Cara Merawat Anjing

Beranda » Anjing » Cara Merawat Anjing

Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu cara untuk menghilangkan stress dan memberikan rasa bahagia. Saat memutuskan untuk memelihara binatang termasuk anjing, Kamu harus mengetahui cara merawat anjing yang tepat.

Dari berbagai macam binatang yang ada, anjing merupakan binatang peliharaan paling favorit karena memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan. Binatang berkaki empat ini juga memiliki berbagai macam ras yang tiap rasnya memiliki keunikan masing masing.

Sebagai manusia yang memiliki binatang, Kamu mempunyai tanggung jawab untuk mencintai dan menjaga mereka dengan baik.  Dengan kasih sayang yang tulus dan perlakuan yang tepat dari pemiliknya, anjing akan tumbuh dengan sehat dan aktif.

Berikut ini ialah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik anjing dalam memelihara dan merawat binatang berbulu ini.

Cara Merawat Anjing yang Benar

Cara Merawat Anjing yang Benar

Perhatikan Makanan Anjing

Seperti makhluk hidup pada umumnya, makanan merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam merawat anjing. Baik itu mengenai cara merawat anjing kampung atau bukan, pemberian makanan anjing haruslah yang bernutrisi.

Pilihlah makanan yang mengandung protein seperti daging yang digemari anjing, usahakan jangan memberi bumbu pada daging. Selain memperhatikan makanan yang baik dikonsumsi, Kamu juga harus mengetahui makanan pantangan anjing.

Diantara makanan yang harus dihindari anjing ialah cokelat, makanan dengan rasa asin hingga telur. Makanan ini akan memiliki pengaruh buruk pada tubuh dan juga bulu anjing.

Kebersihan Anjing

Kamu tentu ingin memiliki anjing yang sehat dan menggemaskan, oleh karena itu jangan lupa untuk menjaga kebersihannya. Anjing yang gemar bermain di luar rumah harus diperhatikan kebersihannya agar tidak ada kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Sebaiknya anjing dimandikan sebulan setidaknya dua kali untuk memastikan anjing terbebas dari kuman dan kotoran. Untuk membuat badan dan bulu anjing bersih, Kamu bisa menggunakan shampo yang dikhususkan untuk perawatan anjing.

Hindari penggunaan sembarangan shampo yang justru akan membuat bulu anjing menjadi tidak bagus lagi. Penggunaan air hangat juga disarankan digunakan untuk memandikan anjing, sehabis mandi jangan lupa untuk mengeringkan tubuhnya dengan hairdryer dan handuk.

Menyediakan Peralatan Hewan

Anjing dikenal sebagai hewan berbulu dimana bulu ini merupakan mahkota yang membuat mereka semakin menggemaskan. Salah satu cara merawat anjing untuk pemula ialah dengan menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan oleh anjing.

Beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya ialah shampoo, sisir untuk anjing hingga litter box. Penggunaan sisir dibutuhkan agar bulu anjing tetap terjaga, oleh karena itu pilihlah sisir anjing yang sesuai.

Sediakan litter box yang memang dibutuhkan oleh berbagai binatang peliharaan untuk mereka dapat buang air. Pastikan juga litter box selalu dalam keadaan bersih dengan kamu rutin membuang kotoran anjing dan mengganti pasir dengan rutin.

Ajak Bermain

Anjing merupakan hewan yang paling setia, mereka sangat menggemari waktu saat bersama dengan pemiliknya. Kamu harus menyadari ini sehingga anjing bisa tumbuh dengan baik dan selalu aktif.

Luangkan waktu untuk mengajak mereka bermain, setidaknya dengan mengelus mereka dan memberikan kasih sayang. Sediakan juga berbagai mainan yang disukai anjing seperti bola dan ajak mereka berlarian agar tehindar dari stress.

Jika kamu memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya untuk mengajak anjing berjalan jalan berkeliling komplek. Merawat dengan rutin mengajak anjing bermain dan berkeliling komplek, maka anjing akan senang dan tidak mudah stress. 

Melatih Anjing

Anjing memang dikenal sebagai hewan yang pintar dan bisa melakukan banyak hal sehingga membuat orang terkagum. Hal ini tidak akan terjadi jika pemilik anjing tidak rutin untuk melatih anjing melakukan berbagai hal.

