Jenis Burung Kenari

Beranda » Burung » Jenis Burung Kenari

Kenari adalah salah satu burung primadona yang terkenal akan suara kicauannya yang merdu yang nyaring. Tak hanya itu, jenis burung kenari juga sangat banyak dan ia juga memiliki bulu yang indah.

Tak heran jika ia menjadi burung peliharaan sejuta umat dan konon harganya lumayan menguras kantong. Pada kesempatan kali ini, kamu tidak akan diajak membahas tentang harga kenari, namun lebih ke jenis-jenis kenari.

Karena seperti yang diketahui, burung kenari jenisnya ada banyak sekali. Burung yang ditemukan pelaut perancis Jean de Berthan Cout ini ukuranya terbilang kecil dengan usia yang dapat mencapai hingga puluhan tahun.

Untuk lebih jelasnya terkait burung kenari, akan dibedakan menjadi beberapa jenis berikut dibawah ini.

1. Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire

Jenis kenari yang pertama adalah kenari Yorkshire yang konon katanya ia memiliki suara kicauan yang bagus. Cirinya dapat kamu lihat dari badannya yang gagah dan tegap, warnanya bulunya cerah, kaki panjang dan cantik.

Kenari Yorkshire ini kabarnya menjadi salah satu paling banyak dicari di Indonesia lho. Harganya jangan ditanya, bisa mencapai hingga Rp. 4.500.000 hingga Rp. 10.000.000.

2. Kenari Roller

Burung Kenari Roller

Jika dilihat sekilas, burung berkicau yang satu ini bentuknya tak terlalu istimewa. Namun ketika ia mengoceh, bagian dagunya akan mengembang.

Ia merupakan jenis kenari yang dibudidayakan dan memiliki ciri fisik yang kuat dan tidak mudah sakit. Geraknya juga lincah dengan suara kicauan yang sangat lantang.

Ia masuk pada jenis song canary yang mana kicauannya bervariasi dan terdengar merdu baik dengan suara tinggi ataupun rendah. Untuk warna bulunya ada dua macam yaitu kuning dan juga hijau dan ada garis pada bagian punggungnya.

Untuk harganya, burung ini dibanderol sekitar Rp. 500.000 hingga yang paling mahal dapat mencapai Rp. 1.500.000. Cukup murah dibandingkan dengan jenis kenari yang sebelumnya.

3. Kenari Border

Burung Kenari Border

Dibandingkan dua jenis sebelumnya, burung yang satu ini mempunyai bentuk fisik yang terlihat unik dan beda. Kamu dapat melihat perbedaan bada bulu di badannya yang terlihat menggelembung layaknya balon.

Warna bulunya cukup beragam mulai dari hijau, putih, cinnamon, kuning dan berbagai jenis warna lainnya. Sifat dari burung yang berasal dari Skotlandia ini sedikit pemalu, pendiam dan susah dikembang biakkan.

Jika kamu ingin memelihara kenari namun minim biaya, jenis border ini bisa dijadikan pilihan. Karena harganya terbilang murah, hanya sekitar Rp. 700.000 hingga Rp. 2.000.000 per ekornya.

4. Kenari Gloster

Burung Kenari Gloster

Selanjutnya ada kenari Gloster yang banyak ditemukan di pasar burung dan cukup banyak dimiliki oleh pecinta burung di tanah air. Ciri khusus dari burung ini nampak pada bulu yang berwarna-warni.

Pada bagian badan, burung ini memiliki warna kuning agak semi kehijau-hijauan. Sedangkan pada bagian ekor putih juga agak ke hijau-hijauan.

Kenari Gloster ini mempunyai bentuk badan yang mungil dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun meski begitu, ia mempunyai jenis suara yang sangat merdu hingga sering diikut sertakan dalam lomba burung berkicau.

Untuk harganya sendiri lumayan terjangkau yaitu antara Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000 per ekornya. Namun jika diikutkan kontes, burung ini dapat dibanderol hingga harga Rp.10.000.000 bahkan lebih.

5. Kenari Holland

Burung Kenari Holland

Kenari Holland bisa dikatakan sebagai burung kenari paling bagus untuk diikutsertakan dalam lomba burung berkicau. Ini disebabkan karena ia memiliki suara yang bagus dan lantang serta bermental petarung.

Tak hanya itu, jenis suara dari kenari Holland ini juga cenderung tebal sehingga ia banyak diminati pecinta burung.

Tubuh dari burung ini terbilang cukup besar dan juga panjang mulai dari 13 hingga 15 cm. Dari segi warna juga cukup beragam, mulai dari coklat, merah, hijau, kuning, putih dan juga orange.

