Ikan Oscar

Beranda » Ikan » Ikan Oscar

Ikan adalah salah satu dari beberapa pilihan hewan yang bisa dipelihara dan tentunya memiliki sisi ekonomis yang cukup bagus. Jika berbicara ikan, jenis ikan hias yang bisa mendatangkan untung adalah ikan Oscar.

Ikan hias yang berasal dari daratan Amerika Selatan ini memiliki beberapa nama seperti, ikan burung merak cichlid, ikan harimau Oscar, ikan walnut cichlid, ikan cichlid marmer atau beludru cichlid.

Faktanya, ikan ini banyak ditemui di sungai Amazon, namun tidak jarang juga ditemui di daratan Cina dan Australia. Dalam bahasa latin bernama Astronotus ocellatus yang merupakan ikan dari super kelas pisces.

Tapi ikan ini juga termasuk dari kelas Osteichthyes karena susunan tulang berupa tulang sejati. Memiliki sisik bertipe ctenoid dan bergerak menggunakan sirip kecil.

Sejak zaman dahulu ikan air tawar ini adalah ikan yang paling banyak dipelihara di dalam akuarium karena alasan pemeliharaannya yang mudah dan makanannya juga murah.

Jika anda masih belum paham tentang ikan hias ini maka bisa Anda bisa membayangkannya seperti ikan nila. Tubuh ikan ini memang hampir mirip dengan nila, tapi adalah jenis ikan yang memakan daging atau karnivora.

Jika ingin memeliharanya, maka Anda harus paham terlebih dahulu jenis-jenisnya agar perawatan dari ikan ini dapat dilakukan dengan baik.

Jenis Ikan Oscar

Jenis Ikan Oscar

Ikan yang dianggap sebagai hewan peliharaan akuarium dengan kecerdasan yang lumayan ini memiliki jenis yang cukup banyak.

Namun pada awalnya, ikan ini hanya memiliki 3 jenis asli dan selebihnya adalah persilangan dengan ikan lain atau dari ketiga jenis tadi.

Jika anda ingin memeliharanya maka harus mengetahui jenis-jenisnya agar ketika sudah membeli tidak salah, Berikut ulasan kami tentang jenis ikan oscar.

Oscar Tiger

Oscar Tiger

Oscar tiger adalah jenis yang paling banyak dipelihara oleh pecinta dunia ikan hias. Untuk membedakannya, anda bisa melihat pola kulitnya yang cukup terkesan mengerikan yaitu menyerupai harimau.

Ikan ini memiliki warna hitam dengan pola kemerahan, bisa juga memiliki pola oranye terang. Oscar jenis tiger ini dapat memiliki panjang hingga sekitar 30-40 cm.

Jenis ini masih dikelompokkan ke oscar murni karena bukan hasil dari kawin silang. Oscar tiger adalah jenis yang memiliki sifat agresif dan lebih sering menyendiri.

Oscar Red

Oscar Red

Oscar red adalah jenis yang memiliki keunikan pada warna sirip mereka. Pasalnya, warna sirip oscar red bisa berubah menjadi hitam seiring bertambahnya umur.

Umumnya ukuran oscar red sama dengan jenis tiger yaitu sekitar 30-40 cm saja. Namun ikan ini juga mampu berkembang hingga sepanjang 50 cm dalam 10 tahun jika mendapatkan perawatan dengan baik.

Jenis oscar red ini termasuk ikan hias yang cukup populer di Indonesia. Itulah sebabnya anda dapat menemukannya dengan mudah di pasar atau toko ikan hias.

Oscar Albino

Oscar Albino

Oscar Albino adalah jenis terakhir dari 3 jenis asli ikan hias oscar tanpa persilangan. Untuk jenis oscar albino mereka memiliki warna putih di seluruh tubuhnya dengan pola dengan warna oranye atau merah.

Yang unik dari jenis ini adalah pola dari setiap ikan umumnya memiliki pola yang berbeda-beda. Sehingga hal ini membuat oscar albino sangat terkenal.

Selain itu, jenis ini tergolong ke dalam jenis oscar termahal. Karena selain memiliki warna tubuh yang cantik, ikan oscar yang satu ini cukup sulit untuk dibudidayakan.

Oscar Batik

Oscar Batik

Meskipun cukup banyak pecinta ikan hias yang menganggap bahwa oscar batik ini mirip dengan oscar tiger, namun pada dasarnya kedua jenis ikan tersebut sangat berbeda.

Oscar batik memiliki warna corak di tubuh mereka yang hampir sama dengan tiger. Ukuran tubuhnya juga tidak jauh berbeda sehingga banyak yang mengatakan mereka berasal dari persilangan yang sama.

