Kucing Maine Coon

Beranda » Kucing » Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu ras kucing paling terkenal di New England dan juga di sebagian besar negara Amerika Serikat. Mereka adalah kucing yang paling lembut, paling berbulu, dan terbesar dari semua ras kucing peliharaan yang dipelihara oleh orang Barat.

Jika Anda penasaran dengan kucing ini, Anda bisa simak informasi detail mengenai sejarah, ciri-ciri, karakteristik, dan cara perawatan di bawah ini. Berikut informasi lengkapnya.

Sejarah Maine Coon

Sejarah

Terlepas dari ketampanan dan kepribadian lembut mereka, sejarah mereka juga cukup misterius. Asal-usul mereka lebih mirip dongeng dan daripada fakta yang terbukti nyata. Beberapa bahkan mungkin mengatakan bahwa itu adalah mitos, tapi meski begitu itu tetaplah sejarah kucing Maine Coon.

Maine Coon dianggap sebagai salah satu keturunan kucing asli negara bagian di Amerika Serikat yaitu negara Maine. Kucing ini dikenal karena mampu beradaptasi dengan musim dingin yang mencekam dan lingkungan liar alami di negara bagian Maine.

Udara dingin dan jarak antara pemukiman manusia yang cukup jauh di Maine membantu kucing ini tetap pada habitatnya selama ratusan tahun. Hal ini terutama disebabkan oleh sejumlah kecil kucing lain yang tinggal di daerah tersebut.

Tapi sayangnya, tidak banyak yang diketahui tentang bagaimana mereka sampai di negara bagian Maine. Ada berbagai teori yang menelusuri asal-usul kucing ini. Namun, tidak ada satupun teori yang terbukti, dan asal-usulnya kucing Maine Coon tetaplah misterius hingga saat ini.

Berikut adalah teori terkenal tentang asal-usul dari kucing ini. Meskipun masih berupa teori, fakta yang tidak dapat disangkal tentang kucing ini adalah bahwa ia adalah hewan asli negara bagian Maine dan itu sudah dikonfirmasi faktanya.

Jenis Kucing Maine Coon

Jenis Kucing Maine Coon

Salah satu teori paling umum tentang asal-usul kucing Maine Coon adalah bahwa kucing ini adalah hibrida. Ada dua tekanan umum mengenai asal teori ini.

Yang pertama adalah berasal dari kucing peliharaan yang dikawinkan silang dengan rakun. Teori yang kedua adalah kucing peliharaan yang dikawinkan silang dengan kucing hutan.

Dari teori pertama (kucing dan rakun) hanya punya sedikit kemungkinan terjadi karena kucing dan rakun adalah spesies yang sama sekali berbeda dan tidak dapat berkembang biak satu sama lain.

Teori kedua tentang kucing peliharaan yang berkembang biak dengan kucing hutan mungkin terdengar lebih mungkin tetapi sebenarnya tidak. Kucing peliharaan dan kucing hutan keduanya berasal dari keluarga Felidae tetapi bukan spesies yang sama.

Bahkan jika teori hibrida secara genetis dan ilmiah tidak mungkin, beberapa orang dari Maine masih percaya teori di atas. Orang-orang dari Maine akan memberitahu Anda bahwa teori Maine Coon adalah setengah rakun atau setengah kucing hutan adalah kisah lama.

Hal ini bisa dilihat dari kesamaan dalam warna dan ketebalan bulu, cinta air, telinga seperti kucing jenis lynx. Teori kucing + rakun juga memiliki sedikit pengaruh dalam pemberian nama Maine Coon. Sebelum itu disebut Maine Coon, itu hanya disebut “kucing Maine.”

Penambahan kata kedua “Coon” bisa jadi berasal dari singkatan raccoon. Teori ini telah ada sejak lama selama ratusan tahun tetapi tidak memiliki bukti yang bisa memperkuat adanya teori ini.

