Cara Mengobati Flu Kucing

Beranda » Kucing » Cara Mengobati Flu Kucing

Ketika kucing peliharaan terkena sakit flu, kamu tidak perlu panik dalam perawatannya. Pasalnya, cara untuk mengobati kucing flu cukup mudah dan bisa dilakukan secara alami.

Hewan peliharaan yang cukup banyak disukai oleh manusia ialah kucing, karena tingkahnya yang menggemaskan. Namun, saat sedang sakit seperti flu tubuh kucing menjadi lemas dan tidak aktif.

Sebagai pemilik, kamu harus mengetahui cara mengobati flu kucing yang bisa dilakukan sendiri. Adanya infeksi pada saluran yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur membuat kucing mengalami flu.

Untuk mengurangi penyebab flu kucing perhatikan kebersihan tubuh kucing, makanan serta tempat istirahatnya. Langkah langkah ini bisa mengurangi risiko kucing mengalami berbagai penyakit.

Jika kucing sudah terlanjur sakit maka lakukanlah pengobatan yang tepat agar gejalanya bisa berkurang. Berikut ini ialah cara mengobati kucing yang menderita flu dan bisa dilakukan di rumah.

Namun sebelum itu, pastikan juga apakah kucing kamu terkena flu sesuai dengan ciri-cirinya. Selain itu, ada baiknya untuk mengetahui apa penyebab kucing terserang flu agar kamu bisa membantu menghindarinya.

Ciri Ciri Kucing Flu

Ciri Ciri Kucing Flu

Sebagai pemilik kucing, ada baiknya untuk mengetahui ciri-ciri kucing terkena flu sehingga anda kamu bisa memastikannya. Berikut dibawah ini diantaranya:

  • Berkurangnya nafsu makan kucing.
  • Mata kucing berwarna merah.
  • Mata kucing mengeluarkan air.
  • Kucing sering bersin dan batuk.
  • Mengeluarkan ingus dari hidung.
  • Badan lemas dan sering tidur.
  • Tubuh kucing panas.

Umumnya, gejala flu seperti yang telah disebutkan di atas akan mulai terlihat dalam waktu 1 minggu. Namun, setelah berjalan di minggu ke 2 hingga ke 3 kucing akan mulai kembali membaik sampai sembuh.

Penyebab Kucing Flu

Penyebab Kucing Flu

Sebagian besar pemilik kucing merasa penasaran, kenapa kucing bisa terkena flu? Dan apa penyebabnya? Jawabannya cukup bervariasi, karena ada beberapa penyebab yang menjadikan kucing terkena sakit flu.

1. Virus

Serangan dari virus adalah penyebab paling umum kucing terkena flu. Ada 2 jenis virus yang dapat membuat kucing terkena sakit flu, yaitu virus calicivirus (FCV) dan virus herpes (feline herpesvirus).

Hal ini juga telah didukung dari hasil riset International Cat Association yang menjelaskan bahwa 80% kucing flu disebabkan oleh kedua virus yang disebutkan di atas.

Kucing yang sakit flu disebabkan oleh virus dapat menular ke kucing lain dengan mudah. Virus akan menyebar melalui kotoran, air liur, makanan, minuman, bersin, hingga tempat kotoran dan kandang.

Jadi, jika kucing kamu terkena flu yang disebabkan oleh virus, sangat disarankan untuk segera membawa kucing tersebut ke dokter hewan atau khusus kucing.

2. Bakteri

Bordetella Bronchiseptica dan Chlamydophila Felis adalah nama dari 2 jenis bakteri yang dapat menyerang daya tahan tubuh kucing sehingga membuatnya sakit flu.

Meskipun namanya cukup sulit diucapkan, namun dua jenis bakteri tersebut bisa mengakibatkan kucing terkena flu berat. Selain itu, bakteri ini juga dapat menyerang ke anjing.

3. Daya Tahan Tubuh Kucing Menurun

Penyebab terakhir penyebab kucing sakit flu adalah karena daya tahan tubuh mereka sedang turun. Karena ketika daya tahan tubuh kucing menurun, virus dan bakteri menyerangnya dengan sangat mudah.

