Cara Menjinakan Burung Kacer

Beranda » Burung » Cara Menjinakan Burung Kacer

Bagi kamu yang ingin melombakan burung kacer, menjinakannya dari kebiasaan di habitat menjadi tantangan tersendiri. Berbagai cara menjinakan burung kacer dilakukan agar tidak liar lagi.

Namun, sebelum melakukan perawatan apapun, pastikan kamu sudah mengenali karakter burung kacer milikmu. Karena perawatan akan berbeda antara satu kacer dengan lainnya sesuai dengan variasi.

Keuntungan burung kacer yang sudah jinak dengan manusia adalah mereka mampu berkicau dengan baik. Selain itu, ketika burung sudah akrab dengan manusia, burung lebih mudah diajak bermain baik di dalam sangkar maupun di luar sangkar.

Untuk pemilik burung, ada baiknya mengetahui asal burung yang dipelihara, sehingga mempermudah dalam menentukan pola perawatan. Dengan merawat burung kacer dengan baik, maka burung akan lebih cepat jinak.

Cara Menjinakan Burung Kacer

Cara Menjinakan Kacer

Upaya menjinakan kacer tidak selalu berjalan mulus. Kesabaran menjadi kunci utama dalam menjinakan, karena jika tidak sabar burung kacer akan merasa stress dan berakibat kematian.

Berikut dibawah ini adalah 17 cara menjinakan burung kacer yang bisa dicoba.

Latih di Keramaian

Untuk membuatnya bisa dilombakan, tentu burung kacer harus dibiasakan untuk nyaman di area ramai.

Awalnya burung akan melawan dan gelisah. Tapi kamu bisa mengatasinya dengan melatihnya perlahan.

Mulai dari area yang agak ramai, kemudian yang lebih ramai hingga yang paling ramai. Dengan itu, burung tidak akan terlalu kaget dan gelisah.

Biasakan di Sangkar Kecil

Tadinya, burung kacer hidup di akan terbuka dan bebas. Sejak dipelihara, tentu burung ini perlu menyesuaikan dengan habitat barunya.

Agar lebih mudah, kamu bisa membuat sangkarnya terbatas, sehingga burung tidak bisa bergerak banyak. Agar cara menjinakan burung kacer liar ini berhasil.

Nantinya jika burung dipindah ke sangkar yang lebih besar, ia tak akan kaget dan lebih mudah menyesuaikan diri dengan teratur.

Memindahkan Sangkar

Burung kacer juga bisa stres. Oleh karena itu, memindah sangkarnya adalah salah satu cara yang tepat.

Pertama-tama, burung ditaruh di lingkungan yang relatif lebih tenang dan tidak banyak orang lewat. Burung akan beradaptasi.

Setelah itu, kamu bisa coba pindah ke area dengan suara gemericik air mengalir. Cara ini diyakini mampu mengatur tingkat stres burung.

Mencium Kepala Kacer

Menunjukkan rasa sayang kamu pada burung kacer bisa membantu menjinakannya. Meski terdengar seperti cara lama, tapi ini akan berpengaruh.

Memberinya Nama

Selain mengelus kepalanya, kamu bisa memberinya nama agar burung merasa dekat denganmu. Ini sekaligus menunjukkan rasa sayangmu padanya.

Dilatih Menggunakan Lidi

Caranya sangat mudah, kamu hanya cukup menancapkan makanan di ujung lidi. Kemudian kamu berikan itu ke burung.

Secara bertahap, kurangi panjang lidi sehingga burung kacer akan mau memakan makanan langsung dari tanganmu. Dengan demikian, burung kacer akan semakin mudah jinak.

Sauna untuk Burung

Kamu bisa mulai dengan membasahi burung dengan semprotan. Selanjutnya masukkan burung ke kerodong.

Tak berhenti di situ, kerodong itu juga disemprot hingga basah. Kemudian, kerodong berisi burung itu dijemur.

Membiarkan Burung Kelaparan

Ini menjadi salah satu cara agar burung kacer lebih bergantung pada si pemelihara. Banyak kalangan mengandalkan cara yang satu ini untuk menjinakan burung yang baru diambil dari hutan.

Pada saat menjemur burung selama tiga hingga empat jam, jangan menaruh pakan apapun di sangkarnya.

Itu akan membuat burung menahan lapar. Saat kelaparan, burung akan dengan terpaksa memakan makanan yang kita berikan melalui tangan.

Dengan pembiasaan, lama kelamaan burung akan terbiasa.

Melatih Burung di Alam

Alam terbuka sebagai habitat asli burung bisa membantu meringankan stres. Sesekali, kamu bisa melatihnya di alam terbuka karena di sana burung akan nyaman dan bisa berlatih dengan baik.