Karakteristik Kucing Maine Coon

Karakteristik

Maine Coon memiliki ukuran sedang hingga besar. Dan pada umumnya kucing jantan lebih besar dari kucing betina. Tubuhnya panjang dan ekornya juga panjang. Karena alasan ini, dia mungkin terlihat jauh lebih besar dari kucing-kucing lainnya.

Maine Coon adalah kucing berotot yang berperawakan besar. Awalnya kucing ini adalah kucing yang hidup di alam bebas tapi kemudian dipelihara oleh manusia untuk membersihkan rumah dari tikus. Kucing ini salah satu pemburu tikus yang paling baik.

Kepalanya besar dengan telinga tinggi. Profil menunjukkan sedikit penurunan di bawah mata. Kucing ini memiliki dada lebar dan kaki yang tebal. Mantel bulu kucing Maine Coon berat tetapi halus.

Dari berbagai karakteristik yang ada, karakteristik yang paling menarik adalah bulu. Kucing ini memiliki mantel berbulu lebih panjang di perut dan di belakang kaki. Tetapi lebih pendek dari bahu.

  • Kisaran berat kucing jantan ukuran besar > 12 lbs
  • Sedangkan kucing betina ukuran sedang 8-12 lbs.
  • Warna mata Copper, Hijau, Emas, Odd eye.
  • Harapan hidup kucing ini memiliki rentang panjang umur sekitar 9 hingga 13 tahun.
  • Kucing ini adalah salah satu kucing yang membutuhkan perhatian sedang kadang cenderung tinggi.
  • Maine Coon salah satu kucing dengan buru tergerai panjang.
  • Kucing ini memiliki warna mantel bulu putih, hitam, biru, merah, cream, coklat, perak, tortoiseshell, blue cream, emas.
  • Kucing ini memiliki pola mantel seperti warna solid, kulit penyu, bicolor, tricolor / calico, tabby, smoke, dan shaded.
  • Kucing ini membutuhkan perawatan yang cukup tinggi.
  • Pengakuan asosiasi kucing: CFA, ACFA, FIFe, TICA

Mengetahui tentang karakteristik genetik tentang kucing ini akan membantu Anda berhati-hati tentang masalah kesehatan dan penyakit apa pun yang dapat membahayakan kucing ini. Penyakit yang paling sering ditemukan di Maine Coon adalah displasia pinggul atau kardiomiopati.

Sebelum akan mengadopsi kucing Maine Coon, Anda bisa berdiskusi dengan pemilik sebelumnya. Anda bisa berdiskusi mengenai genetika kucing dan tentang penyakit-penyakit yang mungkin diderita.

Anda tidak perlu terlalu cemas karena jika kucing terkena penyakit ini Anda selalu dapat berkonsultasi dengan dokter hewan. Dan penyakit ini masih bisa disembuhkan.

Anakan atau kitten Maine Coon adalah kucing yang paling menggemaskan, imut, lincah dan cerdas yang akan selalu membuat Anda gemas. Kucing ini akan jadi teman yang sempurna selama Anda menghabiskan waktu di rumah.

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

Ciri Ciri Kucing Maine Coon

Kucing ini memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa Anda perhatikan. Berikut beberapa ciri-cirinya.

Kepribadian

Terlepas dari bentuk fisik dan sejarahnya, kucing Maine Coon itu ramah dan lembut. Dia sangat mencintai pemiliknya dan bisa beradaptasi dengan lingkungan apapun selama dia memiliki ruang luas untuk bergerak.

Ketika dia berlari, dia bisa berlari dengan sangat cepat jadi kadang mereka terlihat seperti pemburu. Tetapi uniknya kucing ini memiliki suara yang sangat lembut.

Nutrisi dan makan kucing Maine Coon harus dikontrol dengan hati-hati. Trah kucing ini memiliki kecenderungan mengalami kelebihan berat badan jika tidak dimonitor dengan hati-hati.