Dan penyakit yang paling umum menyerang ketika daya tahan tubuh kucing menurun yaitu sakit flu. Jadi, pastikan agar tetap merawat kucing dengan baik agar tetap terjaga kesehatannya.

Cara Mengobati Kucing Flu

Cara Mengobati Kucing Flu

Untuk membantu proses penyembuhan kucing dari flu, ada beberapa tips dan cara mengobati kucing secara alami sehingga dapat diterapkan sendiri di rumah. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Bersihkan Mata, Hidung dan Mulut

bersihkan mata kucing

Saat flu, bagian tubuh kucing seperti hidung, mata dan mulut akan dipenuhi dengan kotoran. Kamu harus memperhatikan kebersihan kucing ini ketika kucing sedang flu dan berlendir.

Frekuensi kucing mengeluarkan kotoran dari bagian tubuh tersebut akan lebih sering karena mereka mengalami peradangan. Secara penampilan pun, kucing akan terlihat lebih kotor daripada biasanya.

Bersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan kain yang lembut dan tidak menyiksa kucing. Jika kotoran tersebut dibiarkan terlalu lama maka kucing akan merasa menjadi tidak nyaman.

Berikan Madu

madu murni

Bagi kucing yang mengalami flu berikan madu alami yang memiliki banyak khasiat. Tidak hanya berguna untuk kesehatan dan kecantikan manusia, namun madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati flu kucing agar cepat sembuh.

Pilihlah madu alami yang mengandung banyak nutrisi sehingga ampuh membuat kucing kembali sehat. Berikanlah secara rutin 3 kali sehari hingga kucing dapat kembali lebih sehat dan berhenti bersin bersin.

Kamu bisa langsung memberikan madu ke kucing dengan menggunakan bantuan pipet langsung ke mulutnya. Atau bisa juga dicampurkan ke dalam air minum kucing secukupnya sehingga madu bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh kucing.

Jangan Dimandikan

jangan mandikan kucing

Cara mengobati flu pada kucing secara alami ialah dengan menjaga suhu tubuh kucing agar tidak terlalu dingin. Sama seperti manusia yang sedang mengalami flu, gejala akan semakin parah jika kondisi tubuh dingin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar flu pada kucing bisa hilang dengan segera ialah dengan tidak memandikannya. Jika tubuh kucing terkena air dingin, maka flu bisa semakin parah dan kucing terus akan merasa lemas.

Namun bukan berarti Kamu tidak membersihkan kucing sehingga kucing kotor dan membuat mereka tidak nyaman. Bersihkan bagian tubuh kucing secara keseluruhan dengan menggunakan handuk hangat yang lembut setidaknya 1 minggu sekali.

Menjemur Kucing

Menjemur Kucing

Sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, kucing pun juga bisa merasakan manfaat sinar matahari ini. Terlebih bagi kucing yang sedang mengalami flu sehingga badannya menjadi lemas.

Jemur kucing pada pagi hari secara rutin untuk membantu kucing sembuh dari flu yang diderita. Berjemur juga bisa membuat bakteri penyebab flu pada kucing mati sehingga flu bisa sembuh.

Tidak perlu lama lama, Kamu bisa menjemur kucing selama 15 menit dalam sehari. Waktu yang paling tepat untuk menjemur kucing ialah pada pukul 7 hingga 9 pagi.

Hindari Obat Flu untuk Manusia

mengobati kucing flu

Memang ada beberapa obat obatan yang dikonsumsi manusia dan bisa dikonsumsi pula oleh kucing. Namun, ada baiknya jika Kamu tidak memberi obat flu manusia kepada kucing yang sedang mengalami flu dan bersin bersin.

Hal ini dikarenakan kandungan dosis pada manusia lebih tinggi dan tidak cocok jika dikonsumsi kucing. Kandungan yang ada pada obat flu biasa juga tidak efektif untuk menyembuhkan flu yang diderita kucing.

