Cara Merawat Burung Lovebird

Beranda » Burung » Cara Merawat Burung Lovebird

Bagi pecinta burung Lovebird dan ingin menyiapkannya untuk lomba, tentu harus tahu bagaimana cara merawat burung Lovebird yang tepat. Karena dengan perawatan yang tepat, maka lovebird mampu berkembang dengan baik.

Selain itu, merawat lovebird untuk menjadi burung kicauan, bukanlah hal yang instan. Kamu perlu ketekunan dalam merawat lovebird agar sesuai keinginan.

Memberikan makanan burung lovebird yang bernutrisi secara rutin setiap hari adalah salah satunya. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ulasan bagaimana merawat burung Lovebird hingga siap untuk dilombakan.

Yang Diperlukan Dalam Merawat Burung Lovebird

Yang Diperlukan Merawat Burung Lovebird

Ketika kamu memutuskan untuk merawat burung Lovebird, sebaiknya kamu juga mempersiapkan beberapa hal, antara lain:

  1. Kandang yang luas dan ideal. Karena Lovebird adalah jenis burung yang sangat aktif, maka mereka harus mempunyai kandang yang luas untuk terbang dan bermain. Ukuran kandang yang ideal adalah 45 x 45 cm dengan jarak antar plangnya tidak lebih dari 2 cm.
  2. Tempatkan 2-3 batang pohon dengan tekstur dan ukuran yang berbeda. Tujuannya adalah untuk kesehatan dan kenyamanan kaki burung Lovebird. Idealnya, ketebalan batang pohon yang dipakai adalah 1,5 cm.
  3. Lokasi kandang yang tepat. Tempatkan kandang Lovebird di area yang hangat karena Lovebird mudah merasa dingin dan terkena flu. Jadi, jauhkan kandang Lovebird dari pintu, jendela, lantai, dan dapur.

Merawat Burung Lovebird Agar Juara

Merawat Burung Lovebird Agar Juara

Beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan, agar Lovebird selalu jadi juara:

Mengatasi Lovebird Turun ke Bawah/Nebok.

  • Terapi mandi. Saat mandi, pegang burung dan usap perlahan dengan air lalu mandikan langsung dari air keran berdebit kecil seperti rintik hujan, dan semprot dadanya agar sedikit basah kemudian kerodong (rutin pada sore atau setelah maghrib).
  • Pilih tangkringan yang ukurannya sama seperti tangkringan plastik bawaan sangkar bulat.
  • Pilih tingkat kekasaran/ tekstur yang nyaman agar burung Lovebird kamu tidak gelisah.

Mengatasi Lovebird Over Birahi (OB)

  • Buka kerodong dan embunkan Lovebird (rutin setiap pagi).
  • Jangan dijemur terlalu lama.
  • Mandikan sampai basah kuyup dan angin-anginkan sampai kering (rutin setiap hari).
  • Pastikan bulunya benar-benar kering.
  • Letakkan agak jauh dari Lovebird lain.
  • Letakkan di tempat sejuk dan tidak pengap.
  • Buka kerodong saat siang hari.
  • Sebelum jam 5 sore, mandikan Lovebird sampai basah kuyup. Atau semprot sampai basah kuyup kemudian dikerodong (jika kamu baru sempat memandikannya setelah maghrib).
  • Berikan millet putih setiap hari.

Tips Sebelum Lomba

  • Usia Lovebird harus diikutkan lomba sekitar 7 bulan.
  • Cukup sekali gantang (seminggu sekali).

Tips Membeli Lovebird untuk Lomba

  • Di pasar. Pilihlah yang usianya di atas 3,5 bulan, berbadan lincah dan berbulu cerah, nangkring dan terbangnya santai (jika didekati), serta sesekali bersuara.
  • Di peternak. Tanyakan nama indukannya lalu pilihlah yang berusia 3 bulan agar usia 4 bulan sudah bisa diajak latihan bersama, dan tak masalah jika Kamu dapat Lovebird berwarna eksotik.
  • Dari latihan bermain skala kecil. Pilihlah Lovebird yang mau ngekek saat digantang (walaupun tidak koncer) dan perhatikan performanya tiap digantang (jangan pilih Lovebird yang tidak selalu ngekek karena bisa jadi itu burung kagetan).

Mengatasi Lovebird yang Mogok Bersuara

  • H-1 lomba, jangan jemur burung. Cukup diembunkan, dianginkan, disemprot sampai agak basah, jauhkan dari Lovebird lain, dan jangan dikerodong saat siang.
  • Hari H lomba, di rumah, embunkan, semprot lembut, kerodong, lalu tempatkan di tempat yang sejuk dan siap berangkat. Kalau kamu harus berangkat lomba subuh, cukup bersihkan sangkar, cek pakan dan air, kerodong, dan siap berangkat.
  • Sesampainya di lokasi, tunggu sampai Lovebird ngekek baru buka kerodongnya.
  • Gantang Lovebird kamu (dimana saja) agar beradaptasi. Tunggu sampai Lovebird-mu ngekek sekali atau dua kali.
  • Kalau Lovebird masih mompa atau ngetik, semprot lembut dadanya (2x) lalu dikerodong.
  • 15-20 menit sebelum gantang, buka kerodong. Ambil pakan dan minumnya dan bersihkan sangkarnya.
  • Jangan biarkan Lovebird yang kamu punya ngekek terus di paddock untuk menjaga staminanya.

