Anjing Pitbull

Beranda » Anjing » Anjing Pitbull

Sebelum abad ke-20 ternyata ada beberapa kerajaan kuno di dunia yang menggunakan seekor anjing sebagai “prajurit” mereka untuk ikut ke dalam medan perang. Salah satunya adalah anjing pitbull atau pit bull yang telah diyakini sudah ada sejak zaman kerajaan kuno di Britania Raya.

Apakah Anda pecinta anjing? Sebagai penyuka hewan ini pasti Anda tidak asing lagi dengan jenis anjing yang satu ini. Perspektif umum banyak orang mengenai anjing ini kalau diambil secara luas, orang-orang akan menilai kalau ini anjing tergalak. 

Sebenarnya apa itu anjing pitbull dan apakah anjing jenis ini dapat dipelihara? Kalau memang bisa, bagaimana merawatnya agar dapat jinak? Berikut fakta anjing pitbull beserta ulasan lainnya!

Sejarah

sejarah anjing pitbull

Anjing pitbull adalah ras anjing campuran yang memiliki bentuk tubuh besar, kepala persegi serta sifat yang galak. Banyak orang yang susah mengidentifikasi anjing ini karena jenis-jenis anjing ini terlihat sama secara visual, sehingga masyarakat menyebutnya dengan sebutan pitbull.

Meskipun demikian, ternyata ada sejarah dibalik kemunculanya. Sebagian orang mengatakan kalau anjing pitbull ini berasal dari negara Inggris dan merupakan persilangan antara anjing mastiff dan anjing Inggris. 

Ada juga yang mengatakan kalau pitbull diturunkan dari bulldog dan terrier. Anjing mastiff sendiri merupakan keturunan dari anjing molossus, yaitu anjing yang digunakan oleh kerajaan kuno molossians. 

Jadi, pada zaman kerajaan kuno di negara Inggris orang-orang British saat itu suka menggunakan anjing mastiff di dalam peperangan. Itu dikarenakan karakteristiknya yang agresif dan bertubuh besar membuatnya dengan mudah melumpuhkan lawannya. 

Lalu, masyarakat di kawasan Roma mengawinkan jenis anjing tersebut dengan anjing Inggris.

Hasil dari perkawinan silang tersebut pada akhirnya menyebar ke luar daerah Romawi. Tetapi, ada sejarah lain yang mengatakan kalau anjing jenis ini memang berasal dari Inggris yang pada saat itu sering digunakan untuk melakukan suatu kegiatan ilegal.

Salah satunya adalah pertarungan anjing. Meskipun dulu dan sampai sekarang kegiatan tersebut masih ada dan dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Hingga mendekati abad ke-20, anjing ini mulai dikenal luas dan digunakan oleh kegiatan hukum seperti kepolisian di negara Amerika.

Tidak hanya itu, masyarakat Amerika juga menggunakan jenis anjing ini untuk berburu, menggiring hewan ternak, menangkap babi semi-liar atau dijadikan peliharaan.

Fakta anjing pitbull lainnya adalah penggunaannya yang salah. Ya, salah satunya tadi sebagai peserta pertarungan ilegal yang melibatkan perjudian, tetapi juga di Amerika hewan ini digunakan untuk tindakan kejahatan. 

Lalu, penegak hukum juga menjelaskan kalau hewan ini sering dipakai untuk menjaga operasi narkotika, penyerangan dan melawan polisi.

Jenis

Sebelumnya sudah diberitahu kalau anjing pitbull merupakan penamaan bagi suatu ras campuran hewan anjing, misalnya bulldog dengan terrier. Meskipun ternyata masih ada beberapa turunan atau jenis-jenis anjing pitbull lainnya, banyak orang yang sulit mengenalnya karena tampak sama. 

Jenis-jenis anjing pitbull juga tidak lepas dari sejarahnya. Sejumlah asosiasi juga telah mengkonfirmasi dan mengakui beberapa ras dari hewan ini.

1. Bull Terrier

Bull Terrier

Pertama kali ada pada zaman Ratu Victoria di kerajaan Inggris Raya dan mulai terkenal pada tahun 1860. Mulanya, anjing ini merupakan hasil persilangan antara anjing bulldog dengan anjing White English Terrier. Bull Terrier saat itu sering digunakan untuk pertarungan anjing. 

Untuk karakteristiknya tubuhnya, umumnya Bull Terrier memiliki ukuran 12 inci dengan berat tubuh sekitar 12 kilogram. Lalu warna pertama kali dari anjing ini adalah putih, tapi muncul warna lain beberapa saat setelahnya. 

Ciri-ciri anjing pitbull jenis ini adalah memiliki otot yang kekar, mata sedikit sipit dan hampir berdekatan, kuping berdiri dan tulang yang kuat.

