Burung Tledekan: Harga, Ciri-Ciri, Jenis, Cara Merawat (+Foto)

Beranda » Burung » Burung Tledekan: Harga, Ciri-Ciri, Jenis, Cara Merawat (+Foto)

Kamu penggemar burung tledekan tapi masih pemula dalam memeliharanya? Jangan khawatir, ulasan di bawah ini akan memberikan wawasan seputar burung tersebut.

Karena seperti yang telah diketahui, tledekan adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki bulu berwarna indah. Itulah sebabnya burung ini memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Burung ini sendiri sebenarnya memiliki cukup banyak jenis. Hal ini terkadang membuat sebagian pecinta burung kicau sulit dalam mengetahui jenis-jenisnya.

Namun, kamu bisa mengenali ciri, jenis burung tledekan pada artikel ini hingga bagaimana perawatannya dan harga di pasaran.

Ciri-Ciri Burung Tledekan

Ciri-Ciri Burung Tledekan

Ciri dari burung tledekan sebenarnya mudah sekali dilihat dari karakter burung tersebut. Burung ini memiliki karakter mudah beradaptasi tetapi juga petarung yang mudah sekali naik darah.

Birahinya mudah sekali naik sehingga suara yang dihasilkan nyaring melengking. Berkat kemampuan adaptasinya yang tinggi maka jenis burung ini mudah dijinakan namun bermental baja.

Selain dari segi karakter secara fisik burung ini memiliki ciri tertentu, misalnya saja bentuk paruhnya yang lebar, besar, panjang dan tebal. Matanya bulat dan kepalanya berbentuk besar.

Tledekan jantan umumnya memiliki warna bulu yang tajam dan tegas. Panjang ekor serasi dengan badannya karena memiliki gaya petarung.

Tledekan juga memiliki nafsu makan yang besar dengan leher panjang berisi. Secara fisik memang burung ini bisa dibilang sangat jago bertarung.

Warna bulu burung tledekan kebanyakan berwarna biru dengan dominasi hitam. Ada pula yang memiliki warna lain namun sangat jarang.

Dua warna ini paling sering dimiliki burung ini, dan secara tidak langsung menjadi tanda pengenal mereka.

Jenis Burung Tledekan

Seperti yang telah disebutkan diatas, jenis burung yang satu ini sangatlah beragam. Burung ini juga memiliki penggemar tersendiri di tanah air karena keindahan bulunya.

Berikut beberapa jenis burung tledekan yang difavoritkan oleh pecinta burung kicau di tanah air:

Burung Tledekan Kembang

Tledekan Kembang

Seperti namanya, burung tledekan kembang memang memiliki warna secantik bunga. Postur tubuh tledekan jenis kembang ini lebih mungil dan dipadu dengan warna tajam dan cerah.

Bagian cerah biasanya terletak pada leher ke bawah seperti dominasi warna orange. Burung jenis ini biasa ditemukan di pegunungan hingga area persawahan.

Burung Tledekan Gunung

Tledekan Gunung

Ada pula tledekan gunung yang biasa ditemukan di pulau Jawa dan Kalimantan. Burung ini juga sering disebut dengan sikatan cacing karena kicauannya yang mendayu-dayu.

Selain itu bulunya juga sangat cantik, yakni untuk tledekan gunung jantan memiliki warna biru gelap dan hitam di bagian kepala hingga ekornya. Sementara untuk tledekan gunung betina warnanya lebih kuning keabu-abuan.

Burung Tledekan Laut

Tledekan Laut

Tledekan laut sering pula dikenal nama sulingan laut karena memang habitatnya yang ada di laut. Burung jenis ini sering ditemukan di kawasan Kalimantan,Sumatra, Sulawesi, bahkan Karimun Jawa.

Terdapat ciri khusus untuk mengenali mana tledekan laut jantan dan betina. Untuk burung jantan warna bulunya biru mengkilap dipadu dengan hitam pada beberapa bagian seperti leher, dada hingga mukanya.

Sedangkan untuk tledekan laut yang betina berwarna coklat dengan dipadu warna abu abu pada bagian leher dan didominasi dengan warna putih.

Burung Tledekan Bakau

Tledekan Bakau

Jenis burung tledekan ini juga dikenal dengan sikatan gunung Kalimantan karena asalnya dari pulau Kalimantan. Walaupun begitu burung ini juga ditemukan di beberapa di luar wilayah tersebut seperti Sulawesi, Sumatera hingga Karimunjawa.

Untuk membedakan tledekan jantan dan betina sangatlah mudah. Warna bulu milik betina lebih pucat ketimbang milik jantan.

Selain itu suara dari tledekan bakau memiliki irama yang merdu dengan volume suara yang tinggi dan melengking. Irama kicauan naik turun yang stabil dan teratur serta harganya yang lebih terjangkau ketimbang jenis tledekan lainnya.

Burung Tledekan Biru

Tledekan Biru

Burung ini memiliki dominasi warna biru di setiap bagian tubuhnya dipadu dengan sedikit warna hitam di bagian sayap. Dari segi warna hingga postur tubuh tledekan jenis ini memang sangat menarik ketimbang jenis lainnya.

