Anjing Chihuahua

Beranda » Anjing » Anjing Chihuahua

Berniat memelihara anjing Chihuahua? Sebelum membawa si mungil ini ke rumah, lebih baik ketahui tentang ciri, sifat, makanan dan cara merawatnya terlebih dahulu.

Karena meski tergolong anjing yang lucu dan imut, anjing yang sering disebut sebagai tini toys size ini bisa saja menjadi predator mini untuk kamu.

Bagaimana tidak? Anjing ini memiliki ukuran yang kecil, namun tetap memiliki kepribadian cenderung emosional. Selain itu, mereka memiliki beragam jenis bulu sehingga digemari dan diburu oleh pecinta anjing.

Jika kamu ingin memeliharanya, maka ada baiknya untuk mengetahui tentang sejarah, makanan hingga perawatan kesehatan anjing Chihuahua berikut ini.

Sejarah Anjing Chihuahua

Sejarah Anjing Chihuahua

Seperti yang diketahui bersama, Chihuahua dinobatkan sebagai anjing terkecil di dunia. Ini dapat dilihat dari tubuhnya yang jauh lebih panjang dari tinggi badannya.

Anjing yang dipertemukan pertama kali di Meksiko pada tahun 1850 ini merupakan anjing ras hasil kawin silang antara jenis Techici, Toltec dan Chinese Crested.

Pada masa kejayaan Suku Aztec, anjing mungil ini biasa dijadikan sebagai binatang yang dikorbankan. Jadi, jika ada salah satu bangsawan dari suku tersebut meninggal dunia, maka ia akan turut dikebumikan.

Mereka percaya, bahwa si kecil berkepala mirip apel ini dapat menuntun roh hingga ke surga.

Ciri-Ciri Anjing Chihuahua

Ciri-Ciri Anjing Chihuahua

Ciri anjing Chihuahua memiliki postur tubuh mungil dengan bentuk tubuh sedikit memanjang. Ekornya tidak begitu panjang sehingga kamu tak perlu memotongnya.

Ekor dari jenis anjing asal Meksiko ini umumnya melengkung hingga ke bagian punggung atau sering disebut teacup tail. Ada juga bentuk ekor yang tegak lurus hingga mirip seperti sebuah antena.

Anjing Chihuahua terkenal unik karena memiliki kepala yang mirip dengan buah apel. Jika kamu melihat dari sisi samping, moncong dan batok kepala anjing ini memiliki sudut sekitar 90 derajat.

Tak seperti anjing lain, pada bagian atas kepala anjing mungil ini terdapat lubang yang bernama molera. Lubang ini akan hilang dengan sendirinya ketika ia sudah beranjak dewasa.

Berat dari si Chihuahua dapat mencapai 1,5 hingga 3 kg dengan usia mencapai 12 hingga 20 tahun. Ia memiliki dua jenis bulu yaitu lurus atau curly dan pendek atau panjang.

Sedangkan untuk warna terbagi menjadi berbagai macam jenis yaitu gold, putih, krem, putih dan coklat kekuningan.

Sifat Anjing Chihuahua

Sifat Anjing Chihuahua

Bagi para pecinta anjing, pasti sudah sangat paham bahwa sifat dari anjing satu ini cukup ekspresif. Ia bisa saja bersikap sangat manis ketika moodnya sedang bagus. Namun bisa jadi sebaliknya jika merasa sedang terancam atau marah.

Sifat anjing Chihuahua dapat dikatakan sangat sensitif dan cenderung bersikap pemarah. untuk itu, ia tidak terlalu recomended untuk dipelihara anak=anak karena sifatnya tersebut.

Meski sifatnya cenderung emosional, anjing dengan nama latin Canis familiaris ini bisa saja menjadi sangat loyal. Terlebih jika kamu mencurahkan semua perhatian hanya untuknya. 

Bahkan jika sudah sangat dekat dengan sang majikan, ia akan menjadi sangat protektif. Ia ingin kamu selalu berada di dekatnya sehingga tak mampu akur dengan anjing jenis lainnya.

Chihuahua sangat senang bermain di sudut ruang yang sempit atau ruang-ruang gelap. Mereka juga senang bermain di balik selimut, tumpukan pakaian atau tumpukan bantal.

Makanan Anjing Chihuahua

Makanan Anjing Chihuahua

Secara umum, makanan anjing Chihuahua hampir sama dengan apa yang dimakan anjing ras pada umumnya. Karena jenis anjing istimewa, kandungan gizi dan proteinnya harus sangat diperhatikan.

Meski begitu, kamu tidak disarankan untuk memberi si mungil satu ini makanan dengan porsi banyak. Karena ia akan sangat rentan mengalami obesitas sehingga berdampak buruk pada kesehatannya.

Pakan anjing Chihuahua yang paling baik adalah sejenis daging dan aneka biji-bijian. Untuk jenis Chihuahua dewasa, kamu dapat memberikan sekitar ¾ cup dog food dalam sekali makan.

