Anjing Corgi: Harga, Jenis, Ciri-Ciri, Sifat, dan Cara Merawat

Beranda » Anjing » Anjing Corgi: Harga, Jenis, Ciri-Ciri, Sifat, dan Cara Merawat

Ada banyak jenis anjing yang dapat Anda pilih untuk dijadikan binatang peliharaan. Salah satu jenis yang dapat Anda pilih adalah anjing Corgi. 

Anjing yang memiliki kaki pendek dan moncong menyerupai musang ini cocok untuk Anda penyuka jenis anjing kecil. Karena selain memiliki bentuk tubuh yang lucu, anjing ini juga memiliki sifat yang unik.

Dalam bahasa Welsh, nama anjing ini berasal dari kata “cor” yang artinya kerdil atau pendek dan “gi” yang artinya anjing. Jadi nama Corgi menggambarkan kondisi anjing berkaki pendek ini.

Jika anda ingin mengadopsi atau menjadikan anjing ini sebagai peliharaan, ada baiknya untuk mengetahui informasi lengkapnya berikut dibawah ini.

Jenis Anjing Corgi

Jenis Anjing Corgi

Anjing ini awalnya dibiakkan sebagai anjing penggembala. Walaupun bertubuh kecil, namun anjing ini sangat lihai dalam menggembalakan binatang yang jauh lebih besar darinya.

Namun, jika berbicara mengenai sejarah anjing yang satu ini, maka kita harus mengenal dua jenis anjing Corgi yang ada, yaitu:

Cardigan Welsh Corgi

Jenis Cardigan merupakan jenis anjing Corgi lebih tua. Pertama kali dibawa ke Cardiganshire Wales dalam bentuk aslinya oleh seorang pahlawan suku Celtik pada tahun 1.200 SM.

Jenis awal anjing ini masuk dalam famili anjing Tekel yang belakangan termasuk jenis anjing Dachshund juga.

Pembroke Welsh Corgi

Dipercaya bahwa jenis ini pertama kali sampai ke Inggris karena dibawa oleh etnis Flemish yang berasal dari Jerman yang bermigrasi ke Inggris pada abad ke-12.

Namun, ada juga yang percaya bahwa jenis ini merupakan keturunan dari Vallhund yang merupakan anjing penggembala dari Swedia. Anjing ini dibawa oleh bangsa Viking ke Wales pada abad 9 dan 10.

Kedua jenis Welsh Corgi ini pertama kali dipamerkan dalam satu kelas sebagai ras yang sama pada tahun 1925. Namun, pada tahun 1934, Kennel Club menyatakan bahwa Pembroke dan Cardigan merupakan dua ras anjing yang berbeda.

Jenis Pembroke Welsh Corgi pertama kali dikenalkan ke public Amerika pada tahun 1936 dan makin lama makin populer di sana.

[rel]Baca juga: Anjing Beagle[/rel]

Ciri-Ciri Anjing Corgi

Ciri-Ciri Anjing Corgi

Berbicara mengenai ciri-ciri fisik, kedua jenis anjing Corgi yang ada yaitu jenis Cardigan Welsh dan Pembroke Welsh memiliki beberapa persamaan dan perbedaan.

Persamaan mencolok pada kedua jenis anjing adalah sama-sama berkaki pendek serta memiliki bentuk tubuh serupa. Selain itu, keduanya memiliki bulu ganda.

Bulu bagian dalam tebal sedangkan bulu bagian luar lebih panjang. Bulu ini akan rontok sebanyak dua kali dalam setahun,untuk itu Anda harus mempersiapkan diri dalam menghadapi hal ini.