Oleh karena itu, Kamu perlu mengetahui obat flu yang cocok dikonsumsi oleh kucing dan efektif untuk menyembuhkannya. Cari obat obatan yang cocok di pet shop terpercaya dan jika perlu konsultasikan ke dokter hewan.

Berikan Air Minum yang Cukup

kucing minum air

Biasanya saat sedang sakit kucing juga semakin sulit untuk meminum air, hal ini akan memperlambat proses penyembuhan flu. Oleh karena itu Kamu harus memperhatikan asupan air sehingga tidak terjadi kucing pilek lama yang membuat mereka semakin lemas.

Jika memang kucing sangat sulit untuk mengkonsumsi air langsung, maka Kamu bisa mengatasinya dengan mencampurkan air ke makanan. Hal ini dilakukan untuk membuat kucing tetap terhidrasi dengan baik.

Selain memperhatikan frekuensi minum si kucing agar tetap rutin, perhatikan pula air minum yang diberikan. Kualitas air haruslah bersih dan segar. karena jika air kotor maka akan mengandung bakteri dan menyebabkan penyakit lain.

Memberikan Nutrisi yang Cukup

berikan kucing makanan

Sama seperti manusia, saat sedang sakit kebanyakan kucing akan kehilangan nafsu makan sehingga sulit mendapatkan asupan. Hal ini jika dibiarkan terlalu lama akan berbahaya dan membuat kucing semakin sulit untuk sembuh.

Sebagai pemilik, pastikan Kamu memberikan nutrisi yang cukup agar tubuh bisa kembali sehat. Berikan makanan kesukaan mereka dan pastikan bahwa makanan yang diberikan memiliki nutrisi yang cukup.

Saat sedang sakit, berikanlah makanan kucing yang banyak mengandung vitamin B. Terdapat banyak makanan olahan untuk kucing yang memiliki kandungan vitamin B dan mudah ditemukan di petshop.

Berikan Air Gula Merah

Air Gula Merah

Salah satu ramuan yang bisa diberikan kepada kucing yang sedang lemas karena mengalami flu ialah air gula merah. Ramuan ini bisa dijadikan alternatif jika kucing tidak memiliki nafsu makan sama sekali.

Campurkan air dan gula merah kemudian rebus hingga mendidih dan tunggu hingga dingin. Berikan air gula merah ini kepada kucing sehingga mereka tetap mendapatkan nutrisi dan badan tetap dalam kondisi sehat.

Agar proses penyembuhan flu bisa berjalan dengan cepat maka berikan air gula ini setiap 2 jam sekali. Gunakan pipet untuk mempermudah Kamu memasukkan air ini ke dalam mulut kucing.

Berikan Antibiotik

berikan antibiotik kucing

Bagi para pecinta kucing pasti sudah memahami bahwa kucing juga membutuhkan nutrisi dan vitamin yang cukup. Saat mengalami flu, Kamu bisa memberikan antibiotik untuk kucing yang akan meningkatkan imunitas kucing.

Flu biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang saat imun lemah, flu ini bisa sembuh jika imunitas kuat. Dengan rutin mengkonsumsi antibiotik, maka kekebalan tubuh kucing akan meningkat dan virus bisa mati.

Beri Waktu Istirahat yang Cukup

Kucing Beristirahat

Untuk sementara waktu berikan kucing istirahat yang cukup dan ajak mereka untuk bermain terlebih dahulu. Dengan beristirahat yang cukup, maka kucing bisa lebih cepat sembuh dan dapat aktif kembali.

Saat sedang sakit, kucing biasanya akan lebih sensitif dengan tempat tidur mereka. Perhatikan kebersihan tempat tidur jangan sampai tempat tidur kotor dan mengandung bakteri yang dapat mengundang penyakit baru.

Itulah berbagai informasi penting mengenai cara mengobati flu kucing yang harus diketahui para pemilik kucing. Dengan melakukan berbagai langkah tersebut, perlahan lahan kucing akan sembuh dari flu yang sangat mengganggu mereka.

Tinggalkan komentar