Anjing Mini Pom

Beranda » Anjing » Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom atau anjing Pomeranian masuk ke dalam kategori ras anjing spitz yang memiliki bulu tebal dan panjang. Umumnya mereka memiliki bentuk daun telinga yang sedikit kecil dan tegak.

Nama Pomeranian sendiri berasal dari salah satu nama provinsi yang berada di Jerman. Dan di tempat itulah anjing ini sangat populer.

Anjing pomeranian sangat populer dijadikan peliharaan. Ketika ia membuka mulutnya, anjing mini pom ini seperti tengan tersenyum menyeringai.

Sekilas ekspresi anjing pomeranian ini mirip dengan rubah. Penampilannya mungil, lucu, dan suka menggoyangkan ekor.

Buat kamu yang suka dengan anjing mini ini, lebih baik ketahui dulu beberapa hal tentangnya, seperti ciri-ciri, makanan, harga serta cara merawatnya.

Ciri-Ciri Anjing Mini Pom

Ciri-Ciri Anjing Mini Pom

Jika anjing ini disandingkan dengan anjing lainnya, kamu bisa melihat beberapa karakteristik anjing mini pom sebagai berikut:

Ukuran

Idealnya anjing yang sering disebut dengan anjing pom-pom ini memiliki berat badan antara 1,2 hingga 3,2 kilogram atau tiga hingga tujuh pon. Berbeda dengan anjing khusus untuk kompetisi atau pertunjukan, beratnya sekitar 2,7 kilogram.

Meskipun bentuknya mungil, tetapi badannya tergolong proporsional.

Kepala

Ukuran kepalanya proporsional dengan badan dan tampak seperti rubah. Moncongnya pendek dengan bibir yang tidak terlalu tebal dan lurus.

Ekspresinya mirip serigala yang selalu awas. Ini juga ditunjukkan pada saat ia tersenyum, menyeringai.

Bagian atasnya menyerupai kubah atau lebih bulat untuk menutupi tengkorak. Telinganya kecil tetapi tegak.

Mata

Matanya berwarna hitam dan ukurannya sedang dan seperti kacang almond. Letaknya sedikit ke dalam tengkorak.

Leher

Lehernya pendek dan letaknya di bahu. Tulang belakangnya lurus dengan bagian belakangnya yang pendek.

Tulang iga bisa menyentuh siku dan letaknya berada di brisket. Ekornya tegak lurus sesuai dengan badan mungilnya.

Gigi

Giginya tajam dan menyerupai dengan gigi gunting. Namun, sebagian ada yang keluar.

Gigi yang keluar ini masih bisa diatasi dengan rutin konsultasi ke dokter hewan.

Hindquarters

Dari bahu sampai kaki seimbang forequarters. Pantatnya tersembunyi dari ekor.

Otot pahanya lengkap dengan lutut yang fleksibel. Pergelangan kakinya lurus dengan tanah dan antara kakinya paralel.

Keseluruhan kakinya kecil, padat, dan lurus alias tidak bengkok.

Forequarters

Bagian depan memiliki bahu layback yang kuat untuk melontarkan badan. Bahu dan kakinya berotot dengan panjang tulang bahu dan lengan atasnya sama.

Untuk kaki depannya paralel dan lurus. Ukuran tinggi tanah ke witches dan tinggi siku ke witches sama, meski berukuran kecil, kakinya sangat kuat dan lurus.

Bulu

Anjing mini pom ini memiliki bulu dengan warna yang beragam, di antaranya; putih, cokelat, krem, emas, merah, dan kombinasi.

Bulu bagian dalam halus, tebal, lembut, lurus, dan panjang. Sedangkan bagian luar teksturnya sedikit kasar.

Bulu bagian dalam memiliki fungsi untuk menjaga  bulu bagian luar agar bisa berdiri tegak. Karakteristik bulu di bagian leher lebat sedangkan bahu dan dada mirip jenggot yang menjumbai.

Bulu bagian kepala dan kaki lebih pendek dan terlihat ketat. Untuk bagian ekor bulunya panjang dengan tekstur kasar dan menyebar rata.

Gerakan

Anjing pom-pom memiliki gerak yang semangat, lincah, dan seimbang. Jangkauannya pun sangat bagus dari sisi depan.

Untuk pergerakan belakang tak kalah kuat dengan aksi segaris dengan kaki bagian depan. Saat bergerak, tulangnya seimbang dengan kaki.

Usia

Meski ukuran tubuhnya yang kecil, tidak menggambarkan usia hidupnya. Pasalnya, anjing ini mampu hidup pada kisaran 12 hingga 16 tahun.

Sifat Anjing Mini Pom

Sifat Pomeranian

Secara garis besar, anjing pomeranian merupakan anjing yang pintar. Ia punya semangat belajar tinggi, aktif, setia pada majikan, dan menggemaskan.

Anjing pom juga mudah berteman dengan jenis anjing lain. Kamu bisa mengajarkannya untuk menggonggong kala ada tamu atau orang asing.

Selebihnya di situasi lain, ajarkan untuk tenang. Anjing mungil ini akan mengerti jika dilakukan secara konsisten karena anjing ini sangat mudah diajari.

Yang paling menarik dari anjing ini adalah sifatnya yang pemberani. Ia tidak takut dengan anjing yang memiliki ukuran tubuh lebih besar.

