Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Beranda » Kucing » Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Seperti yang sering didebatkan di kalangan pecinta kucing, ada beberapa poin perbedaan kucing anggora dan persia untuk dipahami. Perbedaan antara keduanya sangat mencolok, namun bagi orang awam tetap saja terasa sulit membedakannya.

Untuk itu, kamu perlu belajar lebih banyak terkait segala unsur yang membuat kedua ras kucing tersebut berbeda. Banyak orang yang mengira bahwa kucing persia dan anggora itu mirip, padahal keduanya tergolong jauh berbeda.

Apabila dilihat mulai dari bentuk fisik sampai kepribadiannya setiap hari, kedua ras kucing ini tidak bisa disamakan begitu saja. Maka, sebaiknya kenali dulu jenis kucing ini supaya kamu lebih paham bagaimana cara memelihara sesuai kebutuhannya.

Daerah Asal

Dalam perihal pengenalan perbedaan kucing anggora dan persia, kamu bisa mulai dari mana daerah asalnya. Kedua ras kucing tersebut memiliki tempat asal yang berbeda sehingga harus dikenali secara mendasar pertama kali.

Iran

Untuk ras kucing yang tergolong pada jenis persia, tentu saja berasal dari daratan bernama Persia. Nama dulunya memang dikenal sebagai Persia, namun untuk masa sekarang sudah beralih dengan nama negara Iran.

Ankara

Sedangkan pada ras kucing anggora, berasal dari sebuah daerah yang bernama Ankara di negara Turki sekitar tahun 1600-an. Kedua ras kucing ini mulai diperkenalkan ke beberapa negara lain misalnya seperti negara Italia.

Bentuk Wajah

Bentuk Wajah

Dilihat dari bentuk wajah saja, sebenarnya kamu sudah bisa mencari perbedaan dari kedua ras kucing tersebut. Antara kucing persia dan anggora memiliki perbedaan yang sangat mencolok di bagian wajahnya.

Hanya dengan melihat pada bagian wajah saja, sebenarnya kamu sudah lebih mudah untuk membedakan kucing persia dan anggora. Pada kucing ras persia, kamu akan menemukan wajah yang cenderung bulat dengan hidung pesek.

Jadi apabila kamu lihat dari sisi samping, mulai dari dahi turun sampai ke dagu akan terlihat datar. Namun untuk jenis kucing yang tergolong anggora, justru memiliki kebalikan dari bentuk wajah kucing persia.

Kucing ras anggora mempunyai bentuk wajah yang cukup mancung pada bagian hidung ke mulut dan telinga runcing. Apabila dilihat sekilas saja hanya pada bagian wajah, mungkin tidak jauh berbeda dengan kucing lokal di Indonesia.

Postur Tubuh

Perbedaan Tubuh Kucing Anggora dan Persia

Lanjut ke bagian postur tubuh, sebenarnya hal ini termasuk kondisional terkait bagaimana cara pemeliharaan dan perawatan. Akan tetapi, setidaknya kamu bakal lebih mudah membedakan tentang kedua ras kucing tersebut.

Pada bagian tubuh kucing persia memang terkenal lebih mudah gemuk namun posturnya pendek. Bentuk kaki dari kucing persia juga cenderung lebih besar ditambah dengan bentuk cakar yang bulat membuatnya tampak bantet.

Sedangkan pada tubuh kucing anggora, bisa dibilang bahwa posturnya ideal dengan ukuran lebih tinggi dari persia. Meskipun kucing anggora lebih tinggi, namun tetap tidak bisa mengungguli kegemukan tubuh kucing persia.

Agar tubuh kucing peliharaan bisa mencapai potensi maksimalnya, kamu harus menyesuaikan jenis makanannya dengan tepat. Dipadukan dengan kualitas terbaik, pasti pertumbuhan kucing bakal jadi lebih unggul dan sehat.

Bulunya

Perbedaan Bulu Kucing Anggora dan Persia

Bagi yang belum tahu perbedaan kucing persia dan anggora, ternyata bisa melihat juga dari bagaimana bentuk bulunya. Bulu kucing ras persia memang jauh lebih tebal dibandingkan kucing anggora pada umumnya.

