Mata Kucing Berair

Beranda » Kucing » Mata Kucing Berair

Sama halnya dengan manusia, mata kucing dapat mengeluarkan air. Akan tetapi, apabila mata kucing berair secara terus-terusan dan dibiarkan begitu saja akan menimbulkan penyakit berbahaya hingga membuat kucing menjadi buta.

Lantas apa sih yang menyebabkan mata kucing menjadi berair? Apakah karena penyakit tertentu? Jika kamu penasaran, baca lebih lanjut artikel ini.

Penyebab Mata Kucing Berair

Penyebab Mata Kucing Berair

Ada beberapa faktor penyebab mata kucing berair diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Produksi Air Mata Berlebihan

Penyebab pertama yang membuat mata kucing mengeluarkan air adalah karena produksi air mata berlebihan. Kondisi ini terjadi karena kucing beradaptasi dengan bulu-bulu yang ada di sekitar mata. 

Kamu tidak perlu khawatir untuk penyebab yang satu ini, karena ini wajar dan biasa terjadi pada kucing umumnya.

Terluka di Sekitar Mata

Bila mata kucing sering mengeluarkan air bisa jadi ada luka di sekitar matanya. Luka ini biasanya didapatkan karena goresan dengan benda asing atau saat berkelahi dengan kucing lainnya.

Apabila luka tersebut tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan peradangan konjungtiva pada kucing. Sehingga, menimbulkan rasa sakit dan perih yang mengakibatkan mata kucing terus mengeluarkan air.

Selain itu, bakteri atau virus bernama Feline Chlamydophila yang masuk kedalam luka kucing bisa menyebabkan mata kucing terus berair. Apabila luka pada mata kucing terus-terus dibiarkan atau tidak diobati dapat mengakibatkan kebutaan pada kucing.

Cacing Mata

Cacing mata adalah satu penyebab kenapa mata kucing Anda berair. Cacing mata yang berbahaya ini bernama Thelazia Californiensis.

Cacing mata pada kucing ini dapat dilihat dengan mata telanjang. Apabila kamu melihat ada cacing yang bergerak di mata kucing segera bawa kucing ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan biarkan cacing bersarang lama di mata kucing kucing karena cacing tersebut dapat bertelur dan larvanya biasa dimakan oleh lalat.

Cacing ini juga menjadi penyebab peradangan pada selaput mata kucing atau konjungtiva.

Virus Herpes

Jika mata kucing terus berair, bisa jadi kucing terkena virus herpes. Virus ini dapat membuat mata kucing menjadi belekan, kemerahan, bengkak hingga selalu mengeluarkan air mata.

Virus herpes bisa saja menyerang pada salah satu mata kucing saja. Apabila kucing kamu mengalami stress atau tertekan, virus ini dapat berkembang pesat hingga ke seluruh tubuh.

Kucing yang terkena virus herpes, umumnya menghindari cahaya atau sinar matahari. Segera tangani virus ini dengan benar agar menyebar ke seluruh tubuh kucing.

Radang Paru-paru

Radang paru-paru pada kucing bisa menyebabkan mata kucing terus mengeluarkan air. Radang ini disebabkan oleh virus bernama Chlamydia Psittaci.

Selain membuat mata berair, radang paru-paru juga membuat kucing menjadi sering bersin, pilek, serta sulit untuk bernafas. Penyakit ini cukup berbahaya dan dapat menular ke kucing lainnya.

Apabila kucing Anda didiagnosa terkena radang paru-paru, segera pisahkan kucing dengan kucing lainnya untuk menghindari penularan penyakit.

Organ Air Mata Rusak

Mata kucing memiliki organ pengendali air mata yang bernama Nasolacrimal Occlusion. Organ ini yang mengendalikan kapan mata kucing perlu dilumasi dan kapan mata berhenti mengeluarkan air mata.

Apabila organ tersebut rusak, maka mata kucing dapat mengeluarkan air hingga tanpa henti. Kerusakan pada Nasolacrimal Occlusion dapat menyebabkan berbagai penyakit mata lainnya.

Cuaca atau Suhu Terlalu Dingin

Kucing merupakan hewan yang menyukai cuaca atau suhu yang hangat. Apabila terkena suhu yang terlalu dingin dapat membuat matanya terus mengeluarkan air.

Apabila kamu di rumah menggunakan air conditioner pastikan suhu ruangannya tidak terlalu dingin. Suhu ruangan yang hangat atau pas bagi kucing juga dapat membuat kucing menjadi nyaman dan betah di rumah.

Terkena Cairan Kimia

Kucing adalah hewan yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Terkadang mereka usil atau teledor yang akhirnya terkena cairan kimia.

