Cara Membuat Kucing Gemuk

Beranda » Kucing » Cara Membuat Kucing Gemuk

Siapa sih yang tidak senang dan gemas melihat kucing peliharaan gemuk dan montok? Tapi bagaimana caranya ya agar kucing peliharaan gemuk? Tak perlu khawatir, Hewanee akan membagikan tips yang cepat dan tepat.

Memiliki Kucing dengan tubuh gemuk dan sehat tentu saja diinginkan oleh semua pecinta kucing. Pasalnya, sebagian besar pecinta kucing beranggapan bahwa kucing yang gendut akan menambah daya tariknya.

Hal ini disebabkan karena kucing yang gendut akan membuatnya lebih terlihat imut, lucu dan lain sebagainya. Selain tubuh yang gemuk, kucing dengan bulu yang lebat dan sehat juga menjadi keinginan pecinta kucing.

Nah, bagi kamu yang ingin menggemukan si kucing, Hewanee.com memiliki beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba agar kucingmu gemuk, sehat dan memiliki bulunya bagus. Diantaranya sebagai berikut ini:

1. Menambah nafsu makan kucing

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat kucing gemuk adalah dengan memancing atau  menambah nafsu makannya. Kamu bisa memoles hidungnya dengan makanan yang basah atau mendekatkan makanan padanya, dengan begitu kucing akan terpancing memakan makanan tersebut.

Kamu juga bisa gunakan trik agar kucing nafsu makan dan lahap menyantap makanan yaitu dengan mengajaknya bermain sebelum waktu makannya tiba. Atau kamu juga bisa meletakan makanan di tengah – tengah tempat makannya.

2. Berikan makanan yang bernutrisi

Dalam pertumbuhannya kucing membutuhkan banyak nutrisi seperti protein, asam amino, asam lemak dan taurin. Ada dua jenis makanan kucing dalam kemasan yaitu makanan basah 9 (wet food) dan makanan kering ( dry food) yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan kucing.

Biasanya kucing lebih menyukai makanan basah karena aromanya yang lebih tajam. Makanan basah juga lebih banyak nutrisinya dibanding makanan kering.

Kamu bisa gunakan makanan basah sebagai makanan utama kucing dan makanan kering sebagai makanan pelengkap kucing kamu.  Tapi kamu harus ingat jangan berikan makanan kering yang berwarna karena zat pewarna dapat membahayakan ginjal kucing.

3. Membuat makanan sendiri

Selain kamu berikan makanan kemasan kamu juga bisa membuat makanan kucing sendiri seperti daging dan ikan. Untuk daging kamu perlu merebusnya dahulu dan mencincangnya hingga halus agar memudahkan kucing menyantapnya.

4. Buat jadwal makan secara teratur

Kamu harus buat jadwal makan kucing kamu dengan teratur setiap hari. Biasanya kucing dengan berat badan ideal diberi makan dua kali sehari diselingi cemilan tapi kalau ingin kucing kamu menjadi lebih gemuk lagi kamu bisa tambahkan makanannya menjadi tiga kali sehari ditambah cemilan saat malam hari.

5. Ketahui porsi makan kucing

Kamu harus mengetahui porsi makan kucing yang pas karena kucing  bukanlah hewan yang rakus. Kucing lebih suka makan dengan porsi secukupnya tapi sering.

Jadi jangan beri makan kucing dengan porsi yang banyak karena itu percuma kucing hanya akan makan sebagian saja dan hal itu akan merusak jadwal makan selanjutnya.

Untuk mengetahui seberapa cukup porsi makan kucing kamu bisa memberikan sedikit makanan dahulu, lalu bila kucing kamu masih meminta lagi makanan tambahkan sedikit demi sedikit. Dengan begitu kamu akan tahu seberapa cukup porsi makan kucing kamu.

6. Jangan paksa kucing untuk makan

Jangan karena kamu ingin melihat kucing kamu cepat gemuk, lalu kamu memaksanya untuk terus makan dengan memasukan makanan dalam mulut kucing.

Bila kamu melakukan hal itu sama saja kamu tidak menyayangi kucing kamu dan hanya menuruti ego kamu yang ingin memiliki kucing gemuk. Menyuapi kucing sambil membujuknya untuk makan memang tidak mengapa bila kucing tidak mau makan disebabkan karena sedang terganggu kesehatannya.

