Kucing Birman

Beranda » Kucing » Kucing Birman

Ada banyak jenis kucing yang bisa Anda pilih jika menginginkan hewan peliharaan yang lucu, salah satunya ialah kucing birman. Kucing ini sangat cantik sehingga tidak heran bila banyak orang yang langsung jatuh cinta setelah melihatnya.

Kucing ini sendiri adalah salah satu jenis kucing alami dari Prancis dan sebenarnya juga mempunyai kesan yang ‘keramat’. Pasalnya, si Birman ini amat dekat dengan legenda yang berkembang di masyarakat.

Penasaran dengan legenda yang dimaksud tersebut? Berikut ulasannya sekaligus dengan sejarah, ciri-ciri, karakteristik serta cara merawatnya.

Sejarah Kucing Birman

Sejarah

Pada tahun 1919 yang lalu, terdapat dua orang yang berkebangsaan Perancis. Masing-masing orang tersebut bernama Gordon Russel dan Auguste Pavie, di mana mereka datang ke kuil untuk membantu di sana.

Atas bantuan mereka, seorang pendeta bernama Vanderbils berkebangsaan Amerika memberi mereka sepasang kucing dari ras Birman. Ternyata, salah seekor kucing tersebut adalah kucing betina dan dalam kondisi mengandung.

Beberapa lama setelahnya, si kucing betina ini kemudian melahirkan seekor anak kucing. Anak kucing tersebut lalu dinamakan dengan Poupee de Madalpour. Sementara si kucing jantan, sayang sekali dia mati saat masih dalam perjalanan.

Anakan Birman ini kemudian terus dikembangkan, namun sayangnya mereka mengalami masa-masa sulit saat terjadi Perang Dunia II. Pada masa itu diketahui bahwa hanya ada sepasang kucing yang berhasil selamat.

Pada tahun 1925, ras kucing ini mendapatkan pengakuan di negara Perancis oleh Federation Feline Fransais. Adapun Federation Feline Fransais ini merupakan organisasi pendaftaran kucing.

Pengakuan ini ditandai oleh disematkannya nama baru, yakni Sacre de Birmanie. Namun pengakuan ini mendapakan masalah serta ada keraguan di dalamnya tanpa ada informasi yang pasti.

Tahun 1966 kemudian, ras Birman kembali memperoleh pengakuan dari salah satu organisasi pecinta kucing hias yang ada di Inggris.

Sementara itu, pengakuan terakhir yang terjadi sekitar tahun 1967 dan dilakukan oleh CFA atau Cat Fanciers Association di Amerika.

Selain sejarah tersebut, seperti yang disebutkan sebelumnya, ras Birman sebenarnya dekat dengan legenda yang berkembang di masyarakat.

Menurut cerita, berada-abad yang lalu terdapat kuil yang dibangun oleh orang-orang Khmer di Birma dan dinamakan dengan Lao-Tsun.

Kuil ini dibangun untuk memuja dewi Tsun-Kyan-Se yang konon mempunyai mata biru safir. Kuil tersebut juga sering dikunjungi oleh pendeta bernama Mun-Ha yang bersahabat dengan seekor kucing putih bernama Sinh.

Suatu ketika, terdapat sekumpulan perampok yang beraksi dengan menyerang kuil tersebut dan membuat Mun-Ha terbunuh. Setelah pendeta tersebut tiada, Sinh si kucing meletakkan kakinya di atas tubuh tuannya.

Dia melakukannya sambil menghadap ke arah patung dewi Tsun-Kyan-Se. Anehnya, bulunya yang semula berwarna putih berubah menjadi keemasan.

Sementara matanya yang tadinya kuning malah berwarna biru layaknya mata sang Dewi. Kakinya juga ikut berubah warna menjadi seperti coklat tanah.

Namun cakarnya yang ada di atas tubuh Mun-Ha masih berwarna putih. Esoknya, kucing-kucing yang terdapat di kuil Lao-Tsun turut mengalami hal yang sama, yakni berubah warna seperti kucing Sinh.

Adapun kucing Sinh ini sendiri tidak meninggalkan altar pemujaan sama sekali dan 7 hari setelahnya kucing Sinh meninggal.

