Kucing Russian Blue

Beranda » Kucing » Kucing Russian Blue

Bagi anda yang kerap menonton film atau mungkin iklan di tv maka tidak akan asing dengan kucing Russian blue ini. Penampilan kucing jenis ini memang memberikan kesan yang berbeda jika dilihat, sekilas anda akan menemukan kemiripan kucing ini dengan karakter animasi.

Bentuk yang menawan membuat kucing ini sering tampil sebagai model di iklan televisi atau di film-film. Bulu halus mengkilap adalah cirinya, memiliki warna mata terang sehingga memberikan kesan penglihatan yang tajam.

Keunikan lainnya dari kucing ini adalah memiliki ukuran tubuh yang menipu para penglihatnya. Walau memiliki ukuran tubuh yang ramping jenis kucing terbaik ini memiliki lemak yang banyak tersimpan di bawah kulit bulunya.

Tapi bagi sebagian pemilik kucing masih belum paham tentang bagaimana cara merawat kucing Russian blue tersebut, simaklah tulisan kami agar dapat mengetahuinya.

Sejarah Kucing Russian Blue

Sejarah Kucing Russian Blue

Sejarah awal kucing Russian blue ini sudah sangat lama dikembangbiakkan sehingga menjadi hewan peliharaan yang cukup indah. Kucing jenis ini jika dikembangkan juga akan bisa menjadi lawan ekonomi yang menjanjikan.

Kucing ini kemungkinan berasal dari daerah Arkhangelsk di Rusia. Awalnya kucing dipelihara oleh para pelaut pada sekitar tahun 1860 dan kemudian menjadi terkenal karena penampilan yang mengesankan setelah perang dunia kedua selesai.

Pengembangan tersebut berlangsung di negara Skandinavia dan Rusia. Cara untuk mendapatkan kucing dengan warna biru dan memiliki warna mata hijau adalah dengan mengawinkan silang kucing rusia dari Skandinavia dengan kucing dari Rusia dan Inggris.

Maka hasilnya adalah kucing Russian berwarna biru seperti sekarang ini. Perbedaan kucing Russian blue dengan kucing lainnya adalah matanya yang berwarna hijau. Dari matanya yang unik ini dikambang juga kucing jenis Havana Brown.

Pada sekitar tahun 70 an, seorang peternak kucing di Australia mengembangkan jenis kucing yang lain. Caranya adalah menyilangkan kucing biru dengan kucing domestic, hasilnya kemudian muncul kucing putih Rusian.

Kontes pertama dari kucing biru Rusia adalah kontes di Crystal Inggris pada tahun 1975, setelah ikut kontes kucing diberi nama kucing arkhangelsk.

Ciri Kucing Russian Blue

Ciri Kucing Russian Blue

Agar anda tidak tertipu oleh pedagang nakal yang menjual kucing palsu dari jenis ini maka harus paham tentang ciri-cirinya. Ciri-ciri kucing Russian blue harus anda ketahui agar terhindar dari penipuan, untuk mengetahuinya anda bisa menggunakan 3 metode.

Dua cara atau metode untuk membedakan kucing Russian blue yang asli dan kucing Rusia biru yang palsu. pertama adalah dengan melakukan pengecekan fisiknya kemudian metode yang kedua adalah dengan mengamati perilakunya dan terakhir dengan tes DNA.

Ciri Fisik

Secara fisik, maka anda harus paham dahulu jenis Peranakan kucing Russian blue. Untuk itu anda harus paham sejarahnya, kucing biru Rusia baru menyebar di dunia pada tahun 1860 an dan berkembang di Amerika pada abad ke-20.

Untuk mengetahui apakah kucing Rusia biru yang asli atau palsu perhatikan ukuran tubuhnya, jenis yang asli memiliki ukuran tinggi bahu 25,4 cm dan beratnya sekitar 5 kg. Kucing jenis ini bisa bertahan hidup hingga usia 10 tahun.

Penampilan secara umum dari kucing ini adalah bentuk tubuh yang ramping, panjang dan memiliki perilaku yang elegan. Memiliki leher panjang dan lentur, sebenarnya panjang lehernya bisa berkembang, tapi karena bulu yang tebal maka terkesan pendek.

Warna mata kucing Russian blue hijau mencolok, ini adalah ciri khususnya. Pada usia 4 bulan keatas mulai tampak cincin hijau di lingkaran luar iris. Rata-rata kucing biru Rusia terlahir dengan warna biru pada mata, selama proses pertumbuhan akan menjadi warna hijau.

