Jenis Burung Kicau

Beranda » Burung » Jenis Burung Kicau

Pernahkah kamu melihat lomba kicau burung? Lomba itu diikuti banyak pecinta burung dari berbagai jenis burung kicau, dengan suara yang sangat merdu.

Untuk mendapatkan burung terbaik, bahkan ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk punya jenis berkualitas dan paling merdu. Karena selain bisa menang lomba, mereka juga bisa menikmati kemerduan suaranya setiap hari.

Kamu mau tahu apa saja jenis dari burung yang bisa berkicau indah itu? Siapa tahu salah satunya membuatmu kepincut untuk membeli dan memeliharanya.

Jenis Burung Kicau Termahal

Makin mahal harganya biasanya burung kicau tersebut punya suara yang juga semakin merdu. Empat diantaranya paling banyak diburu oleh kalangan berduit lho. Apa saja jenisnya?

1. Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar

Merupakan jenis burung dengan kemerduan suara yang patut diacungi jempol. Asalnya adalah daerah Madagaskar di Benua Afrika, dengan keunikan terletak pada paruhnya yang cukup panjang seperti elang.

Tapi ukuran tubuhnya lebih kecil jika dibandingkan jenis Lovebird lainnya. Untuk mendapatkan satu ekor saja, ada yang harus rela membayar hingga 20 jutaan rupiah.

Sebab jenis ini termasuk burung impor yang saat ini sudah dibatasi jumlah penjualannya, ditambah pula untuk memeliharanya harus sangat telaten.

2. Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire

Perpaduan warna tubuh nyentrik seperti merah, kuning, atau oranye menjadi ciri khas dari burung asal Inggris ini. Suaranya yang merdu juga jadi alasan orang kepincut untuk memilikinya walau dengan harga fantastis mencapai sekitar Rp 15 jutaan.

3. Murai Batu

Murai Batu

Nama lainnya adalah kucica hutan dengan suara yang menggema dan sangat lantang. Uniknya lagi, murai ini bisa meniru suara kicau dari burung lain yang didengarnya.

Oleh sebab itu, burung ini dibanderol dengan harga cukup fantastis yaitu berkisar Rp 10 juta. Dan semakin mahal lagi jika burung tersebut sudah sering menang lomba kicau burung.

4. Lovebird Parblue

Lovebird Parblue

Suara kicau yang lantang dan melengking menjadi ciri khas dari burung kicau ini. Warnanya juga didominasi cerah, ada yang merupakan kolaborasi kuning pada bagian kepala dan tubuh biru.

Harganya akan sangat mahal yaitu bisa mencapai 5 jutaan rupiah lebih, terutama jika kamu ingin burung dengan bagian paruh jingga dan melengkung bagian atasnya.

Jenis Burung Kicau Bersuara Merdu

Suara merdu adalah alasan penggemar burung kicau rela memelihara berbagai jenis burung. Enam diantaranya yang paling banyak dipilih adalah:

1. Cucak Rowo

Cucak Rowo

Ketenarannya bahkan hingga dibuatkan lagu khusus, dengan suaranya yang keras dan berirama merdu tersebut.

Di Indonesia jenis ini paling laku di pasaran, baik itu jenis Cucak Rowo Medan, Lampung, Hingga Malaysia.

2. Cendet

Cendet Salto

Jika dibandingkan Cucak Rowo Cendet ini punya kicauan lebih keras dan indah. Apalagi ketika di dengar sambil melihat tubuhnya yang sibuk menari kesana kemari.

Burung ini juga salah satu yang sering ikut lomba kicau burung, jika tidak banyak lawan yang sejenis atau lebih merdu maka sudah dipastikan Cendet akan jadi pemenangnya.

3. Pleci

Pleci

Tubuhnya memang sangat mungil, tapi soal suara bisa diadu dengan jenis burung kicau terbaik lainnya.

Burung lokal ini seperti artis viral yang melonjak popularitasnya karena suara indahnya yang didengar pada sebuah lomba beberapa waktu lalu.

Setelah itu semakin banyak orang yang mencari burung, dengan ciri khas lingkaran putih di sekitar matanya yang mirip orang menggunakan kacamata.

4. Kenari

Jenis Burung Kenari

Burung yang satu ini punya banyak jenis kicauan, yang bisa dilatih dengan menggunakan burung jenis masteran yang punya suara sangat merdu.

