Ikan Molly

Beranda » Ikan » Ikan Molly

Ikan molly merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki keunikan bentuk dan corak warna. Tahukah anda bahwa ikan ini memerlukan perawatan dan perhatian khusus yang berbeda dengan jenis ikan hias air tawar lainnya.

Meskipun berasal dari benua Amerika, ikan ini sangat populer sebagai ikan hias karena ukurannya yang kecil sehingga tidak memakan banyak ruang serta mempunyai bentuk dan corak warna yang menarik.

Tempat tinggal dari ikan ini mampu hidup pada berbagai jenis air, baik itu di air tawar maupun air payau. Namun secara umum ikan molly yang ada di pasaran merupakan ikan hias air tawar, karena kebanyakan pecinta ikan hias lebih mudah untuk menemukan air tawar.

Ikan ini memiliki tubuh yang ramping memanjang dengan karakter sirip mereka sebagai indikator termudah untuk mengidentifikasinya. Postur tubuhnya cukup unik karena mulut mereka yang maju ke atas dan memiliki mata bulat yang hampir memenuhi setengah bagian kepalanya.

Pada Umumnya ukuran dari ikan molly jantan berkisar antara 6 sampai 7 cm, sedangkan ukuran yang betina jauh lebih besar, yaitu kisaran 10cm. Ukuran dari ikan betina lebih besar karena membutuhkan tubuh yang cukup untuk mengandung telur.

Karena tubuhnya yang memiliki besar yang cukup besar untuk ukuran ikan hias, maka anda perlu untuk memeliharanya di dalam sebuah tangki yang memiliki ukuran cukup besar. Terlebih apabila anda memelihara lebih dari 1 ikan.

Meskipun membutuhkan akuarium yang relatif memiliki ukuran besar, namun ikan ini tidak memerlukan berbagai instalasi peralatan yang mahal. Cukup dengan akuarium besar yang memiliki sistem penyaringan air yang bagus, ikan sudah dapat hidup dengan baik.

Molly termasuk kedalam golongan omnivora, artinya ikan ini menyukai semua jenis makanan. Beragam jenis makanan seperti pelet, cacing beku, cacing rambut dan sebagainya dapat dimakan oleh ikan ini.

Untuk persoalan perkembangbiakan, molly termasuk kedalam golongan yang mudah berkembang biak. Sehingga sebaiknya anda menyiapkan akuarium atau tempat memelihara yang cukup besar apabila berniat untuk mengembang biakkannya.

Jenis Ikan Molly

Secara garis besar molly dibedakan berdasarkan jenis siripnya, yaitu sirip pendek, sirip panjang dan sirip cagak. Namun ketiga kelompok tersebut memiliki jenis varian ikan ini yang memiliki karakter lebih spesifik.

Terdapatnya berbagai jenis ikan ini dikarenakan banyaknya para breeder yang melakukan perkawinan silang sehingga memberikan variasi genetik.

Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh jenis ikan molly yang  belum pernah ada sebelumnya. Berikut akan kami bahas 12 jenis ikan molly yang populer di Indonesia.

Molly Balon

Molly Balon

Harga: Rp2.000 – Rp3.000

Nama dari Ikan molly balon diambil berdasarkan penampilannya yang memiliki perut gendut dan berbentuk bulat seperti balon.

Ciri khas berupa perut gendut yang memberikan kesan seolah akan meledak itu menjadi alasan para pecinta ikan hias untuk memeliharanya. Bahkan ketika molly balon ini hamil, maka perutnya akan menjadi lebih besar dari biasanya.

Jenis ini memiliki kemampuan berkembang biak dengan mudah, pada umumnya molly balon akan hamil selama 6 sampai 8 minggu. Pada saat melahirkan, molly balon akan melahirkan puluhan anak ikan sekaligus.

