Anjing Beagle

Beranda » Anjing » Anjing Beagle

Anjing Beagle adalah anjing pemburu dari negara Inggris yang juga masuk dalam kategori ras anjing terkecil. Anjing ini sangat ramah sehingga dapat berinteraksi dengan manusia atau anjing lainnya dengan baik.

Jika kamu mengetahui kartun Snoopy, maka ia adalah termasuk jenis anjing yang akan kita bahas kali ini. Memiliki tubuh yang kecil, Beagle justru sering digunakan sebagai anjing pemburu oleh pemiliknya.

Mereka bisa mencium bau tertentu karena hal itu merupakan salah satu keunggulannya. Itulah sebabnya anjing ini sering dibawa oleh orang sedang berburu.

Untuk mengetahui anjing ini secara lebih mendalam, berikut akan dijelaskan terkait ciri-ciri, sifat, makanan dan cara merawat anjing beagle secara lengkap.

Ciri-Ciri Anjing Beagle

Ciri-Ciri Anjing Beagle

Sebelum masuk ke ciri-ciri, perlu diketahui anjing ini merupakan anjing yang sudah dikenal sebagai anjing pemburu sejak abad ke-15. Jenis pertama yang diajak berburu bernama pocket beagle, di mana ia memiliki tubuh yang lebih kecil ketimbang Beagle zaman sekarang.

Dari situ diturunkan dua jenis yakni South Hound dan North Country Beagle. Lalu dua jenis tersebut disilangkan lagi dengan beberapa macam jenis, dan akhirnya pada 1840 kita sudah memiliki 4 jenis Beagle yang dikenal hingga saat ini, yakni medium, kerdil, rubah dan terrier.

Pada 1950 muncul karakter Snoopy dan dari situlah anjing ini mulai menarik untuk dipelihara oleh orang-orang. Secara umum, ciri-ciri anjing Beagle yang bisa terlihat secara kasat mata adalah sebagai berikut:

  • Moncong persegi dengan ukuran cukup panjang
  • Matanya memiliki warna coklat dan bola mata yang besar
  • Telinga tidak tegak berdiri ke atas, melainkan jatuh menggantung ke bawah
  • Bagian hidung berwarna hitam
  • Ekor berdiri ke atas, bukan jatuh ke bawah.
  • Warna bulunya didominasi putih, hitam, atau coklat.
  • Bulunya berpadu dengan sedikit corak kucing atau oren.
  • Tekstur bulu licin sehingga mudah untuk perawatannya.
  • Tinggi biasanya antara 26-29 cm untuk anjing betina dan 36-41 cm untuk jantan.
  • Beagle dewasa biasanya memiliki bobot antara 7 hingga 11 kg.
  • Masa hidup antara 12-15 tahun.

Sifat Anjing Beagle

Sifat Anjing Beagle

Anjing ini memiliki karakteristik unik, karena punya berbagai macam sifat. Yang paling utama adalah anjing ini akan ramah jika berada bersama manusia, sehingga kamu tak perlu khawatir untuk langsung mengenalkan beagle ke anak-anak dalam keluargamu.

Berikut ini beberapa sifat dan karakteristik anjing Beagle lainnya:

  • Aktif, energik bergerak sejak kecil. Sebaiknya kamu mulai melatih anjing ini sejak kecil. Bisa juga diajak jalan-jalan secara rutin misalnya pada waktu pagi dan sore hari.
  • Tak perlu khawatir karena Beagle akan ramah pada anak dan hewan lain. Anjing ini dikenal sebagai hewan sosial.
  • Anjing ini termasuk dalam ras unggulan, oleh karenanya mereka termasuk anjing yang cerdas.
  • Sifat berburu secara alamiah, oleh karena itu jangan satukan anjing ini dengan hewan peliharaan kamu yang merupakan buruan, misalnya babi atau rusa.
  • Selalu menjaga keamanan, selalu menyalak ketika bertemu dengan orang asing. Sifat ini yang membuat anjing ini cocok untuk jadi anjing penjaga.
  • Meski begitu, anjing ini sulit dilatih karena membutuhkan kesabaran ekstra. Maka sangat disarankan dilatih sejak kecil agar setelah dewasa Beagle aktif dan menggemaskan.

Makanan Anjing Beagle

Makanan Anjing Beagle

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa kamu berikan untuk Anjing Beagle antara lain:

Ikan

Ikan bukan hanya menjadi makanan yang digemari kucing. Anjing pun menyukainya, tak terkecuali anjing ini.

Kandungan omega 3, asam lemak dan protein adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anjing ini. Tak Cuma itu, ikan juga akan mempengaruhi pertumbuhan bulu beagle menjadi semakin baik.

Anjing lebih menyukai ikan matang ketimbang ikan mentah.

Daging

Daging adalah salah satu makanan yang paling digemari anjing. Daging merah (daging sapi) atau daging ayam, semuanya akan dimakan oleh Anjing.

Walau demikian, tetap perhatikan kondisi daging dan jangan berikan daging yang sembarangan. Berikan daging yang tinggi protein, rendah lemak dan dalam kondisi segar untuk pertumbuhan anjing lebih baik.

Buah

Selain ikan dan daging, Anda juga bisa memberikan anjing ini buah. Buah yang direkomendasikan adalah apel dan buah pear.

