Anjing Pug

Beranda » Anjing » Anjing Pug

Anjing Pug adalah salah satu jenis anjing ras yang tengah populer saat ini. Anjing ini adalah anjing yang senang bermain dan mudah dilatih karena mempunyai ketangkasan dan kecerdasan yang cukup tinggi.

Jika kamu ingin anjing ini dijadikan sebagai hewan peliharaan, maka ketahui informasi selengkapnya mengenai anjing ini pada ulasan lengkap dibawah ini.

Dengan mengetahui karakter dari anjing pug, maka kamu dapat merawatnya dengan baik dan benar sehingga anjing bisa tetap sehat.

Ciri-Ciri Anjing Pug

Ciri-Ciri Anjing Pug

Anjing ini memiliki tubuh yang mungil namun gempal sehingga sekilas terlihat agak gemuk dengan tinggi tubuh hanya sekitar 30 cm untuk yang jantan, sedangkan yang betina biasanya memiliki tinggi tubuh 25 cm.

Adapun ciri-ciri fisik Anjing ini yaitu memiliki kepala yang bundar dan besar, dengan mata yang besar dan moncongnya yang pendek yang menjadi ciri khas dari Anjing Pug, dengan muka yang yang terlihat berkerut. Juga memiliki bercak hitam di dekat matanya yang dinamakan “beauty spot”.

Anjing ini termasuk pada golongan anjing bulu pendek karena itulah perawatan nya cukup mudah. Biasanya warna bulunya kuning kecoklatan atau perak dan hitam.

Sedang pada bagian telinganya terdapat dua tipe telinga Anjing Pug, yaitu pertama tipe button atau kancing yaitu tipe telinga dengan bentuk daun telinga menekuk ke depan hingga lubang telinga tertutup semua.

Lalu tipe kedua adalah tipe mawar dimana bagian daun telinga naik pada bagian pangkal telinga sebelum sampai melengkung ke depan. Biasanya Anjing ini yang memiliki tipe telinga kancing lebih banyak digemari pecinta anjing.

Sifat Anjing Pug

Sifat Anjing Pug

Sebagai anjing peliharaan yang memiliki tubuh mungil menjadikan anjing ini cocok sebagai teman anak -anak. Dan ditambah sifat Anjing Pug sendiri yang senang bermain, periang, senang berlari – lari, pandai menghibur, manja, ramah bahkan humoris.

Anjing ini juga tipe hewan peliharaan yang setia kemanapun kamu pergi ia akan mengikuti. Karena itulah anjing ini termasuk hewan yang tidak rewel bila ditempatkan pada ruangan yang kecil sekalipun asalkan kamu ada bersamanya.

Anjing ini terkenal anjing yang ramah pada seluruh anggota keluarga ataupun hewan lainnya. Karena sifatnya yang periang dan kebiasaannya melompat – lompat bahkan berlari tanpa sebab maka sebagian orang pun menilai bahwa anjing ini bersifat agresif.

Makanan Anjing Pug

Makanan Anjing Pug

Karena ukuran tubuhnya yang mungil maka Anjing ini tidak memerlukan begitu banyak makanan, untuk asupan kalorinya Anjing Pug anak hanya butuh sekitar 100 saja dan untuk Anjing dewasa sekitar 80 kalori yang dibutuhkan.

Untuk makanan sehari-harinya berikan daging segar, beras merah, ubi, kacang polong, biji-bijian, sayuran, wortel, bayam, labu, brokoli, dan buah – buahan seperti pisang, buah beri beri dan semangka.

Untuk pemberian waktu makanannya kamu bisa berikan makan 2 kali sehari. Pastikan kamu memberikan porsi makan yang cukup untuk setiap sesi makannya. Jika belum mengetahui porsinya, kamu bisa mencoba mengukurnya terlebih dahulu.

Cara Merawat Anjing Pug

Cara Merawat Anjing Pug

Untuk cara perawatan Anjing Pug sendiri tidaklah susah, kamu harus rutin membersihkan wajahnya yang penuh kerutan karena dikhawatirkan ada kotoran yang menempel pada kerutan – kerutan wajahnya.

Bersihkanlah kerutan – kerutan wajahnya yang kotor itu dengan menggunakan kain basah yang halus dan lembut. Untuk bagian telinganya kamu bisa gunakan cotton bud untuk membersihkannya.

Kukunya juga harus dipotong setiap hari karena anjing ini senang menggosok – gosok matanya, jadi kamu harus selalu memastikan kuku – kuku selalu pendek.

