Burung Cendet Miyik

Beranda » Burung » Burung Cendet Miyik

Bagi para penghobi burung cendet, fenomena cendet miyik sudah cukup banyak didengar. Fenomena ini merupakan keadaan dimana burung cendet berperilaku manja yang berlebihan.

Hal ini bukan merupakan hal yang wajar terjadi mengingat burung cendet merupakan salah satu jenis burung predator.

Sebagai para pemilik burung cendet, ada beberapa poin penting yang harus diketahui. Pertama merupakan penyebab cendet miyik, selain itu penyebab cendet miyik dan bagaimana cara mengatasi cendet miyik juga merupakan poin penting yang harus diketahui.

Berikut merupakan penjelasan lengkapnya.

Pengertian Burung Cendet Miyik

Pengertian Burung Cendet Miyik

Pengertian cendet miyik bisa diartikan sebagai burung cendet yang mengalami perubahan sifat menjadi sangat manja. Di habitat aslinya, jenis burung cendet merupakan salah satu jenis burung predator yang memangsa buruan yang lebih kecil.

Bukan hanya serangga, namun burung cendet juga biasa memangsa burung lain dengan ukuran yang lebih kecil. Meskipun merupakan burung jenis predator, cendet bisa mengalami perubahan sifat bila terbiasa dipelihara oleh manusia.

Kemampuan alami burung cendet untuk berburu bisa menurun drastis karena terbiasa mendapatkan makanan dari sang pemilik. Bila hal ini berlangsung terus-menerus, burung cendet akan menjadi sangat manja dan bahkan terus merajuk kepada pemilik.

Kondisi tersebut biasa dikenal dengan nama cendet miyik. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi cendet miyik, ada beberapa penyebab utama cendet miyik yang harus diketahui oleh para pemilik burung.

Penyebab Burung Cendet Miyik

Penyebab Burung Cendet Miyik

Setiap burung cendet bisa memiliki kondisi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi karena beberapa hal. Selain karena pola pemeliharaan, ada beberapa poin penting yang menjadi penyebab burung cendet miyik yang sebaiknya dihindari oleh para pemilik burung.

Kesalahan Pemilihan Jenis Pakan

Penyebab cendet miyik yang pertama adalah kesalahan pemilihan jenis pakan. Pada hakekatnya, burung cendet merupakan jenis burung predator yang memakan berbagai jenis hewan kecil, dan sifat natural burung cendet ini masih berlaku hingga kapanpun.

Ada beberapa pemilik burung yang justru memberikan jenis pakan seperti biji bijian atau voor untuk burung cendet. Hal ini tidaklah tepat untuk dilakukan karena protein dari biji-bijian belum mencukupi kebutuhan protein burung cendet.

Bila kamu sebagai pemilik salah dalam memberikan jenis makanan kepada burung cendet, akibatnya burung cendet akan menunjukkan sifat manjanya dan bahkan tidak mau untuk makan sendiri. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan protein yang dibutuhkan.

Kurangnya asupan protein pada burung cendet juga bisa berakibat pada terhambatnya pertumbuhan burung sehingga ukuran burung tidak bisa mencapai ukuran maksimal.

Pemberian Makan Kurang Tepat

Penyebab yang kedua berkaitan dengan cara pemberian makan kepada burung cendet. Pada dasarnya, burung cendet yang suka berburu harus menyalurkan bakat alaminya meskipun sedang dipelihara oleh manusia.

Namun, banyak pemilik burung yang memilih untuk memberikan makan kepada burung cendet berupa daging yang sudah dipotong-potong atau bahkan memberikan makanan burung dengan cara disuapi.

Bila hal ini berlangsung terus menerus, akibatnya burung cendet akan kehilangan kemampuannya untuk mencabik atau memotong-motong daging hewan buruan dengan menggunakan paruhnya.

Burung cendet yang mengalami keadaan demikian akan menunjukkan sifat manja dan merajuk kepada pemiliknya. Bahkan, beberapa burung cendet justru akan meminta untuk terus disuapi tanpa mau berusaha untuk mengunyah makanannya sendiri.