Kalau Anda mau memeliharanya, disarankan untuk tidak mencampurinya dengan hewan lain atau anjing jenis lain. Secara emosional, Bull Terrier sangat agresif dan temperamen sangat buruk buat manusia maupun hewan lainnya.

2. Miniature Bull Terrier

Miniature Bull Terrier

Jenis anjing pitbull yang satu ini merupakan produk yang hampir sama dengan jenis bull terrier. Masa kelahiran pertamanya juga berdekatan. Ini merupakan persilangan antara anjing Bulldog, White English Terrier dan Dalmatian, dan pertama kali muncul di kota England pada tahun 1872.

Sedikit informasi, dulu Miniature Bull Terrier masih tergolong anjing Bull Terrier biasa. Karena pada tahun 1900-an masyarakat dan bahkan asosiasi membedakan ras-ras anjing berdasarkan beratnya. 

Tetapi, melihat ukuran Miniature Bull Terrier yang sangat pendek dari Bull Terrier umumnya membuat pandangan ini berubah. 

Barulah pada 1970-an, klasifikasi ras dibedakan berdasarkan tinggi. Lalu apa karakteristik dan perbedaannya dengan Bull Terrier? Miniature Bull Terrier memiliki tinggi sekitar 14 inci dan berat 9-15 kilogram, untuk ototnya hampir mirip dengan Bull Terrier.

Anjing jenis ini mempunyai otot besar di bahunya, mantel yang halus, berkilau dan pendek mendekati kulitnya. Bentuk kepalanya mirip dengan bentuk telur, dengan bentuk mata segitiga yang berdekatan dan kuping yang berdiri.

Masalah warna, Miniature Bull Terrier dapat mempunyai warna putih, hitam, cokelat kekuningan, merah atau gabungan tiga warna.

3. Staffordshire Bull Terrier

Staffordshire Bull Terrier

Selanjutnya ada Staffordshire Bull Terrier yang juga muncul pertama di abad ke-19 di England. Sama seperti ras Terrier sebelumnya yang merupakan persilangan Bulldog dengan jenis anjing lainnya. SBT juga awalnya menyilangkan antara anjing Bulldog dengan leluhur Manchester Terrier.

Mirip dengan keluarga Terrier lainnya yang berotot, bulu-bulu halus, mata kecil yang berdekatan dan kepala berbentuk telur. Untuk ukuran tingginya memang sedikit lebih besar dibanding MBT di atas, yaitu bisa mencapai 14 hingga 16 inci. 

Berat tubuhnya untuk jantan mencapai 12-17 kilogram dan untuk betina mencapai 10-15 kilogram.

Ya, secara fisik mirip dengan Terrier lainnya. Tapi, ternyata Staffordshire Bull Terrier merupakan anjing yang memiliki rasa emosional yang lebih hangat. Artinya anjing jenis ini bisa dijadikan peliharaan dan dijadikan teman untuk diajak jalan-jalan. 

Akan tetapi, karena masih memiliki sisi agresif disarankan untuk dikenakan pengikat leher saat diajak ke luar rumah. 

4. American Staffordshire Terrier

American Staffordshire Terrier

Terakhir ada American Staffordshire Terrier yang juga termasuk hasil persilangan dengan anjing jenis lain. Kisah sejarahnya juga sama dengan keluarga Terrier lainnya yang dominan dijadikan sebagai petarung, pemburu dan penjaga. Bahkan hingga saat ini, American Staffordshire Terrier juga masih digunakan dalam pertarungan anjing.

Akibatnya, reputasi dari anjing ras Terrier sangat buruk dan sering dianggap sebagai anjing dengan sifat agresif yang tinggi. Padahal, beberapa ras Terrier bisa dijadikan peliharaan kalau dilatih dengan baik. 

Bahkan beberapa juga merupakan anjing yang sangat menyukai manusia dan senang jika diajak bermain.

American Staffordshire Terrier ini dapat dikatakan anjing tertinggi di ras Terrier karena tingginya dapat mencapai 19 inci. Bukan hanya tertinggi saja, tapi juga yang terberat yaitu beratnya mampu mencapai 18 kilogram. 

Cara Mengawinkan

gambar anjing pitbull

Jika Anda saat ini sedang memelihara salah satu jenis anjing pitbull dan ingin mengawinkannya. Maka Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting agar anjing kesayangan Anda tidak mengalami masalah saat proses kawin maupun hamil jika itu betina. 

Sebenarnya, untuk cara mengawinkan anjing pitbull tidak ada bedanya dengan anjing lainnya. Apalagi, hewan ini dikenal dengan hewan yang pintar dengan naluri yang hebat.