Namun warna corak dari ikan ini lebih dominan ke hitam dengan variasi bintik oranye sehingga mirip seperti kain batik.

Baca juga: Ikan Botia

Oscar Blue

Oscar Blue

Ikan oscar blue adalah jenis hasil dari persilangan dan memiliki tubuh yang hampir seluruhnya berwarna biru sehingga membuatnya tampak indah.

Mereka juga memiliki pola yang seolah-olah tampak tersambung dari sisi satu ke sisi yang lainnya. Sebagian besar dari mereka terkadang memiliki corak guratan seperti akar yang berwarna hitam.

Hal inilah yang akan menambah keindahan dari oscar blue. Namun meskipun begitu, jenis ikan ini masih cukup terjangkau dari segi harga.

Oscar Hitam

Oscar Hitam

Jenis ikan hias black oscar atau oscar hitam memiliki warna sesuai dengan namanya. Terkesan sederhana tapi tetap dengan pesona memukau para pemiliknya.

Yang menambah keindahannya adalah pada mata ikan ini memiliki pinggiran berwarna oranye. Beberapa ikan juga memiliki sirip berwarna oranye terang, terkadang mereka juga memiliki warna seperti jenis tiger.

Hal ini sangat wajar karena ikan ini merupakan hasil dari perkawinan silang oscar tiger sehingga menghasilkan kelainan genetik. Itulah yang menjadi alasan jenis ikan ini cukup sulit untuk dicari.

Oscar Florida

Oscar Florida

Ikan oscar florida adalah jenis ikan hias yang dikembang biakan di wilayah florida, amerika serikat. Warnanya terdiri dari campuran hitam keabuan dan pola berwarna merah menyala.

Perkembangannya memiliki karakteristik yang berbeda-beda dari satu wilayah dengan wilayah lain. Hal inilah yang menjadi keistimewaan dari jenis ikan oscar florida.

Oscar Veil Tail

Oscar Veil Tail

Jenis Oscar Veil Tail memiliki ciri khusus berupa ekornya yang panjang dan ekornya tembus pandang jika diamati. Ikan ini cukup unik karena bentuk ekornya yang panjang menjadi ciri khas tersendiri.

Dan ketika ikan ini mengembangkan sirip atau ekornya secara keseluruhan, maka oscar veil tail akan terlihat sangat indah ketika berenang.

Karena gaya berenang dan bentuk sirip dan ekornya yang menjadi alasan kenapa penampilan ikan ini meninggalkan kesan yang elegan.

Oscar Slayer

Oscar Slayer

Jika jenis oscar veil tail memiliki ciri khas dari ekor dan sirip yang panjang dan mampu mengembang, jenis oscar slayer juga memiliki bentuk sirip dan ekor yang sama panjangnya serta dapat melebar seperti slayer..

Faktanya, oscar jenis ini adalah oscar hasil persilangan sehingga mengalami kelainan genetik. Hal inilah yang menyebabkan ikan ini memiliki keunikannya sendiri.

Meskipun ikan oscar slayer adalah jenis yang cukup mahal, namun mereka memiliki peminat yang banyak. Bahkan harga termahal dari jenis ini mencapai Rp 350.000 per ekornya.

Oscar Wild

Oscar Wild

Oscar wild memiliki warna dasar yang berwarna hitam atau gelap dengan pola garis berwarna kuning keabu-abuan yang melewati dari atas sampai bawah tubuhnya.

Hal menarik dari ikan ini adalah mereka memiliki lingkaran kecil pada pangkal ekornya. Selain itu, warna dari ujung ekor dan sirip punggungnya berwarna oranye ke merah.

Oscar Lemon

Oscar Lemon

Sama seperti namanya, ikan oscar lemon memiliki warna kuning yang seperti lemon. Untuk ukurannya, jenis ini hampir sama ukurannya dengan ukuran oscar pada umumnya.

Meskipun dari segi harga tergolong cukup mahal, namun ikan ini sangat efektif untuk menghiasi isi aquarium Anda sebagai ikan hias.

Pasalnya, warna yang dimiliki oscar lemon ini adalah kuning yang lembut sehingga tampak lebih elegan. Berbeda dengan ikan lemon yang memiliki warna kuning yang terang dan menyala.

Cara Budidaya Ikan Oscar

Cara Budidaya Ikan Oscar

Tidak bisa dipungkiri bahwa ikan Oscar memiliki sisi keuntungan ekonomis. Karena ikan ini adalah salah satu jenis ikan langka maka memeliharanya akan memiliki keuntungan ekonomi.

Tapi agar bisa membudidayakan ikan hias Oscar ini tentu sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya. Cara yang anda kembangkan menentukan berhasil tidaknya sebuah budidaya oscar ini.