Berikut beberapa perbedaan dari dua jenis anjing Corgi yang perlu Anda ketahui:

CiriCardigan WelshPembroke Welsh
Tinggi BadanBerkisar antara 10,5 – 12,5 inci (+ 27 – 32 cm)Berkisar antara 10 – 12 inci (+ 25,5 – 30,5 cm)
Berat Badan13,7 – 17 kg12,7 – 13,7 kg
Kondisi BadanLebih panjangLebih pendek
TelingaBentuk membulat, lebih besar, tidak terlalu berdiri tegakBentuk runcing, lebih kecil, berdiri tegak
Warna BuluHitam, putih, kecoklatan dengan garis putihMerah, kehitaman, hitam, kecoklatan dengan semburat warna putih
EkorEkor anjing corgi Cardigan panjangTidak memiliki ekor

Sifat Anjing Corgi

Ciri-Ciri Anjing Corgi

Sifat dan karakter anjing Corgi Cardigan dan Pembroke secara umum adalah sebagai berikut:

  • Cerdas namun keras kepala
  • Gesit, aktif dan suka bergerak
  • Memiliki energi tinggi, oleh sebab itu jenis ini membutuhkan aktivitas tinggi
  • Penyayang sehingga membuat jenis ini cocok sebagai hewan peliharaan untuk menemani keluarga, terutama anak-anak
  • Bawel, suka menggonggong, menjadikan anjing ini cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga
  • Mudah berbaur dengan jenis anjing lain

Cara Merawat Anjing Corgi

Cara Merawat Anjing Corgi

Perawatan anjing ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Berikut beberapa cara merawat anjing Corgi yang perlu Anda ketahui:

  • Karena anjing ini sangat rentan untuk makan secara berlebihan, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan makanannya. Berikan menu diet yang konsisten dan hindari memberikan makanan manusia kepada anjing Anda. Pasalnya makanan manusia dapat saja menjadi racun untuk anjing Anda.
  • Anjing ini memerlukan pengawasan serius sebagaimana Anda mengawasi seorang anak. Usahakan untuk selalu menutup pintu dan akses ke semua ruangan. Hal ini untuk membantu Corgi agar tidak memasukkan benda-benda yang ada di ruangan ke dalam mulutnya.
  • Sikat dan bersihkan giginya secara rutin minimal seminggu dua kali walaupun jenis anjing ini memiliki gigi yang bersih.
  • Bersihkan telinganya paling tidak seminggu sekali untuk kesehatan dan kebersihan maksimalnya.
  • Potong dan rapikan kukunya satu kali atau dua kali sebulan untuk menghindari anjing kesayangan Anda terluka. Kuku yang panjang juga berpotensi menimbulkan masalah pada jari-jari kakinya.
  • Karena berkaki pendek, hati-hati ketika Anda mengangkat atau menggendongnya. Hindari menempatkannya di tempat terlalu tinggi untuk menghindari cedera ketika ia harus melompat turun.
  • Cara merawat anjing Corgi selanjutnya adalah dengan rajin mengajaknya berjalan-jalan dan mengajaknya berolahraga.
  • Jaga supaya Corgi Anda tetap aktif karena ia merupakan anjing yang memiliki banyak energi. Jika ia merasa bosan, maka ia akan berubah menjadi anjing yang nakal.

Makanan

Makanan Anjing Welsh Corgi

Pemberian makan untuk anak anjing Corgi harus berupa makanan anjing yang banyak mengandung protein, mineral dan vitamin untuk tumbuh kembangnya. Takaran makanan untuk anjing dewasa adalah ¾ hingga 1,5 cangkir setiap harinya.

Anda dapat membaginya dalam 2 kali waktu makan. Yang perlu diperhatikan adalah, berikan makanan pada anjing Anda sesuai dengan ukuran tubuh, metabolisme serta aktivitasnya.

Harga Anjing Corgi

Harga anjing ini sebenarnya sangat beragam, tergantung dari kondisi, usia, dan jenisnya. Namun umumnya di pasaran membanderol harga anjing corgi seperti tabel berikut dibawah ini:

KondisiUsiaHarga
Corgi Jantan8 BulanRp5.500.000 – Rp7.000.000
Corgi JantanDewasaRp13.000.000 – Rp15.000.000
Corgi Betina8 BulanRp8.000.000 – Rp9.500.000
Corgi BetinaDewasaRp15.000.000 – Rp18.000.000

Nah, semoga informasi harga, jenis, ciri-ciri, sifat, dan cara merawat anjing Corgi diatas bisa bermanfaat untuk Anda. Pastikan Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik jika ingin memelihara jenis anjing yang satu ini.

Tinggalkan komentar