Makanan Kucing Persia

Beranda » Kucing » Makanan Kucing Persia

Tahukah kamu bahwa kucing adalah hewan peliharaan karnivora obligat. Yang berarti kamu harus memberikan mereka makanan daging atau ikan untuk kucing persia.

Kucing Persia menjadi idaman banyak pecinta kucing di dunia, terlebih lagi di Indonesia. Dari yang muda sampai tua, banyak yang memilih kucing persia jadi kawan mengusir kesepiannya.

Kucing persia identik dengan bulu yang tebal dan indah dipandang. Mengelus bulunya saja sudah menjadi hiburan banyak orang.

Tapi, kucing nan lucu ini tentu membutuhkan vitamin serta nutrisi yang cukup agar senantiasa sehat. Sebagai empunya, kamu tidak bisa sembarangan memberikan makanan pada kucing persia.

Kamu perlu menimbang baik-baik makanan mana yang memiliki kandungan baik dan buruk untuk kucing persia. Karena makanan akan berpengaruh pada tumbuh kembang dan kebugarannya.

Untuk itu, simak rekomendasi mengenai makanan kucing persia di bawah ini agar kamu tidak salah pilih.

Pilihan Makanan Kucing Persia

makanan organik untuk kucing persia

Memberikan makan kucing harus dilakukan dengan hati-hari. Karena jika kamu salah dalam menentukan makanannya, maka dapat membuat kucing tidak sehat.

Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi jenis makanan organik untuk kucing persia yang bisa kami temukan dengan mudah, berikut diantaranya:

Keju

Menu yang satu ini tentu jadi favorit banyak orang. Mulai dari sebagai cemilan atau pendamping makanan.

Kucing persia juga sangat menyukai keju. Banyak empunya menjadikan keju sebagai menu wajib kucing persia milik mereka.

Tapi, keju yang merupakan salah satu olahan susu, sangat kaya akan protein. Protein akan membantu pertumbuhan dan daya tahan tubuh. Kucing persia.

Selain itu, keju juga kaya akan vitamin B2 yang baik untuk kekuatan dan kebugaran kucing. Sehingga, kucing persia tidak akan cepat sakit.

Ikan

Selanjutnya adalah ikan. Makanan ini sangat populer diketahui sebagai makanan kucing dari bangsa kucing kampung hingga kucing elit.

Semua itu karena kucing termasuk hewan yang sebenarnya karnivora.

Meski demikian, kucing persia tidak makan ikan terlalu banyak dan intens. Sebab, jika sering memakan ikan, kucing persia akan terkena masalah yakni kekurangan vitamin E.

Ikan memang mengandung protein dan asam amino. Di mana keduanya membantu pertumbuhan kucing untuk lebih baik.

Tetapi, pemberian ikan pada kucing persia cukup duda kali saja dalam seminggu.

Dengan itu, kucing persia bisa makan beragam variasi makanan yang tentunya melengkapi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh mereka.

Daging

Namanya juga hewan karnivora, tentu makan daging adalah hal biasa. Tapi daging yang satu ini bukan daging ikan, tapi daging kelinci, sapid an ayam.

Hampir semua jenis kucing menyukainya, termasuk kucing anggora hingga kucing hutan.

Kamu harus jeli melihat dan mengamati, daging apa yang menjadi favorit kucing persia milikmu. Karena, itu akan berpengaruh pada nafsu makan dan lahapnya kucing persia saat makan.

Setelah memakan daging, biasanya kucing persia akan lebih energik. Tentu kamu sebagai empunya akan ikut senang melihatnya.

Saat memberikan daging, sebaiknya kamu potong menjadi kecil-kecil. Tujuannya, agar kucing persia bisa lebih mudah mengunyahnya.

Jagung dan Nasi

Kedua jenis makanan ini adalah makanan alami untuk kucing. Dengan kandungan karbohidrat, tentunya menambah energi kucing persia.

Meski begitu, jagung dan nasi tidak dianjurkan sebagai makanan pokok untuk kucing persia. Sebab, tidak banyak kucing persia yang menjadikan jagung dan nasi sebagai makanan favorit.

Jagung dan nasi bisa juga diberikan dalam bentuk sereal. Namun, jika saat kamu berikan ternyata kucing persia tidak mau, sebaiknya jangan dipaksakan.

Makanan Kucing Persia Buatan Sendiri

Daripada memusingkan harga makanan kucing persia, tentu baik bila kamu bisa membuat dan meracik sendiri makanan untuk kucing kamu.

Di samping murah dan hemat, tentu kamu bisa sekaligus memberikan gizi yang seimbang untuk kucing persia.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah kentang, satu cangkir nasi, ayam cincang, kaldu ayam dan kacang polong.