Membedakan Betina dan Jantan

Membedakan Betina dan Jantan

Cara yang sering digunakan untuk membedakan antara betina dan jantan adalah dengan ukuran tubuhnya. Ikan hias oscar jantan memiliki ukuran tubuh yang panjang dan yang betina lebih pendek dan gemuk.

Jika tidak berhasil gunakan cara kedua yakni dengan sirip ikan, sirip ikan jantan memiliki bentuk panjang dan lebar sedangkan yang betina memiliki bentuk pendek dan bulat.

Membedakan jenis kelamin ikan dengan alat kelaminnya memang cukup rumit tapi ini menjadi cara yang paling ampuh.

Keduanya memiliki dua lubang di belakang, tapi yang jantang mengucup ke belakang sedang yang betina memiliki 2 lubang satunya berukuran kecil dan satunya besar dan mencolok ke depan.

Memilih Induk Ikan

Memilih Induk Ikan

Induk yang berkualitas akan menentukan baik buruknya bibit yang akan dihasilkan. Jika anda memilih indukan yang berkualitas pas-pasan maka pasti akan memiliki bibit yang jelek. Untuk itulah harus memilih indukan yang terbaik.

Pilihlah ikan yang sudah berusia lebih dari satu setengah tahun. tapi jangan sampai memilih ikan yang berusia lebih dari 5 tahun. Kemudian ikan harus dalam kondisi yang sehat, ini ditandai dengan pergerakan yang agresif.

Harus juga memilih ikan yang memiliki tubuh lengkap alias tidak cacat. Jangan juga memilih indukan yang terluka atau warnanya yang pucat. Jika sudah menemukan jenis ikan sesuai kriteria tadi maka campurkan dalam satu wadah.

Jika ikan sudah berpasang-pasang maka langkah selanjutnya adalah memisahkan satu pasangan dengan pasangan lain.

Persiapkan Aquarium Pembibitan

Persiapkan Aquarium Pembibitan

Untuk proses pembibitan ikan ini maka harus memiliki akuarium yang berukuran lumayan besar. Ini bertujuan agar ikan tidak stres.

Masukkan terlebih dahulu air setinggi 30 – 50 cm. Setelahnya anda harus menghias aquarium ini dengan tanaman plastic hias dan bebatuan, ini agar telur ikannya terlindungi.

Setelah memasukkan air maka tidak boleh langsung memasukkan ikan ke dalamnya. Harus diendapkan terlebih dahulu selama hampir 12-24 jam, baru kemudian ikan dimasukkan.

Pemijahan Ikan Oscar

Pemijahan

Setelah semuanya sudah anda lakukan maka ikan akan memulai proses perkawinan. Perkawinan ikan oscar biasanya terjadi pada siang dan sore hari. Telur dari betina ikan akan langsung dibuahi oleh pejantan.

Ketika telur sudah dibuahi maka langkah yang harus anda ambil adalah dengan memindahkan telur ikan tersebut dari induknya. Persiapkan aquarium sebesar panjang 70 cm, dan lebar 40 cm serta tinggi 40 cm.

Berilah juga udara pada aquarium dengan ukuran sedang agar telur tidak mati. Airnya cukup di isi 10 cm saja. Setelah 3 hari ketika proses berhasil maka telur tersebut akan menetas.

Merawat Burayak Ikan Oscar

Merawat Burayak

Jangan memberikan makanan kepada telur ikan yang masih menetas, hal ini karena ikan kecil atau burayak ikan masih memiliki kuning telur untuk memberinya makanan.

Cara merawat burayak ikan oscar adalah dengan memberinya makanan ketika umur sudah 5 hari. Berilah makanan ikan dengan rotifera, jangan sampai terlambat memberikan makanan karena jika sampai terlambat makan ikan bisa menjadi kanibal.

Setelah usia 10 hari maka berikan makanan berupa kutu air. setelah memasuki usia 2 minggu ikan bisa diberi makanan cacing rambut. Ketika sudah menginjak usia 25 hari maka pindahkan pada aquarium yang lebih besar untuk proses pembesaran.

Makanan Ikan Oscar

Makanan

Agar pertumbuhan ikan hias oscar cepat, maka yang harus diperhatikan adalah pemberian makanannya. Ikan dengan pola makanan teratur dan makanan yang tepat akan membuatnya lebih cepat dalam proses pertumbuhannya.

Untuk ikan yang memiliki usia di bawah 2 bulan maka cukup memberinya makan cacing sutra dan cacing rambut saja. Baru ketika sudah menginjak usia lebih dari 3 bulan bisa diberikan makanan seperti udang, ikan kecil jangkrik dan kelabang.

Agar makanan oscar bisa dimakan dengan cepat maka harus dilakukan pemotongan kecil-kecil. Untuk selingan anda bisa juga memberikan pelet ikan.

