Cara Melatih Anjing

Beranda » Anjing » Cara Melatih Anjing

Memelihara anjing memang menyenangkan, pasalnya anjing memiliki IQ yang sangat baik dibandingkan dengan hewan lain sehingga mudah dilatih. Terlebih lagi jika kamu memiliki anjing dari anakan, maka akan lebih mudah untuk cara melatih anjing agar pintar.

Berikut ini beberapa bocoran cara melatih anjing yang bisa diterapkan tanpa bantuan profesional. Tinggal kamu praktekkan agar anjing tersebut menjadi lebih pintar dan bisa diandalkan.

Cara Melatih Anjing Hal Dasar

Ada beberapa hal dasar yang bisa diajarkan pada anjing mulai pertama kali memeliharanya, agar dia tahu mana yang boleh dilakukan atau yang tidak. Tidak perlu takut, karena tak akan butuh waktu lama untuk membuatnya paham.

Buang Air

Melatih Anjing Buang Air

Untuk menerapkan cara melatih anjing pup sendiri, kamu harus melatihnya dengan beberapa cara berikut:

  1. Bawa anjing ke tempat buang air yang sudah disediakan, setiap kamu melihat tanda-tanda dia ingin buang air. Biasanya anjing cenderung suka mengendus, menggaruk, atau berputar.
  2. Beri peringatan tegas jika dia buang air sembarangan, sehingga si anjing tahu bahwa apa yang dilakukannya itu salah. Bisa dengan mengatakan jangan, atau no, atau tidak boleh secara konsisten setiap dia berbuat kesalahan yang sama.
  3. Jangan biarkan dia mengendus lokasi buang air sembarangan yang dilakukan, untuk mencegah dia melakukannya kembali. Segera bersihkan dan ajak dia ke tempat yang sudah ditentukan.
  4. Beri pujian kalau anjing bisa buang air di tempatnya, ini akan memotivasinya untuk melakukan seterusnya hal yang sama.

Duduk

Melatih Anjing Duduk

Mengajarkan duduk bisa dimulai dengan membiasakan dia mengenal namanya sendiri, kemudian lanjutkan dengan langkah ini:

  1. Beri contoh posisi duduk, kemudian minta dia melakukannya dengan instruksi yang jelas dan konsisten. Contohnya kata duduk, selalulah pakai kata itu setiap memintanya duduk.
  2. Untuk pelatihan awal, bawa serta cemilan favoritnya sebagai cara mudah membuat anjing menuruti perkataanmu.
  3. Kalau dia sudah mulai terbiasa dengan perintah duduk, jangan lagi beri imbalan cemilan, biarkan dia duduk langsung setelah disuruh.

Lempar Tangkap

Melatih Anjing Lempar Tangkap

Untuk mengajarkan cara melatih anjing kecil maupun besar agar mampu menangkap benda, kamu harus tahu apa benda yang paling disukainya saat bermain, jadikanlah objek tangkap awal saat latihan.

  1. Lempar sebuah mainan, dan minta dia mengambilnya sambil Anda memegang mainan yang disukainya.
  2. Panggil dia kembali untuk menyerahkan mainan yang diambil, kemudian lempar mainan keduanya ke arah lain dan suruh dia mengambilnya dan mengembalikannya kepadamu.
  3. Lakukan sesering mungkin agar dia paham bahwa apapun benda yang diambilnya, harus dikembalikan.

Sosialisasi

Sosialisasi Anjing

Ajarkan juga anjing untuk bersosialisasi dengan lingkungannya, cara terbaik dimulai dengan kamu dan lingkungan di sekitar rumah.

  1. Ajak dia bermain di sekitar rumah dan bertemu dengan banyak anjing lain, sehingga dia merasa tidak sendirian dan dikucilkan.
  2. Ajak dia sesering mungkin bermain bersama dan melakukan aktivitas menyenangkan, sekalian ajarkan latihan dasar yang lebih intens.
  3. Termasuk di dalamnya melatih dia agar tidak menggigit, melatihnya berjalan di sampingmu, dan menggunakan tali leher dengan benar.

Cara Melatih Anjing Menjadi Penjaga

Cara Melatih Anjing Menjadi Penjaga

Banyak pemilik anjing yang menjadikan hewan tersebut penjaga rumah yang beringas, agar rumah aman dari maling dan ancaman apapun. Biasanya latihan ini dengan mengajarkannya menggonggong yang benar di saat yang tepat.

