Anjing Pudel

Beranda » Anjing » Anjing Pudel

Poodle adalah salah satu jenis anjing yang dicintai di seluruh dunia. Anjing Poodle atau juga sering disebut dengan anjing pudel adalah anjing ke-7 paling populer di AS.

Jenis anjing ini menjadi hewan peliharaan favorit penampilannya yang unik, memiliki sifat menyenangkan, energik, dan sangat pintar. Anjing ini cocok untuk dijadikan menjadi sahabat manusia karena mereka mudah beradaptasi.

Jika kamu ingin memelihara anjing lucu yang satu ini kamu harus mempelajari ciri-ciri, sifat, dan cara merawatnya. Mempelajari cara merawat pudel itu mudah, karena kamu hanya perlu mengetahui beberapa trik tentang perawatan, nutrisi, dan kesejahteraan umum anjing ini.

Ciri-Ciri Anjing Pudel

Ciri-Ciri Anjing Poodle

Anjing poodle adalah anjing yang terkenal karena bentuk tubuhnya yang anggun. Berikut beberapa ciri-ciri umum anjing poodle.

Kepala pudel memiliki bentuk yang elegan dan sedikit memanjang. Leher pudel yang agak padat bisa menopang kepala dengan baik. Bodinya proporsional, dengan ukuran badan sedikit lebih panjang dari pada tingginya.

Anggota tubuhnya benar-benar lurus. Lingkar dada, berada tepat di belakang bahu, dan biasanya ukurannya 4 inci lebih besar dari tinggi bahu. Postur pudel menyerupai kuda Arab.

Poodle dapat dilatih untuk menjadi pemburu, pelacak, pengawas, dan anjing rumahan. Agar pudel bisa tumbuh dengan baik memang perlu olahraga teratur, makanan bergizi, dan perawatan konstan untuk menjaga kesehatan tubuh dan psikologis mereka.

Warna Bulu

Anjing pudel memiliki warna bulu yang beragam seperti hitam, putih, krem, coklat, perak, merah, dan poodle aprikot.

Jenis Bulu

Biasanya anjing poodle memiliki jenis bulu yang keriting dan tebal. Tetapi beberapa anjing poodle juga ada yang memiliki bulu tipis dan sedikit keriting.

Warna Mata

Warna mata anjing ini biasanya hitam atau coklat tua. Sedangkan untuk anjing pudel coklat biasanya matanya cenderung berwarna kuning.

Tubuh

Anjing poodle standar memiliki ukuran tubuh antara 9 sampai 24 inci untuk betina dan antara 9 sampai 24 inci untuk jantan. Sedangkan berat tubuhnya, antara 13 sampai 51 lb untuk anjing betina, dan anjing jantan yaitu antara 13 sampai 51 lb.

Ukuran dan berat tubuh diatas adalah untuk anjing poodle standar. Sedangkan untuk jenis anjing pudel miniatur dan toy, kamu bisa melihatnya dibawah ini.

Ukuran tubuh pudel miniatur:

  • Anjing jantan antara 11 sampai 14 inci
  • Anjing betina antara 11 sampai 14 inci

Ukuran tubuh toy pudel:

  • Anjing jantan antara 9 sampai 11 inci
  • Anjing betina antara 9 sampai 11 inci

Sifat Anjing Pudel

Harga Anjing Pudel

Sifat dan kepribadian anjing pudel sering digambarkan dengan sifat waspada, cerdas, setia, mudah dilatih, aktif, dan memiliki insting tajam. Mereka adalah anjing yang sangat pintar dan dapat mempelajari perintah dengan sangat cepat.

Pudel dikenal sangat loyal dan biasanya cepat beradaptasi dengan pemiliknya. Mereka cenderung malu-malu dengan orang asing tapi meski begitu mereka jarang bertindak agresif.

Anjing pudel memiliki ukuran yang berbeda yaitu poodle standar, poodle miniatur, dan toy poodle atau poodle mainan. Sifat ketiganya memang sedikit berbeda dan masing-masing ukuran memiliki karakteristik spesifiknya sendiri.

kepribadian pudel standar adalah sangat energik, tetapi mereka cenderung sedikit lebih tertutup daripada pudel miniatur dan toy pudel. Pudel miniatur sangat penurut dengan pemiliknya dan biasanya yang paling aktif diantara  yang lain.

Sedangkan pudel miniatur memiliki ukuran yang lebih besar daripada toy pudel. Selain itu, pudel miniatur memiliki kepribadian yang sedikit lebih nakal daripada pudel standar.

Toy pudel adalah pudel yang terkecil diantara ketiganya dan pudel ini bisa menjadi teman yang sangat baik. Toy pudel bisa tumbuh sehat dengan dukungan positif, pujian, dan perhatian fisik, jadi usahakan jangan bicara dengan nada kasar atau agresif.

Anjing pudel adalah anjing yang cukup pintar dan dapat dengan mudah menangkap suasana hati pemiliknya. Jika kamu mengalami hari yang sulit, anjing poodle mungkin juga bisa terbawa suasana hati kamu dan akhirnya poodle mengalami perasaan yang sama.