Anjing juga mempunyai insting bagaimana cara untuk berkembang biak. Tapi meskipun begitu untuk anjing peliharaan, Anda juga mempunyai peran penting di momen tertentu.

Untuk mempermudah pemahaman, mari lihat langkah-langkah berikut ini untuk memulai proses perkawinan.

1. Cek Kondisi Anjing Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek segalanya terkait anjing Anda, baik itu umur, kesehatan atau hal-hal yang menyangkut keturunan. Untuk masalah umur, pastikan kalau anjing Anda sudah matang secara seksual.

Baik anjing betina dan jantan akan mencapai masa kematangan seksualnya di umur 1.5 tahun, tetapi untuk betina jangan Anda kawinkan ketika usianya 4-6 tahun. Jadi, pastikan dulu umur anjing Anda apakah sudah waktunya atau belum untuk dikawinkan.

Masalah kesehatan Anda juga harus perhatikan dengan teliti. Pastikan kembali bahwa anjing Anda tidak ada masalah kesehatan seperti masalah penglihatan, pendengaran, jantung, ginjal, jantung dsb.

Fisik dan mental turut dipertimbangkan, jangan sampai Anda membiarkan anjing yang memiliki temperamen agresif kawin dengan anjing yang pendiam. Bukan hanya akan mempersulit proses kawin, tapi juga bisa melukai pasangannya nanti.

2. Bawa ke Dokter Hewan

Kalau Anda tidak mau repot-repot menggali identitas atau informasi anjing Anda sendiri, datang saja ke dokter hewan. Dokter akan melakukan pemeriksaan terkait hal-hal di atas dan pasti juga memberikan info mengenai perkawinan anjing.

3. Proses Kawin

Pada dasarnya anjing bisa melakukan penetrasi sendiri, tetapi kalau anjing Anda terlihat kesusahan saat menaiki betina Anda bisa ambil alih untuk membantunya. Perhatikan langkah-langkah mengawinkan anjing berikut ini!

Pertama, ikat mulut anjing betina agar tidak menggigit Anda atau pasangannya saat melakukan penetrasi. Karena tugas Anda hanyalah membantu kelamin anjing jantan memasuki alat kelamin betina. Kedua, bantu anjing jantan untuk menaiki betina.

Ketiga, arahkan testis ke lubang rahim betina agar sperma nantinya dapat dengan mudah masuk ke dalam rahim. Dan setelah itu coba untuk memasukkannya secara perlahan. Keempat, setelah testis masuk tahan anjing jantang hingga testis membesar dan mengunci.

Kelima, berikan rangsangan dengan cara mengocok testisnya agar sperma dapat keluar. Jika sudah keluar, ada baiknya Anda mengangkat kaki betina agar sperma tetap di dalam dan tidak meluber.

4. Merawat Anjing yang Hamil

Kalau Anda niat mengawinkan anjing Anda baik dengan ras lain, setelahnya Anda harus mampu mengurusnya dengan baik dan benar. Pada intinya adalah berikan kenyamanan agar proses kehamilan berjalan mulus.

Pastikan anjing Anda tidak stress, berikan kandang yang nyaman dan hangat dan selalu berikan vitamin.

Selain itu, untuk masalah kandang sebaiknya Anda tidak memberikan tempat tidur yang terlalu tinggi. Sebab anjing betina yang sedang hamil akan mudah kelelahan.

Cara Merawat dan Melatih

harga anjing pitbull

Fakta bahwa sebagian besar jenis anjing pitbull adalah sifat temperamennya yang buruk atau agresif, tapi itu kalau belum dilatih. Jadi, sebelum membeli anjing pitbull Anda harus paham akan karakteristiknya, cara merawat dan melatih anjing pitbull.

Buat Anda yang ingin merawatnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Anak Anjing Pitbull

Jangan perlakukan sama antara pitbull kecil dengan dewasa. Saat pertama kali beli yang masih berusia kecil, Anda harus siap melatihnya sejak dini. Seperti mengajarkannya melarang menggigit benda yang tidak boleh digigit atau latihan dasar seperti duduk, tidur dan diam.

Anda boleh melatih pendengaran dan daya ingatnya dengan menyebutkan namanya dengan kata lain memanggilnya. Lambaikan tangan Anda dan sebut nama anjing Anda berulang kali agar anjing Anda mengingatnya sebagai sebuah panggilan.

Kalau Anda membelinya di toko hewan atau peternakan, biasanya anjing tersebut sudah dilatih sejak awal. Setelahnya Anda hanya perlu mengajarkan hal-hal dasar, salah satunya panggilan. Selain itu, ajak terus bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2. Anjing Pitbull Dewasa

Sifat anjing pitbull sebenarnya mengikuti majikannya, kalau Anda memperlakukannya dengan baik maka sifatnya akan baik juga dengan manusia. Kalau Anda memeliharanya sejak kecil, Anda disarankan untuk mengajarkannya bersosialisasi sejak awal.

