Burung Perkutut

Beranda » Burung » Burung Perkutut

Para kicau mania pasti tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini, yaitu burung perkutut. Burung ini banyak dipelihara masyarakat Indonesia karena keindahan dan kicauannya menjadi ciri khas tersendiri bagi burung ini.

Selain keindahan tubuh dan kicauannya, burung ini tergolong cukup mudah dalam perawatannya. Itulah alasan kenapa perkutut menjadi sangat populer.

Meski begitu, masih banyak pecinta burung yang belum mengetahui secara lengkap mengenai burung yang satu ini. Padahal, perkutut memiliki banyak jenis, bahkan antara jantan dan betina saja memiliki banyak perbedaan.

Nah jika kamu ingin mengetauinya, maka anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena disini kami akan menjelaskan mengenai burung perkutut mulai dari ciri-ciri, jenis, harga, cara merawat, hingga makanan yang diperlukan.

Ciri-Ciri Burung Perkutut

Ciri-Ciri Burung Perkutut

Antara perkutut jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan. Bagi yang baru mengenal burung perkutut pasti susah membedakannya, berikut kami berikan ciri-ciri burung perkutut jantan dan betina.

Perkutut Jantan

  • Mempunyai fisik kuat dan bergerak dengan aktif serta lincah.
  • Pada bagian wajahnya, memiliki warna putih yang lebih banyak dibanding dengan perkutut betina.
  • Pada paruh mempunyai ketebalan berbeda dibanding perkutut betina.
  • Perkutut jantan memiliki paruh dengan bentuk yang lebar dan ketebalan yang cukup bagus.
  • Perkutut jantan mempunyai sorot mata yang tajam.
  • Kepala pada perkutut jantan mempunyai bentuk agak lonjong tapi datar.
  • Paruh perkutut jantan terdapat garis belahan yang letaknya sejajar dengan matanya
  • Saat perkutut jantan mengepakan ekornya, ekornya akan mengembang sehingga akan tampak lebar dari biasanya.
  • Ruas kaki yang dimiliki perkutut jantan lebih tebal dibandingkan perkutut betina.
  • Saat kawin, ketika birahi, perkutut jantan melakukan anggukan yang menandakan ia tengah birahi.

Perkutut Betina

  • Perkutut betina mempunyai paruh dengan bentuk yang lebih tipis dan lebih pendek.
  • Perkutut betina mempunyai bentuk kepala membulat, mirip dengan bulatan koin.
  • Perkutut betina mempunyai mata yang sayu.
  • Perkutut betina mempunyai bentuk ruas kaki rapuh karena bentuknya tipis.
  • Perkutut betina tidak punya kekuatan untuk mencengkeram.
  • Saat kawin, ia akan mengibaskan ekornya namun tidak terlalu lebar seperti ekor perkutut jantan.
  • Saat kawin, lebih memiliki posisi di bawah daripada di atas.

Jenis Burung Perkutut

Terdapat beberapa jenis Perkutut yang umum dijumpai, di antaranya sebagai berikut:

1. Perkutut Bangkok

Perkutut Bangkok

Saat ini jenis burung perkutut bangkok sudah banyak dipelihara para kicau mania atau pecinta burung.

Terlebih lagi populasinya sudah sangat banyak dibandingkan dulu. Hal ini karena banyaknya yang membudidayakan perkutut jenis ini di negara kita.

Perkutut bangkok mempunyai kicauan yang begitu merdu, hal ini membuat jenis yang satu ini cocok untuk diikutkan dalam ajang lomba kicau.

Perkutut Bangkok mempunyai ciri khas dari paduan warna yang dimilikinya. Dengan didominasi warna putih pada dada dan warna hitam pada sayapnya serta trotol putih.

Memiliki kaki yang berwarna merah dan warna hitam pada paruhnya.

2. Perkutut Hitam

Perkutut Hitam

Perkutut yang satu ini mirip seperti burung gagak, dengan bulunya yang berwarna hitam. Sama seperti perkutut lainnya perkutut hitam juga jadi primadona para kicau mania.

Perkutut jenis ini mempunyai suara yang agak menembak. Memiliki mata dengan tatapan mata yang sangat tajam, menjadikan jenis perkutut yang satu ini sangat cocok bagi orang yang menyukainya.

3. Perkutut Majapahit

Perkutut Majapahit

Perkutut majapahit mempunyai warna yang unik, sehingga membuat orang tertarik ingin memilikinya.

Selain itu, perkutut majapahit juga terkenal dengan kecantikan dan juga keunikannya. Bagi para kicau mania pun banyak yang menjadikan perkutut jenis ini sebagai koleksi karena melihat keunikannya.

Burung perkutut majapahit ini memiliki ciri-ciri tubuh yang besar dan dada yang tegak. Dengan sorot mata yang tajam dan gerakannya yang lebih aktif dan lincah, menjadikan burung ini banyak disukai para kicau mania.

Tapi sayang jenis perkutut majapahit ini agak langka populasinya, sehingga perkutut majapahit hanya ada beberapa saja di negeri ini.

4. Perkutut Belah Dada

Perkutut Belah Dada

Jenis burung perkutut yang satu ini punya keunikan tersendiri. Dimana ia memiliki belah dada yang menjadi ciri khas dari jenisnya yang lain.