Terlalu Lama Memanjakan Burung Cendet

Selain karena kesalahan dalam cara pemberian makanan dan kesalahan dalam pemilihan jenis makanan, cendet miyik juga bisa disebabkan karena pemilik yang terlalu memanjakan burung cendet.

Burung cendet bisa menjadi semakin manja ketika dalam kehidupan sehari-hari burung cendet mendapatkan terlalu banyak perhatian dari pemilik. Kemampuan alaminya untuk bertahan hidup dan berburu akan semakin hilang, sehingga sifat manjanya kian terlihat.

Peletakkan Kandang

Bila kamu memiliki burung cendet yang bersifat sangat manja, bisa jadi hal ini karena kamu salah dalam memilih lokasi peletakkan kandang. Kandang yang diletakkan di tempat ramai membuat burung cendet semakin sering dilewati oleh manusia.

Tempat yang terlalu ramai tersebut akan menimbulkan sifat manja pada burung cendet. Bila ada banyak orang yang melihat burung cendet tersebut, maka burung cendet semakin memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap manusia yang berlalu lalang.

Sebelum mencari solusi terbaik dari sifat manja yang muncul pada burung cendet, kamu sebaiknya mengenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab burung cendet memunculkan sifat miyik. Kamu bisa mengidentifikasinya dari pola asuh dan sifat burung cendet saat ini.

Cara Mengatasi Cendet Miyik

Cara Mengatasi Cendet Miyik

Bila kamu telah mengetahui mengapa cendet miyik dan apa saja yang menjadi penyebabnya, kini kamu bisa menemukan solusi terbaik agar burung cendet tidak lagi menunjukkan sifat manja. Berikut ini merupakan beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cendet miyik.

Pilih Jenis Makanan yang Tepat

Agar burung cendet tidak memunculkan sifat manjanya, kamu bisa memilih jenis makanan yang tepat untuk setiap burung cendet. Mengikuti sifat dasarnya yang merupakan burung predator, kamu sebaiknya memilihkan jenis makanan berupa hewan kecil.

Hewan yang lebih kecil tersebut bisa digunakan untuk mempertahankan sifat asli burung predator untuk mengonsumsi daging. Selain itu, kebutuhan protein dari burung cendet akan terpenuhi dari makanan dengan jenis dan takaran yang tepat untuk burung cendet.

Memberi Makan yang Benar

Bila kamu ingin burung cendet tidak menunjukkan sifat manja, kamu disarankan untuk memberikan makanan dalam bentuk hewan hidup kepada burung cendet. Kamu tidak perlu memotong-motong atau menyuapi burung cendet.

Sifat alaminya sebagai burung predator harus tetap dilatih dengan memberinya kesempatan untuk membunuh sendiri hewan buruannya. Dengan sifat alami yang masih terasah, burung cendet tidak akan bersikap terlalu manja kepada pemilik.

Meletakkan Kandang dengan Tepat

Agar burung cendet tidak bersikap terlalu manja, sebaiknya kamu meletakkan kandangnya di tempat yang tidak terlalu ramai oleh manusia. Bila memungkinkan kamu bisa mengurangi interaksi manusia dan burung cendet dengan kerodong kandang.

Pada periode  waktu tertentu, kamu disarankan untuk menutup kandang burung dengan menggunakan kerodong sehingga burung cendet tidak banyak melihat manusia berlalu lalang. Hal ini berguna untuk mengurangi sifat manja pada burung cendet.

Untuk setiap kasus burung cendet yang menunjukkan sifat manja atau miyik, kamu bisa mengidentifikasi terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab utama burung bersifat demikian. Solusi akan lebih mudah ditemukan setelah kamu mengetahui penyebabnya.

Perawatan burung cendet sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Pemilik burung harus bersikap konsisten dan mengerti cara untuk merawat burung cendet dengan pola perawatan dan pemilihan jenis makanan yang tepat.

Kebutuhan gizi burung cendet juga harus dipenuhi. Namun jangan melupakan bahwa burung cendet pada dasarnya merupakan jenis burung predator yang membutuhkan media untuk mempertahankan naluri alaminya.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi cendet miyik yang bisa dicoba. Pastikan kamu melakukan solusi diatas dengan benar agar burung cendet bisa kembali normal.

Tinggalkan komentar