Maine Coon harus memiliki tempat bermain yang luas dan memadai. Pohon kucing dan tempat bertengger harus tersedia. Ia juga membutuhkan ruang berlari yang memadai.

Mantel bulu Maine Coon membutuhkan perawatan harian secara berkala. Bulunya harus disikat agar mantel bulunya yang indah tidak kusut. Bulu juga harus harus disisir untuk memperhalus bulu. Biasanya perawatan ini mudah dilakukan jika dia dibiasakan untuk mendapatkan perawatan sejak usia muda.

Ciri Fisik

Ciri fisik yang paling menonjol dari kucing Maine Coon adalah telinga besar yang memiliki jumbai imut di tepinya. Ciri membuat mereka jadi jauh lebih menggemaskan dan berbeda dari kucing lain.

Kucing-kucing ini disebut sangat ramah karena ekspresinya yang ramah dan mata besar yang bisa menarik perhatian Anda. Warna mata kucing ini bervariasi dari hijau, emas, copper, atau biru tergantung pada warna kucing tersebut. Hidung kucing ini berbentuk lurus dan tidak rata.

Ekspresi Kucing Maine Coon bervariasi mulai dari penampilan yang liar hingga manis. Namun, meski mereka sedang ekspresi liar mereka akan tetap terlihat manis.

Kucing ini adalah jenis kucing yang bisa tumbuh besar. Ukuran kucing ini bervariasi mulai dari 13-18 pon untuk jantan dan 9-12 pon untuk betina. Ukuran kucing Maine Coon terbesar memiliki berat sekitar 25 pon.

Meskipun mereka memiliki tubuh yang besar, mereka tetap tumbuh perlahan. Kucing ini memiliki proses pertumbuhan yang lambat dan akan mencapai ukuran maksimum dalam periode waktu tiga tahun.

Bentuk tubuh kucing ini memanjang seperti persegi panjang. Mereka memiliki penampilan yang kokoh karena ada mantel berbulu yang tebal, mantel ini juga berfungsi agar mereka tetap hangat. Leher Maine Coon panjang dengan ukuran kaki sedang serta dada penuh.

Sama seperti bagian tubuh yang besar, pada bagian bawah mereka juga memiliki ukuran yang besar. Mereka memiliki cakar besar dengan jumbai di tepi cakar. Cakar besar itu sangat cocok untuk iklim Amerika Utara dan bisa membantunya berjalan di salju dengan mudah.

Ciri tubuhnya yang paling menarik adalah ekornya yang panjang dan halus, ini salah satu ciri yang membedakan Maine Coon dengan ras kucing lain. Ekor Maine Coon adalah kebanggaan dan kadang dia sengaja memainkan ekornya untuk menarik perhatian Anda.

Warna kucing Maine Coon bervariasi dan kadang hampir menyerupai warna mata mereka. Anda juga dapat menemukan kucing ini dengan bercak atau garis-garis.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Cara Merawat kucing Maine Coon membutuhkan komitmen, jadi Anda haruslah bersabar. Cari tahu apa yang perlu Anda ketahui tentang makan, cara merawat, dan membesarkan Maine Coon dengan baik. Berikut daftar beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Perawatan Dasar

  • Beri makan makanan bergizi Maine Coon secara teratur.
  • Makanan kucing Maine Coon haruslah bergizi.
  • Berikan pasokan air bersih kepada Maine Coon secara teratur
  • Siapkan satu atau dua kotak sampah besar
  • Berikan latihan Maine Coon secara teratur
  • Bermainlah dengan Maine Coon secara teratur
  • Siapkan ruangan nyaman di dalam rumah.
  • Ajak sesekali Maine Coon ke luar ruangan
  • Atur pohon tempat menggaruk di sekitar rumah
  • Jangan biarkan Maine Coon kesepian
  • Bawa Maine Coon ke dokter hewan secara teratur

