Ciri Ciri Kucing Anggora Asli

Beranda » Kucing » Ciri Ciri Kucing Anggora Asli

Ingin memelihara kucing anggora sendiri di rumah sebagai hewan peliharaan? Ada baiknya, kamu harus mencari tahu ciri ciri kucing anggora yang asli terlebih dahulu agar tidak keliru maupun salah beli.

Seperti yang telah diketahui, kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di dunia. Bahkan postingan mengenai kucing selalu mendapat perhatian besar dari netizen.

Kucing terdiri dari banyak jenis dan ras. Salah satu kucing yang menjadi idaman masyarakat adalah Kucing Anggora.

Kucing Anggora berasal dari kota Ankara, Turki pada abad ke 16 lalu dan masih menjadi hewan peliharaan favorit sampai sekarang.

Apakah ada di antara kamu yang penasaran dengan Kucing Anggora dan ingin memilikinya? Pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu ciri ciri Kucing Anggora asli ya!

Ciri Fisik Kucing Anggora

Pada bagian ini kamu akan mempelajari dahulu ciri ciri fisik yang ada pada Kucing Anggora.

1. Bentuk Kepala

Ciri Ciri Kucing Anggora Kepala

Bila kamu perhatikan bagian kepalanya, maka Kucing Anggora memiliki bentuk kepala seperti segitiga yang dibalik. Bila diperhatikan secara sepintas, bentuk kepala Kucing Anggora mirip dengan kucing kampung.

Ciri kucing anggora asli adalah di bagian atas kepalanya memiliki bulu yang tidak terlalu tebal. Namun pada bagian wajahnya, Kucing Anggora memiliki hidung yang lancip.

2. Bentuk Telinga

Ciri Ciri Kucing Anggora Telinga

Masih di area sekitar kepala, kini coba kamu perhatikan bagian telinganya. Telinga Kucing Anggora saling berdekatan namun lebar pada bagian pangkalnya.

Dari bagian pangkal telinga terus bertambah lancip ke ujung atau bagian atas telinganya. Bila diperhatikan bentuknya seperti segitiga yang simetris.

Bagian telinga Kucing Anggora tidak memiliki bulu yang tebal, mirip dengan kucing lokal yang sehari-hari kamu lihat. Sehingga telinga Kucing Anggora dapat terlihat dengan jelas tidak tertutup oleh bulu.

3. Mata

Ciri Ciri Kucing Anggora Mata

Setelah dari telinga, kamu coba perhatikan matanya. Bentuk mata Kucing Anggora sangat unik. Memiliki sudut mata yang cenderung miring ke arah atas di bagian ujungnya.

Hal unik lain dari bagian mata Kucing Anggora adalah warna matanya yang khas dan indah. Variasi warna mata Kucing Anggora bisa bermacam-macam.

Mulai dari hijau, biru, amber, sampai warna kombinasi. Ya, Kucing Anggora ada yang memiliki dua jenis warna yang berbeda pada kedua matanya.

Ada yang berwarna biru pada satu mata, dan warna amber pada mata sebelahnya.

4. Bentuk Tubuh

tubuh kucing anggora

Ciri khas Kucing Anggora adalah bertubuh panjang dengan kaki yang ramping serta ekor yang panjang.

Karena bentuk tubuhnya ini Kucing Anggora terlihat anggun dan cantik bak peragawati ketika berjalan. Kucing Anggora adalah cerminan dari keanggunan yang dimiliki oleh seekor hewan.

Antara kucing jantan dan betina terdapat sedikit perbedaan dari ukuran tubuhnya. Kucing Anggora jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan yang betina.

5. Bentuk Kaki

Bentuk Kaki Anggora

Menyambung poin sebelumnya, dari bagian badan yang berukuran cukup panjang kini kamu lihat lebih fokus ke bagian kakinya.

Kaki Kucing Anggora berukuran panjang sehingga sangat menarik perhatian. Kaki yang panjang ini menambah kesan tinggi pada Kucing Anggora.

Selain panjang, bagian kaki Kucing Anggora juga memiliki ukuran yang langsing serta ramping namun tetap kokoh.

6. Bulu

Ciri Ciri Kucing Anggora

Bagian ini agak panjang penjabarannya karena masih banyak yang salah kaprah membedakan antara Kucing Anggora dan Persia bila hanya melihat dari bulunya.

Bila kamu bandingkan antara Kucing Anggora dengan sepupunya yaitu Kucing Persia, maka bulu Kucing Anggora memiliki ciri khas tersendiri.