Yang paling penting untuk anda perhatikan adalah memberinya makan tepat waktu. Karena jika sampai lupa memberikan makan, maka mereka bisa berubah menjadi kanibal, atau memakan satu sama lainnya.

Membudidayakan ikan oscar adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk anda lakukan. Selain sangat mudah untuk membudidayakannya anda akan memiliki manfaat lain yakni mencegah kepunahan ikan tersebut.

Jika anda merasa tertarik untuk membudidayakan ikan hias ini maka lakukan seperti yang kami jelaskan di atas tadi.

Karena selain indah untuk dipandang, mereka juga akan memberikan sisi ekonomi yang lumayan tinggi jika anda membudidayakannya.

Cara Merawat Ikan Oscar

Cara Merawat

Jika anda memutuskan untuk memelihara ikan ini, maka ada beberapa hal yang perlu anda ketahui selain jenis-jenisnya.

Karena dengan mengetahui bagaimana cara merawat ikan oscar dengan baik, maka ikan mampu berkembang biak secara baik. Dan tentunya akan lebih lama bertahan hidup di dalam aquarium.

Ukuran Aquarium

Pertama yang perlu dipersiapkan adalah ukuran dari aquarium untuk ikan hias oscar. Anda harus menyiapkan ukuran akuarium jika diisi dengan air maka akan memiliki kapasitas 200 liter air. Jika membuat lebih kecil maka akan membuat ikan stress.

Untuk suhunya juga harus diperhatikan, oscar senang hidup dalam suhu 23-27 derajat Celcius. Perhatikan juga kondisi air usahakan dalam kondisi yang stabil dan tidak kotor.

Jika anda memiliki aquarium yang cukup luas maka bisa memasukkan ikan lebih dari satu. Ikan ini mampu bertahan hidup selama 18 tahun lebih jika mendapatkan perawatan yang baik dan benar.

Makanan

Untuk dapat menjaga ikan hias oscar tetap hidup, maka berilah makan dengan makanan yang benar. Pada habitat aslinya ikan hias Oscar memakan serangga kecil dan juga Krustasea.

Jika anda memelihara ikan ini, maka anda bisa memberinya makan  dengan ikan mas berukuran kecil atau berikan juga serangga kecil.

Berikan tanaman ganggang untuk menyuplai makanan bergizi bagi ikan Oscar. Untuk variasi makanan makan, anda bisa menggunakan pelet, cacing darah, dan juga ulat kecil.

Ikan Dalam Aquarium

Jika anda menginginkan ikan hias oscar memiliki teman lain di dalam akuarium, maka pastikan terlebih dahulu terkait kapasitas aquarium.

Ikan arwana bisa menjadi pasangan ikan oscar di dalam satu akuarium. Selain itu anda juga dapat memasukkan ikan Jack Dempsey.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar aquarium anda, karena jika memiliki tampungan yang kecil maka akan membuat ikan lebih mudah stress.

Mengganti Air Aquarium

Jika anda merawat ikan hias oscar, maka perhatikan kadar air dalam aquarium. Karena jika anda tidak mengganti air aquarium yang sudah kotor, maka akan membuat ikan stres

Biasanya pergantian air dilakukan selama satu bulan sekali. Tapi hal tersebut juga tergantung seberapa banyak ikan di dalam aquarium anda, semakin banyak maka juga harus sering mengganti air aquarium.

Harga Ikan Oscar

Sebagian pecinta ikan hias tentunya sudah mengetahui bahwa harga ikan oscar sangat bervariatif tergantung dari jenis dan kondisinya. Berikut dibawah ini adalah daftar harga ikan oscar di pasaran.

JenisHarga AnakanHarga Dewasa
Oscar TigerRp35.000 – 45.000Rp90.000 – 110.000
Oscar GoldRp30.000 – 45.000Rp80.000 -89.000
Oscar HitamRp35.000 – 45.000Rp85.000 – 95.000
Oscar RedRp40.000 – 50.000Rp100.000 – 125.000
Oscar LemonRp40.000 – 60.000Rp125.000 – 150.000
Oscar AlbinoRp45.000 – 60.000Rp130.000 – 155.000
Oscar SlayerRp50.000 – 65.000Rp140.000 – 160.000
Oscar BatikRp25.000 – 35.000Rp 70.000 – 90.000
Oscar BlueRp35.000 – 45.000Rp90.000 – 110.000
Oscar FloridaRp30.000 – 45.000Rp80.000 – 89.000
Oscar Veil TailRp 15.000 – 25.000Rp60.000 – 80.000
Oscar WildRp30.000 – 45.000Rp80.000 – 89.000

Tinggalkan komentar