Kucing Ragdoll

Beranda » Kucing » Kucing Ragdoll

Tahukah Anda, dari sekian banyak ras kucing di dunia ada satu yang unik dan menarik perhatian banyak pecinta kucing. Namanya kucing ragdoll, dengan bulu dominan putih dan bagian coklat pada area wajahnya.

Kucing ini juga memang kurang populer namanya kalau dibandingkan kucing Persia atau Himalayan. Tapi kalau Anda sekali saja melihat dan memegangnya, pasti akan langsung jatuh hati ingin memiliki dan merawat si cantik bermata biru ini.

Kucing ini masuk ke dalam rekor dunia sebagai kucing terbesar di dunia versi Guiness Book of Record dan sudah diliput oleh banyak media.

Meskipun termasuk dalam kucing besar, ragdoll adalah kucing yang berkarakter lembut, setia, serta memiliki fisik yang menarik yaitu pada bulunya.

Sejarah Kucing Ragdoll

Sejarah Kucing Ragdoll

Seorang pecinta kucing dari california bernama Ann Baker, pada tahun 1963 yang pertama kali mengenalkan ras Ragdoll.

Kecintaannya pada kucing membuatnya berniat menciptakan berbagai ras kucing baru dengan melakukan kawin silang.

Berawal dari rasa penasaran saat kucing tetangganya yang bernama Josephine yang sembuh dari luka tabrakan dan memiliki sifat yang jauh tenang dan sehat.

Rasa penasarannya berusaha dijawab dengan mencoba menemukan ras kucing terbaik dari Josephine dan keturunannya. Walaupun butuh beberapa perjuangan dan penantian panjang, namun di tahun 1963 upayanya berhasil.

Caranya cukup unik, yaitu dengan meminjam kucing tetangganya yang merupakan keturunan Anggora. Kemudian dia juga meminjam kucing jantan ras Persia bernama Blackie milik tetangganya, serta Daddy Warbucks yang merupakan keturunan Burmese.

Dari persilangan tersebut lahirlah Kyoto yang merupakan ras ragdoll pertama milik Ann Baker.

Setelah itu, pada tahun 1971 Ann Baker mendirikan organisasi pencinta Ragdoll yang masih eksis sampai saat ini.

Ragdoll Fanciers Club International (RFCI) berdiri setelah tahun 1971 dan menjadi organisasi pencinta Ragdoll yang juga masih ada hingga saat ini.

Sedangkan di indonesa, belum ada informasi tepat tahun berapa kucing Ragdoll pertama muncul. Namun yang jelas, saat ini sudah banyak pecinta kucing yang mengembang biakkannya.

Bahkan beberapa komunitas kucing Ragdoll juga sudah berdiri dengan jumlah pengikut hingga ribuan.

Kucing yang memiliki badan paling besar diantara ras kucing lainnya ini banyak dijadikan peliharaan oleh kalangan menengah ke atas di Indonesia.

Pasalnya, kucing ini tergolong kucing yang cukup mahal. Bayangkan saja, harganya berkisar Rp. 3,5 juta hingga Rp. 10 juta lebih tergantung dari umur dan coraknya.

Ciri Ciri Kucing Ragdoll

Ciri Ciri Kucing Ragdoll

Agar Anda tidak salah mengenali jenis kucing Ragdoll ini dengan jenis ras kucing lainnya, maka perlu untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri fisik dari kucing ini.

Berikut dibawah ini adalah beberapa ciri fisik yang menonjol pada kucing ras ragdoll yang wajib diketahui:

Mata

Mata

Bola mata kucing ini berbentuk bulat seperti biji kacang almond dengan warna mayoritas biru langit. Hal ini menjadikannya sangat disukai karena terlihat indah, cantik, dan menggemaskan.

Kebanyakan ras ragdoll memang memiliki warna bola mata yang berwarna biru. Jadi, dapat disimpulkan bahwa warna biru ini juga merupakan karakteristik utama kucing Ragdoll.

Kuping

Kuping

Jarak antara kuping kanan dan kiri Ragdoll tidak terlalu jauh. Bentuknya menjulang tinggi ke atas sehingga membentuk segitiga.

Biasanya warna dalam kuping adalah merah muda, sedangkan bulu luarnya berwarna coklat atau hitam cenderung gelap.