Terlebih lagi suara kicauannya yang penuh getaran dan gacor. Jenis ini memiliki banyak penggemar karena kicauannya tersebut.

Burung Tledekan Pring

Tledekan Pring

Tledekan pring memiliki keunggulan suara yang lebih gacor dan pincang. Perpaduan warna bulunya yang cantik sering menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu tledekan pring sering ditemukan di hutan bambu atau kawasan kering. Untuk perawatannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan burung kicau pada umumnya.

[rel]Baca juga: Burung Kutilang[/rel]

Cara Merawat Burung Tledekan

Cara Merawat Burung Tledekan

Untuk perawatan umum burung tledekan tentunya dimulai dengan rutin membersihkan kandangnya. Lalu, jangan telat dalam memberikan makan, air dan vitamin.

Selain itu perawatan dibawah ini cukup berguna dalam kondisi tertentu. Berikut dibawah ini poin-poin tersebut:

Mengatasi Ketika Drop

Ada kalanya burung tledekan piaraan kamu dalam keadaan drop maka sebaiknya tingkatkan porsi pemberian makanan. Khususnya jangkrik dan kroto setiap paginya.

Setiap seminggu sekali, berikan 2 ekor kelabang kemudian mandi setiap dua hari sekali. Ditambah dengan penjemuran yang memakan waktu 2-3 jam per harinya.

Pisahkan dan isolasi burung tersebut atau yang sedang drop dengan yang sehat. Jangan lupa untuk memberikan vitamin setiap harinya.

Mengatasi Over Birahi

Saat kondisi burung tledekan sedang over birahi sebaiknya pangkas porsi makanannya. Cukup berikan porsi jangkrik pada pagi dan sore hari saja.

Ditambah lakukan pengembunan pada pukul 05.30-06.00 pagi. Lanjutkan dengan pemberian cacing dua kali dalam seminggu sebanyak 2 ekor.

Tidak lupa pemberian ulat bambu setiap paginya selama 3 hari berturut-turut. Cukup berikan seekor ulat bambu saja.

Penjemuran burung dalam kondisi ini dikurangi 30 menit per harinya. Sebaiknya lebih sering memandikan burung tiga kali dalam sehari selama over birahi.

Perawatan Agar Nyeklek

Nyeklek adalah istilah agar burung bisa berkicau nyaring sambil mengangkat kepalanya. Untuk membuat burung ini dapat nyeklek juga perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini:

  • Sebelum mandi, sebaiknya dilakukan pengembunan agar tidak mudah stres.
  • Birahi yang tinggi dapat membuatnya mampu nyeklek sangat nyaring.
  • Mandikan satu hari sekali saja pada sore hari untuk meningkatkan birahi tledekan.
  • Pemberian makanan bisa berupa voer, kroto dan satu ekor jangkrik untuk menaikan birahinya.
  • Lakukan penjemuran 1-2 jam setiap harinya pada pukul 07.00-08.00 pagi.
  • Hindari menjemur burung tledekan di atas pukul 11 siang.
  • Lakukan pemasteran saat burung sedang beristirahat.
  • Kamu bisa melakukan pemasteran pada siang hari dan malam hari.
  • Pemberian ulat hongkong juga baik sebagai makanan ekstra khususnya saat menjelang lomba.
  • Ada baiknya burung ini sering diajak jalan-jalan dan diikutkan lomba
  • Selain itu berikan pasangan agar mampu memancing birahi tledekan.

Perawatan Umum

Selain menjaga kebersihan kandang dalam perawatan umumnya, sebaiknya burung ini juga menerapkan pengembunan setiap pukul 05.00 pagi. Selain dimandikan sebenarnya tledekan bisa mandi sendiri bila kamu sediakan cepuk mandi dalam kandang.

Setelah dimandikan, jemur tledekan selama 1 jam hingga bulu-bulunya benar-benar kering.

Saat sore hari berikan pakan jangkrik kecil sebanyak 5 ekor. Kamu juga bisa memberikan pakan ekstra seperti voers halus maupun kroto 2-3 kali dalam seminggu.

Setelah itu tidak lupa melakukan pemasteran dengan menggunakan suara burung lainnya menggunakan bantuan Mp3.

Harga Burung Tledekan

Harga Burung Tledekan

Harga yang dibanderol untuk beberapa jenis burung ini sebenarnya cukup terjangkau. Namun harga tersebut juga bergantung dari jenis dan kondisinya.

Namun, disini kami telah meringkas harga dari tledekan di pasaran untuk memudahkan kamu sebelum membelinya:

JenisHarga
Tledekan GunungRp50.000 – Rp200.000
Tledekan LautRp50.000 – Rp150.000
Tledekan KembangRp250.000
Tledekan Bambu / PringRp50.000 – Rp300.000
Tledekan BiruRp30.000 – Rp300.000
Tledekan BakauRp250.000 – Rp350.000

Itulah tadi sedikit informasi terkait burung tledekan. Semoga bisa membantu kamu dalam memeliharanya di rumah ya, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar