Umpan Ikan Lele

Beranda » Ikan » Umpan Ikan Lele

Ingin mancing lele, tetapi tanpa umpan? Hmm memangnya berhasil? Mungkin saja, walau daya tariknya kalah efektif daripada menggunakan umpan ikan lele racikan.

Pasalnya, lele air tawar termasuk jenis ikan yang gesit. Jadi, jika umpannya tiruan, akan sulit membuat hewan berkumis ini tertarik. Ujungnya, Anda pun tidak akan segera mendapatkan hasilnya.

Namun jangan risau, di bawah ini akan ada rekomendasi umpan terbaik untuk mancing lele, sekaligus panduan cara meraciknya. Simak racikan umpan untuk lele di bawah ini sampai selesai ya!

Peran Umpan Untuk Memancing Lele

Apa yang Anda pahami dari mancing lele? Apakah mancing lele hanya bisa dilakukan di sungai (secara liar) atau justru hanya dilakukan di penangkaran kolam? Ya, semuanya bisa dilakukan.

Meskipun lele memiliki jenis yang sama, tetapi umpannya pasti berbeda tergantung habitatnya. Walaupun secara umum lele suka umpan pelet amis.

Maka Anda harus tahu untuk menyesuaikannya, apa saja jenis umpan ikan lele yang habitatnya di sungai. Serta apa saja jenis umpan lele yang habitatnya di kolam.

Umpan Lele Liar

Mancing lele liar, harus banyak stok umpan, karena lele liar sangat rakus. Makanan apa saja selalu di lahab. Tapi, ini menjadi keuntungan bagi pemancing lho. Karena, Anda tidak terlalu repot memikirkan cara meracik umpan ikan lele.

Cacing Tanah

Umpan Ikan Lele Cacing

Umpan ini sangat familiar bukan di kalangan pemancing? Pasalnya, apapun jenis ikan, hampir menyukainya.

Ya, cacing tanah, itu umpannya. Apalagi jika Anda berhasil mendapatkan cacing dari tempat yang lembab, lele pasti akan senang dan cepat terpancing.

Bagaimana cara meraciknya? Cek yuk!

  • Biarkan cacing tetap panjang, bahkan melebihi kail pancing. Karena, gerakan cacing panjang bisa mempercepat lele terperangkap kail.
  • Lebih baik lagi jika Anda merendam cacing terlebih dahulu dengan telur untuk memancing aroma amis kesukaan lele.

Jangkrik

Umpan Ikan Lele Jangkrik

Jika Anda kesulitan mendapatkan cacing, cobalah untuk mencari jangkrik atau serangga lainnya. Karena, jangkrik juga menjadi santapan favorit lele.

Bagaimana cara meraciknya? Cek yuk!

  • Kaitkan punggung jangkrik di kail pancing.
  • Biarkan bulu sayap jangkrik tetap ada. Karena, lele akan mudah memakan umpan yang seolah-olah alami, bukan sebagai umpan pancing.
  • Atau tekan-tekanlah perut jangkrik agar mengeluarkan aroma amis kesukaan lele. 

Kroto

Kroto

Cara mudah memilih umpan ikan lele liar yaitu menggunakan kroto. Anda tidak harus mencarinya di alam liar, tetapi tinggal datangi saja toko kroto atau jenis ulat-ulatan lainnya, selanjutnya belilah.

Bagaimana cara meraciknya? Cek yuk!

  • Pasang kroto ke kail. Proses ini tidaklah sulit, karena kroto tidak memiliki lendir seperti cacing.
  • Jadikan kroto untuk umpan memancing.

Usus Ayam

Umpan Ikan Lele Usus

Satu di antara umpan lainnya yang unik. Ya, karena untuk mendapatkan usus, Anda harus membelinya, tidak bisa didapatkan secara liar. Selain itu, pasti akan membutuhkan uang lebih.

Tetapi, ya inilah pelet amis terampuh untuk memancing lele, termasuk umpan ikan lele galatama. Karena, aroma khas usus ayam lah yang memikat daya tarik lele untuk melahabnya.

Bagaimana cara meraciknya? Cek yuk!

  • Campur usus ayam dengan essen.
  • Kaitkan usus dengan kail dan mulailah memancing.

Umpan Lele di Kolam

Ingat penjelasan sebelumnya? Habitat ikan lele ada dua, liar dan kolam. Lele kolam, sering disebut sebagai lele galatama. Nah, untuk pemilihan umpan, ini sedikit tricky daripada sebelumnya, karena Anda harus membuat campuran resep.

Belut, Telur dan Margarin

Umpan Racikan Ikan Lele

Campuran belut, telur, dan margarin sangat ampuh untuk lele. Berikut cara membuat umpan ikan lele sebagai berikut.

  • Potong belut atau daging lain (ayam & ikan) berukuran sedang.
  • Tumis dengan margarin, sampai mengeluarkan aroma sedap (berwarna kemerahan).
  • Masukkan ke wadah tersendiri.
  • Pisahkan kuning dan putih telur.
  • Tuangkan kuning telur dan aduk merata dengan belut yang telah Anda tumis.
  • Kaitkan umpan dengan kail.

Umpan Tiruan

Umpan Tiruan

Jenis umpan tiruan sering dimanfaatkan oleh pemancing aktif, yaitu yang tidak suka menunggu lama. Bisa juga menghemat anggaran kedepannya, karena hanya membeli alat di awal dan bisa digunakan jangka panjang.

Coba bayangkan, berapa banyak rupiah untuk membuat resep seperti no 1 di atas? Pasti akan banyak bukan.

Dan cara membuat umpan ikan lele seperti ini sah-sah saja. Anda bisa menggunakan lure untuk mendapatkan lele incaran.

Pertama, menggunakan Berkley Gulp Catfish Shat Guts. Pasalnya, bahan dari umpan tiruan tersebut cukup elastis dan penggunaannya tidak terlalu susah.

  • Pakai carolina rig atau jig head.
  • Gulung reel sampai lure ke tengah.
  • Biarkan sampai tenggelam ke dasar laut.

Kedua, menggunakan Berkley Powerbait Catfish Chunks. Yang mana, material yang digunakan akan menghasilkan bau yang disukai ikan lele. Yaitu, ada hati, darah, serta aroma ikan.

  • Beli alat tiruannya di toko pancing.
  • Segera memancing.

Waktu Terbaik Untuk Memancing Lele

Dalam memancing pun ternyata ada aturannya. Tidak boleh dilakukan sesuka hati, karena itu justru akan membuat waktu sia-sia begitu saja.

Waktu terbaik untuk memancing lele itu pas sore atau malam hari. Kenapa? Karena lele termasuk nokturnal, yaitu hewan yang hidup pada malam hari.

Di jam 8 malam hingga 3 pagi, itu waktu terbaiknya lele. Anda akan dengan mudah jika bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memancing.

Lain halnya jika Anda memancing di siang hari. Waktu panas-panasnya, lele tidak akan mudah keluar dari habitatnya.

Nah, itulah umpan ikan lele sekaligus cara meraciknya yang harus Anda terapkan. Ingat ya, umpan mancing lele liar dan kolam tidak boleh disamakan, karena habitat dan kebiasaannya sudah berbeda.

Tinggalkan komentar