Dipercayai bahwa arwah kucing Sinh telah membawa arwah tuannya pergi untuk menuju ke surga. Sejak saat itu pula, bila terdapat kucing kuil yang mati, dipercayai bahwa akan ada arwah pendeta yang menemani arwah kucing tersebut. 

Ciri-Ciri Kucing Birman

Ciri Ciri Kucing Birman

Jika Anda berminat untuk beli kucing Birman, maka sebaiknya Anda kenali ciri-cirinya terlebih dahulu. Pemahaman ini akan mempermudah Anda untuk membedakan Birman dengan kucing yang mempunyai tampilan serupa.

Adapun ciri-ciri kucing ras Birman ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Mempunyai tubuh berukuran sedang dengan bobot yang berkisar antara 4 kg hingga 6 kg.
  2. Matanya berukuran agak besar dan bentuknya oval hampir bulat.
  3. Memiliki satu warna mata yaitu biru.
  4. Mempunyai pola warna yang colorpoint, yakni gelap pada bagian wajah, telinga, ekor serta kaki.
  5. Bagian kepala, perut, dada, punggung serta leher berwarna putih keabu-abuan.
  6. Bagian cakar dan jari kakinya tetap berwarna putih. Warna putih tersebut juga simetris dan tidak melebihi pergelangan kaki sehingga tampak Birman selalu mengenakan sarung tangan putih.
  7. Panjang badannya sedang namun berotot dan kakinya kuat
  8. Kepalanya bulat dan lebar, sedangkan pada bagian hidungnya terdapat sedikit lekukan
  9. Ukuran telinganya sedang dengan bagian ujung yang melengkung
  10. Bulu-bulu yang terdapat pada leher serta ekor sangatlah halus dan juga tebal. Sementara panjang bulu ini berada pada rentang sedang hingga panjang
  11. Pada bagian tubuh, warna bulunya lebih pucat

Itulah ciri-ciri penting yang perlu diketahui sebelum Anda menghubungi pihak yang jual kucing Birman. Untuk selanjutnya, mari kenali kucing ini dari segi karakteristiknya.

Baca juga: Kucing Himalaya

Sifat Kucing Birman

Sifat Kucing Birman

Jenis kucing Birman adalah salah satu kucing yang jinak dan juga tenang. Walaupun demikian, kucing ini tidaklah bodoh.

Justru sebaliknya, Birman adalah kucing yang pintar dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Dia juga termasuk jenis yang suka menjelajah lingkungannya sehingga jangan heran bila dia cenderung ada di mana-mana.

Namun, Birman juga termasuk kucing yang setia terhadap pemiliknya dan sebenarnya dia mudah untuk dilatih terhadap hal-hal baru di sekitarnya. Karena kesetiaannya itu pula, Birman pun merasa tidak segan untuk menunggu tuannya saat tuannya tersebut pergi keluar rumah.

Mengingat kelakuannya tersebut, bisa dikatakan pula bahwa Birman ini mempunyai keterkaitan yang sangat erat dengan pemiliknya. Bahkan dia juga suka berada di sekitar manusia sehingga jangan heran bila Birman kemudian tampak menyesuaikan jadwalnya sendiri dengan jadwal pemiliknya.

Suaranya begitu lembut, dia juga suka dipeluk dan umumnya akan merasa rileks saat diperlakukan demikian. Dengan berbagai karakteristik tersebut, tidak salah jika Anda menjatuhkan pilihan padanya.

Harga kucing Birman juga tidak terlalu mahal karena setara dengan kucing lainnya, mungkin hanya sekitar Rp 1 juta hingga Rp 4 juta. Walaupun demikian, masalah harga ini bervariasi ya tergantung pada tempat dimana Anda membelinya.

Birman juga merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang memerlukan teman jalan-jalan di luar rumah. Pasalnya, Birman sangat suka bermain di luar serta mampu berbaur dengan baik dengan kucing yang lainnya.

Cara Merawat Kucing Birman

Cara Merawat Kucing Birman

Seperti yang sudah disampaikan, harga kucing Birman di Indonesia sangat terjangkau. Jika Anda memang tertarik untuk memilikinya, maka Anda juga harus tahu cara merawatnya dengan benar.