Bentuk kepala dari kucing Rusia biru juga berbeda dari kucing kebanyakan. Kucing ini memiliki bentuk kepala segitiga, seringkali juga diidentifikasi mirip seperti ular kobra. Warna khas dari kucing ini adalah biru dengan lapisan ganda beserta berbulu lebat.

Jika anda memperhatikan, maka akan menemukan warna berbeda pada pangkal berwarna abu-abu dan ujung bulunya berwarna keperak-perakan. Sedangkan di bagian moncong kucing memiliki warna hitam.

Perilaku Kucing Biru Rusia

Kucing Russian blue memiliki sikap malu-malu jika sedang berhadapan dengan orang asing. Tapi jika sudah mengenal orang tersebut akan sangat penyayang. Kucing ini juga bersikap lembut dan senang jika diajak untuk bermain.

Jenis kucing ini juga memiliki suara yang pelan, ini akan berbeda jika disandingkan dengan kucing lainnya. Ketika dalam keadaan diam kucing ini senang mengamati daerah sekelilingnya, menyukai ketenangan dari pada tempat bising.

Periksalah berkas-berkas pedigree kucing Russian blue, jika si penjual tidak memiliki berkas-berkas tersebut maka lebih baik tidak membelinya. Karena semua kucing yang tidak memiliki berkas pedigree maka tidak akan bisa diakui secara khusus sebagai jenis ras tertentu.

Perhatikan harga ketika membeli kucing ini, jika harganya terlampau murah maka jangan membuatnya. Sebagai perbandingan harga kucing Russian blue di Amerika adalah sekitar 400-600 dolar. Harga tersebut jika dirupiahkan akan berjumlah sekitar 5 juta sampai 8 juta rupiah.

Ciri yang lainnya pada pasaran Eropa dan Amerika jenis kucing ini telah dikebiri oleh pihak pembeli. Ini dilakukan agar kucing tidak membanjiri pasaran dan membuat harganya turun.

DNA Kucing Biru Rusia

Jika menggunakan kedua cara tersebut masih belum meyakinkan anda maka gunakan cara untuk mengetahui ciri-ciri kucing biru Rusia dengan menggunakan metode tes DNA. Pada setiap jenis hewan akan memiliki ciri DNA masing-masing.

Kode genetik dari masing-masing hewan itu berbeda-beda, maka dari itulah dengan melakukan tes DNA maka pasti akan berhasil dan tidak mungkin menipu anda.

Sampel DNA yang anda peroleh dari hewan tertentu akan dibandingkan dengan data yang ada di International Society of Animal Genetics. Dan jika sama berarti kucing tersebut benar-benar kucing biru Rusia.

Untuk melakukan tes DNA ini lakukan di tempat yang bagus dan teruji kebenarannya. Jika anda melakukan tes DNA kucing Russian di tempat yang salah maka pasti hasilnya juga salah.

Untuk mengambil sampel itu sangat sederhana sekali. Jika anda sudah membeli alat tes DNA. Maka akan ada kotak perlengkapan tes genetik, di dalamnya adalah dua kapas pantul. Lalu masukkan salah satu kapas pantul pada mulut kucing biru Rusia, lakukan hingga kapasnya menyentuh mulut.

Kemudian ulangi dengan menggunakan kapas yang kedua, tapi sebelum mengambil sampel usahakan jangan memberikan makan pada kucing sekurang-kurangnya selama 15 menit. Karena jika kucing makan terlebih dahulu akan mempengaruhi hasil test.

Jika sudah selesai kirimlah kotak tersebut pada laboratorium yang anda percayai. Lalu tunggulah hasilnya untuk mengetahui apakah kucing tersebut asli atau palsu.

Cara Merawat Kucing Russian Blue

Cara Merawat Kucing Russian Blue

Cara merawat kucing Russian blue harus anda ketahui agar kucing yang dipelihara tetap dalam keadaan yang sehat dan tidak sakit-sakitan.

Salah satunya yaitu dengan menyisir bulu kucing. Selain agar bulu tetap indah, kutu juga akan hilang jika anda sisir secara teratur. Lakukan kegiatan ini selama 2 kali dalam sehari.

Jangan lupa juga untuk memandikan kucing, hal ini dilakukan selama 3 kali dalam seminggu. Ketika kucing baru selesai mandi maka sisirlah bulunya agar tetap halus.

Untuk menjaga kucing agar tetap sehat, salah satunya adalah dengan melakukan interaksi dengan kucing yang ada pelihara. Dengan mengajaknya berinteraksi kucing tidak akan stres.

Terlebih kucing biru Rusia adalah jenis kucing yang sangat senang jika diajak bermain. Ajaklah jalan-jalan di pagi hari, agar otot kucing tetap terjaga kondisinya.