Black Molly

Black Molly

Harga: Rp2.000 – Rp10.000

Black molly adalah varian dari ikan molly yang cukup populer bagi para pecinta ikan hias air tawar di Indonesia. Penampilan black molly yang berwarna hitam pekat tanpa corak, membuatnya memiliki daya tarik tersendiri.

Terlebih apabila warna dari ikan tersebut tidak memiliki semacam bintik atau warna lain pada tubuhnya. Black molly tentunya akan terlihat sangat menarik perhatian.

Golden Molly

Golden Molly

Harga: Rp10.000 – Rp25.000

Golden molly merupakan salah satu varian ikan molly yang langka dan cukup sulit untuk ditemukan. Sesuai namanya, golden molly memiliki warna emas yang begitu anggun.

Apabila golden molly diletakkan dalam akuarium yang memiliki tema hijau. Maka ikan ini akan terlihat begitu mencolok dan sangat indah.

Molly Golden Black

Molly Golden Black

Harga: Rp10.000 – Rp25.000

Molly golden black merupakan perpaduan dari golden molly dan black molly. Ikan ini memiliki warna dasar emas dan berpadu dengan bintik hitam yang cukup banyak.

Ikan ini memberikan kesan cantik dan tangguh dalam waktu bersamaan. Dan tentunya sangat cocok apabila dipelihara pada akuarium dengan tema sedikit berbatu.

Baca juga: Ikan Lemon

Silver Molly

Silver Molly

Harga: Rp2.500 – Rp10.000

Silver molly merupakan varian ikan molly yang memiliki warna tubuh berwarna putih keperakan. Warna seperti ini termasuk dalam varian warna yang sangat cantik bagi ikan hias.

Terlebih apabila anda memasang lampu di atas akuarium. Maka kulit dari ikan ini akan terlihat bersinar saat berenang.

Molly Marble

Molly Marble

Harga: Rp2.000

Ikan molly marble cukup populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar karena coraknya yang terlihat menarik. Jenis molly ini adalah hasil dari perkawinan silang.

Molly marble memiliki warna dominan putih dengan bercak hitam merata di seluruh tubuhnya. Selain itu, ciri khasnya adalah ikan ini akan tampak seperti ikan pipih dengan sisik bersinar apabila terkena cahaya.

Lyretail Molly

Lyretail Molly

Harga: Rp25.000 – Rp50.000

Lyretail Molly memiliki bentuk fisik memanjang dengan ekor belakang yang memanjang dan seperti membentuk huruf “U”.

Jenis ini cukup sulit ditemukan di pasaran sehingga membuatnya sebagai salah satu ikan molly yang istimewa dan cukup mahal dari segi harga.

White Pot Belly Molly

White Pot Belly Molly

Harga: Rp25.000 – Rp50.000

White pot belly molly memiliki bentuk membulat dengan warna putih cerah. Nama dari ikan ini menunjukkan bentuk perutnya yang gemuk dan  tampak besar untuk ukurannya.

Namun uniknya, jenis molly ini lebih mungil daripada jenis molly yang lainnya.

Sailfin Molly

Sailfin Molly

Harga: Rp5.000

Jenis sailfin molly berasal dari daerah Texas, tepatnya di sungai San Antonio. Jenis ini cukup populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar di Indonesia.

Hal yang membuat jenis ini sangat menarik adalah sirip punggungnya yang begitu lebar hingga tampak seperti layar serta ekornya yang panjang dan membentuk huruf “U”.

Yucatan Molly

Yucatan Molly

Harga: Rp5.000 – Rp50.000

Yucatan molly merupakan varian ikan molly yang berasal dari Yucatan Peninsula. Pada umumnya tubuh dari ikan ini berwarna kuning atau merah menyala pada punggung dan memutih pada bagian perut.

Ikan ini berbentuk memanjang dengan lebar sirip atas yang menyamai lebar tubuhnya dengan ekor besar seperti kipas.