Meskipun sulit, sebagai pemilik kamu jangan pernah bosan untuk mencari cara melatih anjing sehingga anjing menjadi lebih pintar. Coba lah dengan berbagai latihan mudah seperti melatih buang air di litter box atau mencoba melatih anjing duduk.

Melatih anjing bukan sekedar membuat anjing menjadi lebih pintar melakukan berbagai hal. Namun, jika kamu rutin melatih anjing maka hubungan dengan anjing akan semakin erat dan kalian saling terkoneksi.

Memberikan Vaksin

Meskipun kamu sudah yakin bahwa anjing dipelihara dengan baik dan bersih, namun terkadang penyakit pada anjing bisa tetap datang. Untuk meminimalisir hal ini terjadi, maka alangkah baiknya kamu memberikan vaksin kepada anjing.

Pemberian vaksin secara rutin akan membuat anjing terlindungi dan membuat imunitas mereka semakin kebal. Hal ini akan membuat berbagai penyakit yang berasal dari bakteri dan virus akan semakin sulit menyerang anjing.

Oleh karena itu lakukan pemberian vaksin kepada anjing secara rutin dalam periode tertentu. Kamu bisa membawa anjing ke dokter hewan demi mendapatkan vaksin yang berkualitas dan aman.

Memberikan Hadiah

Ternyata tidak hanya manusia yang suka diberi hadiah, anjing pun merasa sangat senang saat pemiliknya memberi hadiah. Kamu bisa memberi hadiah pada anjing saat mereka berhasil melakukan sesuatu, hal ini akan membuat anjing senang.

Memberikan hadiah merupakan salah satu cara merawat anjing agar tetap bahagia dan tidak mudah stress. Seperti diketahui, anjing merupakan salah satu hewan yang peka sehingga mereka bisa mengerti perlakuan manusia dengan cepat.

Saat anjing stress, mereka menjadi tidak mau makan dan bahkan malas bergerak aktif seperti biasanya. Berikan mereka hadiah kecil dan pijatan ringan sehingga mereka bisa perlahan terhindar dari stress serta dapat kembali aktif dan lincah.

Berikan Istirahat yang Cukup

Anjing memang gemar bermain dan hal ini merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi pemilik dan anjing itu sendiri. Namun, harus diperhatikan bahwa anjing juga membutuhkan istirahat dan tidak harus bermain sepanjang hari.

Jika mereka lelah, maka imunitas akan semakin melemah dan hal ini akan berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai penyakit. Pastikan anjing mendapat istirahat yang cukup terutama bagi anjing yang sedang sakit maupun hamil.

Pada anjing yang sedang mengalami kehamilan, pada usia 6 minggu mereka akan cepat lelah dan letih. Oleh karena itu pastikan mereka mendapatkan istirahat yang lebih dari biasanya dan jangan biarkan mereka beraktivitas terlalu sering.

Bersihkan Tempat Tidur dan Lingkungan

Kebersihan tubuh anjing memang penting, namun kebersihan tempat tidur mereka juga merupakan hal yang sangat penting. Pastikan Kamu melakukan perawatan dan pembersihan tempat tidur serta lingkungan anjing secara rutin.

Hal ini akan membuat bakteri, jamur serta virus yang menyebabkan berbagai penyakit tidak mudah menyerang anjing. Bersihkan tempat tidur dan pastikan anjing beraktivitas dalam lingkungan yang bersih dan sehat.

Sediakan Air Minum yang Cukup

Saat anjing sakit, maka perhatikan hal hal yang dapat membuat mereka bisa segera pulih kembali. Cara merawat anjing sakit memang cukup banyak, namun kamu bisa melakukan hal yang paling sederhana yakni menyediakan air minum.

Air minum yang disediakan ialah air putih yang bersih dan mudah dijangkau oleh anjing. Sehingga saat mereka merasa haus, mereka bisa langsung menemukan air untuk dikonsumsi.

Jika memang anjing sulit untuk minum, maka Kamu bisa mengatasinya dengan memberikan minum kepada anjing secara langsung. Pastikan kecukupan air anjing terpenuhi, apalagi saat mereka dalam keadaan sakit.

Dengan mengetahui cara merawat anjing yang tepat, maka Kamu telah membuat mereka bahagia dan lebih aktif. Kondisi anjing juga akan lebih sehat dan kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Tinggalkan komentar