Cairan kimia dapat membuat mata kucing menjadi perih, akibatnya air mata terus keluar tanpa henti.

Apabila memang penyebab mata berair pada kucing adalah terkena cairan kimia, segera bilas dengan air bersih. Jika air matanya tidak kunjung berhenti segera bawa ke dokter hewan.

Terkena Shampoo

Mata kucing yang terkena shampoo bisa menjadi salah penyebab matanya terus berair. Biasanya shampoo mengandung bahan-bahan yang membuat mata perih.

Maka dari itu, saat kamu melakukan grooming pastikan untuk membilas shampoo pada bulu dengan hati-hati agar busanya tidak memasuki mata kucing.

Alergi

Alergi juga bisa menyebabkan mata kucing terus mengeluarkan air. Banyak penyebab alergi pada kucing terjadi, seperti alergi pada obat-obatan, shampoo hingga alergi debu.

Perhatikan apakah mata kucing Anda berair setelah mengkonsumsi atau terpapar sesuatu, bila hal tersebut terjadi bisa jadi kucing Anda terkena alergi.

Painful Eyes

Penyebab mata kucing mengeluarkan air yang lainnya adalah painful eyes. Painful eyes disebabkan oleh penyakit glaukoma dan uveitis.

Selain membuat mata berair, dampak dari painful eyes adalah mata kucing terlihat mengantuk dan terasa sakit saat disentuh. Kucing yang terkena painful eyes juga cenderung menghindari cahaya atau sinar matahari.

Faktor Gen atau Bawaan

Apabila seluruh faktor diatas bukan penyebab mata kucing berair, bisa jadi karena faktor gen atau bawaan. Penyebab yang satu ini tidak dapat disembuhkan.

Konsultasikan pada dokter hewan untuk mengetahui cara perawatan kucing yang memiliki kelainan ini.

Cara Mengatasi Mata Kucing Berair

Cara Mengatasi Mata Kucing Berair

Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi mata kucing yang berair yakni:

Pisahkan Kucing

Apabila kamu memiliki lebih dari satu kucing, sebaiknya pisahkan kucing satu dengan kucing lainnya. Hal ini dilakukan supaya kucing lain tidak tertular virus atau penyakit pada mata.

Berikan perawatan yang optimal pada kucing yang terkena infeksi atau penyakit mata. Kamu dapat membelinya di petshop atau bisa juga di klinik dokter hewan di kota kamu.

Bersihkan Kotoran Mata Kucing

Cara lain untuk mengatasi mata kucing berair adalah dengan rajin membersihkan kotoran pada mata kucing. Kotoran tersebut bukan hanya belek tetapi juga nanah yang mengering pada mata kucing.

Apabila kotoran tersebut mengering, gunakan kapas yang dibasahi untuk mengambil kotorannya. Pastikan untuk membersihkan dengan lembut dan hati-hati.

Gunakan Obat Tetes

Untuk mengatasi mata kucing berair kamu dapat menggunakan obat tetes mata untuk kucing. Perlu Anda ingat, jangan pernah memberi obat tetes manusia kepada si manis ya.

Karena ini bisa menimbulkan iritasi dan membuat mata kucing kamu menjadi bengkak. Kamu bisa menggunakan salah satu dari dua obat tetes mata kucing seperti stop eyes atau trixin.

Bawa ke Dokter Hewan

Apabila berbagai cara di atas telah dilakukan tapi mata kucing tak kunjung berhenti mengeluarkan air, bawalah ia ke dokter. Konsultasikan masalah kesehatan si meong supaya dokter bisa mengobatinya dengan obat yang tepat.

Jangan pernah untuk membiarkan mata berair pada kucing kamu, karena bisa saja virus yang menyerangnya dapat merusak mata hingga menyebabkan kebutaan.

Menjauhkan Benda yang Berbahaya

Jauhkan benda yang dinilai berbahaya untuk kesehatan mata kucing. Misalnya seperti cairan kimia yang digunakan untuk membersihkan lantai, benda tajam, atau benda keras yang memungkinkan melukai mata kucing.

Karena seperti yang telah diketahui, kucing sangat menyukai bermain sehingga sangat memungkinkan mereka menabrak benda-benda di sekitarnya. Jadi, cobalah untuk menjauhkan benda-benda tersebut agar bisa menghindari mata kucing terluka.

Nah, itu tadi beberapa faktor penyebab mata kucing berair dan cara mengatasinya. Selalu pastikan kesehatan mata kucing peliharaan kamu di rumah agar tetap sehat.

Tinggalkan komentar