Anjing German Shepherd

Beranda » Anjing » Anjing German Shepherd

Anjing German Shepherd atau dalam bahasa indonesia yaitu Anjing Gembala Jerman dan banyak yang menyebutnya anjing herder adalah salah satu jenis anjing yang aktif dan memiliki badan proporsional.

Anjing ini memiliki kepala yang lebar dan lancip sempurna sehingga membentuk seperti moncong tajam. Bentuk dari telinganya besar dan berdiri tegak.

Dan yang paling mencolok adalah anjing ini memiliki karakter yang cenderung curiga terhadap orang asing. Namun anjing ini akan sangat bermanfaat bagi pemiliknya jika sudah terlatih sejak kecil.

Selain sifatnya yang memiliki keberanian, kesetiaan, dan naluri menjaga. Postur tubuhnya sangat cocok sebagai anjing polisi, anjing militer, anjing pelacak, penjaga dan penyelamat.

Sejarah

harga german shepherd

Anjing jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh Capt. Max Von Stephanitz yang juga dijuluki sebagai bapak anjing ras gembala. Capt. Max Von Stephanitz memang sudah dikenal karena menjadi seorang yang mengagumi kualitas kecerdasan anjing ras gembala.

Pada suatu hari di tahun 1899, dia pergi ke pameran anjing bersama dengan rekan kerjanya. Pada waktu itulah Capt. Max Von Stephanitz untuk pertama kali tertarik dengan anjing ras herder dan membelinya.

Setelah itu dia membuat sebuah perkumpulan kinologi yang bernama Verein Fur Duitsche Shaferhunde atau disingkat menjadi SUV. Mereka terus berkembang hingga menjadi perkumpulan kinologi yang terkenal pada abad 20.

Capt. Max Von Stephanitz merupakan seorang yang pintar, dia membuat rencana untuk jangka panjang agar perkumpulannya bertahan lama. Dalam upayanya, disanalah muncul beberapa hasil analisa bahwa Anjing German Shepherd memiliki keberanian, kesetiaan dan kecerdasan yang bagus.

Sejak saat itu, Anjing German Shepherd mulai digunakan untuk menjadi rekan saat Perang Dunia I (PDI) pada tahun 1914. Tugas mereka yaitu menolong para prajurit dan menjaga markas.

Setelah Perang Dunia selesai, tugas Anjing ini tidak jauh dari kepentingan militer dan negara. Karena kecerdasannya, pada saat ini orang lebih sering menggunakannya untuk menjaga toko atau rumah majikan.

Jenis

Meskipun cukup banyak anjing yang terlihat mirip dengan jenis german shepherd, namun tidak semuanya bisa diterima oleh asosiasi Federasi Kinologi Internasional atau FCI.

Akan tetapi, setidaknya ada 4 jenis anjing german shepherd yang memiliki beberapa karakteristik sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, diantaranya:

1. German Shepherd SaddleBack

German Shepherd SaddleBack

Varian ini merupakan jenis yang paling umum dari ras German shepherd. Mereka memiliki warna yang berbeda di bagian punggung sehingga dinamakan saddle back.

German shepherd saddle back biasanya memiliki warna punggung hitam. Namun terkadang ada juga yang berwarna coklat dan merah. Di dalam kompetisi anjing, semakin cerah warnanya, maka semakin bagus nilainya.

2. Black German Shepherd

Black German Shepherd

Black German Shepherd adalah varian yang memiliki warna bulu hitam solid. Mereka tidak memiliki warna campuran atau kombinasi dari warna yang lainnya.

Selain Black German Shepherd yang berwarna hitam, ada pula varian German Shepherd yang memiliki warna putih solid. Meskipun sangat jarang ditemukan, German Shepherd putih sangat cocok menjadi hewan peliharaan.

3. Panda German Shepherd

Panda German Shepherd

German Shepherd ini pada dasarnya mengalami mutasi genetik yang langka dan menyebabkan munculnya bercak putih di bagian tertentu pada trah anjing German Shepherd.

Umumnya, mereka memiliki lapisan bulu berwarna putih di bagian perut dan kaki, namun berwarna hitam atau cokelat di bagian lainnya sehingga memberikan kesan seperti panda.

4. German Shepherd Sable

German Shepherd Sable

German Shepherd varian ini memiliki karakteristik yang cukup unik. Mereka memiliki bulu di bagian atas tubuh dengan warna yang beragam sehingga memberikan penampilan yang menarik.

Warna bulu tersebut berkembang dan berubah seiring bertambahnya usia. Umumnya, warna ini campuran dari beberapa warna seperti coklat, abu-abu, hitam, dan emas.

Karakteristik

sifat german shepherd

1. Sifat

Jika anda adalah pemilik dari Anjing German Shepherd, maka ada baiknya untuk mengetahui apa sifatnya agar tidak salah dalam penanganan atau memperlakukannya.

  • Sangat waspada untuk menjaga majikan.
  • Penuh energi dan suka berolahraga seperti berlari atau bermain bola.
  • Memiliki kecerdasan tinggi sehingga mudah memahami perintah.
  • Mudah penasaran terhadap sesuatu yang dianggap mencurigakan.
  • Patuh dengan perintah majikan.
  • Pemberani dan tidak kenal takut.
  • Aktif dan juga bertenaga.
  • Sering mengacau jika energinya tidak terlampiaskan.

