Jenis Burung Lovebird

Beranda » Burung » Jenis Burung Lovebird

Akhir-akhir ini burung lovebird digemari oleh banyak orang karena warnanya yang cantik dan kicauannya yang merdu membuat semua orang jatuh cinta pada burung yang satu ini. Namun tahukah kamu bahwa sangat banyak jenis burung lovebird?

Lantas, apa saja saja jenis burung lovebird? Bagaimana ciri dan perbedaannya dengan jenis lainnya? Kamu cukup membaca artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jenis Burung Lovebird

Sempat dikabarkan sepi peminat, kini lovebird kembali menjadi salah satu burung primadona. Selain karena warnanya, harga burung ini juga terbilang murah.

Nah, untuk kamu yang berniat memelihara lovebird di rumah, berikut beberapa jenis yang bisa kamu pilih sebagai rekomendasi.

1. Lovebird Lutino

Lovebird Lutino

Burung lovebird yang satu ini memiliki ciri warna yang bulu yang lebih dominan merah dan kuning. Pada bagian kepala burung biasanya berwarna merah atau oranye. Sedangkan, untuk bagian tubuhnya cenderung warna kuning.

Burung lovebird yang satu ini memiliki nilai jual yang tinggi karena warnanya yang cerah dan indah. Karena keindahannya, lovebird jenis ini sering diikutkan lomba kecantikan dan burung kicau.

Lovebird Lutino juga memiliki berbagai jenis lainnya seperti Lovebird Lutino Golden Cherry yang memiliki warna kuning dan bermata gelap, Lovebird Lutino Albino yang memiliki bulu warna putih dan warna mata merah yang indah, dan banyak lainnya.

2. Lovebird Euwing

Lovebird Euwing

Selanjutnya, ada jenis burung lovebird Euwing yang memiliki corak yang indah. Nama Euwing sendiri merupakan akronim dari Eumelanin dan Wing.

Arti dari akronim tersebut adalah sayang burung ini mengalami peningkatan Eumelanin sehingga warnanya lebih gelap dibanding anggota tubuh lainnya.

Seperti namanya sayap burung ini memiliki warna yang gelap sedangkan tubuh lainnya berwarna cerah. Bila diperhatikan dengan seksama, nampak punggung belakang burung ini terlihat seperti huruf V.

Burung ini harga jualnya selalu naik setiap tahunnya. Dan fakta yang cukup menarik adalah harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

3. Lovebird Blorok

Lovebird Blorok

Lovebird Blorok adalah jenis burung lovebird yang memiliki warna bulu yang unik. Burung ini memiliki perpaduan warna yang tidak rata atau semburat sehingga tidak memiliki warna dominan tertentu.

Lovebird yang satu ini sangat mudah dikenali karena gradasi warnanya beda dengan jenis lainnya. Lovebird Blorok juga memiliki beberapa macam jenis seperti Lovebird Merah Blorok dan Lovebird Parblue Blorok.

Untuk mendapatkan Lovebird Blorok, kamu bisa mengawinkan dua jenis burung lovebird yang berbeda. Kamu bisa mengawinkan lovebird Lutino dan lovebird Dakori yang kemungkinan bisa menghasilkan lovebird Hijau Blorok.

Karena gradasi warna bulunya yang lebih dari satu dan indah, membuat nilai jual burung ini cukup mahal di pasaran.

4. Lovebird Parblue

Lovebird Parblue

Sesuai dengan namanya, jenis burung lovebird Parblue memiliki warna bulu yang dominan biru. Lovebird jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 2001 oleh Felix del Valle yang berasal dari Amerika Serikat.

Lovebird Parblue kerap disebut dengan yellow face karena bagian kepalanya yang cenderung berwarna kuning. Sedangkan bagian tubuh lainnya pada jenis lovebird ini memiliki warna biru.

Selain biru, jenis burung ini ada yang warna bulunya dominasi warna hitam seperti jenis lovebird Parblue Parso. Warna wajah dari burung ini juga tergantung dari induknya.

Lovebird Parblue ini sangat populer di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, jenis lovebird yang satu ini cukup langka sehingga harga jual di pasaran cukup mahal.

5. Lovebird Olive

Lovebird Olive

Jenis burung lovebird lainnya yang perlu kamu ketahui adalah lovebird Olive. Sesuai dengan namanya, lovebird ini memiliki warna bulu dominan warna hijau pada tubuhnya.

Lovebird yang satu ini cukup populer di Indonesia. Kicauannya yang cukup nyaring dan warnanya yang indah sering menjadi incaran bagi lovebird mania.

Lovebird Olive sendiri memiliki tiga jenis warna hijau yang berbeda yakni hijau standar atau disebut Wild Colour, hijau tua dan Double Dark Green (DD Green) yang biasa disebut Olive.

Warna hijau tidak seluruhnya menyelimuti bagian tubuh burung ini. Terkadang hanya sayap, punggung, dada atau ekornya saja.

Paruh lovebird Olive ini juga indah biasanya berwarna merah tua. Bila kamu melihat burung lovebird berwarna hijau pekat sudah dipastikan itu adalah jenis Olive.

6. Lovebird Albino

Lovebird Albino

Bila kamu penggemar lovebird sejati pasti sudah tahu dengan jenis lovebird yang satu ini. Lovebird Albino memiliki warna putih akibat genetik yang gagal memproduksi warna pada tubuh burung ini.