Kucing juga perlu suhu panas agar terhindar dari penyakit, untuk itulah penting mengajak kucing untuk melakukan jemur pagi. Suhu panas pada pagi hari sangat cocok untuk kucing biru Rusia.

Membersihkan kandang juga sangat penting untuk menjaga kebersihan kucing. Karena kucing membutuhkan tempat yang nyaman, untuk itu bersihkan minimal 2 minggu sekali.

Merawat kuku kucing dengan memotongnya jika panjang juga perlu anda lakukan, ini agar anda terhindar dari cakaran kucing tersebut. Jika sudah bersih dan tidak panjang maka pasti anda akan betah berlama-lama dengan kucing biru Rusia.

Tips yang terakhir untuk menjaga kucing agar tetap sehat adalah dengan memeriksakannya pada dokter hewan setiap 3 bulan sekali. Kucing yang sehat dan dalam kondisi emosi yang stabil akan memberikan anda kesenangan tersendiri.

Makanan Kucing Russian Blue

Makanan Kucing Russian Blue

Makanan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan, jika sampai tidak diberikan makanan kucing bisa menjadi kurus dan jelek. Berilah nutrisi serta vitamin yang cukup setiap harinya, agar kucing terlihat sehat dan bugar.

Kucing yang sehat tentu akan menyenangkan bagi anda, maka peliharalah dengan sungguh-sungguh agar tetap sehat.

Tapi dalam memberikan makanan pada kucing jenis ini tidaklah boleh sembarangan, berikut akan kami sampaikan jenis-jenis makanan kucing Russian blue terbaik.

Makanan Kering

Jenis makanan kering untuk kucing adalah jenis pertama. Jenis ini dikembangkan dari daging kering atau dry food. Makanan ini memiliki kelebihan yang bersifat ekonomis karena bisa bertahan lama.

Makanan kering ini memiliki bahan dasar berupa daging yang dipanaskan dalam suhu tinggi. Makanan kering ini bisa disajikan dengan tambahan lemak makanan agar memiliki rasa yang enak.

Memilih makanan kering ini harus teliti karena jika tidak berhati-hati akan salah memilih makanan kering yang memiliki nutrisi rendah.

Makanan Basah

Ada beberapa orang yang memberikan makanan kucing dengan bahan mentah, mereka percaya ini akan menjadikan kucing memiliki sifat alami. Selain itu juga bisa melatih otot mulut kucing agar tetap kuat.

Untuk memiliki makanan mentah ini anda bisa mencarinya di toko-toko,pilihannya adalah ikan-ikan laut, atau daging ayam. Kelebihan dari makanan mentah adalah kaya akan protein tinggi dan juga vitaminnya sehingga kucing bisa tumbuh secara alami.

Makanan Rendah Protein

Jenis makanan ini memang jarang digunakan karena kebanyakan kucing memerlukan protein yang tinggi. Tapi tidak jarang jika anda memeriksa kucing ke dokter maka dokter akan menyarankan untuk memberikan makanan dengan protein yang rendah.

Untuk semua jenis makanan tersebut sebenarnya dijual bebas di pasaran. Tapi agar kucing yang anda pelihara tetap sehat maka harus memilih jenis makananan yang terbaik dan berkualitas. Jenis-jenis makanan berkualitas ini akan sangat cocok untuk pertumbuhan kucing anda.

Harga Kucing Russian Blue

Harga Kucing Russian Blue

Kucing russian blue adalah jenis kucing yang memiliki harga yang cukup mahal bahkan hingga puluhan juta rupiah. Berikut dibawah ini adalah daftar harga russian blue.

JenisUmurHarga
Russian Blue Asli6 bulan38.000.000
Russian Blue Kitten3 bulan19.500.000
Russian Blue Kitten2 bulan10.750.000
Russian Blue Betina3 bulan2.000.000
Russian Blue mix Anggora6 bulan900.000
Russian Blue mix Persia3 bulan550.000

Memelihara kucing pasti akan akan menemukan rasa kebahagiaan yang tinggi. Selain bisa untuk diajak bermain, kucing bisa menjadi teman yang setia ketika anda dalam kondisi sedih.

Perkembangan dari jenis kucing Russian blue sangatlah mengesankan. Selain lucu karena pola karakternya kucing biru Rusia yang berkembang dengan baik juga akan menjadi lahan anda untuk berbisnis dalam dunia kucing.

Anda tertarik untuk mengadopsinya? Pastikan tidak terlewat dalam memenuhi segala kebutuhan kucing lucu satu ini.

Tinggalkan komentar