Cara Merawat Burung Kenari

Beranda » Burung » Cara Merawat Burung Kenari

Merawat burung kenari sangat menarik karena bisa menjadi hiburan tersendiri dari kicauan suaranya. Namun cara merawat burung kenari agar rajin berbunyi tidaklah mudah dan sembarangan.

Burung kenari memiliki banyak daya tarik jika dibandingkan dengan burung lainnya sebagai rawatan. Seperti suaranya yang indah, warna bulu beragam pilihannya dan cukup eksotis walaupun ukuran tubuhnya cukup kecil.

Banyak yang memilih memelihara kenari karena memiliki karakter petarung sehingga kalau ada lawan maka kicauannya langsung keluar. Selain itu cukup mudah beradaptasi jadi tidak merepotkan dan tidak mudah stres.

Sebelum kamu memutuskan untuk merawat burung kenari, sebaiknya ketahui dulu bagaimana cara merawatnya. Terlebih lagi jika ingin burung tersebut bisa rajin berbunyi setiap harinya dan selalu sehat.

Cara Merawat Kenari yang Baik

Cara Merawat Kenari yang Baik

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang cukup mudah dipelihara tanpa perlu perhatian khusus. Kamu hanya perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini agar kenari yang dimiliki bisa berbunyi sesuai harapan.

Jangan Memberi Pakan Berlebihan

Perlu kamu ketahui apapun yang diberikan secara berlebihan tentu tidaklah baik termasuk dalam merawat burung. Cara merawat burung kenari bagi pemula sangat penting diperhatikan dalam proses pemberian pakan sehari-hari.

Memberi pakan terlalu berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan maupun bulu burung kenari itu sendiri. Kenari bisa menjadi terlalu gemuk sehingga malas berbunyi dan malah terfokus pada makanannya saja daripada berkicau.

Berikan EF secara Rutin

EF atau extra fooding sebaiknya diberikan secara rutin sebagai tambahan nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran. Jika ingin hasilnya maksimal kamu bisa mencampur potongan buah dan sayur kemudian letakkan dalam satu wadah.

Pemberian EF harus diperhatikan karena jangan sampai berlebihan atau terlalu banyak diberikan kepada burung. Atur jadwal kapan harus memberikan EF serta kapan harus berhenti agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Berikan Egg Food

Jika ingin menambah stamina burung kenari sangat cocok jika kamu memberinya egg food atau bisa disebut juga soft food. Berikan potongan telur rebus yang digantung pada sangkar atau racik bersama bahan makanan lainnya beberapa hari sekali.

Beri Makan Daun Hijau

Daun-daunan hijau yang didapatkan dari alam misalnya seperti krokot, mengkudu atau lainnya bisa meningkatkan kualitas suara. Suara kenari bisa lebih jernih atau kristal dan hal inilah yang membuat kicauannya menjadi lebih lepas.

Suplemen Tambahan

Pemberian suplemen tambahan juga diperlukan sebagai salah satu cara merawat burung kenari agar bunyi. Namun pemberian suplemen tambahan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan mengingat kondisi setiap burung berbeda.

Kenapa Kenari Tidak Mau Bunyi?

Kenapa Kenari Tidak Mau Bunyi

Jika kamu sudah merasa merawat kenari dengan baik namun tetap saja tidak mau berbunyi dengan baik. Maka harus mengetahui kenapa hal tersebut terjadi karena biasanya disebabkan oleh faktor kenyamanan.

Pakan Kurang Diperhatikan

Walaupun cara merawat kenari agar gacor cukup sederhana dan tidak sulit namun bukan berarti diabaikan saja. Biasanya kenari tidak mau berbunyi karena pakan serta air minum kurang diperhatikan sehingga kualitasnya menurun.

Sangkar Terlalu Kotor

Kenari sangat menyukai kenyamanan dan akan suka berkicau kalau sangkarnya bersih. Sangkar yang terlalu kotor bisa menjadi salah satu penyebab kenari tidak mau berkicau sehingga kebersihannya wajib diperhatikan.

Terkena Polusi Udara

Kalau kenari kamu tidak mau berbunyi coba perhatikan lokasi sangkarnya apakah sering terkena polusi udara. Udara yang tidak sehat seperti adanya pembakaran sampah membuat kenari menjadi susah gacor.

