Cara Mengobati Kucing Sakit

Beranda » Kucing » Cara Mengobati Kucing Sakit

Kucing adalah binatang yang sangat lucu dan aktif bergerak dan menghibur para pemiliknya, namun hal ini sulit dilakukan jika mereka sakit. Sebagai pemilik, kamu harus mengetahui cara mengobati kucing sakit yang ampuh sehingga kucing bisa kembali aktif.

Terdapat berbagai hal yang menjadi penyebab kucing sakit dan menjadi lemas. Diantaranya adalah bakteri, virus, jamur, cacingan dan luka luar, oleh karena itu alangkah baiknya kebersihan kucing selalu dijaga.

Namun jika kucing sudah terlanjur sakit, maka harus segera dilakukan pengobatan agar penyakitnya tidak semakin parah. Jika semakin lama kucing mengalami sakit, maka tubuhnya akan semakin lemas dan sulit untuk melakukan berbagai aktivitas.

Bagi kamu yang memiliki kucing sedang sakit saat ini entah itu flu, batuk, demam, muntah muntah, diare dan sebagainya tidak perlu panik. Berikut ini adalah langkah langkah yang bisa dilakukan pemilik kucing untuk membuat kucing menjadi lebih sehat.

Berikan Air Minum yang Bersih

cara mengobati kucing sakit diare

Manusia membutuhkan air minum yang cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan, begitupun dengan kucing. Berilah air minum yang cukup untuk kucing dan letakkan ditempat yang mudah dijangkau.

Selain jumlah yang cukup, kebersihan dari air minum juga harus diperhatikan sehingga tidak menimbulkan penyakit lain. Air minum yang kotor akan mengandung bakteri dan virus sehingga membuat tubuh kucing menjadi lemas.

Kucing akan lebih mudah terserang diare dan mengalami muntah muntah setelah mengkonsumsi air minum yang tercemar. Oleh karena itu, agar kucing cepat sembuh berikanlah air minum yang bersih dan jangan lupa untuk membersihkan tempat minum secara rutin.

Jangan Memandikan Kucing

cara mengobati kucing sakit flu

Jika kucing sedang mengalami flu sehingga mudah bersin bersin, maka kamu jangan memandikan kucing ya. Cara mengobati kucing flu adalah menjaga suhu tubuh kucing tetap hangat, diantaranya adalah dengan tidak memandikannya.

Namun jika kondisi tubuh kucing kotor dan harus dibersihkan, maka gunakanlah air hangat untuk membersihkannya. Gunakan lap untuk memijat tubuh kucing dengan air hangat sehingga kucing tetap merasa nyaman dan tubuhnya menjadi lebih bersih.

Memberikan Madu

madu murni

Madu memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki manfaat, termasuk untuk kesehatan kucing. Saat kucing sakit, maka berikanlah madu murni kepada mereka, lebih baik jika memberikannya selama 4 jam sekali.

Kamu bisa memberikan madu secara langsung ke kucing atau jika terasa sulit maka campurkanlah ke air minumnya. Tidak perlu banyak banyak, cukup campurkan satu sendok teh madu ke 500 ml air minum lalu aduk.

Pilihlah madu yang tidak memiliki bau yang terlalu menyengat karena biasanya kucing tidak menyukai bau madu yang manis.

Berikan Kuning Telur Ayam Mentah

cara mengobati kucing sakit dengan kuning telur

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengobati kucing yang lemas karena sakit adalah dengan memberikan kuning telur ayam. Jika kucing sakit, kamu bisa melakukan langkah ini sebelum membawa peliharaan ke dokter untuk diobati.

Kandungan lemak dan protein yang tinggi pada kuning telur dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dialami kucing. Sehingga tubuh kucing bisa lebih bugar dan perlahan lahan bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Kamu bisa menggunakan pipet untuk langsung memasukkan kuning telur ke mulut si kucing. Jika cara ini terlalu sulit, maka campurlah kuning telur ke makanan si kucing sehingga mereka bisa lebih mudah mengkonsumsinya.

Memberikan Multivitamin

multivitamin kucing

Cara mengobati kucing sakit secara alami adalah dengan memberikan multivitamin yang dapat membuat tubuh kucing menjadi lebih bugar. Multivitamin ini juga bisa dikonsumsi oleh kucing sehat dan membuat mereka menjadi terhindar dari berbagai penyakit.

