Makanan Kucing Anggora

Beranda » Kucing » Makanan Kucing Anggora

Apa kamu memiliki kucing anggora di rumah? Tentu sangat menggemaskan dan menyenangkan. Kamu harus merawatnya mulai dari kebutuhan hidupnya hingga makanan kucing anggora yang diperlukan setiap hari.

Kucing tebal ini tentu juga memerlukan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatannya. Meski tergolong kucing menengah ke atas, makanan kucing ini tidaklah sulit dicari.

Makanan kucing anggora beragam jenisnya, kamu bisa membuat sendiri maupun membeli makanan siap saji di toko terdekat. Namun yang perlu diperhatikan adalah, makanan kucing seharusnya disesuaikan dengan umur kucing.

Pasalnya, perkembangan tubuh kitten atau anakan kucing anggora dan kucing anggora yang sudah dewasa cukup berbeda. Jadi, ada baiknya makanan yang diberikan disesuaikan dengan umurnya.

Makanan Kucing Anggora Berdasarkan Umur

Makanan Kucing Anggora Berdasarkan Umur

Kucing anggora dewasa dengan kucing anggora yang masih kecil atau kitten memiliki kebutuhan asupan nutrisi dan kalori yang berbeda. Hal ini disebabkan karena kitten masih memiliki tubuh yang kecil sehingga tidak bisa disamakan dengan yang sudah dewasa.

Umumnya, bayi kucing yang berusia 0 sampai 4 minggu masih membutuhkan asupan ASI eksklusif dari induknya. Sedangkan untuk makanan kucing anggora yang sudah berumur 3 bulan, mereka sudah tidak membutuhkannya.

Ketika kucing anggora sudah beranjak di usia 3 sampai 4 minggu, kucing sudah boleh diberikan asupan makanan yang lain. Namun hindari jenis makanan yang kering, karena organ sistem pencernaannya masih belum mampu untuk mencernanya dengan baik.

Kucing sudah bisa disebut dewasa adalah ketika mereka sudah menginjak usia satu tahun. Pada saat kucing dewasa, mereka sudah dapat diberikan jenis makanan yang basah maupun kering.

Yang perlu diperhatikan adalah, Kebutuhan nutrisi dan kalori kucing dewasa lebih banyak jika dibandingkan dengan kucing yang masih kecil atau anakan. Idealnya, kebutuhan kalori untuk kucing yaitu cukup 4% dari total berat tubuhnya.

Jika kamu masih bingung makanan apa yang baik untuk kucing agar cepat gemuk, sebaiknya kamu baca daftar makanan kucing anggora di bawah ini.

Daftar Rekomendasi Makanan Kucing Anggora

Daftar Rekomendasi Makanan Kucing Anggora

Ikan Tuna

Ini adalah resep pertama yang bisa kamu buat hanya dari ikan tuna. Bahan-bahannya mudah ditemui di pasar. Kamu hanya perlu menyiapkan:

  • Satu cangkir ikan tuna yang segar, kemudian rebuslah
  • Satu sendok makan beras merah, masak hingga matang
  • Satu sendok makan sunflower oil
  • Satu sampai dua sendok makan air rebusan ikan (jika tidak ada, air biasa tak masalah)

Setelah semua bahan sudah siap, anda tinggal mencampurkannya. Gunakan blender agar semua bahan menyatu sempurna.

Kemudian berikanlah pada kucing kamu sesuai porsinya.

Ketika memasak, jangan terlalu lama karena itu akan mengakibatkan berkurangnya kandungan nutrisi dalam daging.

Jika ingin menyimpan makanan hingga tiga hari, kamu bisa simpan di lemari pendingin.

Daging Sapi

Satu lagi makanan kucing anggora buatan sendiri yang bisa anda buat di rumah dari daging sapi. Bahan-bahan yang disiapkan adalah:

  • Kurang lebih 1 cangkir daging sapi, kemudian direbus
  • Setengah cangkir beras merah, masaklah sampai tanak
  • Seperempat kentang rebus atau kukus
  • Air yang direbus dengan daging

Setelah semua bahan siap, kamu hanya perlu memblendernya hingga halus. Pastikan saat kamu memberikannya pada kucing tidak dalam keadaan dingin, jika kamu mengeluarkan makanan dari kulkas.

Ikan Tongkol

Kamu juga bisa membuat makanan kucing anggora hanya dengan bahan ikan tongkol yang terjangkau. Berikut bahan yang harus kamu siapkan:

  • Ikan tongkol, kemudian rebus dan potong suwir-suwir
  • Wortel yang direbus dan diparut
  • Sepertiga cangkir oatmeal matang

Nah, setelah semuanya siap, kamu tinggal mencampurnya dalam mangkuk. Simpan di lemari pendingin agar bisa tahan hingga 3 hari.

Daging Ayam

Menu yang satu ini juga tidak kalah mudah untuk dibuat. Apalagi bahan daging ayam sangat mudah ditemukan dan terjangkau.

Berikut langkahnya:

  • Siapkan daging ayam sekitar satu cangkir, kemudian rebuslah.
  • Wortel dan brokoli sekitar seperempat cangkir, lalu dikukus
  • Air rebusan daging ayam
  • Blender semua bahan dan berikan ke kucing kesayangan kamu. Sesuaikan porsi makan si kucing, ya.