Karena anjing ini memiliki sifat yang sangat baik, maka beberapa peran mereka sering kali digunakan sebagai:

  • Anjing penggembala
  • Anjing pelacak
  • Anjing polisi
  • Anjing militer
  • Anjing pengawal
  • Anjing penjaga rumah

2. Fisik

Berikut dibawah ini adalah beberapa karakteristik fisik yang paling umum ada pada anjing german shepherd, antara lain:

  • Bentuk tubuh yang proporsional dan agak memanjang.
  • Memiliki otot serta struktur tulang yang solid.
  • Warna mata gelap dan berbentuk almond.
  • Telinga berdiri tegak, lebar dibawah dan mengerucut ke atas.
  • Umumnya berbulu hitam solid atau dengan warna tan maupun sable.
  • Untuk anjing jantan berukuran 60-65 cm, sementara untuk anjing betina adalah 55-60 cm.
  • Berat normal kisaran 35-40 kg.
  • Berusia maksimal sekitar 13 tahun.

Cara Merawat

cara merawat melatih german shepherd

1. Memberi Makanan yang Bernutrisi

Agar Anjing Herder German Shepherd peliharaan anda dapat bertumbuh dengan sehat dan baik, maka berikan makanan yang bernutrisi. Terlebih lagi jenis anjing ini memiliki sifat sangat aktif dan bertenaga.

Jika anda belum mengetahui apa makanan yang harus diberikan, maka berikan makanan khusus anjing yang banyak dijual di petshop. Anda akan menemukan banyak pilihan merek yang berkualitas dan mengandung nutrisi yang tinggi.

Namun ada baiknya menyesuaikan makanan dengan apa yang diinginkan anjing. Caranya adalah dengan memberikan beberapa jenis makanan yang berbeda, lalu pilih makanan yang lebih ia sukai. Pastikan juga bahwa makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi anjing.

2. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Memberikan kandang khusus untuk anjing adalah sesuatu hal yang sangat penting. Selain akan membuatnya lebih nyaman, secara tidak langsung anjing akan lebih disiplin untuk mengetahui dimana tempat tidur dan buang air.

Jangan lupa juga untuk membersihkan kandang mereka secara rutin agar anjing peliharaan anda lebih nyaman. Pasalnya meskipun anjing herder german shepherd memiliki perawakan yang garang, namun mereka sangat sensitif dengan kebersihan.

3. Mandikan Secara Teratur

Seperti yang telah disebutkan diatas, german shepherd sangat memperhatikan terkait kebersihan. Jadi, pastikan untuk memandikan anjing peliharaan anda secara teratur minimal seminggu sekali.

Gunakan shampo khusus anjing yang bisa ditemukan di petshop agar bisa terhindar dari serangan kutu anjing. Bersihkan juga giginya menggunakan pasta gigi khusus anjing sehingga gigi tetap terawat dan tidak bau.

4. Mengajak Berolahraga

Anjing herder jenis ini adalah anjing yang memiliki tenaga yang sangat besar. Mengajaknya berolahraga adalah kegiatan yang harus dilakukan sebagai majikan dari german shepherd.

German shepherd yang memiliki banyak tenaga akan sering mengacau jika energinya tidak terlampiaskan dengan berolahraga. Jadi, ajaklah berolahraga seperti berlari atau bermain bola agar membuatnya tetap sehat dan terlatih.

5. Melatih Dengan Perintah Dasar

German shepherd adalah jenis anjing yang pintar dan cepat memahami perintah. Itulah kenapa anjing ini sering digunakan sebagai anjing penjaga, pelacak, atau pengawal militer.

Untuk memaksimalkan peran anjing, cobalah memberikannya perintah dasar seperti berdiri, berbaring, duduk, dan lompat. Setelah itu, anjing tersebut akan lebih mudah untuk diberikan perintah lainnya dan secara tidak langsung akan meningkatkan kedisiplinannya.

Makanan

makanan german shepherd

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya diatas, anjing ini sangat aktif sehingga akan membutuhkan makanan dengan nutrisi yang tepat. German shepherd lebih baik diberikan makanan yang mengandung nutrisi dari daging sapi dan sayuran.

Selain itu, dianjurkan mengonsumsi makanan biji-bijian yang mengandung serat, karbohidrat yang optimal seperti gandum, dan protein yang cukup.

Hindari makanan yang terdapat lemak tinggi. Karena makanan yang banyak lemak akan menyebabkan iritasi kulit. Kandungan lemak dalam setiap makanan setidaknya hanya sekitar 5-8% saja.

Harga

Berikut ini adalah beberapa harga untuk anjing german shepherd, antara lain:

SpesifikasiHarga
Anjing german shepherd non-stamboomRp4.000.000 – Rp7.000.000
Anjing german shepherd stamboomRp7.000.000 – Rp12.000.000
Anak anjing german shepherdRp4.000.000 – Rp7.000.000
Anjing german shepherd best quality / importRp12.000.000 – Rp18.000.000
Anjing german shepherd terlatihRp18.000.000 – Rp28.000.000

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Cara mengatasi bulu anjing german shepherd yang rontok?

Mengatasi kerontokan bulu anjing german shepherd adalah sebagai berikut: memberikan makanan yang bernutrisi, melakukan grooming yang berkualitas, berikan vitamin dan suplemen, serta obat kutu yang tepat.

Anjing yang mirip dengan anjing german shepherd?

Anjing Malinois Belgian adalah jenis anjing yang mirip dengan german shepherd. Keduanya pun juga sama-sama loyal dengan majikan dan memiliki sifat pekerja keras. Namun badan dari anjing Malinois Belgian lebih kecil dibandingkan German Shepherd.

Makanan anjing german shepherd yang bagus?

Pada dasarnya, semua jenis makanan bagus untuk jenis herder yang satu ini, namun yang wajib diperhatikan adalah kandungan yang ada di dalamnya serta porsi untuk si anjing itu sendiri.

Tinggalkan komentar