Wild Green Sailfin Molly

Wild Green Sailfin Molly

Harga: Rp5.000 – Rp15.000

Wild green sailfin molly merupakan ikan yang berasal dari kawasan Amerika Tengah, tepatnya di danau Peten Guatemala.

Bentuk tubuhnya memanjang dengan warna hijau metalik. Sirip punggungnya selebar tubuhnya dengan ekor yang seperti kipas.

Liberty Molly

Liberty Molly

Harga: Rp10.000 – Rp20.000

kemudian terdapat liberty molly yang tergolong kelompok short-fin molly yang berarti bersirip pendek.

Ikan ini memiliki ciri tubuh berbentuk memanjang dengan bagian perut yang sedikit membuncit. Warna dari ikan liberti molly pada umumnya adalah warna pucat namun dengan ekor yang berwarna.

Cara Merawat Ikan Molly

Cara Merawat Ikan Molly

Meskipun Ikan ini terbilang cukup mudah untuk dirawat, namun anda juga harus memahami beberapa hal penting untuk merawatnya. Pasalnya, bukan hanya sekedar memenuhi standar minimum dalam memelihara ikan.

Pasalnya, jika beberapa point penting dalam merawat ikan berikut dilakukan dengan benar, maka dapat memperpanjang usia dari ikan. Berikut akan kami jabarkan cara merawat ikan molly yang baik.

Kondisi Air

Temperatur air yang baik untuk ikan molly hidup adalah pada kisaran 250 hingga 280 Celcius. Temperatur pada suhu tersebut secara stabil dapat membuat molly bisa bertahan hidup dengan baik.

Apabila temperatur terlalu dingin, ikan akan cenderung diam dan bersikap pasif, sedangkan apabila terlalu panas, ikan akan terlihat terlalu aktif. Namun kedua kondisi tersebut sama-sama dapat membunuh ikan,

Sebenarnya molly dapat hidup di air payau hingga air tawar. Anda dapat menambahkan sedikit garam untuk membuat air di akuarium menjadi payau.

Namun yang harus diperhatikan adalah apabila terdapat jenis ikan selain molly dalam aquarium yang sama, sebaiknya menggunakan air tawar saja. Pasalnya, air asin dapat meracuni ikan-ikan yang lainnya.

Selain itu, meskipun dalam akuarium telah disediakan penyaring air, namun anda tetap harus mengganti secara rutin air yang digunakan dalam akuarium. Karena air yang telah lama tidak diganti dapat mengundang hadirnya parasit.

Air yang jarang diganti juga dapat mempengaruhi kesehatan ikan. Karena kotoran yang ada di dalam air lambat laun kan memasuki sistem pencernaannya.

Makananan Ikan Molly

Meskipun pada dasarnya ikan molly merupakan hewan omnivora yang memakan semua jenis makanan. Namun anda tetap harus memperhatikan pakan apa yang anda berikan.

Berikan pakan yang bervariasi untuk dapat memberikan nutrisi yang lengkap. Anda dapat memberikan pakan pelet, cacing dan sayuran yang direbus untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya

Ikan Dalam Satu Akuarium

Perlu diketahui bahwa molly termasuk pada jenis ikan yang cenderung tenang. Oleh sebab itu, ikan ini mampu berinteraksi dengan ikan jenis lain dengan mudah.

Namun jangan pernah anda memasukkan ikan molly ke dalam akuarium yang sama dengan ikan yang bersikap agresif dan teritorial. Karena akan ada resiko perkelahian sehingga dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, molly memiliki ukuran tubuh yang cukup besar untuk ukuran ikan hias air tawar, yaitu pada kisaran 10cm. Maka anda harus menyediakan akuarium yang cukup agar ikan dapat bergerak dengan bebas.

Sebaiknya apabila tangki yang anda miliki tidak cukup besar. Anda cukup menggunakan hiasan akuarium yang tidak memakan terlalu banyak ruang.

