Anjing Doberman

Beranda » Anjing » Anjing Doberman

Ingin mengetahui tentang Doberman Pinscher atau sering dipanggil oleh kebanyakan orang dengan Anjing Doberman? Anjing ini sejajar dengan anjing pelindung terbaik karena kecerdasan yang tajam dan sikap yang anggun.

Biasanya ketika memilih hewan untuk dipelihara, anjing dan kucing menjadi hewan yang paling umum dipilih. Kebanyakan orang memilih adopsi anjing karena bisa sekaligus untuk dijadikan penjaga.

Selain itu, hewan jenis anjing juga dipilih karena mereka mudah dilatih. Dan Doberman adalah salah satunya pilihan yang cukup populer.

Penampilannya yang terlihat sangar biasanya digunakan sebagai anjing pelacak oleh polisi. Jika anda ingin mengadopsi anjing Doberman, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal ini lebih dulu.

Sejarah Anjing Doberman

Sejarah Anjing Doberman

Doberman atau dikenal juga dengan nama lengkapnya yaitu Doberman Pinscher. Jenis anjing ini digunakan oleh manusia bermula saat di Jerman.

Sejak uang mulai dikenal, pemungut pajak menjadi seseorang yang tidak disambut dengan baik. Beberapa daerah di Jerman bahkan bermusuhan dengan pemungut pajak.

Begitu pula peternak pertama, jenis anjing Doberman yaitu Louis Dobermann dari kota Apolda. Dia berharap jenis anjing ini dapat menemani petugas pajak ketika bekerja

Sejarah menyatakan bahwa Black dan Tan Terrier, German Pinscher, Rottweiler dan anjing gembala jerman berbulu halus menjadi komponen dari lahirnya ras baru dari ras anjing Doberman.

Anjing pemungut pajak berkembang secara pesat. Bahkan reputasinya sudah internasional sebagai anjing pekerja dengan kualitas tertinggi.

Hingga kini pun, ras Doberman memiliki keunggulan dari tugas K-9 yang dilakukannya di kepolisian dan militer.

Mereka bertugas sebagai pelayan untuk orang berkebutuhan khusus. Tak hanya itu, anjing Doberman Pinscher juga bertugas sebagai anjing pelacak dan penyelamat.

Ciri-Ciri Anjing Doberman

Ciri-Ciri Anjing Doberman

Ciri-ciri Doberman Pinscher jantan memiliki tinggi badan antara 24 sampai dengan 28 inch. Sedangkan betina memiliki tinggi badan antara 24 sampai dengan 26 inci.

Untuk berat badan Doberman Pinscher jantan yaitu 75 sampai 100 pound. Sedangkan berat badan Doberman Pinscher betina yaitu 60 sampai dengan 90 pound.

Umumnya, jenis anjing ini dapat bertahan hidup selama 10 tahun sampai dengan 12 tahun. Bentuk tubuh Doberman Pinscher berotot, dapat bergerak cepat dan bertenaga.

Tubuhnya yang ramping tapi besar sehingga tampak garang. Selain itu memiliki lapisan kulit berwarna hitam, biru, merah atau coklat kekuningan dan tanda coklat berkarat.

Kualitas anjing Doberman memang terlihat elegan dan berkelas. Jenis anjing ini adalah kombinasi dari bangsawan dengan kepala yang berbentuk baji.

Anjing ini juga mendapatkan penghargaan tertinggi di kerajaan anjing dari caranya bergerak dengan anggun dan atletis.

Baca juga: Anjing Malinois

Sifat Anjing Doberman

Sifat Anjing Doberman

Sifat dan karakter Doberman sebenarnya halus, namun bertenaga. Dengan bentuk fisik anjing yang indah dan kecerdasan yang tajam, membuat anjing ini terlihat gagah.

Karakter Doberman juga tidak mengenal takut dan waspada terhadap sekitarnya. Meskipun begitu, anjing ini cukup pandai, patuh, dan setia kepada pemiliknya.

Itulah alasan kenapa Anjing Doberman merupakan jenis anjing pelindung terbaik di dunia. Hal ini juga menyebabkan Anjing ini dapat sejajar dengan anjing pelindung terbaik dari negara lainnya.

Cara Merawat Anjing Doberman

Cara Merawat Anjing Doberman

Yang perlu anda perhatikan, cara merawat anjing Doberman dewasa dan anak sebenarnya berbeda. Jadi, anda tidak bisa menyamakan dalam perawatannya.