7. Berikan minum setelah makan

Sama halnya seperti manusia setelah makan pasti membutuhkan minum begitu juga dengan kucing. Karena itu sediakan selalu air bersih dan matang di tempat minumnya agar kucing bisa minum setelah makan.

Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh kucing sebagai distribusi nutrisi dalam tubuhnya. Karena itu kamu harus pastikan asupan airnya setiap hari selalu tercukupi.

Bila kamu ingin menambah nutrisinya dengan susu, kamu bisa memberinya susu khusus kucing, susu khusus kucing ini dapat kamu beli di toko hewan peliharaan.  

8. Beri kuning telur ayam kampung

Bila kamu menginginkan kucing peliharaan kamu sehat dan gemuk, kamu juga bisa memberinya kuning telur ayam kampung yang mengandung banyak protein dan lemak di dalamnya.

Kedua nutrisi tersebut sangat berperan dalam menambah berat badan kucing dan juga untuk menambah kesehatannya. Pilihlah telur ayam kampung yang masih segar lalu ambil bagian kuningnya dan campurkan pada makanan basah atau makanan kucing  yang kamu buat sendiri.

9. Beri Vitamin

Agar tubuh kucing gemuk dan sehat kucing juga memerlukan vitamin lho, dan minyak ikan adalah vitamin yang tepat untuk kucing, karena minyak ikan dapat menambah nafsu makan kucing dan juga memelihara bulunya agar lebat dan sehat.

Kamu bisa berikan langsung minyak ikan dengan memasukkannya pada mulut kucing peliharaan kamu atau bisa juga dicampurkan pada makanan kucing.

10. Diberi vaksin

Selain diberi vitamin, kucing juga perlu diberi vaksin untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh si kucing agar kucing peliharaan kamu tidak mudah terjangkit penyakit.

11. Jaga mood kucing

Kucing merupakan hewan yang terkenal moody itu artinya terkadang kucing merasa tidak nyaman dan tidak bahagia, karena itu kamu harus pandai menjaga suasana hatinya agar selalu bahagia.

Sesekali ajaklah kucing kamu bermain di halaman rumah, misalnya dengan bermain bola karet agar kucing tidak merasa bosan dan terkurung dalam kandang.

12. Berikan waktu beristirahat

Biarkan kucing beristirahat dalam kandangnya karena dengan beristirahat itu dapat membakar lemak dalam tubuh kucing. Tapi jangan terlalu lama dan sering beristirahat karena itu dapat menjadikan kucing kamu obesitas.

Kamu harus pastikan antara waktu bermain dan waktu istirahat bagi kucing adalah seimbang.

13. Berikan kenyamanan ekstra

Selain memberinya makan yang teratur kamu juga harus bisa memberikan kenyamanan ekstra untuk kucing dan hal ini terkait dengan  kestabilan mood kucing.

Sesekali kamu juga boleh memanjakan nya dengan memanfaatkan AC atau kipas angin untuk sikucing. Intinya buatlah kucing selalu bahagia dan merasa nyaman, karena kalau kucing merasa bahagia dan nyaman maka nafsu makan pun meningkat.

14. Jagalah kesehatannya

Kesehatan kucing juga perlu dijaga bukan hanya sekedar menambah berat badannya saja yang harus diperhatikan. Dengan cara rutin membawanya ke dokter hewan dan menjaga kebersihan kandangnya serta rutin seminggu sekali memandikan kucing,

Dengan begitu kucing kamu tidak hanya terlihat gemuk montok tapi juga bersih, wangi dan cantik.

15. Ketahui berat badan ideal kucing

Mengetahui berat badan ideal kucing kamu juga sangat penting. Karena berbeda jenis kucing berbeda juga berat tubuh idealnya.

Misalnya kucing persia yang tergolong jenis kucing besar biasanya memiliki berat tubuh yang ideal 5 hingga 7 kg. Dan untuk jenis kucing British shorthair dan kucing jenis Maine coon yang juga merupakan jenis kucing besar biasanya berat idealnya mencapai 9 hingga 10 kg.

Jadi bila kucing kamu bukan termasuk jenis kucing besar kamu tidak perlu memaksanya untuk menjadi gemuk dan besar.

Nah, itulah tips cara membuat kucing gemuk yang bisa kamu  terapkan pada kucing peliharaan kamu agar sehat, gemuk, lucu dan menggemaskan.

Tinggalkan komentar