Kucing satu ini tidak bisa dirawat secara asal-asalan, karena perawatan yang benar akan membantu menjaganya tetap sehat dan juga bugar. Adapun cara merawat si manis satu ini kurang lebih sebagai berikut:

Mandikan Kucing

Untuk menjaga kebersihan tubuhnya, setiap pemilik hendaknya memandikan kucingnya secara rutin. Anda perlu melakukan aktifitas memandikan kucing ini setidaknya sekali dalam seminggu.

Atau bisa juga dilakukan saat tubuh si kucing tampak kotor. Namun hindari memandikan kucing terlalu sering karena ini akan membuatnya terkena flu dan mendapatkan ancaman kesehatan lainnya.

Saat memandikannya, pastikan Anda menggunakan shampo atau sabun yang khusus untuk kucing ya. Sebaiknya juga Anda memandikannya di tempat yang khusus agar tidak membasahi area lainnya.

Sesekali Anda memandikannya dengan air hangat juga bagus untuk membantu melonggarkan bahkan melepaskan bulu-bulu yang sudah mati. Selain itu, air hangat juga membantu menghilangkan kotoran dengan lebih mudah sehingga kucing pun bisa lebih bersih.

Mengenai cara memandikannya juga lebih disarankan untuk menggunakan pancuran dibandingkan dengan membenamkannya di bak air. Atau jika tidak ada pancuran, menggunakan gayung juga bisa.

Saat memandikan ini pula, pastikan untuk tidak menggosok kucing dengan cara yang kasar. Gosok saja perlahan sambil menikmati quality time bersama si manis satu ini.

Perawatan Bulu dan Kuku

Karena termasuk jenis kucing longhair, Anda disarankan untuk menyisir bulu kucing ini secara rutin. Selain membantu meminimalisir agar bulu mata yang rontok tidak terbang kemana-mana, aksi ini juga membuat pengaplikasian shampo jadi lebih mudah.

Oleh sebab itu, bagus pula bila Anda menyisir bulu si manis sebelum memandikannya. Perlu diketahui pula bahwa aktivitas menyisir bulu kucing ini bisa membuatnya terhindar dari kata kusut dan gimbal.

Selain itu, pastikan Anda juga memotong kukunya ya. Rapikan kuku tersebut setiap beberapa minggu sekali. Tujuannya adalah agar Anda bisa terhindar dari potensi tercakar bila kucing banyak bergerak kala dimandikan.

Bersihkan Bagian Muka

Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, muka Birman juga perlu dibersihkan saat mandi. Namun ini juga perlu diperhatikan supaya kucing tidak malah terluka.

Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan bantuan kain yang bertekstur halus. Basahi kain tersebut lalu usapkan pada mukanya.

Hindari menyiramnya sekaligus ya, dan jangan lupa perhatikan setiap sudut matanya. Pastikan Anda membersihkan kotoran yang ada di area mata ini dengan hati-hati.

Ada bagusnya juga jika Anda menggunakan kain yang berbeda saat membersihkan kedua mata si kucing. Atau Anda bisa menggunakan satu kain yang cukup lebar.

Dimana salah satu sisinya khusus untuk mata kanan dan sisi yang lain untuk mata kiri. Saran ini diberikan agar Anda tidak berisiko menyebarkan kotoran yang ada pada salah satu mata ke mata yang lainnya.

Bersihkan Telinga

Selain mata, telinga kucing juga perlu dibersihkan secara rutin. Bahkan disarankan untuk Anda melakukan pembersihan telinga ini setiap minggu.

Bila memang tampak kotor, segera bersihkan. Anda bisa menggunakan kain yang lembut untuk melakukan hal ini.

Basahi kain lembut tersebut dengan campuran air hangat dan sari cuka lalu gunakan untuk membersihkan bagian dalam telinga.

Ajak Bermain dan Berolahraga

Anda harus tahu bahwa Birman adalah jenis kucing yang rentan mengalami penambahan berat badan ekstra. Jika tidak diperhatikan dengan betul, bisa-bisa Birman kesayangan Anda akan mengalami obesitas.