Tapi, populasinya lebih sedikit dibandingkan perkutut jenis lainnya. Sehingga di negara kita pun hanya sedikit yang dapat merawat dan menjumpai perkutut belah dada ini.

5. Perkutut Putih Mata Merah

Perkutut Putih Mata Merah

Burung perkutut jenis ini juga termasuk salah satu perkutut yang unik. Bulunya berwarna putih dan mata yang agak kemerahan.

Menjadikan perkutut putih mata merah ini lebih cantik serta istimewa dibandingkan perkutut lainnya. Sedangkan kicauannya sendiri perkutut putih ini sedikit agak menembak.

6. Perkutut Jawa

Perkutut Jawa

Perkutut yang satu ini pasti berasal dari pulau Jawa sama seperti namanya. Perkutut jenis ini mempunyai tampilan mirip seperti perkutut lokal.

memiliki paduan warna yang berbeda pada bulunya. Seperti perpaduan warna keabu-abuan dan coklat merah putih.

Burung perkutut Jawa banyak dijumpai di alam-alam tertentu saja. Seperti sawah atau pegunungan yang jauh dari pemukiman penduduk.

7. Perkutut Putih

Perkutut Putih

Jenis perkutut lainnya ialah perkutut putih. Tampak sekilas perkutut yang satu ini mirip dengan merpati. Tapi bedanya perkutut putih mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil daripada burung merpati.

Perkutut putih mempunyai bulu berwarna putih dengan paruh dan kaki berwarna orange. Sedangkan karakteristik suaranya sendiri lebih panjang dan ngerol.

Bila kamu tertarik ingin memeliharanya, kamu harus bisa merawatnya dengan baik dan benar. Terlebih bulunya yang berwarna cerah, menjadikan burung perkutut ini akan mudah kotor.

Sehingga dibutuhkan perawatan lebih dalam memeliharanya. Mulai memandikan setiap hari serta memberikan pakan yang baik.

Cara Merawat Burung Perkutut

Cara Merawat Burung Perkutut

Dalam perawatannya, sebenarnya perkutut tergolong cukup mudah. Kamu bisa lakukan hal-hal berikut ini dalam merawat burung perkutut:

1. Mandikan Secara Rutin

Burung harus dimandikan setiap hari secara rutin, supaya bulunya tidak berkutu serta selalu tampak mengkilap. Mandikan ia dengan cara disemprot dengan menggunakan spray yang memiliki lubang paling halus.

2. Jemur Setiap Hari

Burung perkutut harus dijemur setiap hari dengan teratur mulai jam 7 sampai jam 10 pagi, supaya sehat dan tidak gampang sakit. Lamanya penjemuran yakni kurang lebih 1 jam saja.

3. Berikan Pakan yang Bergizi

Berikan pakan burung perkutut yang mengandung protein tinggi, bisa dengan makanan kemasan buatan pabrik ataupun makanan yang kamu buat sendiri.

Bila kamu ingin meracik dan membuatnya sendiri, gunakan campuran biji godem, jewawut, dan milet. Selain itu, bisa juga gunakan campuran lain seperti ketan hitam, jagung dan tumbukan beras merah..

4. Memberikan Vitamin

Berikan vitamin pada burung perkutut untuk meningkatkan hormon testosteronnya.

Bila hormon testosteron perkutut meningkat, maka ia pun akan makin gacor, dan mempunyai daya tahan tubuh kuat, serta menjadikannya tahan mental saat diperlombakan.

5. Jamu dan Makanan Tambahan

Untuk lebih membuatnya prima, berikan burung yang satu ini jamu khusus serta makanan tambahan. Jamu khusus untuk perkutut terdapat yang buatan pabrik sehingga mudah dicari.

Sedangkan untuk makanan tambahannya kamu bisa berikan ulat hongkong atau kroto.

6. Lingkungan Sangkar

Suasana sekitar yang ramah, nyaman dapat berpengaruh pada kualitas suara dan fisik burung perkutut. Meskipun banyak yang menggangap hal ini sepele, namun dampaknya cukup besar.

Pasalnya apabila kamu menempatkan sarang burung di tempat yang kurang strategis, maka burung akan mudah stress sehingga tidak gacor.

Harga Burung Perkutut

Harga Burung Perkutut

Meskipun burung ini sangat populer, namun harganya cukup terjangkau. Harga burung perkutut di pasaran sebenarnya bervariasi tergantung dari kondisi dan jenisnya.

Berikut di bawah ini kamu bisa melihat tabel harganya:

JenisHarga
Perkutut BangkokRp350.000
Perkutut HitamRp250.000
Perkutut MajapahitRp1.500.000 – ke atas
Perkutut Belah DadaRp25.000.000 – ke atas
Perkutut Putih Mata MerahRp500.000 – Rp1000.000
Perkutut JawaRp300.000
Perkutut PutihRp600.000

Nah, itulah informasi mengenai harga, ciri-ciri, berbagai jenis hingga makanan dan cara merawat burung perkutut. Jika kamu memiliki salah satunya pastikan untuk memperhatikan makanan dan cara merawat perkutut dengan baik.

Tinggalkan komentar