Perut

Perut

Walaupun kurus tapi bagian perut kucing ini akan tetap terlihat berisi karena bagian bahunya lebar sehingga memberi kesan perutnya selalu penuh.

Meskipun demikian, hal ini dapat membuatnya terlihat sangat menggemaskan bukan?

Bulu

Bulu

Bulu pada kucing Ragdoll masuk dalam kategori sedang. Itulah sebabnya banyak yang mengatakan bahwa bulu mereka mirip dengan bulu kelinci.

Tekstur bulunya halus dan mudah diatur, terlebih lagi jika mendapatkan perawatan dengan cara yang tepat.

Umumnya mereka mempunyai enam jenis warna bulu. Ada yang berwarna merah, biru, coklat, seal, lilac dan juga krem.

Kaki

Kaki

Jika dilihat dengan teliti, Ragdoll memiliki kaki yang cukup panjang, kuat serta kokoh. Bentuk kaki seperti ini sangat proporsional untuk menopang berat badannya yang besar.

Umumnya semakin berat bobot Ragdoll, maka kakinya akan terlihat semakin berisi dan kuat pula.

Ekor

Ekor

Ragdoll tergolong kucing berekor panjang menjuntai dengan bulunya yang menutupi seluruh bagian ekornya.

Warna bulu ekornya merupakan perpaduan semua warna yang ada di tubuh si kucing. Adapula yang berwarna coklat dan putih atau satu warna saja.

Berat

Berat

Berat badan rata-rata kucing Ragdoll betina hampir sama dengan jantan yaitu berkisar antara empat kilogram hingga sembilan kilogram.

Namun hal ini juga sangat bergantung pada cara pemberian makanan dan perawatannya.

Umur

Umur

Rata-rata umur dari kucing ini adalah 12 tahun hingga 17 tahun tergantung perawatan dan kondisi kesehatannya.

Semakin baik lingkungan tempatnya hidup dan perawatan yang dilakukan, maka akan semakin besar peluangnya hidup lebih lama.

Karakteristik Kucing Ragdoll

Karakteristik Kucing Ragdoll

Kucing yang satu ini memiliki beberapa sifat yang membuat gemas, bahkan ketika pertama berjumpa Anda akan dibuat jatuh hati.

Jika dibandingkan dengan kucing persia atau kucing elegan lainnya pasti akan beda dengan Ragdoll. Karena kucing ini sekali dielus saja sudah merasa dekat dengan seseorang, walaupun bukan majikannya.

Dan percaya atau tidak, kucing ini sangat manja dan suka dielus dan mengelus kaki majikannya. Jadi jangan terkejut kalau tiba-tiba mereka berada di kaki Anda sambil mendekatan bagian badannya.

Mereka juga seringkali datang dan minta dipeluk ketika Anda sedang istirahat atau diam di tempat.

Ragdoll juga terkenal suka ikut kemana saja majikannya pergi. Mau itu ke dapur, kamar, atau hanya sekedar duduk di sofa sambil menonton televisi. Mereka juga akan duduk manis tanpa banyak menuntut, cukup elus dan biarkan dia terlelap.

Selain itu, kucing ini bisa dibilang cukup setia pada majikannya, dan bahkan anggota keluarganya juga. Ketika ditinggal di rumah, Ragdoll tidak akan kabur namun tetap menunggu hingga sang majikan pulang.

Kucing Ragdoll sangat suka digendong, baik digendong seperti bayi baru lahir atau digendong belakang. Ragdoll akan merasakan kenyamanan maksimal saat berada di gendongan seseorang.

Walau terkesan agresif, tapi kucing ini tak banyak bersuara seperti halnya kucing lainnya. dia hanya akan bersuara saat lapar, ingin dimanja dan momen-momen tertentu saja.

Ragdoll memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibanding kucing jenis lain sehingga sangat mudah dilatih dalam berbagai hal seperti makan di tempat makan, mengejar bola, serta membuka dan menutup pintu.

Kalau Anda sudah merawat kucing Ragdoll kitten hingga dewasa, akan terlihat seberapa patuhnya dia kepada Anda. disuruh apapun dia akan dengan cepat melakukannya agar bisa segera pula diberi pujian.