Cara Budidaya Ikan Molly

Cara Budidaya Ikan Molly

Karena ikan molly termasuk dalam kelompok ikan yang mudah sekali untuk berkembang biak, mungkin anda berpikir untuk budidaya sendiri ikan yang satu ini.

Meskipun menjadi salah satu jenis ikan yang mudah untuk berkembang biak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membudidayakannya. Berikut akan kami jabarkan cara budidaya ikan molly dengan benar.

Akuarium Pemijahan

Bagi anda yang ingin membudidayakan ikan molly, sebaiknya anda menyiapkan akuarium tersendiri untuk melakukan pemijahan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan ruang tersendiri untuk calon indukan agar dapat melakukan pemijahan dengan tenang.

Upayakan agar anda menggunakan wadah akuarium kaca karena ikan ini menyukai tempat yang terbuka. Tambahkan juga sedikit aksesoris yang memberikan ruang tertutup pada kolam untuk memberikan ikan sedikit ruang tertutup agar tidak stress.

Atur Suhu Air

Untuk mengoptimalkan ikan dalam berkembang biak, anda perlu mengatur suhu optimal untuk memberikan kondisi nyaman bagi ikan untuk melakukan pemijahan.

Suhu optimal untuk ikan molly dapat melakukan pemijahan adalah pada kisaran 240 sampai 300. Hal tersebut untuk membuat ikan dapat hidup dengan normal dan tidak stress.

Pilih Calon Indukan

Sebelum menempatkan calon indukan ikan molly kedalam bak pemijahan, anda terlebih dahulu harus menentukan jenis kelamin dari calon induk.

Untuk membedakan jenis kelamin anda dapat membedakannya dengan beberapa aspek, seperti ukuran tubuh, sirip bawah perut dan corak warna.

Namun aspek yang paling akurat adalah dengan sirip di bawah perut, jantan memiliki sirip meruncing di bawah perut, sedangkan betina tidak punya.

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan umur dari ikan yang akan dijadikan calon indukan. Hal ini diperlukan agar mendapatkan ikan dengan kondisi yang baik.

Ikan yang telah siap dijadikan indukan biasanya dapat dilihat dari warna kelaminnya. Apabila telah berwarna cerah, maka itu menandakan bahwa ikan telah siap untuk dikawinkan.

Proses pemijahan ikan molly pada umumnya membutuhkan waktu antara 2 sampai 3 hari. Apabila setelah 3 hari tersebut telah ada ikan yang memiliki tanda kehamilan, maka harus segera anda persiapkan wadah khusus.

Tanda yang pasti terlihat adalah bahwa perut dari molly yang hamil akan terlihat lebih besar. Kemudian pada beberapa jenis ikan akan terdapat bintik hitam pada perutnya.

Merawat Anakan Ikan Molly

Sesaat setelah anakan ikan molly lahir, maka anda harus segera memindahkannya kepada tempat yang terpisah dari ikan yang telah dewasa.

Jangan sekali-kali anda meletakkannya pada wadah yang berisi ikan yang telah dewasa. Karena hal itu dapat menimbulkan resiko anakan akan dimakan oleh ikan yang sudah dewasa.

Untuk pakan, lebih disarankan menggunakan kutu air sebagai makanan anakan ikan molly. Pasalnya, kutu air memiliki nilai gizi yang baik dan memiliki tubuh yang kecil sehingga dapat dimakan dengan mudah oleh anakan ikan.

Sesekali anda juga boleh menambahkan pur ikan yang memberikan vitamin, sehingga pertumbuhannya akan semakin cepat.

Sekian penjabaran dari berbagai informasi molly yang perlu anda ketahui. Dengan memahami informasi diatas, anda dapat merawat ikan molly dengan benar.

Pastikan anda merawat ikan ini dengan baik. Karena dengan merawatnya dengan baik, maka usia dari ikan molly dapat lebih panjang sekaligus dapat berkembang biak dengan baik.

Tinggalkan komentar