Burung Serindit

Beranda » Burung » Burung Serindit

Burung serindit adalah salah satu dari sekian banyak burung kicau yang dijual dipasaran. Jenis burung ini merupakan burung kicau dengan harga yang terjangkau.

Melihat perkembangan dunia kicau Indonesia, serindit menjadi salah satu yang sedang naik daun. Banyak pecinta burung kicau mulai melirik burung ini untuk menjadi jagoan saat lomba.

Disamping harganya yang lumayan terjangkau, jenis burung ini lebih mudah untuk diajarkan cara berkicau yang baik. Bagi kamu yang tertarik berikut disajikan bagaimana ciri-ciri dari burung serindit yang dijual di pasaran.

Ciri-Ciri Burung Serindit

Ciri-Ciri Burung Serindit

Berparuh Bengkok

Jika dilihat, burung serindit mempunyai ciri-ciri yang hampir sama dengan love bird namun jika dilihat lebih jauh, ada perbedaan di antara paruh keduanya.

Burung ini mempunyai paruh bengkok sehingga burung ini masuk ke dalam genus loriculus. Selain paruhnya yang bengkok, beberapa serindit memiliki paruh yang berwarna merah.

Tidur Terbalik

Burung Serindit memiliki ciri khas yang paling mudah dilihat, yaitu dari cara tidur. Burung ini mempunyai kebiasaan tidur seperti kelelawar.

Jadi, dia akan bergelantungan di antara ranting pohon dan jika dipelihara burung ini akan tertidur di bagian atas sangkar.

Namun, hewan seperti tikus sangat senang mengincar burung peliharaan. Apabila memelihara burung ini, perlu dilakukan double proteksi agar burung tidak disantap hewan pengerat tersebut.

Bulu Hijau

Burung serindit termasuk dalam kategori jenis burung kecil. Burung ini tersebar di wilayah Asia Tenggara, namun banyak juga ditemukan di pulau-pulau Indonesia.

Warna umum dari bulu serindit adalah hijau. Warnanya cukup cerah dan menarik untuk diperhatikan.

Bulu burung ini juga terkadang mempunyai semburat warna merah. Warna merah ini terkadang bisa ditemukan pada bagian tenggorokan hingga ekor serindit.

Hewan Arboreal

Burung serindit termasuk ke dalam hewan arboreal. Hewan arboreal sendiri adalah hewan yang lebih banyak menghabiskan waktunya di atas pohon.

Beberapa jenisnya, sering ditemukan di ranting-ranting pepohonan di berbagai hutan di Indonesia. Dibandingkan jenis burung lain, burung ini lebih menyukai berjalan-jalan diatas ranting.

Hidup Berkelompok

Burung serindit merupakan salah satu spesies burung yang tidak senang hidup sendiri. Burung ini banyak menghabiskan waktu bersama kelompoknya.

Gerombolan burung ini akan dengan mudah ditemukan di ranting pepohonan di dalam hutan.

Perbedaan Jantan dan Betina

Warna Bulu

Burung serindit jantan adalah salah satu burung kicau yang memiliki warna hijau yang sangat cerah. Berbeda dengan serindit betina yang jika ditengok warnanya tidak terlalu cerah dan cenderung lebih kusam.

Corak

Serindit dewasa khususnya yang jantan memiliki corak yang sedikit berbeda. Terlihat pada bagian atas kepala dan dadanya.

Pada serindit jantan akan terlihat sebuah bulatan yang berwarna biru di mana yang betina tidak memiliki corak tersebut.

Begitu juga pada bagian dadanya, bulu-bulu warna merah menghiasi dada dari burung ini. Tentu saja bulu warna merah hanya ditemukan pada burung serindit jantan.

Jenis Burung Serindit

Merupakan salah satu jenis burung kecil dari Asia Tenggara, serindit mempunyai jenis yang bermacam-macam. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Serindit Sangihe

Serindit Sangihe

Seperti namanya burung ini merupakan jenis burung endemik dari Pulau Sangihe. Pulau ini terletak di bagian Utara dari Pulau Sulawesi.

Jenis Serindit Sangihe termasuk ke dalam burung kecil yang panjang tubuhnya hanya 12,5 cm hingga 13 cm saja.

Jenis burung ini termasuk yang sangat mudah dikenali. Cukup dengan melihat bagian leher dari burung ini.

Jika ada warna merah memanjang hingga ekor bisa dipastikan burung tersebut adalah jenis Sangihe. Namun sangat disayangkan akibat perambahan hutan yang semakin banyak, jenis ini semakin menurun populasinya.

Bahkan di tahun 2009 sudah masuk ke dalam tingkat sangat terancam. Diperkirakan hanya 10rb hingga 46rb burung serindit Sangihe saja yang ada di alam liar.

Serindit Melayu

Serindit Melayu

Jenis serindit yang cukup banyak ditemukan di pasaran adalah jenis serindit Melayu.