Terganggu Binatang Lain

Adanya hewan lain yang mengganggu seperti kucing, anjing ataupun tikus bisa membuat burung menjadi takut. Rasa takut ternyata dapat memberikan efek buruk yang akan berpengaruh pada suaranya.

Dekat dengan Burung Lain

Mendekatkan kenari dengan burung lain yang memiliki suara keras tentu akan sangat mempengaruhi kicauannya. Maka sebaiknya perhatikan lokasi penempatan kenari dan jauhkan dari burung lainnya.

Terkena Angin Kencang

Membuat burung kenari biar rajin bunyi memang tidaklah mudah karena posisi sangkar juga harus diperhatikan. Jangan sampai kamu meletakkan kenari di lokasi yang sering terkena angin kencang maupun kipas karena tidak disukainya.

Cara Kenari Rajin Berbunyi (Gacor)

Cara Kenari Rajin Berbunyi Gacor

Merawat kenari dengan baik belum tentu mampu membuatnya bisa lebih rajin mengeluarkan bunyi. Maka ikuti saja beberapa tips di bawah ini agar kenari kamu bisa berbunyi lebih maksimal lagi.

Lakukan Pemasteran

Pemasteran merupakan salah satu terapi yang bisa dilakukan dengan mendengarkan suara kenari lain agar mau belajar. Kamu bisa menggunakan suara dari kenari lain yang sudah gacor didekatkan atau memakai suara dari MP3.

Pelihara Lebih dari Satu Burung

Tips kedua sebaiknya kamu memelihara lebih dari satu burung kenari agar bisa saling belajar mengeluarkan bunyi. Apalagi kenari memiliki karakter petarung sehingga bisa memancing untuk berkicau lebih sering.

Beli Burung yang Sudah Bunyi

Agar lebih memudahkan ketika melatih kenari mau berbunyi kamu bisa membeli yang memang sudah gacor. Jadi tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk melatih burung tersebut mau mengeluarkan bunyi setiap hari.

Jaga Kebersihan dan Kenyaman

Kenari akan sering berbunyi ketika merasa nyaman dengan cara memperhatikan kebersihan kandang maupun pakan. Jika dirasa kandang sudah mulai kotor ataupun pakan menjamur sebaiknya langsung dibersihkan.

Ciri-Ciri Kenari Berkualitas Baik

Ciri-Ciri Kenari Berkualitas Baik

Tahukah kamu, kenari yang gacor dan sering mengeluarkan kicau setiap hari tidak hanya dari perawatannya namun juga kualitasnya.

Maka, sebelum membeli sebaiknya kenali ciri-ciri dari jenis burung kenari yang kualitasnya bagus agar nantinya tidak kesulitan dalam merawat burung kenari macet bunyi.

Nafsu Makan Baik dan Lincah

Memilih kenari yang benar-benar berkualitas sebenarnya dapat dilihat dari nafsu makan dan gerakannya di dalam sangkar. Jika nafsu makan baik dan lincah pergerakannya menandakan kalau burung tersebut sehat serta mentalnya kuat.

Lihat dari Paruhnya

Bagi pecinta kicau mania tentu tidak akan kesulitan membedakan mana burung berkualitas baik dengan tidak. Ciri-ciri yang dapat membantu kamu yaitu dengan melihat paruhnya seperti tebal, pangkalnya besar, lebar serta panjang.

Lehernya Berisi dan Padat

Jika ingin mendapatkan kenari dengan kualitas suara bagus dan mau berkicau setiap hari lihat kondisi lehernya. Perhatikan leher kenari yang berisi dan padat tentu mampu memberikan power sehingga menghasilkan suara maksimal.

Sayapnya Mengepit Rapat

Ciri lain kenari yang sehat dan berkualitas dapat dilihat dari bulunya serta sayapnya mengepit rapat. Terkadang bagi pemula yang belum paham tentang burung sulit melihat ciri-ciri ini sehingga butuh pengalaman.

Pastikan Memilih yang Jantan

Ketika memilih burung kenari yang berkualitas sangat disarankan untuk menentukan pilihan pada jantan saja. Karena dari segi suara yang dihasilkan lebih keras dan kencang daripada kenari betina.

Memelihara burung kenari dapat memberikan hiburan karena suara yang dihasilkan sangat menarik. Maka jika ingin kenari rajin berbunyi sebaiknya ketahui cara merawat burung kenari dengan baik dan benar.

Tinggalkan komentar