Karena jenis bulu mereka yang terlihat lebih anggun, beberapa orang beranggapan bahwa pudel adalah hewan yang rapuh dan tertutup. Namun, mereka sebenarnya adalah anjing yang aktif, ramah, suka berlari, dan suka bermain-main.

Pudel juga bisa menjadi penjaga rumah yang baik karena pada awalnya anjing ini digunakan untuk membantu berburu hewan. Anjing ini bisa memperingatkan pemiliknya ketika seseorang atau hewan asing mendekat.

Kecerdasan pudel kadang-kadang dapat menyebabkan perilaku yang keras kepala. Meskipun demikian, kepribadian penuh empati yang dimiliki anjing ini bisa menenangkan banyak orang.

Makanan Anjing Pudel

Makanan Anjing Pudel

Poodle membutuhkan aktivitas luar ruang yang menyenangkan, sosialisasi, pelatihan, dan juga membutuhkan makanan anjing pudel berkualitas. Memilih nutrisi yang baik adalah hal yang penting agar anjing pudel bisa terhindar dari kemungkinan masalah kesehatan.

Makanan mereka harus mengandung protein dan kalsium berkualitas baik. Bahan yang ada pada produk makanan haruslah mengandung bahan-bahan yang fresh, akan lebih baik jika ditambah lemak hewani yang baik dan tidak ada produk buatan.

Makanan untuk anjing pudel sebaiknya harus terbebas dari gandum. Dan kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan anjing pudel agar tidak kelebihan berat badan.

Agar lebih mudah dan tidak salah takaran kamu bisa berkonsultasi dulu dengan dokter hewan. Jika tidak ingin pergi ke dokter hewan kamu bisa melihat petunjuk pemberian makanan di bungkus makanan.

Cara Merawat Anjing Pudel

Cara Merawat Anjing Pudel

Agar pudel tetap dalam keadaan sehat, kamu perlu melakukan beberapa perawatan. Berikut beberapa cara merawat anjing pudel yang perlu kamu lakukan.

Vaksin

Vaksinasi untuk anjing pudel sangat penting demi menjaga mereka dari berbagai penyakit. Mereka perlu mendapatkan vaksin rabies, distemper, parvovirus, dan adenovirus, dan kamu juga harus memberikan vaksin flu dan penyakit Lyme.

Jika kamu tinggal di daerah yang banyak sarang ular, anjing pudel kamu juga harus diberikan vaksin untuk menangkal racun ular. Selain vaksin kamu juga perlu memberikan obat-obatan untuk menghilangkan kutu, caplak, cacing hati, dan kuman.

Latihan

Pudel adalah hewan peliharaan yang energik jadi mereka membutuhkan banyak aktivitas fisik setiap hari. Mereka membutuhkan kegiatan luar agar mereka tetap bisa menyalurkan energi karena jika tidak disalurkan mereka bisa sangat nakal dan menyebabkan kerusakan di dalam rumah.

Poodle suka mendaki, bermain, dan berenang sambil berinteraksi dengan orang-orang ataupun anjing lain. Aktivitas itu bagus untuk kesehatan mereka secara keseluruhan, terutama untuk sistem kardiovaskular dan pencernaan mereka.

Bersosialisasi

Perawatan pudel tidak hanya mencakup fisik saja tetapi sosialisasi juga penting untuk merangsang kepekaan mereka. Sosialisasi itu penting, sehingga mereka bisa nyaman dengan pemiliknya dan juga hewan lain.

Poodle adalah anjing yang suka bergaul dan selalu ingin bersama pemilik mereka, jadi semakin banyak integrasi dengan orang lain dan anjing lain semakin baik. Perawatan pudel harus mencakup kesejahteraan fisik dan mental.

Perawatan Bulu

Pudel memiliki bulu bergelombang / keriting yang tebal dan perlu dirawat secara teratur agar tidak kusut dan kasar. Agar bulu mereka tetap rapi, bulu anjing pudel perlu disikat setiap hari dan melakukan perawatan lengkap kira-kira setiap 6-8 minggu.

Perawatan Gigi

Seperti halnya dengan perawatan bulu, pudel juga membutuhkan perawatan gigi. Gigi mereka harus disikat sehari sekali dengan sikat gigi dan pasta gigi khusus anjing.

Harga Anjing Pudel

Harga anjing pudel sebenarnya sangat bervariatif karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis, asal, kondisi, ukuran, dan usianya. Meskipun demikian, kamu bisa melihat harga pasaran poodle pada tabel dibawah ini.

Anjing PudelHarga
Maltiz Poodle (kecil)Rp1.300.000
Apricot Poodle (Jantan)Rp1.500.000
Red Toy Poodle (Betina)Rp3.000.000
Red Toy Poodle (Jantan)Rp3.600.000
Tiny Toy Poodle Bloodline Import (Betina)Rp3.600.000
Silver Toy Poodle (Jantan)Rp3.800.000
Mini Black Poodle (Super Good Quality)Rp4000.000
Tiny White PoodleRp5.000.000
Teacup Red PoodleRp6.000.000
Teacup Red Toy PoodleRp10.000.000

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai anjing pudel. Pelajari secara lengkap mengenai ciri-ciri, sifat, makanan, harga, dan cara merawat pudel dengan baik agar pudel kesayangan kamu tumbuh dengan sehat.

Tinggalkan komentar