Baca juga: Kucing Sphynx

Fakta Menarik Kucing Ragdoll

Fakta Menarik Ragdoll

Selain sejumlah informasi di atas, Anda juga perlu tahu beberapa fakta menarik dibalik keberadaan ras kucing Ragdoll ini. Paling tidak bisa jadi ilmu baru saat Anda berniat memeliharanya di rumah.

Kalau Anda tak kenal dengan kucing ini, pertama kali pasti akan mengatakannya mirip boneka. Hal itu terlihat dari bentuk mata, warna dan postur tubuhnya yang padat berisi, yang akan sangat menggemaskan.

Alasan diberi nama Ragdoll yang berarti boneka kain adalah karena kucing ini memiliki tubuh yang sangat lentur. Cobalah bermain dengannya, dan lihat bagaimana tubuhnya meliuk-liuk bebas hingga berputar hingga 180 derajat.

Jika kucing Anggora punya banyak warna dan corak, ternyata kucing Ragdoll adalah kucing yang hanya punya tiga corak warna saja. Pertama bicolor yaitu dua warna yang letaknya terpisah di bagian ditandai dengan bentuk “V” terbalik di kepala.

Kedua yaitu colour point yaitu warna gelap menutupi bagian tertentu pada tubuh Ragdoll, misalnya pada ujung kaki tangan, mulut dan telinga. Sepintas corak ini sangat mirip dengan salah satu corak kucing ras Himalayan.

Ketiga yaitu mitted dimana warna putihlah yng menutupi bagian tubuh tertentu seperti kaki, tangan, wajah dan telinga. Corak ini adalah kebalikan dari colour point.

Semua kucing ras Ragdoll terlahir berwarna putih 100 persen, coraknya baru muncul ketika beranjak remaja hingga dewasa. Jadi jangan kaget kalau bayi Ragdoll yang Anda pelihara lahir berwarna putih dan beda dengan induknya.

Selain itu, sempat ramai bahwa kucing ini kebal penyakit lantaran leluhurnya yang bernama Josephine yang memang kebal penyakit. Namun hal itu ditepis oleh banyak pemilik Ragdoll yang mengatakan kucing besar ini juga bisa sakit.

Cara Merawat Kucing Ragdoll

Cara Merawat Kucing Ragdoll

Untuk bisa selalu melihat keindahan fisik dan keceriaan Ragdoll kesayangan, maka perawatan maksimal tentu harus dilakukan. Tak perlu biaya mahal dan waktu yang lama, tapi lakukanlah secara berlanjut.

Untuk urusan mandi, cukup mandikan sekali dalam seminggu, terlebib lagi jika kucing tersebut hanya bermain di dalam rumah.

Namun tetap pastikan menggunakan shampo khusus anti kutu, untuk menghindarinya terserang kutu yang akan berpengaruh pada kesehatannya.

Dalam perawatan bulu, Anda cukup menyisir nya sekali dalam dua minggu. Pasalnya, bulu Ragdoll hanya satu lapis dan tidak tergolong cepat kusut.

Sangat berbeda dengan perawatan kucing yang berbulu panjang yang sangat mudah menjadi gimbal jika tidak rutin disisir.

Jangan lupa bersihkanlah telinganya menggunakan tetes telinga khusus untuk kucing secara teratur dengan pijatan pada bagian luar telinga selama lima menit.

Lalu gunakan scratching post untuk memotong kuku Ragdoll agar tetap bersih dan tidak terlalu panjang. Lakukan juga secara berkala sesuai panjang dan tingkat kotornya kuku kucing kesayangan Anda.

Agar kucing tidak mudah stress, berikan mainan dan ajak bermain bersama. Hal ini juga dapat mengatasi kucing ragdoll yang kelebihan berat badan sehingga bisa kembali ideal.

Lakukan pembersihan kandang secara berkala untuk menghindari hinggapnya kuman, bakteri maupun virus. Apalagi kalau Ragdoll Anda suka bermain di luar rumah seharian, bisa saja dia membawa kuman entah darimana.

Makanan

Jika anda kesulitan dalam menentukan makanannya, maka anda tidak perlu khawatir. Pasalnya ras ragdoll dapat diberikan makanan yang basah maupun kering.

Makanan yang seperti itu banyak ditemukan di Pethsop dengan mudah. Anda bisa membelinya di tempat yang terdekat pada kota anda tinggal.

Pastikan juga memberinya minuman air yang sudah dimasak karena akan sangat berpengaruh pada sistem pencernaannya.

