Makanan Burung Lovebird

Beranda » Burung » Makanan Burung Lovebird

Asupan makanan menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh pada kesehatan dan suara burung. Tidak terkecuali Lovebird yang membutuhkan jenis makanan sehingga burung Lovebird cepat gacor dan ngekek panjang.

Apabila burung Lovebird diberikan pakan yang bergizi, maka nutrisi yang diperlukan akan terpenuhi sehingga ia akan gacor dan ngekek panjang. Lalu, makanan apa yang bisa membuat lovebird gacor, ngekek panjang, dan tetap sehat?

Berikut dibawah ini adalah beberapa rekomendasi makanan lovebird secara lengkap dengan ulasannya.

Jenis Makanan Lovebird Agar Gacor

Jenis Makanan Lovebird Agar Gacor

Selain kebersihan dan kesehatan dalam merawat burung lovebird, salah satu hal lain yang paling penting untuk performa burung adalah jenis makanan burung lovebird.

Walaupun perawatannya tergolong mudah, tetapi jika pakan tidak dijaga, performanya bisa turun. Sebaliknya, jika diberi pakan yang bergizi, dia akan cepat gacor dan ngekek panjang.

Milet Putih

Ini adalah makanan utama burung lovebird. Setiap hari diberikan Milet putih pun sebenarnya sudah cukup, tetapi dipersilahkan jika kamu ingin menambahkan makanan tambahan (Extra Fooding) untuk menambah asupan proteinnya.

Gabah Beras Merah

Fungsi pakan ini adalah untuk menurunkan over birahi, mengatasi lovebird nakal, mengatasi suara lovebird yang ngebrebet, sumber energi, dan sebagainya.

Biji Kenari (canary seed)

Kandungan biji kenari yang kaya akan protein, hidrat arang, dan lemak mampu membuat lovebird merasa segar, penuh stamina, pun untuk mengatasi suara serak pada lovebird.

Biji Bunga Matahari

Jika lovebird kamu kurang birahi, coba berikan biji bunga matahari. Biji bunga matahari punya kandungan yang bisa meningkatkan birahi lovebird. Jadi cocok untuk diberikan pada lovebird di masa kawin.

Kuaci

Beberapa jenis kuaci yang bisa diberikan antara lain, kuaci biji bunga matahari, kuaci biji waluh, dan kuaci biji semangka.

Biji Oat (haver)

Apa kamu punya indukan lovebird yang sedang meloloh anakannya? Nah, berikan biji oat. Karena kandungannya yang tinggi akan kalori, karbohidrat, dan protein bisa membantu anakan lovebird untuk berkembang lebih cepat.

Jagung Muda

Fungsi utamanya adalah sebagai penstabil birahi. Jagung muda bisa menaikkan birahi lovebird sampai stabil (tidak sampai over birahi/ OB). Atau sebaliknya, jagung muda bisa juga digunakan sebagai peredam birahi.

Jagung Manis

Jagung manis mempunyai kandungan vitamin B, vitamin C, folat, cryptoxanthin, beta karoten, dan zat lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan menguatkan otot-ototnya.

Tulang Sotong (Asinan)

Tulang sotong mempunyai kandungan kalsium karbonat, sodium klorida, kalsium fosfat, dan garam magnesium. Kandungan itu bagus sekali untuk pertumbuhan burung lovebird.

Cangkang Telur Ayam

Kandungan kalsium di dalam cangkang telur ayam bisa membantu pembentukan tulang dan paruh agar kuat. Selain itu, cangkang telur ayam juga bagus diberikan untuk indukan lovebird yang sedang bertelur atau mengerami.

Telur Rebus

Karena lovebird tidak memakan serangga, maka untuk asupan proteinnya didapat dari telur rebus agar bisa teriak dan gacor. Telur rebus bisa dari ayam kampung, telur burung puyuh, telur ayam ras, telur bebek, telur itik, dan sebagainya.

Jewawut

Pakan ini sangat cocok untuk lovebird yang sedang diternak. Karena jewawut mengandung tinggi protein yang bermanfaat untuk pembentukan cangkang telur.

Apel Merah

Kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin B Complex bermanfaat untuk meningkatkan stamina burung lovebird.

Kecubung

Untuk memberikan pakan yang satu ini harus benar-benar hati-hati karena buah kecubung bisa menyebabkan keracunan dan mabuk. Tetapi jika diberikan pada porsi yang pas, akan membantu lovebird kamu lebih gacor dan ngekek panjang.

Anggur Merah

Kandungan resveratrol atau antioksidan polifenol.pada anggur merah sangat tinggi, khususnya pada bagian kulit. Jadi, ketika memberikan pakan ini, sebaiknya jangan dikupas.

Pepaya Mentah

Racik pepaya mentah dengan jahe, bawang putih, kunyit dan madu, kemudian berikan ke burung lovebird kamu. Racikan makanan ini ampuh untuk membuat burung lovebird ngekek panjang.