Pemilik nama ilmiah Loriculus galgulus mempunyai panjang yang hampir sama dengan saudaranya di Sangihe. Jenis serindit Melayu hanya mempunyai panjang 12 cm.

Bulu yang dimiliki oleh serindit jenis Melayu ini umumnya warna hijau. Selain warna hijau cerah pada bulunya, pada jenis jantan juga terdapat corak merah di dadanya dan biru di kepalanya.

Burung serindit Melayu tersebar di Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand serta tidak ketinggalan bermukim juga Indonesia.

Jenis serindit Melayu merupakan jenis yang beresiko terendah di antara serindit yang terdata. Betina Serindit mampu memproduksi hingga 4 telur saat masa kawin tiba. Burung ini membutuhkan waktu 18-20 hari agar telur-telur tersebut menetas.

Serindit Sulawesi

Serindit Sulawesi

Serindit Sulawesi merupakan satu diantara burung serindit endemik dari Indonesia. Seperti namanya burung ini merupakan burung endemik dari pulau Sulawesi dan pulau satelit disekitarnya.

Serindit Sulawesi disebut pula maroon-rumped hanging parrot. Statusnya yang tidak mengkhawatirkan membuat burung ini cukup populer di perlombaan kicau burung di wilayah Sulawesi dan Kalimantan.

Selain ketiga jenis serindit di atas, 6 jenis lainnya juga berada di Indonesia. Jenis serindit tersebut merupakan endemik dari pulau asal burung serindit.

Sebut saja serindit Jawa, serindit Flores, serindit Sulawesi (paruh merah / pygmy hanging parrot) dan Serindit Papua. Keempatnya adalah jenis serindit yang terancam oleh kepunahan. 

Dua jenis burung serindit lainnya masih dalam kategori aman. Mereka yaitu:

  1. Serindit Maluku, adalah serindit yang berasal dari Maluku Utara dan pulau-pulau satelit yang mengelilinginya. Burung jenis ini mempunyai nama lain moluccan hanging parrot.
  2. Serindit Sula, seperti namanya yang merupakan endemik dari pulau Sula dan pulau Benggala. Pemilik nama lain Loriculus sclateri sering disebut juga hanging parrot.

Cara Merawat Burung Serindit

Cara Merawat Burung Serindit

Untuk serindit yang statusnya belum terancam punah, pemerintah memperbolehkan warga untuk memelihara dan memperlombakannya. Namun tentu saja dengan perawatan yang baik, burung ini juga tidak kalah jago dari burung berharga mahal.

Kebersihan

Serindit merupakan salah satu burung yang menyukai kebersihan. Walaupun tidak harus dimandikan setiap hari umumnya burung ini dimandikan 3 hari sekali.

Jika kebersihan bulu tidak dijaga besar kemungkinannya burung tidak akan bersuara nyaring atau tidak mau mengeluarkan suaranya.

Menjemur

Serindit di alam liar hidup di antara ranting pohon yang sejuk. Jika burung ini dipelihara, kamu tidak perlu menjemurnya setiap hari.

Cukup beberapa waktu saja dan burung ini akan mendapatkan kembali staminanya dari pancaran sinar matahari pagi.

Makanan Burung Serindit

Seperti jenis burung yang lain burung ini juga menyukai buah-buahan. Cakupan buah yang disukai jenis burung ini misalnya saja anggur, pepaya, pisang kepok dan lain-lain.

Pemberian makanan yang cenderung disukai dapat merangsang bakalan burung serindit untuk lebih semangat dalam memperdengarkan suara merdunya.

Cairan gula, milet putih dan sayuran dapat juga dipergunakan untuk tambahan gizi untuk burung kecil satu ini.

Tentu saja hindarkan dari zat kimia berbahaya dalam sayuran dengan mencuci bersih sayuran yang hendak diberikan. Cairan gula dapat diberikan secara rutin setiap seminggu dua kali.

Tidak lupa, vitamin burung juga diberikan secara teratur. Daya tubuh yang kuat mampu mendongkrak kicauan yang keluar dari burung serindit.

Burung ini pada dasarnya merupakan jenis burung yang sebenarnya mudah perawatannya. Suaranya nyaring dan merdu hingga banyak orang tertarik untuk memperlombakan.

Namun begitu perlu diingat, hanya jenis serindit yang tidak dalam kondisi terancam punah atau dilindungi pemerintah yang boleh dipelihara.

Harga Burung Serindit

Serindit dibanderol dengan harga yang bervariasi tergantung dari jenisnya. Namun, daftar harga berikut ini bisa menjadi patokan jika kamu akan membelinya.

JenisHarga
Serindit MelayuRp100.000 – Rp150.000
Serindit JantanRp100.000
Serindit GacorRp150.000
Serindit JawaRp70.000 – Rp110.000
Serindit SangiheDilindungi

Demikian ulasan kami terkait burung serindit mulai dari ciri-ciri, jenis, cara merawat, makanan, dan harganya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan mengenai burung ini.

Tinggalkan komentar