Cara Merawat Burung Lovebird untuk Beauty Contest

Cara Merawat Burung Lovebird untuk Beauty Contest

Karena ajang beauty contest ini mempunyai standar pemenang, maka kamu pun harus mengikutinya. Terlebih jika tujuan kamu mengikuti kontes ini adalah untuk menjadi juara, maka perawatan harus diperhatikan dengan seksama.

  1. Bersihkan kandang. Burung Lovebird adalah jenis burung yang aktif, jika kandang kotor maka akan mengotori bagian tubuh burung, terutama ujung sayap dan bagian ekor. Dan jika tidak dibersihkan secara berkala, akan membuatnya terlihat kusam dan mengurangi penilaian.
  2. Bersihkan dan rapikan bulu. Yaitu menggunakan air bersih, sprayer, dan sabun mandi khusus anak-anak (karena mengandung soda yang rendah).
  3. Merawat kaki Lovebird dengan baby oil. Oleskan baby oil tipis-tipis dan merata di seluruh permukaan kaki. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kerak dan jamur di kaki burung, sehingga kaki terlihat lebih bersih.
  4. Pastikan alas sangkar selalu bersih. Yaitu cukup dengan memberi alas kertas di bawah. Jika dirasa sudah kotor, ganti alas kertas tersebut dengan kertas baru.
  5. Jemur burung yang sudah bersih selama 10-15 menit. Kemudian angin-anginkan sebentar di teras sampai bulu kering sempurna. Tidak dianjurkan untuk menjemur terlalu lama karena akan merusak “zat lilin” di bulu.

Cara Lovebird Gacor Menggunakan Suara Master

Settingan harian ini harus dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal, yaitu tampilan bersih menawan dan suara lantang.

  1. Jam 07.00. Angin-anginkan burung di teras kemudian mandikan, bersihkan kandang, ganti alas kandang, air minum dan pakan.
  2. Jam 08.00. Jemur selama 10-15 menit. Ketika menjemur, kelompokkan burung agar masing-masing bisa melihat burung sejenis. Kemudian angin-anginkan sebentar dan kerodong sangkar.
  3. Jam 10.00-15.00. Lakukan master burung dengan suara master atau dengan burung lain.
  4. Jam 15.30. Angin-anginkan burung. Dan mandikan (jika perlu). Kontrol kembali sangkar, pakan, dan minum.
  5. Jam 18.00. Kerodong burung dan perdengarkan suara master sampai pagi (selama masa istirahat).

Tips Memilih Suara Master yang Baik

Irama lagu (kemampuan berkicau) burung Lovebird juga menjadi penentu di dalam lomba. Dan hal ini dipengaruhi oleh suara master yang digunakan untuk latihan. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Cari suara master yang memiliki kesesuaian dengan suara burung Lovebird kamu.
  2. Ikuti trend lagu terkini.
  3. Pilih variasi irama yang mewah. Yaitu master yang mempunyai variasi speed yang selaras dan irama lagu yang mengalun.

Ciri Burung Lovebird yang Sehat dan Baik

Sebelum membeli burung Lovebird, sebaiknya kamu perhatikan ciri burung Lovebird. Apakah dalam keadaan sehat dan baik.

  1. Bentuk paruh. Burung yang sehat mempunyai paruh yang berpangkal lebar, tebal, panjang dan terlihat kokoh.
  2. Bentuk kepala. Pilihlah burung yang berkepala besar, karena ini menandakan dia mempunyai mental tempur yang baik.
  3. Postur badan. Postur sedang dengan proporsi leher, badan, dan ekor yang serasi. Sebaiknya, pilihlah burung yang mempunyai dada lebar.
  4. Bentuk sayap dan kaki. Pilihlah burung yang sayapnya mengepit rapat dan kaki yang besar, kering, dan mencengkram kuat.
  5. Mempunyai nafsu makan yang besar dan bergerak lincah. Jika burung Lovebird mempunyai ciri ini, maka dia bermental baik.
  6. Bentuk leher. Sebaiknya pilihlah burung Lovebird yang mempunyai leher panjang dan padat berisi. Ciri ini menunjukkan bahwa dia bisa mengeluarkan power suara dengan maksimal.
  7. Bentuk bola mata. Pilihlah burung yang mempunyai bola mata besar dan bersih bersinar. Ciri ini menandakan bahwa dia akan sangat gacor.

Nah, itulah beberapa tips dan cara merawat burung Lovebird di atas bisa kamu lakukan dengan telaten. Tujuannya agar Lovebird tidak stres dan selalu siap untuk dilombakan.

Tinggalkan komentar