Kebutuhan perawatan

  • Rapikan mantel bulu Maine Coon secara teratur
  • Potong mantel bulu Maine Coon di bulan-bulan musim panas
  • Mandikan Maine Coon sesuai kebutuhan
  • Pangkas cakar Maine Coon secara teratur
  • Sikat gigi Maine Coon secara teratur
  • Bersihkan telinga Maine Coon secara teratur

Kucing Maine Coon memiliki mantel bulu yang panjang. Mantel bulu kucing ini memiliki tekstur seperti sutra yang tidak mudah kusam jika Anda merawatnya secara teratur. Mantel bulu kucing ini mudah dirawat, Anda cukup sisir dua kali seminggu untuk menghilangkan rambut mati dan mendistribusikan minyak kulit.

Alat perawatan yang bisa Anda gunakan adalah sisir stainless steel untuk menghilangkan kusut. Anda juga bisa melakukan grooming rake untuk menghilangkan lapisan kulit bagian bawah yang mati. Lapisan inilah yang menyebabkan kusut ketika tidak dihilangkan.

Saat perawatan gunakan sisir dengan lembut, terutama di daerah perut dan di ekor. Maine Coon adalah kucing yang sabar, tetapi mereka tidak suka bulunya diperlakukan dengan kasar. Anda juga bisa memeriksa ekor untuk melihat apakah ada kotoran yang menempel atau tidak.

Mandikanlah kucing Maine Coon sesuai kebutuhan. Anda bisa memandikannya setiap beberapa minggu sekali atau beberapa bulan sekali. Jika mantel bulu mereka terlihat berminyak dan kasar itu tandanya mereka perlu mandi.

Kucing ini juga perlu sikat gigi untuk mencegah penyakit periodontal. Menjaga kebersihan gigi harian adalah yang terbaik, tetapi Anda juga bisa menyikat gigi setiap seminggu sekali. Ada juga perlu memotong kuku kucing ini setiap beberapa minggu sekali.

Seka sudut mata dengan kain lembut dan lembab untuk menghilangkan kotoran. Anda bisa gunakan area kain yang berbeda untuk setiap mata agar tidak berisiko menularkan infeksi. Anda juga perlu memeriksakan telinga kucing ini setiap minggu.

Jika terlihat kotor, bersihkan dengan kapas atau kain lembut yang dibasahi dengan campuran cuka sari buah dan air hangat. Hindari menggunakan cotton bud yang dapat merusak bagian dalam telinga.

Jaga agar kotak kotoran Maine Coon tetap bersih. Kucing ini adalah salah satu yang sangat peduli dengan kebersihan kotak kotoran mereka. Dan kotak kotoran yang bersih akan membantu menjaga bulu mereka tetap bersih.

Jika sedang musim penyakit menular jangan terlalu sering membawa mereka keluar rumah. Hal ini untuk melindungi mereka dari penyakit yang ditularkan oleh kucing lain, serangan anjing, atau bahaya lain yang bisa menyerang kucing Anda.

Harga Kucing Maine Coon

Harga Kucing Maine Coon

Maine Coon adalah jenis kucing yang cukup populer sehingga membuatnya memiliki harga jual yang relatif mahal. Namun harganya juga sangat bervariatif karena tergantung dari usia, jenis, bentuk dan ukurannya.

Berikut dibawah ini adalah daftar kisaran harga untuk kucing maine coon di pasaran:

UsiaJenisHarga
KittenPedigreeRp12.000.000 – Rp15.000.000
DewasaPedigreeRp10.000.000 – Rp20.000.000
KittenNon-PedRp2.000.000 – Rp5.000.000
DewasaNon-PedRp3.000.000 – Rp6.000.000

Itulah ulasan detail tentang sejarah, ciri-ciri, karakteristik, dan juga cara perawatan kucing Maine Coon yang harus Anda ketahui. Kucing ini adalah salah satu jenis kucing yang lucu dan tercantik di dunia jadi Anda harus menjaganya sebaik mungkin agar tetap sehat. Semoga informasinya bisa membantu Anda.

Tinggalkan komentar