Bahkan ketebalan bulu dari kucing persia mampu menyelimuti tubuh hingga ke seluruh tubuh secara merata panjangnya. Sedangkan kucing anggora, biasanya bulu lebih cenderung panjang pada bagian ekor saja.

Bagian tubuh kucing anggora tidak diselimuti bulu setebal dan sepanjang kucing persia. Meskipun ada beberapa kemiripan kucing anggora dengan kucing lokal, namun bagian ekornya menjadi perbandingan yang sangat telak.

Berbicara soal bulu ekor, sebenarnya kucing anggora lebih tebal ekornya dibanding kucing persia. Namun ekor kucing persia cenderung berbentuk membesar sehingga sering terlihat besar meskipun tidak setebal bila disentuh.

Perkara ketebalan dan panjang bulu memang ada banyak faktor yang mempengaruhi sehingga harus dikenali baik. Bulu kucing dipengaruhi oleh ras, cuaca tempat tinggal, makanan, dan emosi dalam pikiran.

Kepribadian

Dalam mengenali tentang perbedaan kucing, kamu juga bisa mulai belajar tentang karakteristik dan kepribadian kucing. Hewan peliharaan yang satu ini memang mempunyai beragam jenis sifat tergantung jenisnya juga.

Untuk kucing persia, ternyata memiliki sifat yang lebih penurut namun juga bersikap manja kepada manusia. Bahkan kucing persia juga terkenal kalem dan salah satu jenis kucing ras yang memiliki sifat pemalas.

Namun pada kucing anggora, justru lebih aktif dan senang bermain apabila dibandingkan dengan kucing persia. Meskipun memiliki sifat yang energik dengan segala tingkah lakunya, tetapi kucing anggora juga tetap penurut.

Sifat kedua jenis kucing ini memang memiliki perbedaan yang signifikan dan ciri khasnya masing-masing. Akan tetapi tidak dipungkiri bahwa tidak selamanya semua kedua ras kucing memiliki sifat yang sama persis seperti di atas.

Aktivitas Keseharian

Mengenal seperti apa aktivitas yang sering dilakukan oleh kucing memang menjadi hal menarik bagi sang pemilik. Kamu bakal lebih mudah untuk berinteraksi dengan kucing peliharaan apabila paham betul apa saja aktivitasnya.

Kucing persia cenderung suka untuk berdiam diri di suatu tempat dan beristirahat sambil bermalas-malasan. Cara berjalan kucing persia juga cenderung lambat dan sangat nampak bahwa dirinya tergolong kucing manja.

Kucing anggora lebih suka bermain dan berlari ke berbagai tempat sehingga tergolong sebagai jenis kucing yang aktif. Menurut ahli, kucing anggora termasuk kucing yang cerdas dan mudah dilatih karena rasa ingin tahunya besar.

Kesehatan

Perlu kamu ketahui bahwa aspek kesehatan juga bisa menjadi cara membedakan kucing persia dan anggora. Faktanya, kucing dengan ras persia memang lebih mudah sakit apabila dibandingkan dengan kucing anggora.

Fakta ini sudah terbukti sejak dulu bahkan ada catatan berbagai masalah kesehatan yang bisa saja terjangkit pada kucing persia. Maka dari itu, kucing persia perlu perawatan dan perhatian ekstra agar bisa terjamin kesehatan tubuhnya.

Kamu juga harus sering melakukan grooming sendiri atau menggunakan jasa dengan baik agar kucing persia tidak mudah sakit. Jaga kualitas makan dan minum kucing persia karena memang daya tahan tubuhnya tidak sebagus kucing anggora.

Sedangkan pada kucing anggora, hampir tidak ada penyakit yang bisa menyerang karena imunitas tubuh lebih baik. Ditambah dengan cara perawatan yang baik, kucing anggora pasti selalu sehat sepanjang waktu.

Tidak dipungkiri bahwa imunitas tubuh kedua jenis kucing tersebut juga dipengaruhi dari karakteristik dan aktivitasnya. Bahkan lingkungan juga menjadi pengaruh yang besar bagi kesehatan, maka wajib menjadi perhatian kamu.

Dari segala poin yang dapat disimpulkan, karakteristik unik setiap kucing memang tidak pasti sama tergantung jenisnya. Kini pastinya kamu tidak bingung lagi terkait semua perbedaan kucing anggora dan persia secara detail.

Tinggalkan komentar