Tujuannya pemberian buah adalah untuk membersihkan gigi anjing. Pastikan buah sudah dibersihkan dan dihilangkan bijinya.

Namun jangan sekali-kali memberi buah alpukat, kismis dan anggur, karena itu adalah makanan pantangan jenis anjing ini.

Oatmeal

Oatmeal diberikan pada anjing ini dengan kondisi khusus. Misalnya, anjing kamu mengalami masalah pencernaan sehingga ia tidak mau makan makanan yang biasanya diberikan.

Maka berilah oatmeal untuk pengganti makanannya. Jangan beri anak anjing beagle dengan oatmeal. Oatmeal hanya untuk anjing dewasa.

Cara Merawat Anjing Beagle

Cara merawat anjing ini tidak terlalu sulit. Perawatannya bisa dibedakan menjadi dua, yakni perawatan untuk anak anjing beagle dan perawatan untuk anjing dewasa.

Merawat Anak Anjing Beagle

Untuk perawatan anak anjing, pastikan kamu mengetahui dan mampu memenuhi segala kebutuhannya sehingga ia cepat beradaptasi. Pastikan lingkungan di rumahmu cukup aman untuk memelihara anak anjing beagle.

Anjing ini selalu menggigit dengan benda-benda asing di depannya, sehingga kamu perlu menjauhkan benda-benda di rumah yang bisa membahayakan anak anjing. Lakukan perkenalan kepada anak anjing agar anjing sedari kecil tahu pemiliknya siapa.

Bisa juga dikenalkan dengan anggota keluarga yang ada di rumah. Beri makanan berkualitas secara rutin dan sesekali ajak jalan-jalan.

Tak Cuma itu, jagalah kebersihan kandang atau tempat tinggal anakan beagle agar selalu terhindar dari bahaya penyakit dan gangguan kesehatan.

Merawat Anjing Beagle Dewasa

Untuk yang dewasa diperlukan tempat sejak awal kedatangannya. Tempatkan pada kandang atau tempat yang cukup luas di rumah kamu, dan lengkapi dengan ranjang untuknya.

Lalu lengkapi juga dengan tempat buang air yang berisi pasir. Maka anjing akan beradaptasi dengan tempat baru yang kamu sediakan.

Makanan diberikan secara rutin dengan kualitas terbaik. Hindari memilih makanan yang tak sehat semacam jeroan karena mengandung lemak jahat.

Bersihkan kandang secara rutin dan mandikan anjing beagle. Jangan sampai bulu beagle dibiarkan basah, setelah mandi pastikan diberi handuk hingga kering.

Meski begitu bulu beagle termasuk pendek, sehingga tak perlu mendapat perawatan khusus. Kamu juga bisa melatih trik-trik sederhana agar mereka tetap aktif dan energik.

Jangan lupa untuk memberi vaksin pada beagle maksimal 6 bulan sekali ke dokter hewan. Beagle akan tumbuh sehat dan menggemaskan.

Tips Memelihara Beagle

Jika kamu ingin memelihara anjing ini di rumah, maka ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips dalam merawat anjing beagle, dan diantaranya sebagai berikut ini:

  • Berolahraga bersama seperti mengajaknya berjalan-jalan.
  • Luangkan waktu minimal 5 menit setiap hari untuk bermain bersama.
  • Mengatur jam makan. Untuk anakan umur 6 bulan ke bawah, berikan makan selama 3 kali sehari dan untuk umur 6 bulan ke atas cukup berikan makan 2 kali sehari. Sedangkan untuk yang berumur 1 tahun ke atas, berikan makan sehari sekali saja.
  • Berikan latihan anjing beagle untuk bersosialisasi sejak kecil.
  • Sisir bulunya menggunakan sisir khusus agar dapat mengangkat bulu yang rontok.
  • Bersihkan tubuhnya atau mandi jika tubuhnya kotor.
  • Bersihkan telinganya 2 kali seminggu agar tetap bersih.
  • Bersihkan matanya setiap hari sehingga bisa mencegah infeksi dan noda air mata.
  • Memastikan kebersihan kandang, tempat makan, dan tempat tidur.
  • Merawat mulutnya dengan rutin menyikat gigi sejak kecil.
  • Jangan lupa untuk membawanya ke dokter hewan untuk vaksin setiap 6 bulan.

Harga Anjing Beagle

UmurKondisiHarga
2-3 BulanBelum Di VaksinRp900.000 – Rp3.000.000
2-3 BulanSudah Di VaksinRp1.300.000 – Rp4.000.000
6 BulanBelum Di VaksinRp4.000.000 – Rp5.000.000
6 BulanSudah Di VaksinRp4.500.000 – Rp6.000.000

Pertanyaan Umum

Apa makanan anjing beagle?

Kamu bisa memberikannya makanan seperti ikan, daging, buah-buahan, atau oatmeal.

Apakah anjing beagle bisa besar?

Anjing ini mampu tumbuh hingga 26-29 cm untuk betina dan 36-41 cm untuk jantan. Anjing Beagle dewasa umumnya memiliki berat tubuh 7 hingga 11 kg.

Apakah anjing beagle galak?

Anjing ini sangat ramah dengan manusia, sehingga kamu tak perlu khawatir jika mengenalkan anjing beagle ke anak-anak.

Tinggalkan komentar