6. Kenari Lizard

Burung Kenari Lizard

Kenari Lizard masuk dalam kategori jenis kenari paling tua yang ada di bumi ini. Ia ditemukan dan dikembang biakkan di Perancis pada sekitar tahun 1700-an.

Dinamakan lizard karena memang ia mempunyai corak bulu yang mirip dengan warna pada kulit kadal. Warna pada bagian badannya kuning cerah berpadu coklat gelap bagian sayap dan kuning pada bagian kepala membuat burung yang satu ini terlihat semakin menarik. 

Untuk postur tubuhnya, kenari ini mempunyai tinggi sekitar 13 hingga 14 cm dengan bentuk tubuh yang bulat. Sorot matanya lembut dan ia juga termasuk burung yang mudah untuk dibudidayakan ketimbang jenis lainnya.

Harga dari burung kenari lizard ini cukup variatif karena bergantung dari kondisinya, yaitu Rp. 550.000 untuk anakan dan Rp. 1.450.000 untuk dewasa. Jadi, apakah kamu berminat memelihara jenis burung kenari ini?

7. Kenari Spanish Timbrado

Burung Kenari Spanish Timbrado

Sesuai dengan namanya, kenari ini berasal dari Negara Spanyol. Ia termasuk jenis kenari murni yang belum dicampuri dengan jenis kenari lainnya.

Suara kicauannya merdu dan terbilang cukup istimewa karena ia mempunyai keahlian menyanyikan 12 jenis nada suara. Dengan postur tubuh yang gagah dan badannya tegap, kenari ini dihargai sekitar Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000.

8. Kenari Merah

Kenari Merah

Sesuai dengan namanya, kenari ini mempunyai warna merah menyala yang terlihat hampir di semua badannya. Selain keindahan tubuhnya, kenari merah juga memiliki jenis suara yang lantang dan menggelegar.

Tak ayal jika ia masuk dalam jenis kenari gacor yang kerap diikutkan dalam berbagai lomba burung berkicau. Selain dari warna, ciri fisik dari kenari merah ini dapat kamu lihat dari postur tubuhnya yang tinggi dan tegap.

Meski demikian, burung ini tergolong susah untuk diternak atau dikembang biakkan. Meskipun bisa, itu hanya untuk orang-orang yang memang sudah berpengalaman dalam dunia ternak burung kenari.

Untuk harganya sendiri, jenis burung kenari ini dibandrol mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 400.000 untuk satu ekornya.

9. Kenari Lancashire

Kenari Lancashire

Kenari Lancashire adalah salah satu jenis burung kenari berbulu indah. Bulu dari burung ini berwarna kuning cerah dengan bagian ekor berwarna putih.

Selain keindahan bulunya, Lancashire juga mempunyai tubuh yang tegap dengan panjang badan hingga 20 cm. ia merupakan kenari asal Negara Inggris yang juga banyak dipelihara oleh para kicau mania di Indonesia.

Jenis kenari ini sangat unik sehingga harga di pasaran bisa dibilang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Harganya bisa mencapai Rp. 5.000.000 hingga Rp. 8.000.000 satu ekornya.

10. Kenari Belgia

Kenari Belgia

Sesuai dengan namanya, kenari ini berasal dari Belgia. Jika dilihat sekilas, postur dari kenari ini kurang begitu menarik.

Warnanya hanya dominan putih tanpa ada corak lain seperti kawanan lainnya. Ini disebabkan orang Belgia kurang mampu dalam cara membudidayakannya.

Namun meski demikian, kenari Belgia ini masih tergolong primadona loh. Ia bahkan menjadi salah satu burung favorit di 60 negara tak terkecuali di Indonesia.

Ciri khas dari kenari Belgia ini adalah kepalanya kecil mirip dengan kepala ular dengan postur tubuh mirip bulan sabit. Meski terlihat seperti burung cacat, namun ia terlihat menarik dengan panjang badan mencapai 18 cm.

Sebagian orang menganggap bentuk tubuh burung ini unik dan cukup ideal. Harga dari kenari belgia dibandrol dari Rp. 1.700.000 hingga Rp 2.000.000 untuk satu ekornya.

Semua jenis kenari yang disebutkan di atas mempunyai ciri dan juga kelebihannya masing-masing. Namun dari semua jenis, hanya kenari gacor yang menjadi primadona para kicau mania.

Hal ini disebabkan karena jenis burung kenari gacor memiliki suara yang nyaring dan juga lantang. Ia juga merupakan jenis petarung yang biasa di ikut sertakan dalam berbagai macam lomba kicauan burung.

Dari penjelasan beberapa jenis burung kenari diatas, apakah kamu sudah memiliki pilihan untuk menentukannya? Beritahu melalui kolom komenar dibawah.

Tinggalkan komentar