  1. Memastikan anjing sudah diajarkan latihan dasar, dan sudah memiliki kedekatan emosional denganmu. Dan pastikan juga dia berasal dari ras kucing penjaga, atau paling tidak dia merupakan anjing lokal dengan perawakan sangar dan memang mudah dilatih.
  2. Beri instruksi yang jelas untuk mengajarkannya menggonggong keras, seperti “ngomong” atau “gonggong”.  Ini juga bisa jadi bagian saat kamu menerapkan cara melatih anjing poodle atau jenis lain untuk bisa menjadi anjing penjaga rumah.
  3. Ucapkan perintah itu dengan lantang, agar dia termotivasi menggonggong dengan lantang sepertimu.
  4. Beri apresiasi setiap kali dia berhasil menggonggong yang keras, lakukan perintah ini di beberapa lokasi berbeda pada kawasan sekitar rumahmu.
  5. Buatlah ujicoba untuk melatihnya menggonggong keras, contohnya biarkan dia di dalam rumah dan kamu keluar rumah dengan menutup pintu. Kemudian ketuk pintu sambil perintahkan dia menggonggong keras.
  6. Beri apresiasi ketika dia berhasil melakukannya, bisa dengan pelukan atau belaian. Kemudian coba secara berlanjut hingga anjingmu benar-benar paham perintah menggonggong.
  7. Untuk cara membuktikan selanjutnya, kamu bisa meminta temanmu untuk bertamu dan mengetuk pintu. Kemudian biarkan si anjing menggonggong, sampai kamu suruh berhenti dengan perintah yang jelas.

Cara Melatih Anjing Agar Berani

Cara Melatih Anjing Agar Berani

Menjadikan anjing peliharaanmu berani, bisa dilakukan sendiri dengan metode melatih yang benar, seperti cara melatih anjing herder dan anjing berani lainnya berikut ini:

  1. Kamu bisa mengurungnya di salah satu pojok rumah, biarkan dia merasakan suasana hening dan sendiri. Ini untuk meminimalisir ketakutannya dan memunculkan rasa beraninya terhadap apapun.
  2. Lanjutkan dengan menempatkannya dengan anjing lain dengan sifat yang lebih berani. Secara bertahap dia akan mengadopsi sikap berani anjing lain tersebut, sehingga dia menjadi pemberani.
  3. Ajarkan dia untuk bersosialisasi di ruang terbuka, menghadapi banyak anjing lain disekitarnya. Dengan begitu dia akan lebih merasa nyaman dan percaya diri untuk menunjukkan keberaniannya.

Cara Melatih Anjing Pemburu

Cara Melatih Anjing Pemburu

Buat Anda yang suka berburu, memiliki anjing pemburu adalah hal penting agar hobi bisa disalurkan lebih maksimal. Karena biasanya mereka akan membantumu menemukan objek buruan dengan mudah.

  1. Kenalkan anjing pada objek yang akan diburu, bisa dengan memberikan bau khas dari objek tersebut. Bisa juga dengan memberikan sedikit darah dari objek tersebut, agar si anjing lebih kenal dengan objek secara maksimal.
  2. Latih rahangnya untuk bisa menggigit lebih kuat, ini akan membantunya saat berburu hewan liar di hutan. Caranya dengan mengajarkan dia menangkap benda berupa tulang secara kontinu, lebih bagus lagi tulang itu adalah milik objek yang diburu.
  3. Rutinlah mengajaknya berburu, sehingga anjing lebih familiar dengan medan perburuan dan mengasah kemampuannya berburu. Cara ini hampir sama dengan cara melatih anjing pelacak, hanya saja jenis anjing yang dilatih berbeda.
  4. Berikanlah daging atau tulang asli dari objek buruanmu, biarkan dia memakannya dengan lahap. Ini juga akan membangun koneksi antara anjing dengan objek buruannya, dan membuatnya semangat karena akan mendapat hadiah berupa daging jika berhasil berburu.
  5. Bila memungkinkan kamu bisa melatih dua atau lebih anjing buru secara bersamaan. Ini akan membantu terciptanya kerjasama yang baik di antara mereka, sehingga proses berburu jadi lebih mudah.

Itulah cara melatih anjing kesayangan yang bisa kamu terapkan. Perlu kesabaran hingga anjing benar-benar memahami semua latihan yang diberikan.

Pertanyaan Terkait Melatih Anjing

Bagaimana cara melatih anjing?

Sebaiknya, melatih anjing dilakukan saat masih usia kecil atau anakan, karena anak anjing memiliki kemampuan yang bagus jika diberikan perintah oleh pemilik atau pelatihnya.

Bagaimana cara melatih anjing buang air?

Perkenalkan area untuk buang air baik itu di luar rumah maupun di tempat box kotoran. Berikan peringatan jika anjing buang air sembarangan dan berikan pujian jika anjing melakukanya dengan benar.

Bagaimana cara melatih anjing lempar tangkap?

Pastikan anjing memiliki ketertarikan dengan benda yang dilempar. Berikan perintah untuk menangkapnya dan berikan pujian ketika anjing berhasil melakukannya.

Tinggalkan komentar