Makanan Anjing Mini Pom

Makanan Anjing Mini Pom

Makanan untuk anak anjing, dewasa, dan tengah hamil berbeda. Asupan nutrisi untuk anjing yang mengandung di atas 50 hari harus dikurangi.

Maksud dari pengurangan asupan vitamin tersebut untuk memudahkan proses persalinan. Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung pewarna karena bisa mengganggu pertumbuhannya.

Untuk kamu yang ingin mencari makanan anjing yang cocok dengan pomeranian, terapkan tips ini.

Biotin, Omega 3, dan Omega 6

Makanan yang mengandung Biotin, Omega 3 dan 6 sangat cocok untuk anjing pomeranian dengan bulu berwarna putih. Kandungannya bisa membantu bulu tetap bersih, lembut, dan lebih berkilau.

Ketiga kandungan ini juga bisa mengurangi jumlah kotoran dan baunya.

Borage Oil

Nutrisi ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga keindahan bulunya.

Sodium Polyphosphate

Nutrisi ini akan memberikan rangsangan lebih untuk kekuatan gigi pada saat mengunyah makanan sehingga makanan  bisa dicerna dengan baik. Manfaat lain zat ini untuk menghambat tumbuhnya karang gigi.

Bisa dibilang, zat ini sangat baik untuk gigi anjingmu.

Cara Merawat Anjing Mini Pom

Cara Merawat Anjing Mini Pom

Bukan hanya makanannya yang dibedakan sesuai usia atau kondisi. Nyatanya, cara merawat antara anak anjing dan anjing dewasa pun berbeda.

Anak Anjing Mini Pom

Dalam merawat anak anjing mini pom, ada delapan hal yang harus diperhatikan. Berikut ini perawatannya lengkap.

  • Untuk makanan, usahakan untuk memberikan nutrisi yang baik pada anak anjing untuk pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Bulu pada anak anjing masih pendek dan masih dalam tahap pertumbuhan. Untuk itu, bulunya harus dibersihkan setiap hari dengan shampo khusus. Bisa juga menggunakan dry sampo.
  • Saat memandikannya, usahakan untuk menggunakan air hangat layaknya memandikan bayi. Rendam tubuh anjing hingga tertutup air, sebaiknya gunakan bak untuk memandikannya.
  • Setelah masuk ke air, usapkan sampo atau sabun mandi khusus anjing secara merata. Jangan sampai terkena mata atau telinganya kemasukan air.
  • Telinganya pun tak luput dari perawatan. Celupkan cotton swab ke dalam cairan pembersih, gunakan yang non-alkohol.
  • Kemudian masukkan ke lubang telinganya dan usap merata untuk membersihkannya. Jangan terlalu dalam saat memasukkannya karena bisa merusak gendang telinganya.
  • Bagian mata selalu keringkan setelah mandi. Ini untuk kesehatan matanya.
  • Giginya memang belum tumbuh sebanyak gigi anjing dewasa, tetapi tetap bersihkan dengan sikat gigi khusus anjing.
  • Jangan lupa untuk menggunting kukunya dan sisakan 5 mm untuk melindungi kuku bagian dalam. Gunakan gunting kuku khusus atau yang biasa digunakan manusia juga bisa.

Selain fokus merawat tubuh anjing, kamu juga bisa memberikan pelatihan khusus untuknya. Seperti latihan menggonggong jika ada orang asing atau latihan lainnya.

Anjing Mini Pom Dewasa

Anjing pomeranian dewasa perawatannya tak jauh berbeda. Hal ini tentunya tindakan lanjutan dari perawatan anak anjing.

  • Bersihkan bulunya minimal sekali sehari dan maksimal dua kali.
  • Perawatan bulu sederhana bisa dengan menyisir bulunya menggunakan sisir khusus anjing. Sisirlah dari depan.
  • Perawatan mandinya tak ada bedanya dengan anak anjing, tapi gunakan dry shampo untuk memandikannya.
  • Perawatan matanya tak jauh beda, yaitu bersihkan area mata dari air atau kotoran untuk menjaga kesehatannya.
  • Karena bulu di bagian telinga sudah tebal dan bahkan hingga dua lapis, bersihkan dengan teliti menggunakan cotton swab dan cairan khusus non-alkohol.
  • Anjing dewasa cenderung menolak perawatan gigi, tetapi untuk menjaga kesehatan giginya tetap lakukan perawatan ini dengan lebih lembut karena gusinya cukup sensitif.
  • Kukunya pun masih harus diperhatikan dan dipotong rutin.
  • Untuk makanan, nutrisinya tidak terlalu besar seperti saat anakan. Bisa diberikan sekali sampai tiga kali.

Merawat anjing dewasa lebih mudah dibanding anakan anjing karena anjing dewasa sudah lebih mengerti perawatannya. Namun tetap, kamu harus paham dulu hal-hal di atas untuk bisa memeliharanya dengan baik.

Untuk kamu yang ingin mencoba merawat anjing mini pom bisa membelinya dengan kisaran harga Rp2.500.000 hingga Rp6.500.000 tergantung dari kondisi dan usianya. Ingat, memelihara hewan tak ubahnya merawat diri sendiri, untuk itu berhati-hati dan telitilah.

Tinggalkan komentar