Untuk cara membersihkan tubuh Anjing Pug kamu hanya perlu memandikannya sebulan sekali karena anjing ini jenis anjing bulu pendek, dan perlu kamu ketahui walaupun bulunya pendek namun sangat mudah rontok karena itu sebaiknya kamu gunakan penyedot debu untuk membersihkan bulu Anjing ini yang tersebar di lantai atau perabot rumah lainnya.

Anjing jenis ini juga perlu olahraga karena itulah ajaklah ia bermain ketangkasan sambil berolahraga pada pagi dan sore hari, jangan ajak Anjing untuk bermain dan berolahraga pada saat siang hari karena panas matahari akan membuat Anjing ini mudah lelah.

Kamu juga perlu menjaga berat badan Anjing agar seimbang dan tidak gemuk karena kegemukan pada Anjing Pug akan beresiko rawan terkena penyakit pernafasan. Karena itu jaga asupan lemak pada makanannya agar tidak berlebihan.

Penyakit

Penyakit Anjing ini biasanya ia rawan terkena flu dan alergi bila cuaca sedang tidak baik, itu disebabkan karena hidungnya yang pendek sehingga sensitif dan sering mengalami masalah pernafasan.

Selain itu Anjing yang memiliki mata besar dengan pola laku yang lincah ini kerap kali mengalami kecelakaan yang mengakibatkan matanya terluka. Karena itulah kamu harus hati – hati dalam menjaganya atau saat mengajaknya bermain.

Anjing ini juga rawan terkena penyakit hip dysplasia yaitu dimana bagian pinggul Anjing gagal berkembang semestinya.

Merawat Bulu

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa Anjing ini memiliki bulu yang mudah sekali rontok, mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena kepadatan tingkat tinggi pada permukaan kulit Anjing ini.

Dan sebab lainya adalah karena jenis bulunya tergolong pada jenis mantel ganda yang memang lebih mudah untuk rontok dibanding bulu anjing yang berlapis satu.

Pada usia 1,5 tahun biasanya Anjing jenis ini mengalami banyak kerontokan bulu. lalu bagaimana cara menjaga kesehatan bulu Anjing Pug yang mudah rontok ini?

Biasakanlah menyisir bulunya setiap hari dan bawalah Anjing kamu keluar rumah bila kamu ingin menyisirnya. Hal ini untuk menghindarkan kerontokan bulu yang menumpuk dalam ruangan rumah kamu.

Kamu juga bisa berikan Anjing kamu suplemen lemak omega yang telah direkomendasikan oleh dokter hewan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan bulu Anjing kamu.

Perlu kamu ketahui nutrisi dan vitamin yang tidak diterima Anjing ini dari makanan utamanya akan melemahkan fungsi tubuh dalam hal mempertahankan kesehatan bulunya.

Penyebab Sering Menggonggong

Selain terkenal agresif dan lincah Anjing ini juga memiliki kebiasaan yang suka menggonggong. Walaupun menggonggong adalah cara anjing untuk berkomunikasi dengan makhluk lain, namun bagi Anjing Pug seringnya menggonggong dapat disebabkan karena beberapa hal.

Penyebab Anjing jenis ini sering menggonggong bisa juga karena ia sedang sakit dan biasanya sakit yang dialaminya adalah karena kecelakaan atau cedera yang diakibatkan karena kelakuannya yang terlewat agresif tersebut.

Merasa tidak nyaman dengan lingkungannya yang terlalu berisik juga dapat membuat Anjing ini terus-menerus menggonggong. Atau bisa juga Anjing Pug yang sering menggonggong tersebut sedang mencari perhatiannya majikannya.

Anjing yang terlalu lama dikurung dalam kandang akan merasa bosan dan stres. Ia pun ingin bermain karena itulah biasanya Anjing akan menggonggong dan berharap majikannya mengeluarkannya dari kandang dan membiarkan nya bermain.

Harga Anjing Pug

Anjing pug memiliki harga yang cukup bervariasi tergantung dari kondisinya. Namun untuk memudahkan kamu yang ingin mengadopsi anjing ini, berikut tabel harganya yang kami rangkum dari pasaran:

JenisKondisiHarga
Anjing pug anakanNon stambumRp1.000.000
Anjing pug anakanStambumRp2.500.000
Anjing pug dewasa6 bulan non stambumRp1.500.000
Anjing pug dewasa6 bulan stambumRp3.500.000

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Anjing Pug dari mulai harga, sifat, makanan ciri-ciri hingga cara perawatannya, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memelihara Anjing ini.

Tinggalkan komentar