Keju

Keju bisa jadi tambahan vitamin kucing anggora. Akan tetapi, kamu jangan memberikan keju saja.

Gunakan keju sebagai tambahan daging yang kamu berikan pada si kucing. Sajikan keju dengan baik agar mudah dikunyah oleh kucingmu.

Burger Tuna

Menu yang satu ini bisa jadi pilihan makanan penuh nutrisi dan makanan kucing anggora biar cepet gemuk. Berikut bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • Satu kaleng tuna, pilih yang tidak mengandung gara,
  • Hati ayam yang sudah direbus
  • Dua batang paresely
  • Nasi tanak secukupnya

Seperti makanan yang lain, kamu tinggal mencampurkan semua bahan jadi satu dengan tambahan sedikit air. Setelah itu, bentuklah adonan menjadi bulatan sebesar kelereng.

Agar awet, tentu kamu harus menyimpannya di freezer. Namun, saat memberikan pada kucing, berikan dalam keadaan tidak dingin.

Tempe

Jangan salah, dengan bahan sederhana kamu sudah bisa membuat makanan kucing anggora. Kamu hanya perlu menyiapkan tempe, ikan, vitamin, minyak ikan dan nasi.

Untuk mematangkan bahan-bahan tersebut, usahakan dengan merebusnya saja, tidak digoreng.

Adapun langkah meraciknya:

  • Semua bahan harus dalam keadaan sudah matang tapi jangan terlalu lembek.
  • Haluskan tempe dan ikan yang sudah disuwir-suwir
  • Aduk dan campur semua bahan jadi satu.

Resep ini hanya baik dimakan seketika setelah matang. Jadi, sesuaikan porsi satu kali makan kucing anggora kamu.

Telur

Telur, menu favorit untuk sarapan anak-anak ini juga baik untuk kucing anggora. Dengan menyantap makanan kucing dari telur, kucing anggora akan mendapatkan asupan protein dan lemak.

Lemak akan membantu merawat bulu mereka tetap cantik dan sehat. Sedangkan protein akan menjaga hormon, jaringan tubuh, dan enzim dalam tubuh kucing anggora.

Makanan Siap Saji

Ini bisa jadi pilihan praktis buat kamu yang tidak  mau repot-repot meracik menu makanan kucing anggora seperti poin-poin sebelumnya.

Jenis makanan kucing anggora sangat beragam. Mulai dari yang kering dan basah.

Semuanya bisa kamu cari dengan mudah di pet shop, swalayan, online shopping, dan lainnya.

Makanan siap saji ini bisa jadi pilihan jitu untuk mengatasi kebosanan kucing atas makanan yang satu jenis. Namun, kamu bisa mencampurkan makanan ini dengan berbagai resep makanan kucing anggora di atas.

Tidak semua kucing anggora cocok dengan beberapa merk. Kamu sebagai empunya, sebaiknya memperhatikan kucingmu baik-baik saat memberi makanan baru.

Berikut beberapa merk yang direkomendasikan untuk kucing anggora:

1. Me-O

Merk makanan kucing anggora yang satu ini kaya akan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan kucing. Bagaimana tidak, bulu kucing anggora akan terawatt dan lebat.

Me-O juga bisa mencegah bulu kucing anggora rontok. Meskipun kucing sedang hamil, Me-O tetap cocok diberikan.

2. Royal Canin

Merk pelopor makanan kucing kemasan, Royal Canin. Kamu bisa temukan di banyak platform jual-beli online maupun toko dan swalayan.

Royal Canin menyediakan makanan kucing kering maupun wet food untuk anggora. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Namun, keduanya memiliki gizi yang sangat mendukung kesehatan kucing anggora. Bahkan, Royal Canin punya produk khusus untuk kucing yang sedang hamil, menyusui, maupun kucing anak.

3. Pro Plan

Tak kalah menarik, merk Pro Plan juga menyediakan makanan kucing anggora yang tentunya berkualitas. Pro Plan menjadi merk makanan kucing anggora favorit orang Eropa.

Tak heran, harga Pro Plan relatif tinggi dibandingkan merk makanan kucing anggora lain. Jika kamu ingin mempercepat pertumbuhan kucing agar gemuk dan besar, Pro Plan adalah pilihan yang tepat.

4. Whiskas

Merk yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga orang Indonesia, karena iklannya sering berseliweran di televisi. Tapi, di balik kepopuleran Whiskas, ia memiliki kandungan gizi berupa protein yang baik bagi kucing anggora.

Itu dia berbagai jenis makanan kucing anggora yang bisa kamu buat atau belikan untuk kucing kesayanganmu.

Selain perlu memperhatikan makanannya, kamu juga harus memperhatikan jadwal makan kucing anggora. Tentu setiap anggora memiliki jadwal makan yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Terlebih lagi jika kamu memelihara anak kucing anggora. Di minggu pertama mereka hidup di dunia, biasanya akan membutuhkan makan dua sampai tiga jam sekali.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan kucing anggora kesayanganmu.

Tinggalkan komentar