Cendet Macet Bunyi

Beranda » Burung » Cendet Macet Bunyi

Ketika burung cendet yang biasa dilombakan tidak berkicau, atau istilahnya burung cendet macet bunyi, para pemilik pasti pusing tujuh keliling. Tapi tak perlu khawatir, karena cendet mogok berkicau ini bisa diatasi.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, kamu harus mengetahui apa penyebab dari burung cendet tersebut tidak mau berkicau. Dengan mengetahui penyebabnya, maka cara mengatasinya pun dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Hewanee telah meringkas apa saja penyebab burung cendet macet bunyi secara lengkap hingga cara mengatasinya. Berikut ulasannya dibawah ini.

Penyebab Burung Cendet Macet Bunyi

Penyebab Burung Cendet Macet Bunyi

Ada beberapa penyebab yang membuat burung Cendet mengalami macet bunyi atau mogok berkicau, di antaranya:

Ketakutan

Burung cendet termasuk burung yang menyenangkan karena senang sekali berkicau. Burung cendet dikenal sebagai predator, namun mereka cenderung mudah ketakutan.

Burung cendet punya kecenderungan untuk takut terhadap benda atau sesuatu yang menurutnya asing. Meski tidak semua, pada umumnya begitu.

Untuk burung cendet yang biasa digantung di dekat jalan raya yang terdapat banyak orang, hewan, atau kendaraan yang lewat. Pakaian yang beragam dan terlihat warna-warni juga ditangkap sebagai ancaman oleh burung cendet.

Stress

Ini jadi sebab yang paling sering menjadikan burung cendet macet bunyi. Penyebab stress burung juga bermacam-macam, salah satunya karena adaptasi lingkungan baru.

Dulunya cendet digantung di tempat sepi tiba-tiba berubah di area yang ramai. Bisa juga biasanya ditaruh di dalam rumah, kemudian dipindahkan ke depan rumah.

Bisa juga karena sangkarnya jatuh, atau diganggu hewan lain seperti kucing dan tikus. Bisa juga karena sangkar/tenggerannya diganti.

Di samping itu, berganti pemilik juga bisa jadi salah satu penyebab stress burung cendet.

Sakit

Kesehatan pun bisa berpengaruh pada kicauan burung cendet. Jika burung cendet sedang sakit, tentu ia menjadi malas berbunyi.

Oleh karenanya, sebagai pemilik, kamu perlu tanggap dan segera mencarikan obat dan memberikan penawaran yang tepat.

Keracunan

Serangga memang makanan utama burung cendet, tapi terkadang cendet memakan serangga yang kurang tepat.

Ketika burung cendet memakan serangga beracun, otomatis saluran pencernaan burung juga terganggu dan mengalami infeksi.

Wajar jika burung cendet macet bunyi karena tenggorokan dan badannya sakit.

Kalah Mental

Burung cendet yang merupakan burung petarung bisa lemah mentalnya ketika melihat burung lain lebih gacor (keras suaranya) daripada ia. Kepercayaan diri yang hilang ini bisa membuatnya enggan berkicau

Kurang Birahi

Sebab lain kenapa burung cendet macet bunyi adalah kurang birahi yang disebabkan perawatan yang kurang maksimal.

Burung cendet akan menunjukkan perilaku miyik, yang jika dibiarkan akan berkelanjutan dan menjadi karakter burung.

Masa Mabung

Pada fase di mana bulu burung berganti (mabung), cendet akan cenderung diam dan tidak banyak berkicau.

Ini juga berpengaruh pada gerak-geriknya. Biasanya aktif loncat ke sana kemari, menjadi terlihat diam dan tidak bersemangat.

Maka, kamu perlu mempelajari bagaimana cara mengatasi cendet macet bunyi setelah mabung.

Berubahnya Pola Perawatan

Burung cendet yang dirawat dengan cara yang berubah-ubah bisa mengalami macet bunyi.

Missal, biasanya pemilik memberi jangkrik, extra fooding di jam tertentu kemudian menggantinya. Atau, biasanya diberi takaran tertentu kemudian menggantinya.

Kurang Dirawat

Sebagai burung yang sensitif, ia cepat merasa jika tidak dirawat atau diperhatikan dengan baik.

Sebagai pemilik atau perawat, kamu harus memahami karakter burung cendet dan mengerti kemauan serta kebutuhannya.

Terkadang pemilik tergoda untuk mengganti voer/sangkar jadi lebih mahal, padahal burung sudah terbiasa dengan yang lama. Ini juga mempengaruhi kenyamanan burung.

Masih Baru

Burung cendet yang baru dibeli akan merasa takut akan keberadaan manusia dan lingkungan barunya. Terlebih lagi burung cendet yang ditangkap dari hutan, mereka butuh waktu untuk adaptasi.