Yang perlu Anda perhatikan hanyalah masalah kenyamanan bagaimana Anda memperlakukan anjing Anda. Sering-sering lah mengajaknya bermain, keluar rumah dengan tambahan ikatan leher dan memberikan kandang yang cukup besar.

Bila Anda membeli pitbull dewasa dan tidak mampu melatihnya, Anda boleh menggunakan jasa pelatihan anjing yang dibawa oleh orang profesional.

Makanan

makanan anjing pitbull

Makanan anjing pitbull penting dijaga untuk menjaga stamina dan massa otot yang merupakan ciri utamanya. Di samping menjaga kebersihan, kenyamanan dan mengajarkan anjing Anda berlatih sesuatu. Hal lain yang harus benar-benar Anda perhatikan adalah konsumsi makanannya dan vitamin. 

1. Makan Pagi

Sediakan dua sendok bubur khusus anak anjing dan 2 sendok susu, lalu campur dengan air hangat dan aduk hingga merata. Kalau Anda mempunyai anjing pitbull dewasa, maka sediakan daging sapi, ayam maupun dog food.

2. Makan Siang

Untuk puppies Anda dapat memberinya makanan khusus anjing yang  dicampur dengan ati ayam, atau kalau bisa juga dicampur dengan nasi. Sementara yang dewasa bisa Anda berikan snack khusus anjing.

3. Makan Sore

Waktu sore adalah waktunya cemilan bagi peliharaan Anda. Berikan saja snack khusus anjing baik buat yang kecil maupun dewasa, hanya saja takaran untuk puppies lebih banyak diberikan. 

4. Makan Malam

Khusus untuk anak anjing, Anda berikan makanan anjing yang dicampuri dengan susu khusus anjing. Sedangkan untuk anjing dewasa boleh Anda berikan makanan seperti waktu sarapan dengan tambahan minuman susu di akhir.

5. Vitamin

Berikan vitamin secara rutin sesuai dengan penggunaan dan takarannya. Vitamin B sangat bagus buat anjing Anda untuk meningkatkan nafsu makan, vitamin ini juga mempercepat proses pembentukan gula, lemak dan juga protein.

Selain itu, yang Anda perlu ingat adalah berikan sesuai takaran dan berat badannya. Jangan berlebihan dan jangan kekurangan juga, ini untuk menjaga metabolisme anjing Anda.

Merawat jenis anjing ini memang susah-susah gampang, tapi kalau Anda tahu betul karakter dan sifatnya pasti akan mudah untuk memeliharanya.

Walaupun pada kenyataanya anjing jenis ini sering diajak untuk memecahkan kasus kepolisian, tapi anjing ini ternyata juga sangat family friendly.

Harga

SpesifikasiHarga
Anjing Pitbull asli dan dilengkapi dokumenRp140.0000.0000
Anjing Pitbull standar dan dilengkapi dokumenRp3.000.000 – Rp6.000.000
Anjing Pitbull high quality dan dilengkapi suratRp6.000.000 – Rp10.000.000
Pitbull induk dan dokumenRp40.000.0000 – an

Harap untuk berhati-hati jika anda menemukan anjing dengan harga yang murah. Pasalnya, anjing pitbull yang murah umumnya memiliki keturunan yang sudah tidak murni.

Meskipun pitbull anakan biasanya akan terlihat seperti ras murni asli. Namun, ketika sudah beranjak dewasa, mereka akan memiliki karakteristik dari jenis anjing lain. Umumnya anjing seperti ini dihargai sekitar Rp1.000.000 – Rp2.000.000.

Pertanyaan yang sering Ditanyakan

Berapa harga anjing pitbull?

Anjing pitbull memiliki harga yang sangat beragam, mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp140.000. 0000. Hal ini disebabkan karena banyak anjing yang tidak murni tersebar di pasaran.

Apa saja jenis anjing pitbull?

Hingga saat ini, ada empat jenis anjing pitbull yang berbeda, yaitu Bull Terrier, Miniature Bull Terrier, Staffordshire Bull Terrier, American Staffordshire Terrier.

Bagaimana cara merawat anjing pitbull?

Perawatan anjing pibull anak dan dewasa cukup berbeda, terlebih lagi jika anjing tersebut belum terlatih. Berikan perhatian lebih kepada anjing yang belum terlatih sehingga mampu disiplin.

Nah, itu dia informasi seputar fakta sejarah hingga perawatan anjing pitbull. Apakah Anda tertarik untuk memeliharanya? Jika tertarik, jenis yang mana yang akan Anda pilih dari keempat jenis di atas?

Tinggalkan komentar