Jika sudah demikian, maka tidak menutup kemungkinan kucing mengalami gangguan kesehatan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mengajak kucing bermain dan berolahraga bersama.

Tidak perlu jauh-jauh dari rumah, di dekat rumah sambil melakukan permainan harian juga bisa. Atau jika mau, bisa juga dengan mengajaknya jalan-jalan ke taman atau tempat-tempat menyenangkan lainnya.

Perawatan Gigi

Selanjutnya, Anda juga perlu memberikan perawatan gigi secara teratur. Sebenarnya untuk ras Birman sendiri tidak mempunyai masalah kesehatan yang berkaitan dengan ras kucing utama.

Hanya saja sama seperti hewan peliharaan yang lainnya, sebaiknya Birman pun mendapatkan pemeriksaan fisik yang rutin dari dokter hewan.

Adapun pemeriksaan gigi secara teratur yang telah disebutkan sebelumnya, ini bertujuan untuk menghindarkan kucing dari penyakit mulut. Contohnya seperti penyakit gigi dan radang gusi.

Makanan Kucing Birman

Untuk hidup, Birman juga memerlukan makanan. Oleh sebab itu, Anda juga harus memberinya pakan sesuai jadwal.

Mengenai makanan, sebenarnya Birman cenderung fleksibel karena dia mampu memakan apapun layaknya kucing lainnya. Begitu pun dengan minumannya.

Terkait dengan hal ini, kembali ditekankan agar Anda memperhatikan kesehatan gigi si kucing. Selain itu, harus dipahami pula bahwa pola makan dapat mempengaruhi saluran kencing si manis.

Makanya, tidak ada salahnya juga jika Anda berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai makanan ini karena masing-masing kucing itu berbeda.

Kebersihan Kandang

Perlu Anda tahu bahwa kucing juga memerlukan ruang untuk privasi mereka. Oleh sebab itu, Anda perlu menyediakan kandang maupun ruangan yang khusus untuk mereka istirahat, bermain ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Namun jangan hanya menyediakannya saja ya. Anda juga perlu menjaga kebersihan kandangnya agar kesehatan dan kebersihan bulunya tetap terjaga.

Selain itu, Anda pun disarankan untuk menempatkan kotak pasir atau tempat buang air kucing di area yang bersih.

Jika Anda tertarik untuk memelihara kucing ini di rumah, maka segera siapkan tempat dan mainan sederhana untuknya. Jangan lupa nanti kucingnya selalu dipantau ya, pasalnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kucing ini suka menjelajah tanpa permisi.

Bila kemudian dia keluar rumah tanpa sepengetahuan Anda, bisa-bisa ada orang lain yang mencurinya karena tertarik dengan pesonanya.

Namun tentu Anda tidak akan menyesal telah memilih kucing Birman untuk dipelihara karena kucing ini mempunyai beberapa kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya.

Harga Kucing Birman

Harga Kucing Birman

Dari segi harga, ras kucing ini terbilang cukup mahal. Pasalnya, untuk satu ekor yang dewasanya saja bisa mencapai 6 juta hingga 12 juta rupiah.

Namun kucing birman di indonesia dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Anda bisa menemukan kucing yang sudah dewasa pada harga 1,5 juta hingga 4 juta rupiah.

Berikut daftar kisaran harga kucing birman di pasaran:

JenisUmurHarga
Kucing Birman Jantan Dewasa1 TahunRp11.900.000
Kucing Birman Betina Anakan5 BulanRp6.700.000
Kucing Birman Seal Point8 BulanRp8.000.000
Kucing Birman Kitten Asli2,5 BulanRp5.400.000 – Rp8.000.000
Kucing Birman di Indonesia3 BulanRp5.500.000 – Rp8.000.000
Kucing Birman Blue Point1 TahunRp12.000.000
Kucing Birman di Malaysia6 BulanRp6.000.000 – Rp8.500.000
Kucing Birman mix Himalaya4 BulanRp3.800.000

Meskipun cukup mahal, namun kucing ini tergolong kucing yang setia kepada pemiliknya sehingga akan lebih mudah dalam perawatannya.

Tinggalkan komentar