Saat tubuh sakit, kucing membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk mendukung proses penyembuhannya. Kamu bisa menemukan berbagai multivitamin yang cocok untuk kucing dengan berbagai pilihan harga yang bisa disesuaikan dengan budget.

Berikan Bubur Beras Merah

obat kucing dengan bubur beras merah

Biasanya makanan yang diberikan untuk kucing adalah makanan olahan ataupun ikan yang dicampur dengan nasi putih. Namun jika kucing sedang lemas dan sakit maka lebih baik Kamu mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Nasi merah ini juga bisa dijadikan bubur sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh pencernaan kucing. Terdapat pula berbagai bubur nasi merah instan yang bisa ditemukan di minimarket maupun warung.

Pilihan nasi merah sangat baik untuk membantu ketahanan tubuh kucing sehingga lebih kuat. Hal ini akan membuat virus yang membawa penyakit di tubuh kucing perlahan lahan akan mati sehingga kucing kembali sembuh.

Memberikan Air Kelapa Murni

air kelapa murni

Air kelapa pada umumnya dimanfaatkan oleh manusia untuk mengembalikan energi terutama saat badan terasa lemas. Hal ini ternyata juga cukup ampuh jika diaplikasikan ke kucing yang mengalami sakit sehingga tubuh terasa lemas.

Jika kucing Kamu mengalami kondisi muntah muntah, mual hingga demam maka coba atasi dengan memberikan air kelapa. Air kelapa mengandung ion sehingga mampu mengatasi berbagai permasalahan tubuh tersebut.

Pemberian air kelapa segar juga bisa memenuhi kebutuhan air dan cairan pada kucing sehingga kucing terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: Kucing Muntah

Berikan Obat Cacing

obat kucing sakit cacingan

Salah satu penyakit yang pada umumnya diderita oleh kucing adalah susah buang air besar. Kondisi ini jika dibiarkan terlalu lama akan membuat perut kucing membesar dan racun dalam tubuhnya tidak bisa dikeluarkan.

Obat kucing tidak mau bab adalah obat cacing yang biasa dikonsumsi oleh manusia dan mudah ditemukan di apotek. Kondisi cacingan juga umum terjadi pada kucing terutama mereka yang masih anak anak.

Karena kondisi cacingan ini kucing menjadi lemas, tidak bergerak aktif dan hanya menghabiskan waktu untuk tidur.

Berikan Susu Khusus Kucing

susu khusus kucing

Ketika kucing lemas dan tidak mau makan, Kamu bisa mengatasinya dengan memberikan susu khusus kucing. Susu ini mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk membuat kucing kembali menjadi lebih sehat.

Pemberian susu kucing ini juga bisa membuat kucing kembali menjadi memiliki nafsu makan sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Tidak ada salahnya pula jika saat kucing sehat, Kamu rutin memberikan susu ini untuk mencegah berbagai penyakit.

Susu kucing tersedia di pet shop atau jika ingin praktis, Kamu bisa mencarinya di berbagai online shop serta e-commerce.

Biarkan Kucing Beristirahat

Kucing Beristirahat

Layaknya manusia, kucing juga membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak saat mereka merasa lemas dan tubuhnya sedang sakit. Berbagai proses pengobatan akan lebih cepat jika kucing memiliki istirahat yang cukup sehingga kucing bisa kembali aktif.

Perhatikan tempat tidur kucing, bersihkan secara teratur sehingga kucing dapat beristirahat dengan nyaman. Jika tempat tidur kotor, maka bakteri dan kotoran bisa menjadi penyebab kucing menjadi sulit sembuh dan penyakitnya semakin memburuk.

Tempat tidur yang hangat juga bisa membuat kucing kembali sehat dalam waktu yang cepat sehingga bisa kembali aktif.

Itulah berbagai cara mengobati kucing sakit yang bisa dilakukan sendiri dirumah sebelum dibawa ke dokter. Rutin menjaga kebersihan kucing serta memberikan nutrisi akan membuat kucing terhindar dari berbagai penyakit.

Tinggalkan komentar