Hobi Salto

Burung cendet memang aktif bergerak di sangkar, tapi terkadang terlalu berlebihan sehingga ia kurang suka berbunyi.

Ini disebabkan oleh burung yang over birahi. Bisa jadi karena pemberian pakan jangkrik/ulat bumbung yang lebih banyak dari biasanya.

Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi

Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi

Kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi burung cendet yang macet bunyi. Kamu bisa lakukan cara-cara berikut:

Terapi Untulan

Untuk cendet yang mogok bunyi karena mentalnya drop, kamu bisa melakukan terapi ini.

Cara terapi cendet yakni dengan memasukkan pasangan atau burung betina. Dengan begitu, burung cendet jantan akan terlatih emosinya sehingga menjadi kuat dan bersuara keras.

Sebaiknya dilakukan di kandang yang luas, agar burung cendet bisa dengan leluasa bergerak.

Pengembunan Rutin

Terapi yang satu ini perlu dilakukan ketika fajar menyingsing, jadi kamu perlu menyetel alarm agar bangun lebih pagi dari biasanya.

Pengembunan di pagi hari bisa membuat burung cendet merasa lebih segar dan mendapatkan ketenangan. Apalagi jika kamu bisa melakukannya dengan rutin.

Naluri burung cendet untuk berkicau akan perlahan bertumbuh dengan cara ini.

Memberikan Jahe

Pengobatan sakit tenggorokan menggunakan jahe tidak hanya bisa diterapkan pada manusia, namun bisa pada burung cendet.

Jika burung cendet milikmu tenggorokannya sakit, cukup buatkan minuman jahe untuknya.

Geprek jahe dan rendam dalam air minum burung cendet. Ketika sudah meminum itu, burung cendet yang tadinya macet bunyi bisa lebih lega untuk berkicau.

Pakan Tambahan

Sebagai tambahan nutrisi, burung cendet memerlukan pakan tambahan agar ia mau berbunyi kembali. Karena kekurangan nutrisi bisa jadi sebab burung cendet macet bunyi.

Kamu bisa pilih Extra Fooding apa yang menjadi favorit si burung dan bergizi tinggi untuk dikonsumsi sebagai vitamin buat cendet macet bunyi.

Jika sudah kembali normal, pemberian Extra Fooding bisa dihentikan dan dikembalikan seperti porsi hariannya.

Menjemur Burung Cendet

Membuat burung cendet mendapatkan sinar matahari secara langsung bisa meningkatkan birahi. Dengan begitu, burung akan lebih semangat berbunyi.

Kamu bisa melakukan ini secara teratur setiap hari.

Terapi Madu dan Buah

Ketika cendet memakan serangga beracun, pencernaannya akan terganggu. Madu dan buah bisa jadi ramuan untuk cendet macet bunyi yang disebabkan oleh serangga beracun.

Karena dua bahan itu bisa menetralisir racun yang terlanjur masuk ke burung cendet. Caranya cukup mudah, bisa diberikan secara langsung atau ditaruh di wadah pakannya.

Selain menggunakan madu dan buah, kamu bisa menggunakan pepaya yang sudah diiris kecil-kecil. Setelah pulih, sebaiknya kamu berikan vitamin tambahan untuk cendet.

Memindahkan Cendet

Jika burung cendet macet bunyi karena ketakutan, kamu bisa memindahkannya dari tempat yang biasanya ramai ke tempat yang agak lengang.

burung cendet tidak suka diletakkan di tempat ramai. Sehingga kamu harus memindahkan cendet segera jika ia merasa ketakutan. Kamu bisa memindahkannya ke tempat yang lebih tenang.

Terapi Mandi Malam

Terapi yang satu ini sering diandalkan karena tingkat keberhasilannya tinggi. Mandikan cendet di malam hari, sekitar pukul tujuh hingga sembilan malam.

Semprot cendet dengan halus, tapi jangan sampai basah kuyup. Setelah itu keringkan dan beri makanan seperti jangkrik secukupnya.

Karantina

Cara ini mengharuskan burung cendet dipisahkan dari burung lain, termasuk burung yang sama jenis.

Tujuannya agar cendet tidak mendengarkan suara burung lain. Ini membantu mengatasi cendet yang sedang drop mentalnya, agar nantinya bisa berbunyi lagi.

Terapi Suara Master

Untuk mengatasi cendet yang macet bunyi, kamu bisa melakukan terapi pemasteran ini. Caranya, dengan master suara MP3 atau dari media Youtube.

Lakukan pada jam sepuluh pagi hingga tiga sore sambil dikerodong. Tapi terapi ini sebaiknya kamu lakukan paling akhir, ketika burung cendet sudah mau menemui burung lain.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi burung cendet macet bunyi. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika kamu melakukan perawatan yang tepat, burung cendet akan membaik.

Tinggalkan komentar