Kedua jenis ini sama-sama memiliki bulu yang panjang, hanya saja Kucing Anggora hanya memiliki satu lapis bulu dibandingkan Persia memiliki lapisan bulu pada bagian perutnya.

Keunikan lainnya adalah bulu pada Kucing Anggora tumbuh berdasarkan musim dan cuaca. Pada cuaca hangat bulu pada Kucing Anggora tumbuh tidak terlalu tebal sehingga terlihat bulu-bulunya lebih tipis.

Sedangkan pada cuaca dingin bulu pada Kucing Anggora tumbuh lebih tebal dan panjang.

7. Bentuk Ekor

Bentuk Ekor Anggora

Ciri khas Kucing Anggora juga terdapat pada bagian ekor. Bila bagian kepala dan telinga memiliki bulu yang tipis, pada bagian ekornya Kucing Anggora memiliki ekor yang tebal.

Ketebalan ekor dari Kucing Anggora karena banyaknya bulu yang terdapat di bagian ini dan cenderung lebih tebal bahkan bila dibandingkan dengan bulu pada bagian tubuhnya.

Kamu pasti pernah melihat kemoceng bukan? Bentuk ekor dan ketebalan bagian ekor Kucing Anggora menyerupai kemoceng.

Selain itu bila kamu perhatikan lebih seksama ekor dari Kucing Anggora mirip dengan ekor musang.

Ciri Sifat Kucing Anggora

Selain ciri-ciri fisiknya, kamu juga perlu mengetahui ciri ciri sifat yang dimiliki oleh Kucing Anggora asli.

Sebab ciri kepribadian Kucing Anggora ini menjadi salah satu faktor mengapa mereka sangat populer untuk dijadikan hewan peliharaan.

1. Senang Diajak Bermain

Kucing Anggora memiliki keingintahuan yang besar. Mereka juga sangat cerdas dan senang bermain permainan yang menantang.

Mereka bisa diajarkan trik-trik atau perintah baru dari kamu. Bila kamu pernah melihat pertunjukan hewan di sebuah sirkus atau taman safari, maka kucing yang sering digunakan di pertunjukan itu biasanya adalah Kucing Anggora.

2. Sayang kepada Pemiliknya

Selain anggun dan cantik ternyata Kucing Anggora bukanlah makhluk yang pemalu. Karena mereka akan menunjukkan rasa sayangnya kepada pemiliknya.

Bila kamu memanggil mereka, maka Kucing Anggora akan mengerti akan panggilan tersebut. Mereka juga selalu ingin berada di dekatmu.

3. Senang Digendong

Sifat Kucing Anggora yang unik berikutnya adalah mereka sangat senang melihat segala sesuatu dari tempat yang lebih tinggi.

Karena itu mereka senang berada di gendong di bagian bahu pemiliknya kemudian diajak berjalan-jalan mengitari rumah.

Karena sifatnya ini jangan heran bila mereka senang berada di ketinggian seperti misalnya berada di atas kulkas, lemari, atau di atas pintu rumah kamu.

4. Mudah Bergaul

Bila digolongkan ke dalam ranah kepribadian maka Kucing Anggora adalah hewan ekstrovert. Mereka dapat berkawan dengan hewan lain dengan baik serta anggota keluarga yang ada di rumah kamu.

Bahkan mereka dapat berkawan dengan seekor anjing dengan mudah. Bila diibaratkan pesta, maka merekalah yang menjadi “tuan rumah” yang baik hati menyambut kawan-kawannya yang datang.

5. Kucing Penurut

Walaupun mereka sangat aktif tetapi kamu tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya Kucing Anggora adalah hewan penurut yang mudah diberitahu.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir bila kamu kedatangan tamu yang tidak menyukai kucing karena Kucing Anggora bisa dengan mudah diarahkan oleh perintahmu.

Kucing Anggora adalah salah satu hewan peliharaan yang masih menjadi daya tarik utama untuk dimiliki.

Kamu yang ingin memelihara kucing ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri ciri Kucing Anggora asli agar kamu tidak kecewa di kemudian hari.

Kucing Anggora memang termasuk kucing yang agak langka karena pemerintah Turki sendiri memiliki kebijakan untuk melarang ekspor Kucing Anggora agar ras kucing ini tetap terjaga keasliannya.

Karena itu tidak heran bila harganya cukup mahal bila kamu ingin memilikinya. Pastikan kamu mencari Kucing Anggora di tempat-tempat yang terpercaya dan terjamin kredibilitasnya.

Tinggalkan komentar