Burung Jalak

Beranda » Burung » Burung Jalak

Burung jalak merupakan salah satu burung yang terkenal karena kicaunya. Bukan hanya di Indonesia kepopulerannya, tapi juga di seluruh dunia.

Burung ini berukuran sedang, namun memiliki bentuk paruh yang lurus, tajam, dan kuat. Mereka memiliki banyak jenis dengan ciri fisik dan karakternya masing-masing.

Burung yang satu ini sangat diminati karena mampu berkicau dengan lantang. Bahkan ada kalanya burung ini mampu meniru suara dari jenis burung lain.

Nah, jika kamu tertarik untuk memelihara burung jalak sebagai hewan peliharaan, maka ada baiknya untuk mengetahui apa ciri-ciri, jenis, harga, hingga cara merawatnya.

Ciri-Ciri Burung Jalak

Ciri-Ciri Burung Jalak

Secara umum, ciri-ciri burung jalak antara lain:

  • Memiliki rata-rata ukuran tubuh antara 20-25 cm.
  • Memiliki bentuk tubuh yang gagah, dengan paruh yang kuat, lurus serta tajam.
  • Memiliki kaki yang panjangnya sebanding dengan panjang tubuhnya.
  • Memiliki suara yang sangat keras dan dapat menirukan suara burung lain.
  • Cukup mudah dijinakkan.

Jenis Burung Jalak

Jenis burung jalak memiliki keaneka ragaman, berikut beberapa di antaranya adalah:

1. Jalak Bali

Burung Jalak Bali

Burung Jalak Bali memiliki nama latin yaitu Leucopsar Rothschildi, burung ini berasal dari Indonesia. Populasi burung ini yaitu di pulau Bali sehingga sangat ditemukan dengan mudah.

Jenis ini mempunyai kelebihan sendiri yakni dapat berkicau sambil menari. Selain itu Jalak Bali juga memiliki bentuk tubuh yang sangat ramping dan bulu-bulu yang halus.

Harga burung ini tergolong mahal hingga mencapai puluhan juta, karena ia memang memiliki tampilan yang menarik.

Untuk ciri fisik burung ini tampak pada bagian paruhnya yang berwarna hitam keabu-abuan. Jalak jenis ini mempunyai mata yang berwarna hitam dan tampak seperti kacamata dengan warna biru tua.

Tubuhnya memiliki warna putih dan terlihat sangat cantik, bersih serta indah dipandang. Burung ini memiliki kicauan yang sangat merdu sehingga para pecinta burung banyak yang menggemarinya.

2. Jalak Sutra atau Jalak Kapas

Burung Jalak Sutra

Jalak sutra atau disebut juga jalak kapas, yang memiliki nama latin yakni Sturnus Sturninus. Kicauannya sangat merdu, sehingga para pecinta burung tertarik memeliharanya.

Jenis ini memiliki habitat yang selalu berpindah-pindah dari mulai negara Cina menuju Kaki Gunung Himalaya kemudian menuju Siberia selanjutnya pada bulan maret menuju Indonesia.

Ciri fisik jalak jenis ini adalah bagian kepala serta sekitar dada berwarna abu-abu. Pada bagian ekor, sayap dan punggung berwarna hitam, dan sedikit putih, lalu pada bagian mata dan paruh berwarna hitam.

Meskipun memiliki ciri khas yang menarik, namun untuk harga burung yang satu ini tergolong terjangkau.

3. Jalak Kerbau atau Jalak Kebo

Burung Jalak Kerbau

Acridotheres Javanicus merupakan nama latin dari burung jalak kerbau. Jenis jalak yang satu ini punya banyak nama lain yakni jalak penyu, jalak hitam dan jalak kebo.

Jalak yang satu ini mempunyai tampilan yang sangat sangar. Cara perawatannya termasuk mudah karena itulah banyak pecinta burung yang memeliharanya.

Harganya pun cukup murah dan mudah ditemukan di pasar-pasar burung di kota kamu. Habitat jalak kerbau yakini di dataran rendah.

Sebagian orang menyebutnya jalak kebo karena ia sering naik ke punggung kerbau saat mencari makan.

Ciri-ciri fisik burung ini yaitu memiliki tubuh yang berwarna abu-abu dan hitam. Sedangkan pada bagian kaki dan paruhnya memiliki warna kuning tua.

Warna matanya hitam dan memiliki corak yang tajam. Terdapat pula kacamata yang berwarna putih.

Dengan warna dan corak pada mata tersebut membuat burung ini tampak seram saat dilihat.

4. Jalak Suren

Jalak Suren

Burung dengan nama latin Sturnus Contra ini juga sering disebut Jalak Suren. Jenis Jalak yang satu ini populasinya pada dataran rendah di negara-negara di Asia Tenggara.

Untuk perawatan jenis jalak ini tergolong mudah. Harganya pun tidak terlalu mahal, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta.

Untuk ciri khas dari jenis burung jalak ini yaitu mempunyai ukuran tubuh sekitar 24 cm, dengan warna putih dan hitam. Ada juga yang memiliki warna putih antara garis sayapnya.

Burung jalak suren juga memiliki paruh yang cukup panjang serta berwarna orange dan kuning. Bola mata berwarna hitam, serta terdapat kacamata berwarna orange yang menyambung sampai ke paruh.