Sama halnya dengan piring makan manusia yang harus dibersihkan secara rutin, piring kucing ini juga harus dibersihkan sesering mungkin. Gunanya untuk meminimalisir penyakit apapun yang bisa menyerangnya.

Jika diperlukan berilah vitamin untuk kucing ragdoll kesayangan Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga tidak mudah diserang penyakit. Jenis vitaminnya bisa dikonsultasikan dengan dokter hewan.

Penyakit

Tak ada bedanya kucing Ragdoll Indonesia dengan negara lain jika tidak dirawat dengan benar, mereka akan lebih rentan terserang penyakit.

Ada beberapa jenis penyakit yang seringkali menyerang kucing ini khususnya di saat dia masih kecil, berikut dibawah ini diantaranya:

Obesitas

Karena hidup dalam ketenangan bersama manusia, Ragdoll yang diberi makan teratur, istirahat maksimal rentan mengalami obesitas. Oleh sebab itu disarankan untuk selalu menyeimbangkan antara waktu makan, olahraga dan istirahat kucing.

Masalah Saluran Kemih

Kucing ini juga rentan mengalami masalah pada saluran kemihnya, sehingga membuat sulit buang air kecil. Biasanya ditandai dengan pipis sembarangan dan tidak keluar pipis saat sudah berada di tampatnya.

Untuk mengatasi penyakit ini butuh penanganan serius oleh dokter hewan agar tidak bertambah parah dan membuat kesehatan jangka panjangnya terganggu.

Pencernaan Akibat Bola Rambut

Ragdoll termasuk kucing berbulu sedang cenderung panjang yang mampu untuk menghilangkan bola rambut yang ada di tubuhnya jika sudah terlalu panjang.

Umumnya, ketika bola rambut tak bisa hilang alami membuatnya tersedak dan mengalami masalah pencernaan. Jika Anda sudah mengetahui kondisi ini, segeralah cari pertolongan.

Pasalnya, jika hanya dibiarkan saja maka akan mengganggu proses pencernaannya karena terganggu oleh bola rambut yang tertelan olehnya.

Jantung

Penyakit ini banyak dialami kucing Ragdoll jantan yang berdampak pada gagal jantung akibat penebalan massa bagian miokardium ventrikel bagian kiri jantung sehingga volume darah pada bilik jantung menurun.

Pada beberapa kucing gejala dari penyakit ini tidak terlihat dengan jelas, namun ada yang menunjukkan gejala seperti sesak nafas, berat badan turun secara drastis, sering muntah, lesu bahkan paling parah adalah mati mendadak.

Ginjal

Banyak terdapat kucing Ragdoll yang menderita penyakit ginjal, sama halnya dengan kucing Persia sebab ras ini merupakan keturunan dari ras Persia. Identifikasinya terlihat dari kista cairan yang terdapat pada ginjal.

Gejala umum yang sering dialami adalah berat badan turun drastis, nafsu makan berkurang bahkan hilang. Sering buang air kecil, lesu dan beberapa gejala lainnya. untuk mengobatinya tentu perlu peran dokter hewan secara maksimal.

Harga Kucing Ragdoll

Meskipun harga kucing ragdoll cukup bervariatif, namun harga pasaran kucing ini bisa dibilang cukup mahal karena dapat mencapai hingga puluhan juta rupiah.

Harga kucing ragdoll pada dasarnya sangat bergantung pada kondisi kucing itu sendiri serta dimana anda membelinya. Berikut dibawah ini adalah daftar harga yang diambil dari pasaran:

KondisiKisaran Harga
Kitten Ragdoll AdopsiRp2.500.000 – Rp4.000.000
Ragdoll Jantan AdopsiRp4.000.000 – Rp6.000.000
Ragdoll Betina AdopsiRp5.000.000 – Rp7.000.000
Ragdoll Breed QualityRp10.000.000 – Rp12.000.000
Ragdoll Top QualityRp25.000.000 – Rp30.000.000

Daftar harga diatas merupakan kisaran harga berdasarkan beberapa informasi yang telah dikumpulkan.

Itulah informasi lengkap seputar kucing Ragdoll yang bisa menambah wawasan Anda tentang eksistensi kucing asal California ini. Dengan begitu, Anda akan mudah untuk memeliharanya.

Tinggalkan komentar