Bahkan jika dilatih semaksimal mungkin, kamu akan mendapatkan kicauan unik yang merupakan perpaduan beberapa kicauan burung.

5. Anis Kembang

Anis Kembang

Jika sedang berkicau, burung ini sangat memukau karena akan menampilkan suara terbaiknya sambil menggoyangkan badan. Tapi untuk membuatnya berkicau butuh mood yang bagus dari burung yang cukup sulit untuk membedakan jantan dan betinanya ini.

Dia termasuk burung pemalu yang justru akan berkicau indah jika ditinggal sendirian, atau melihat hujan turun.

6. Kacer

Cara Merawat Kacer

Burung dengan warna monochrome ini juga jadi favorit karena kemerduan suaranya yang khas. Ada lengkingan keras di pertengahan suara yang membuatnya beda dan memukau.

Jenis Burung Kicau Impor

Walaupun Indonesia kaya dengan jenis burung kecil dengan kicauan merdu, tetap saja burung import punya daya tarik sendiri. Salah satunya dari negeri China yang jadi favorit pecinta burung kicau Indonesia.

1. SanMa

SanMa

Suaranya sangat unik seperti kicauan yang diulang-ulang dan merdu. Untuk mengeluarkan suara merdunya burung ini butuh waktu alami sekitar tiga bulan setelah dipelihara.

2. Pekin Robin

Pekin Robin

Ibarat penyanyi yang suka manggung, burung bernama latin Leiothrix lutea ini sangat suka berkicau di tengah orang ramai. Terutama jenis jantan yang punya kicau variatif ketimbang betina.

3. Hwamei

Hwamei

Kalau di negara asalnya dijadikan burung aduan, Hwamei di Indonesia jadi burung kicau karena suaranya cukup merdu. Sayangnya dia mudah stress dan berakhir bunuh diri secara tragis, dengan membenturkan kepala.

4. Poksay

Poksay

Jangan salah beli, sebab hanya yang berkelamin jantanlah yang bisa berkicau. Burung yang juga sangat atraktif saat berkicau ini, sangat digemari karena mudah dipelihara dan tidak agresif.

Jenis Burung Kicau Terbaik

Di tahun 2021 banyak burung dari jenis burung kicau termahal hingga impor yang jadi pilihan terbaik. Alasannya tentu karena kualitas suaranya yang semakin bagus dan cara perawatannya yang mudah.

1. Merbah Cerukcuk

Merbah Cerukcuk

Yang membuat jenis ini populer dan terbaik adalah suara khasnya yang langsung bisa dikenali. Makanya banyak yang memilihnya untuk ikut lomba agar bisa menang, dengan suara khas yang melengking tinggi itu.

2. Tekukur

Tekukur

Burung ini sangat nyaman hidup di sekitar manusia, makanya sangat mudah dipelihara untuk dijadikan burung kicau. Perpaduan warna dari burung ini juga sangat indah, yaitu dari jingga hingga merah.

3. Cucak Jenggot

Cucak Jenggot

Burung ini sangat mudah menghafal kicauan indah, jadi siap diadu kemerduan suaranya untuk menang lomba burung kicau.

Dia akan bebas berkicau selama yang diinginkannya, dengan tipe kicauan variatif dan unik.

4. Tledekan Gunung

Tledekan Gunung

Buat kamu yang ingin memiliki burung kicau mungil dengan warna-warna natural indah, dengan suara menggelegar dan indah pilih saja jenis ini.

Dijamin tidak akan menyesal, karena dari segi suara sangat merdu dan Anda juga mudah untuk merawatnya.

5. Jalak Suren

Jalak Suren

Kalau pada manusia disebut cerewet, mirip dengan burung ini karena bisa bersuara lantang dan durasinya sangat lama. Burung jalak sangat pintar menirukan suara burung lain, bahkan bisa menjadi burung pelatih atau masteran.

Itulah deretan jenis burung kicau yang paling dicari saat ini. Dari yang suaranya merdu, harga paling mahal, hingga daftar burung terbaik tahun ini.

Dari beberapa pilihan tersebut, kamu mau pilih yang mana? Tinggal cek spesifikasinya, cari jenisnya di toko burung, nikmati kemerduan suara dan keuntungan yang bisa didapat jika menjadikannya burung lomba.

Tinggalkan komentar