Agar ia tidak mudah bosan, kamu bisa memberikannya makanan selingan berupa makanan kalengan atau sejenisnya. Pastikan makanan yang kamu berikan telah teruji kehigienisannya agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit.

Cara Merawat Anjing Chihuahua

Chihuahua Anakan (Puppies)

Merawat Chihuahua Anakan Puppies

Berbeda dengan yang sudah dewasa, dalam cara merawat anak anjing Chihuahua dibutuhkan perlakuan khusus. Ini bertujuan untuk mendidiknya agar tidak manja, cemburuan dan bandel ketika sudah dewasa.

Cara pertama adalah dengan mengatur pola makannya agar lebih teratur. Anakan Chihuahua paling tidak harus makan empat kali dalam satu hari. Porsi yang bisa kamu berikan dalam satu hari sekitar 50 gram makanan kering.

Ini pun tidak boleh diberikan secara langsung. Kamu harus membaginya menjadi empat kali makan dengan total berat hanya 12,5 gram. Karena masih sangat kecil, berikan ia makanan lunak agar mudah untuk dicerna.

Kebiasaan ini harus kamu lakukan hingga ia masuk usia tiga bulan. Bahkan hingga masuk ke usia enam bulan, kamu masih tetap harus memberikannya makanan sebanyak empat kali sehari.

Setelah lewat dari usia itu, kamu mulai bisa memberikannya makanan dua kali dalam sehari. Agar pertumbuhannya tidak terganggu, tetap jaga pola makannya hingga menginjak usia satu tahun.

Meski berjenis anjing ras, kamu tak perlu menyediakan kandang untuk si lincah satu ini. Kamu cukup menyediakannya ruang khusus bermain agar ia tidak merasa bosan.

Tak seperti husky, anjing kecil ini justru tak tahan jika ditaruh di ruangan ber AC atau temperatur dingin. Kamu harus menaruhnya pada ruangan yang sering tersinari matahari untuk menjaga kesehatan tulangnya.

Jika terpaksa harus dirawat dalam kandang, maka kamu harus rajin mengajaknya berjemur. Chihuahua biasanya memilih berjemur pada siang hari saat matahari tengah bersinar terik.

Chihuahua Dewasa

Merawat Chihuahua Dewasa

Berbeda dengan anakannya, anjing Chihuahua dewasa tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus. Kamu hanya perlu konsen pada kesehatan, kebersihan dan kesehatannya saja.

Chihuahua tidak perlu terlalu sering dimandikan. Untuk chihuahua yang dirawat di dalam ruangan hanya perlu mandi sekitar tiga bulan sekali. Sedangkan yang dirawat di luar ruangan harus dimandikan sebulan sekali.

Karena jarang mandi, mungkin kamu akan merasa sedikit terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari tubuhnya. Namun ini justru akan membuat rambutnya jauh lebih sehat.

Jika kamu merasa tidak nyaman, kamu dapat memberinya bedak bayi atau dry shampoo khusus anjing. Lakukan perawatan pada bulu si Chihuahua dengan cara menyisirnya sesering mungkin.

Kamu dapat melakukan dengan cara memberinya bedak bayi ke sekujur tubuhnya. Kemudian menyisir bulunya hingga ke ekor. Biarkan bulu-bulu mati dan kotoran yang berada di tubuhnya berjatuhan. Ini dapat membantu meregenerasi bulu bulu baru agar tumbuh dengan baik.

Dalam memilih makanan untuknya, pilihlah jenis makanan yang ukurannya kecil agar lebih mudah dikunyah. Jika kamu memberinya dog food, pastikan bahwa nan jumlah proteinnya sebanyak 28% dari komposisi makanan pokoknya.

Karena sudah beranjak dewasa, ia harus dilatih untuk membentuk karakter serta bentuk tubuhnya agar lebih bagus. Kamu bisa melatih sejak si doggy berusia tiga bulan.

Harga Anjing Chihuahua

Chihuahua adalah jenis anjing yang bisa dibilang memiliki harga yang cukup fantastis. Harga ini juga sangat tergantung dari kondisi dari si anjing chihuahua itu sendiri. Berikut di bawah ini adalah daftar harganya di pasaran.

JenisKondisiHarga
Chihuahua StandarTanpa DokumenRp1.500.000 – Rp3.000.000
Chihuahua ImportSudah Dokumen dan VaksinRp4.000.000 – Rp7.000.000
Chihuahua Import MurniSudah Dokumen dan VaksinRp15.000.000

Nah, itulah tadi ulasan mengenai anjing Chihuahua mulai dari harga, sejarah, ciri, sifat, makanan hingga cara merawatnya. Si mungil satu ini memang kadang membingungkan. Namun jika kamu paham tentang cara merawatnya ia juga akan menjadi anjing manis nan menggemaskan.

Tinggalkan komentar