Adapun cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Masak ayam sampai matang, lalu cincang kecil-kecil.
  2. Masukkan ayam cincang ke dalam blender
  3. Tambahkan kacang polong, kentang, kaldu ayam dan nasi.
  4. Beri sedikit air, lalu aduk perlahan
  5. Sajikan sesuai porsi kucing persia kamu.

Nah, sangat mudah bukan? Panduan di atas bisa menjadi salah satu pilihan dalam memberikan makanan untuk kucing persia kamu.

Merk Makanan untuk Kucing Persia

merk makanan untuk kucing persia

Selain makanan rumahan di atas, ada beberapa rekomendasi merk makanan kucing persia yang bisa kamu coba:

Royal Canin

Merk pelopor yang cukup terkenal untuk makanan kucing. Kualitas yang dipunyai juga tidak perlu dipertanyakan, sudah terbukti jadi merk makanan kucing terbaik.

Merk royal canin juga memiliki tempat khusu di hati orang-orang Perancis.

Makanan kucing royal canin ini memiliki harga yang lumayan tinggi. Akan tetapi, semua terbayar jika kamu bisa melihat hasil yang didapat setelah memberikannya pada kucing persia.

Variasi makanan kucing merk ini beragam. Bahkan, mereka menyediakan edisi khusus untuk kucing hamil, menyusui dan melahirkan.

Selain itu, royal canin menyediakan varian merk mulai dari yang untuk anak kucing hingga dewasa. Varian kitten, kucing dewasa, juga ada edisi kucing berbulu panjang seperti persia atau maine coon.

Royal canin ini juga dikenal sebagai favorit kucing persia di Indonesia, karena banyak kucing yang cocok.

Di samping itu, royal canin terkenal sebagai makanan kucing persia yang bagus untuk bulu. Cocok untuk kamu yang peduli dengan pertumbuhan dan kecantikan bulu kucing persia.

Harga merk royal canin sekitar 60 ribu rupiah untuk ukuran 400 gram dan 1,1 juta untuk ukuran 10kg.

Pro Plan

Merk yang selanjutnya juga tidak kalah terkenal dan menarik untuk dicoba, pro plan. Namun, makanan kucing yang satu ini tidak bisa dikonsumsi semua jenis kucing.

Makanan kucing persia proplan dikhususkan untuk kucing yang berpostur tubuh kurus. Coba kamu bayangkan kucing persia tubuhnya kurus, bukankah aneh?

Karenanya, para ahli menganjurkan agar kucing persia yang kurus diberi makan merk pro plan. Pro plan dibandrol dengan harga 320 ribu rupiah per 3,18 kg.

Whiskas

Merk makanan kucing yang satu ini tentu tidak asing di telinga kamu, karena iklannya sudah berseliweran di media televisi.

Whiskas memiliki tekstur yang lembut dan memudahkan bagi kucing persia untuk memakannya.

Merk ini menyediakan berbagai varian rasa. Missal, ocean fish, seafood cocktail, campuran tuna, salmon, mackerel dan ayam.

Bungkus yang disediakan juga beragam ,mulai dari sachet sekali makan hingga karungan.

Whiskas memiliki banyak kandungan protein yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan kucing persia. Kamu bisa mendapatkan whiskas ukuran 1,4 kg dengan kocek 70 ribu rupiah saja.

Me-O

Merk selanjutnya adalah Me-O. Bulu kucing akan lebih terawat jika gizi dan nutrisinya juga bisa lebih tercukupi.

Akan tetapi, tidak banyak kucing persia yang cocok dengan merk ini. Sebagaimana pula, merk ini belum seterkenal beberapa merk yang sebelumnya disebutkan.

Untuk mendapatkan Me-O, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar 63-70 ribu rupiah di setiap 1,5kg.

Friskies

Jika kamu mencari harga makanan kucing persia yang lebih terjangkau, friskies solusinya. Dengan ini, tentunya kamu bisa memberikan makanan terbaik tanpa merogoh kocek yang dalam.

Meski demikian, banyak kucing persia yang tidak cocok dengan merk ini. Kamu bisa melihat pup kucing persia yang lembek.

Tetapi, kamu bisa mengantisipasinya dengan memberikan jenis salmon hairball management. Ini bisa jadi pilihan bagi kamu pecinta kucing yang low budget.

Itu dia daftar makanan kucing persia yang sangat bisa kami rekomendasikan. Kira-kira, makanan mana yang akan kamu berikan pada kucing persia milik kamu?

Tinggalkan komentar