Lovebird jenis Albino memiliki warna yang indah dan enak dipandang karena warnanya putih dan bersih. Lovebird ini juga cukup langka di Indonesia karena jarang ada lovebird Albino.

7. Lovebird Biola

Lovebird Biola

Lovebird Biola adalah jenis lovebird yang paling populer di kalangan pecinta lovebird. Jenis lovebird ini memiliki warna sayap yang unik.

Bila dilihat dari warna dan rupanya, lovebird ini memiliki bulu warna hijau pada umumnya. Akan tetapi, bila dilihat lebih dekat dibagian sayapnya terdapat gradasi warna hitam dan putih yang cantik.

Warna kepala dan punggung jenis Biola tidak hanya hijau atau orange. Ada juga lovebird Biola yang berwarna biru atau kuning.

8. Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider adalah jenis burung lovebird yang memiliki warna yang unik dan indah. Bagaimana tidak, tubuh burung jenis memiliki warna berbeda sebelah seperti setengah hijau dan setengah biru.

Lovebird jenis Halfsider populasinya sangat langka dan sedikit sehingga harganya juga sangat mahal di pasaran.

9. Lovebird Violet

Lovebird Violet

Selanjutnya, ada jenis burung Lovebird Violet dengan warnanya yang khas. Seperti dengan namanya, burung  lovebird ini memiliki warna biru keunguan pada bulunya.

Sedangkan pada bagian ujung sayapnya berwarna hitam. Di bagian perut lovebird Violet bulunya berwarna putih dan kepalanya dominan warna hitam.

Ciri lainnya, paruh burung lovebird jenis ini berwarna putih pucat atau oranye tua.

Karena keindahan warna bulu lovebird Violet, harga burung ini juga cukup mahal. Warna pada bulu menjadi indikator utama yang menentukan mahal tidaknya burung ini.

10. Lovebird Australian Cinnamon

Lovebird Australian Cinnamon

Lovebird Australian Cinnamon adalah jenis burung lovebird yang berasal dari Australia. Burung lovebird ini diberi nama Australian Cinnamon karena kerap memakan kayu manis sebagai nutrisi utamanya.

Lovebird jenis ini memiliki warna yang dominan kuning yang indah. Sedangkan, untuk bagian paruhnya berwarna peach yang khas.

Burung jenis Australian Cinnamon ini memiliki kelebihan yakni relatif kuat dan tidak terlalu sensitif. Hanya saja, suara lovebird Australian tidak terlalu merdu dibanding lainnya.

11. Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar

Untuk, jenis burung lovebird terakhir adalah lovebird Madagaskar. Lovebird ini memiliki keunikan dari lovebird lainnya yakni ukuran tubuhnya yang relatif kecil.

Umumnya, lovebird jenis ini hanya memiliki berat maksimal 36 gram dan panjang 13cm.

Untuk membedakan dari segi warnanya, bulu burung ini didominasi warna hijau pucat dengan kombinasi warna putih dibagian leher dan kepalanya. Saat dewasa, warna putih itu nantinya berubah menjadi abu-abu.

Tak hanya itu, warna punggungnya yang hijau pucat akan berubah jadi hijau gelap. Sedangkan bulu di bagian dadanya warnanya akan lebih pucat.

12. Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem

Meskipun burung lovebird muka salem merupakan spesies asli di negara afrika selatan, namun jenis ini cukup banyak ditemui di indonesia.

Jenis lovebird yang satu ini bisa dibilang besar karena bisa mencapai 17–18 cm dengan panjang sayap 106 mm dan panjang ekor 44–52 mm.

Salah satu ciri khasnya adalah warna bulunya yang didominasi oleh warna hijau dan di bagian belakangnya berwarna biru dengan muka yang berwarna salem sehingga membuatnya lebih menarik.

13. Lovebird Fischer

Lovebird Fischer

Alasan lovebird yang satu ini dinamakan Fischer adalah karena jenis ini pertama kali ditemukan pada abad ke 19 oleh seorang penjelajah jerman bernama Gustav Fischer.

Lovebird Fischer memiliki warna dasar hijau pada tubuhnya yang meliputi memiliki punggung, dada, dan sayap. Lehernya berwarna kuning keemasan, namun saat mereka terbang ke atas akan berubah menjadi oranye gelap.

Bagian kepalanya berwarna hijau keemasan, dan paruhnya memiliki warna merah cerah. Jenis ini mampu berkembang hingga sepanjang sekitar 14 cm dan berat 43-58 gram.

14. Lovebird Pipi Hitam

Lovebird Pipi Hitam

Jenis burung lovebird pipi hitam ini berasal dari bagian barat daya Zambia. Warna tubuhnya hijau, paruh berwarna merah, dan warna coklat kehitaman di kepalanya sehingga jenis ini dinamakan pipi hitam.

Mereka memiliki bentuk cincin berwarna putih yang mengelilingi matanya. Lehernya berwarna oranye dengan gradasi kuning yang halus sehingga menjadi hijau di bagian tubuhnya.

Nah, itu tadi 14 jenis burung lovebird dengan warna dan corak yang indah dan cantik. Cobalah untuk memiliki salah satu di antaranya.

Tinggalkan komentar