Kicauan jalak yang satu ini sangat merdu dan nyaring. Karena itulah para penggemar burung kicau mania suka menangkar jenis jalak suren ini.

5. Jalak Nias

Jalak Nias

Jenis yang memiliki nama latin Acridotheres tristis ini dikenal juga dengan jalak kerak ungu. Jenis jalak nias memiliki populasi di Amerika Asia Tenggara dan Afrika.

Habitatnya berada di ketinggian 3.000 mdpl, persisnya di daerah pegunungan. Untuk harganya jenis jalak nias berkisar sekitar ratusan ribu, serta banyak dijumpai di tempat-tempat penjual burung.

Sedangkan ciri fisiknya yakni warna coklat yang mendominasi, ada pula warna hitam pada bagian kepala. Bagian kaki dan paruh berwarna kuning tua, warna hitam pada matanya, dan berkacamata warna kuning.

6. Jalak Mawar

Jalak Mawar

Jalak Mawar atau disebut juga Rosy Starling memiliki nama latin Pastor Roseus. Sama seperti Jalak yang lainnya Jalak Mawar juga memiliki kicauan yang indah dan merdu.

Populasi Burung Mawar berada di wilayah pegunungan Indonesia. Jalak mawar adalah salah satu jenis burung jalak yang sering migrasi.

Penyebarannya hingga ke wilayah Turki, Tiongkok, Iran, dan Ukraina. Bila musim kawin biasanya spesies ini bermigrasi hingga ke India, Indonesia dan Srilanka.

Jalak mawar pernah mampir ke daerah Bali, Jogja serta Bandung. Untuk harganya berkisar diatas 500 ribu, dan bisa kamu jumpai di tempat penjual burung.

Jalak mawar memiliki ciri fisik pada jambulnya, kepala, sayap, tunggir, ekor, dan leher yang berwarna hitam.

Paruhnya berwarna merah muda dan dapat berubah warna menjadi coklat bila musim dingin. Ciri khas lainnya yakni warna hitam pekat pada matanya.

Cara Merawat Burung Jalak

Cara Merawat Burung Jalak

Jalak adalah burung yang paling mudah dalam perawatannya. Namun bagi pemula mungkin akan terasa sulit bila tak paham dengan karakter burung ini.

Untuk kamu yang mungkin masih bingung dengan perawatannya, berikut kami berikan cara merawat burung jalak.

Penjinakan Burung Jalak

Walaupun burung ini termasuk mudah ditemukan namun terkadang saat berada di sangkar, ia merasa stress karena belum terbiasa di kandang. Karena itulah penjinakan burung perlu dilakukan.

Jadi, pastikan kamu menjinakkannya terlebih dahulu. Bila burung sudah jinak maka selanjutnya akan mudah untuk perawatannya.

Mandikan Burung Jalak

Burung Jalak harus rutin dimandikan setiap hari, agar terhindar dari kutu dan penyakit.

Mandikan burung pada pukul 8 pagi dan memandikannya cukup mudah hanya disemprot-semprot saja. Sesudah dimandikan lalu jemur burung kurang lebih 1 jam

Bersihkan Kandang Secara Rutin

Bersihkan kandang burung secara rutin, buanglah sisa makanan atau kotoran yang ada dalam kandang.

Jangan lupa untuk menyemprot kandang ketika membersihkannya agar kotoran yang menempel bisa tersapu bersih.

Berikan Makanan yang Berkualitas

Berikan makanan yang berkualitas dan banyak mengandung karbohidrat dan berbagai vitamin, seperti sayuran dan buah-buahan.

Berikan juga Extra Fooding berupa ulat hongkong, jangkrik, cacing, serangga dan kroto. Extra fooding akan menjadikan suara burung Jalak gacor.

Pengerodongan

Krodonglah burung Jalak pada saat ia istirahat malam hari. Untuk hasil maksimal kamu bisa masterkan ia selama beristirahat.

Meskipun sepele, namun hal ini sangat berperan penting jika kamu ingin jalak yang gacor dan berkicau terus.

Hindarkan dari Pengganggu

Salah satu sebab burung ini mudah stres adalah karena adanya pengganggu dari hewan lain yang bisa mengancamnya. Jadi, pastikan jarak kandang dari kucing atau burung lainnya.

Karena jika burung diganggu oleh hewan lainnya, maka mereka akan mudah stress dan tidak bisa gacor.

Harga Burung Jalak

Harga burung jalak sebenarnya cukup beragam tergantung dari jenis dan kondisinya. Biasanya, semakin bagus kondisinya, maka semakin tinggi harga jualnya.

Kondisi ini meliputi usia, bentuk dan kemampuan kicauannya. Namun kami telah merangkum kisaran harga burung jalak pada tabel di bawah ini.

JenisHarga
Jalak BaliRp10.000.000 – Rp25.000.000
Jalak SutraRp100.000 – Rp300.000
Jalak KerbauRp100.000 – Rp400.000
Jalak SurenRp330.000 – Rp1.450.000
Jalak NiasRp150.000
Jalak MawarRp750.000

Nah, itulah informasi lengkap mengenai harga, ciri-ciri, jenis dan cara merawat burung jalak. Pastikan untuk merawatnya dengan benar agar burung sehat dan tidak stres.

Tinggalkan komentar