Dan dengan melatihnya di alam terbuka merupakan cara menjinakan burung kacer yang cukup jitu.

Memandikan Burung

Memandikan burung kacer perlu pembiasaan agar mereka bisa beradaptasi. Rata-rata membutuhkan waktu sekitar 3 hari.

Cara memandikan burung bisa fleksibel, bisa kamu mandikan di keramba, atau jika burung kacer menolak, kamu bisa semprot sampai basah kuyup.

Dengan kondisi itu, burung tidak akan banyak bergerak. Sebagai cara menjinakan burung kacer giras, ini cukup ampuh.

Saat burung basah kuyup, kamu bisa mengelus punggung dan dadanya. Sehingga burung bisa merasakan kenyamanan dan tidak takut pada kamu.

Mandikan kacer dua kali sehari, pagi dan sore hari. Pada malam hari, semprot dengan air hangat kuku dan diamkan agar terkena angin selama setengah jam.

Bermain dengan Tangan

Ketika burung sedang basah kuyup, biasanya peternak akan mengeluarkan burung dalam sangkar.

Naluri burung lama kelamaan akan merespon tangan peternak, kemudian menjadi jinak. Namun ini perlu dilakukan berkali-kali hingga burung busa beradaptasi.

Bersiul

Daripada bersiul pada perempuan yang kebetulan lewat, kamu bisa bersiul untuk menjinakan burung kacer.

Dengan mendengarkan siulan, diyakini bahwa burung akan lebih baik tumbuh kembangnya. Kamu bisa sering bersiul di depan burung kacer milikmu agar ia lekas jinak.

Sangkar yang Sempit

Ruang sangkar yang sempit akan membuat burung terbatas sehingga tidak bisa bergerak bebas. Burung kacer yang liar perlahan dijinakkan dengan cara ini.

Terlebih lagi burung kacer yang giras dan sangat aktif berpindah tempat.

Sebaiknya sangkar yang kamu buat sangat terbatas, sehingga perlahan burung kacer akan beradaptasi dengan ruang sempit dan mengurangi geraknya.

Meski demikian, kamu jangan melakukan ini terlalu sering, karena burung kacer bisa menjadi terlalu jinak.

Jika dirasa sudah cukup baik perkembangannya, kamu bisa memindahkan ke sangkar yang lebih nyaman.

Memberi Perhatian Lebih

Poin ini jika digolongkan bukanlah terapi untuk menjinakan burung, terapi lebih ke upaya agar burung kacer bisa merasa lebih nyaman dengan peternak.

Burung kacer akan merasa disayang dan lebih menuruti kemauan si peternak.

Tutup Sangkar dengan Koran

Saat baru pertama memasukkan burung kacer dalam sangkar, kamu bisa menutup sangkarnya dengan koran. Ini bertujuan untuk menenangkan kacer dan membuatnya merasa nyaman.

Agar lebih mudah memberi makan, kamu bisa membuat lobang tepat di pintu sangkar.

Setelah seminggu, kamu bisa buka koran di bagian sangkar kiri. Seminggu kemudian, lepas koran bagian kanan, kemudian depan dan belakang.

Cara ini perlahan membiasakan kacer agar tidak takut jika ada manusia di sekitarnya.

Menggantung Sarang

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menaruh kacer di sangkar yang rapat jerujinya. Gantung sangkar itu dengan paku di dinding rumah.

Letakkan sekitar satu jengkal di atas kepalamu.

Tak perlu menurunkan sangkar jika memberi makan dan minum. Mandikan hanya seminggu sekali, jemur sebentar, lalu kembalikan lagi ke sangkarnya.

Jika berjalan lancar, dalam waktu dua hingga tiga bulan burung kacer sudah jinak.

Mengatur Makan Kacer

Mengatur makan burung kacer juga bisa jadi cara menjinakan. Pertama-tama, kamu perlu membiasakan burung kacer memakan voer.

Lakukan itu selama satu minggu, kemudian coba letakkan voer di luar sangkar. Jangan beri makan hingga pukul satu siang, kemudian berikan 2 jangkrik.

Setelah jangkrik habis, masukkan kembali voer dalam sangkar. Gantung sangkar di depan rumah yang tidak terlalu ramai, kemudian masukkan kembali.

Lakukan tahapan ini berulang hingga burung kacer menjadi jinak.

Itu dia beberapa cara menjinakan burung kacer yang bisa kamu coba. Sebaiknya jangan terlalu memaksa agar burung kacer cepat jinak, karena itu bisa membuatnya stres, dan itu tidak baik bagi tumbuh kembangnya.

Tinggalkan komentar