Daun Ginseng Jawa

Fungsi daun ini adalah untuk meningkatkan stamina, daya tahan tubuh, menstabilkan birahi, meningkatkan energi, dan menghilangkan stres pada burung.

Daun Kangkung

Fungsi daun kangkung adalah untuk meningkatkan birahi. Menjelang lomba tapi lovebird kamu masih kurang semangat?Kasih saja daun kangkung.

Sawi atau Sawi Putih

Fungsinya adalah untuk menstabilkan birahi burung lovebird. Sedangkan sawi putih mempunyai kandungan vitamin, serat, dan kalsium yang tinggi.

Pakcoy

Sayur pakcoy sebaiknya jangan diberikan terlalu sering agar tidak over birahi. Sebaiknya berikan pokcoy untuk indukan yang sedang mengerami telurnya.

Wortel

Nah, untuk burung lovebird yang akan mengikuti beauty contest, harus diberikan wortel. Karena wortel mampu memperindah warna bulu burung, menjaga kesehatan mata dan organ tubuh, serta membersihkan racun di dalam tubuhnya.

Toge

Kandungan yang terdapat dalam toge sangat banyak, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan stamina, kesuburan, kekebalan tubuh, dan sistem pencernaan.

Daun Krokot

Fungsi dari pakan ini adalah untuk meningkatkan stamina dan membuat suaranya semakin lantang dan tahan lama. Daun krokot adalah jenis makanan yang bagus untuk burung lovebird.

Daun Peterseli

Untuk burung lovebird yang sedang dalam musim kawin, disarankan untuk memberikan daun peterseli agar produktivitasnya meningkat.

Daun Binahong

Daun ini bisa membuat burung lovebird cepat membuka paruhnya untuk bersuara dengan lantang.

Harga Makanan Burung Lovebird

Harga Makanan Burung Lovebird

Harga makanan burung Lovebird berbeda-beda. Untuk pakan utama, merk, dan ukurannya yang semakin baik maka harganya semakin mahal. Mulai dari Rp 30.000-an sampai ratusan ribu.

Kamu bisa langsung mencarinya di pet shop terdekat atau di situs jual beli online. Sesuaikan dengan kondisi burung lovebird yang kamu punya ya.

Suplemen Makanan Lovebird Biar Gacor

Suplemen Makanan Lovebird Biar Gacor

Selain pemilihan jenis makanan burung lovebird, pemberian suplemen atau vitamin lovebird juga dibutuhkan dengan tujuan untuk meningkatkan performa burung lovebird.

Terlebih jika lovebird tersebut mempunyai jam terbang yang tinggi, sehingga harus didukung dengan suplemen yang tepat untuk mengembalikan staminanya.

Nah, berikut ini daftar suplemen buatan pabrik yang terbukti ampuh:

VitaSEL

Suplemen ini menjaga rahim lovebird agar bagus sehingga bisa menghasilkan telur yang berkualitas. Cara pemberiannya adalah cukup dicampur pakan atau air minum.

Dengan perbandingan 1-2 liter : 1 gram VitaSEL. Harganya berkisar antara Rp 130.000/ 50 gram.

Super Nova

Jika burung lovebird kamu suka mengikuti lomba, suplemen ini tak boleh terlewat agar stamina dan mentalnya kuat saat bertanding. Harganya Rp 150.000 termasuk 1 bungkus pakan dan 1 botol vitamin cair.

Ultimate

Suplemen ini terbuat dari bahan herbal yang berfungsi untuk meningkatkan stamina, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membuat nafasnya panjang. Harganya sekitar Rp 150.000/ 20 ml.

Moncer 1

Nah, jika kamu ingin lovebird kesayanganmu bersuara gacor dan ngekek panjang, suplemen inilah solusinya. Fungsi lainnya adalah mengatasi telat birahi dan meningkatkan stamina tubuhnya.

Harga yang dibanderol di pasaran sekitar Rp 50.000/ 10 ml.

Smart NHB

Kandungan Omega 3 di dalam suplemen ini membantu burung lovebird yang sedang lemah, letih, lesu, lambat birahi, dan lain-lain. Harganya sekitar Rp 80.000 per bungkus.

OrBird

Suplemen herbal yang diracik dari bahan-bahan alami, yaitu madu, dan bahan lainnya.

Pada uji laboratorium, setiap mg/l OrBird mengandung kalsium, magnesium, protein, zeng, besi, vitamin C, fosfor, dan bakteri baik lactobacillus sp. Harganya sekitar Rp 35.000.

Memberikan makanan burung Lovebird yang berkualitas tentu akan membuat sehat dan semakin aktif dalam bersuara (gacor). Kamu boleh mencoba beberapa di antaranya yang sudah disebutkan diatas.

Tinggalkan komentar