Anjing Saint Bernard

Beranda » Anjing » Anjing Saint Bernard

Anjing Saint Bernard adalah salah satu anjing ras yang terkenal sebagai anjing penyelamat atau penjaga karena memiliki ukuran tubuh yang besar. Anjing ini memiliki kesetiaan pada majikannya dan ketajaman penciumannya terhadap hewan lain.

Mau tahu lebih banyak informasi mengenai Anjing ini? Ikuti ulasan lengkapnya dibawah ini.

Ciri-Ciri Anjing Saint Bernard

Ciri Ciri Anjing Saint Bernard

Ciri-ciri Anjing Saint Bernard dapat kamu lihat dari tubuhnya yang berukuran besar dan berotot hingga mencapai 76 cm untuk Anjing dewasa dengan berat tubuh 81 kg. Memiliki tulang tengkorak yang lebar dan agak melengkung.

Ciri-ciri fisik Anjing ini lainnya yaitu hidungnya yang lebar dan lurus dan memiliki lubang hidung yang terbuka dengan berwarna hitam.

Anjing ini memiliki bulu yang kasar dan halus, dengan bulu tebalnya yang berwarna putih dan kecoklatan, hitam, merah atau warna mahoni. Ukuran telinganya tidak terlalu besar dan memiliki hidung dan mata yang berwarna gelap.

Anjing ini dikenal memiliki intelegensi yang tinggi dengan penciuman yang tajam sehingga dapat dijadikan penjaga rumah.

Sifat Anjing Saint Bernard

Sifat Anjing Saint Bernard

Walaupun tubuhnya besar tapi Anjing jenis ini bukanlah tipe anjing yang galak dan agresif tapi justru memiliki sikap yang sabar, baik, kuat, ramah, lemah lembut, mudah bergaul, pandai dan dapat dipercaya, begitulah sifat Anjing Saint Bernard ini.

Anjing ini memiliki bulu yang panjang dan karena memiliki tubuh yang besar dan berotot itulah yang menjadikan anjing ini sering dilibatkan dalam pelacakan, draft test, menarik beban serta latihan ketaatan.

Makanan Anjing Saint Bernard

Makanan Anjing Saint Bernard

Makanan Anjing Saint Bernard harus mengandung protein dan karbohidrat seperti daging domba, gandum, dan kentang, tambahkan juga makanan yang mengandung mineral, vitamin, dan kalsium ke makanan hewan peliharaan kamu tersebut.

Seekor anak Anjing Saint Bernard membutuhkan vitamin A, E, D untuk pertumbuhannya. Anjing ini adalah anjing dengan ukuran besar sehingga tulang punggungnya membutuhkan banyak kalsium selama hidupnya.

Berikan juga makanan yang mengandung asam laktat harian, keju cottage, sayuran segar, telur rebus, ikan laut pada menu makanannya.

Cara Merawat Anjing Saint Bernard

Cara Merawat Anjing Saint Bernard

Merawat anjing ini harus dilakukan dengan teliti dan benar. Untuk lebih jelasnya ikuti panduan cara merawat Anjing Saint Bernard dibawah ini:

  1. Berikan vaksin secara rutin pada Anjing ini kamu untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuhnya dari berbagai penyakit. Berikan juga obat cacing setiap 3 bulan sekali.
  2. Berikan sebanyak 6 sampai 13 cup makanan setiap hari dengan waktu makan 2 sampai 3 kali sehari.
  3. Berikan makanan yang bergizi dan berkualitas, terutama kandungan protein harus diatas 30 persen, kandungan lemak 20 persen dan serat 4 persen.
  4. Periksakan dan konsultasikan pada dokter hewan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya Hip dysplasia atau pertumbuhan tidak normal pada tulang panggul.
  5. Berikan waktu untuk bersosialisasi dan bermain dengan manusia terutama anak – anak atau hewan peliharaan kamu lainnya.
  6. Ajaklah Anjing setiap hari berjalan – jalan sambil menggunakan tali penuntun.
  7. Jangan beri latihan yang berlebihan terhadap Anjing yang masih kecil terutama saat usianya masih 1 atau 2 tahun karena pada masa tersebut tulangnya masih dalam masa pertumbuhan sehingga belum cukup kuat,
  8. Sikatlah bulunya dengan sikat yang kuat dan mandikan seperlunya saja. Perlu kamu ingat semakin sering kamu menyisir bulunya dapat mengatasi kerontokan secara menyeluruh dan mencegah penggumpalan pada bulunya.
  9. Potong kuku setiap 2 minggu sekali
  10. Sesering mungkin bersihkan matanya dengan menggunakan kain katun yang halus dan bersih, dan gantilah kain katun yang baru pada mata yang lainnya.
  11. Mengetahui dan memahami kesehatan dan kondisi yang terjadi pada Anjing. Misalnya saat ia tengah gelisah, bila jantungnya bermasalah, masalah pada kulit, masalah pada lipatan mata atau masalah Hip Dysplasia.
  12. Nikmatilah kebersamaan hidup bersama Anjing 8 hingga 10 tahun, karena itulah perkiraan lama usianya.

Jenis Vaksin

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa anak Anjing jenis ini haruslah diberi vaksin secara rutin dan jenis vaksin yang diberikan pada Anjing Saint Bernard itu adalah:

  1. Saat usianya 6 – 8 minggu berikan vaksin Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parainfluenza, Hepatitis, virus Corona (DHLPPC) dan Parvo.
  2. Saat usianya 10 – 12 minggu berikan vaksin DHLPPC kedua.
  3. Saat usianya 14 – 16 minggu berikan vaksin rabies dan DHLPPC ketiga.
  4. Setiap tahun selanjutnya berikan vaksin rabies booster dan DHLPPC.

Gangguan Kesehatan

Seperti pada jenis anjing atau hewan lainnya Anjing ini juga kerap kali mengalami gangguan pada kesehatannya. Dan gangguan kesehatan yang biasa terjadi pada Anjing Saint Bernard yaitu gangguan lambung dan saluran pernafasan.

Anjing ini juga kemungkinan akan mengalami gangguan kesehatan secara genetika seperti entropion (gangguan masalah pada mata), epilepsi, gangguan pada jantung, elbow dysplasia (gangguan pada siku depan) dan hip dysplasia (gangguan pada persendian).

Karena itulah kamu harus rajin melakukan pemeriksaan agar mengetahui kemungkinan adanya penyakit atau kelainan yang dialami anjing tersebut.

Kebiasaan Buruk

Walaupun Anjing ini memiliki banyak kelebihan namun tetap saja ada sisi kekurangannya di balik kelebihannya itu. Dan kekurangan Anjing Saint Bernard yaitu karena ia suka ngiler dan ini juga jadi kebiasaan buruk bagi anjing ini.

Kebiasaan burukini biasanya muncul saat anjing ini tengah melamun atau membuka mulut. Hal ini tentu saja mengotori lantai rumah kamu.

Karena itu bila kamu pelihara Anjing ini harus rajin membersihkan dan mengelap iler yang jatuh ke lantai. Ada juga kebiasaan buruk lainnya ini yaitu salah satu sifatnya yang jorok, yang suka bermain di lumpur atau tanah dan meninggalkan jejak di lantai rumah sang pemilik.

Ditambah lagi bulunya yang rontok tersebar dimana -mana pada ruangan rumah, tapi untuk masalah kerontokan bulunya bisa diatasi dengan rajin menyisir bulunya itu.

Nah, itulah informasi lengkap seputar Anjing Saint Bernard si penjaga yang baik hati dan pandai. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu pecinta Anjing.

Tinggalkan komentar