Oriental SIam7 BulanRp2.500.000
Bengal Anakan2,5 bulanRp5.000.000
Import Bersertifikat3 BulanRp10.000.000 – Rp15.000.000
Bengal Putih7 BulanRp15.000.000
Bengal Asli3-6 BulanRp10.000.000 – Rp40.000.000

Itulah tadi berbagai informasi tentang Bengal sebagai salah satu jenis kucing dengan harga mahal. Informasi tersebut akan membantu Anda jika ingin merawat atau memelihara kucing Bengal dari rumah.

Tinggalkan komentar