Merawat Doberman dewasa tidak terlalu sulit. Namun untuk merawat puppy atau anak Doberman perlu perlakuan khusus.

1. Doberman Dewasa

Cara merawat anjing Doberman dewasa tidak sesulit ketika merawat anak Doberman. Cukup ajak anjing melakukan aktifitas di luar ruangan agar bebas bergerak.

Karena pada dasarnya, karakter Doberman aktif apabila berada di luar ruangan. Anjing ini akan senang jika diajak berolahraga.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya, ajak anjing berolahraga teratur. Sempatkan melakukannya di pagi hari atau bisa juga di sore hari.

Dalam menjaga kesehatannya, perlu perhatikan asupan nutrisi makanan Doberman. Perhatikan nutrisi makanan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal anjing.

Dengan menjaga kebersihan tempat tinggal anjing akan membuatnya betah dan nyaman. Nutrisi makanan anjing Doberman yang cukup membuatnya tumbuh dan berkembang dengan baik.

2. Anak Doberman

Berbeda dengan cara merawat anjing Doberman dewasa, perawatan anak Doberman perlu pelatihan yang lebih khusus.

Hal ini bertujuan agar anak anjing bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan dimana anjing tinggal, karena anak anjing masih belum mengenal lebih dalam daripada yang dewasa.

Perhatikan gizi dan nutrisi makanan untuk anak Doberman. Berikan asupan nutrisi makanan yang cukup sejak dini karena mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Jika sejak dini asupan nutrisi terjaga tentu akan menghasilkan anjing Doberman berkualitas ketika dewasa. Anjing akan lebih mudah dalam dilatih dan setia kepada pemiliknya.

Lakukan grooming secara rutin agar tetap bersih dan membuatnya terbiasa sehingga bersikap tenang. Dengan begitu ia tidak akan kaget dan bergerak ketika anjing sedang melakukan grooming.

Menjaga kesehatan sejak dini juga perlu bagi anak anjing. Kegiatan yang dilakukan di luar ruangan seperti olahraga adalah kesukaannya sehingga bisa melatih otot-ototnya.

Selain menjaga asupan nutrisi, periksa kesehatan anjing dengan rutin. Hal ini juga akan membuatnya tidak bergerak gelisah ketika diperiksa oleh dokter.

Makanan Anjing Doberman

Makanan Anjing Doberman

Kebutuhan protein sebagai makanan Doberman menjadi penting untuk dipenuhi. Asupan nutrisi protein bisa didapatkan dengan memberinya daging.

Daging seperti daging domba, daging ikan, daging ayam dan daging sapi cukup memenuhi nutrisi proteinnya. Selain protein, ada lemak yang juga penting menjadi makanan anjing doberman.

Kulit Doberman sensitif terhadap alergi. Berikan makanan yang mengandung lemak dengan takaran sedikit lebih dulu. Lalu perhatikan apakah menimbulkan alergi atau tidak pada anjing.

Untuk menghasilkan energi, karbohidrat juga diperlukan agar kebutuhan nutrisi anjing terpenuhi. Berikan dengan takaran yang tepat yaitu setengah dari kebutuhan nutrisi makanan Doberman.

Saat ini memang mudah dan sudah banyak tersedia makanan Doberman. Anda dapat membelinya di toko hewan. Namun untuk takaran asupan nutrisinya, bisa melakukan konsultasi dengan dokter hewan.

Harga Anjing Doberman

Harga dari anjing doberman sebenarnya cukup beragam, tergantung dari jenis dan kondisinya. Namun kami telah merangkum rata-rata harga pasaran untuk anjing ini pada tabel dibawah:

KondisiHarga
Doberman non stambumRp1.000.000
Puppy Doberman mix Rottweiler 2 bulanRp2.200.000
Puppy DobermanRp3.500.000
Doberman stambum betinaRp6.500.000
Doberman stambum jantanRp7.500.000
Doberman murnRp13.000.000

Demikian penjelasan mengenai anjing Doberman mulai dari sejarah, ciri-ciri, sifat dan karakter, harga, cara merawat serta makanannya.

Setelah mengetahui beberapa hal ini, apakah Anda sudah siap untuk adopsi anjing yang pandai, pemberani, dan setia ini?

Tinggalkan komentar