Anjing Chow Chow

Beranda » Anjing » Anjing Chow Chow

Anjing menjadi salah satu hewan yang paling banyak dipelihara karena mudah dilatih. Salah satunya adalah anjing chow chow yang biasanya dijadikan sebagai penjaga.

Banyaknya jenis anjing tentu memiliki perbedaan dari segi bentuk, karakteristik, cara merawatnya dan banyak lagi. Jadi sebelum adopsi anjing chow chow, ketahui semua informasinya berikut ini.

Sejarah Anjing Chow-Chow

Sejarah Anjing Chow-Chow

Anjing ini memiliki perjalanan sejarah yang panjang dan menjadi salah satu anjing dengan ras tertua di dunia. Hal itu digambarkan pada artefak pada masa Dinasti Han di Cina pada tahun 206 SM.

Sekitar abad kedelapan, Kaisar pada masa Dinasti Tang memerintahkan untuk memiliki fasilitas kandang anjing. Kandang anjing tersebut diperuntukkan untuk sekitar 5.000 anjing chow chow.

Pada waktu Dinasti Han, anjing ini bertugas menemani bangsawan Cina. Pada waktu itu, masyarakat disana menggunakannya untuk membantu beberapa tugas.

Selama berabad-abad, jenis anjing peliharaan ini digunakan sebagai anjing penjaga, pengangkut barang, menarik kereta, menggiring ternak, berburu. Bahkan Masyarakat kuno di Cina juga menjadikan anjing ini sebagai bahan makanan.

Pemberian nama chow chow pada Anjing jenis ini terjadi pada abad kedelapan belas. Ketika kapal dagang dari kerajaan Inggris datang ke cina.

Kata chow chow dimaksudkan untuk menyebut benda-benda kecil dan berbagai macam benda dalam kapal yang tidak disebutkan secara detail. Singkatnya, chow chow menjelaskan “printilan lainnya”. 

Bentuk anjing yang aneh ini dibawa oleh pedagang Inggris dari Cina. Lalu dimasukkannya ke bagian kapal yang memuat printilan lainnya yang menjadi alasan kenapa dipanggil chow chow.

Pada tahun 1820, jenis anjing ini diperkenalkan di Kebun Binatang London. Kemudian di Amerika pertama kali pada tahun 1890 dan bisa menjadi bagian dari American Kennel Club (AKC).

Ciri-Ciri Anjing Chow-Chow

Ciri-Ciri Anjing Chow-Chow

Sebelum memelihara atau mengadopsi anjing chow chow, ada baiknya Anda mengetahui jenis dari anjing ini. Sebenarnya ada dua tipe jenis, yaitu Amerika dan Eropa.

Moncong pada tipe jenis anjing Amerika ini lebih panjang dan tahan terhadap udara panas. Sedangkan untuk tipe jenis anjing Eropa moncongnya lebih pesek dan kulit wajah berkerut.

Anjing ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan jenis anjing peliharaan lainnya. Seperti bulu tubuhnya yang cukup tebal dan lembut.

Biasanya warna bulunya memiliki warna hitam, putih dan abu-abu. Ada pula anjing chow chow yang memiliki warna bulu biru tua, krem, putih.

Sedangkan warna bulu lainnya ada coklat kekuningan dan coklat, merah emas hingga merah coklat. Bulu bagian bawah dagu dan leher perlu diberi perhatian.

Pada bagian yang sering terkena air ketika minum tentu akan menyebabkan penyakit seperti jamur. Jadi, anda harus memastikan kebersihan bulunya agar tetap kering.

Untuk bagian mulut dan lidah anjing chow chow berwarna hitam atau biru tua. Pada dasarnya jenis anjing ini tidak tahan pada udara panas, ada baiknya panjang dan ketebalan bulu perlu diperhatikan.

Kaki bagian belakang tidak bengkok, yang menyebabkannya ketika berlari menjadi kaku. Sekilas penampilan fisik pada anjing seperti singa kecil atau beruang.

American Kennel Club (AKC) mengkategorikan jenis anjing chow chow sebagai Non-Sporting Dog. Sedangkan, Federation Cynologique Internationale (FCI) memasukkannya ke dalam kategori Group V.

Chow chow dapat bertahan hidup selama 9 tahun sampai dengan 15 tahun. Dengan perawatan yang baik akan memiliki badan yang sehat dan dapat berumur panjang.

Berat badan yang jantan sekitar 25 kilogram sampai dengan 32 kilogram. Kemudian berat badan betina lebih ringan yaitu sekitar 20 kilogram sampai dengan 27 kilogram.

Tinggi badan untuk jenis jantan sekitar 48 cm sampai dengan 56 cm. Berbeda dengan yang betina yaitu sekitar 46 cm sampai dengan 51 cm.

Baca juga: Anjing Pudel

Sifat Anjing Chow-Chow

Sifat Anjing Chow-Chow

Sifat dan karakter anjing chow chow sebenarnya galak dan pendendam. Namun, anjing yang mirip singa ini bisa akur dan penurut jika mendapat pelatihan yang baik.

Tapi jika sudah memiliki musuh, sifatnya pendendam sehingga cukup sulit untuk berdamai. Karena pada dasarnya karakternya adalah tipe anjing yang dominan.

Penting memiliki majikan dan pelatih yang konsisten, memiliki kepercayaan diri dan sifat pemimpin yang alami. Dengan begitu akan menghasilkan sifat dan karakter anjing chow chow yang patuh.

Anda lebih disarankan untuk membentuk karakternya sejak dini. Sehingga akan membuat anjing ini dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan sekitarnya.

Dengan sifat dan karakter anjing ini yang mandiri dan setia bisa menjadi penjaga rumah maupun hewan peliharaan yang baik.

Cara Merawat Anjing Chow Chow

Cara Merawat Anjing Chow Chow

Ada masanya beberapa jenis anjing chow chow akan mengalami kerontokan pada bulu. Sisir bulu agar tidak kusut dalam waktu 1x seminggu.

Mandikan anjing dengan shampo khusus 1x sebulan secara rutin. Jangan lupa juga untuk membersihkan telinga anjing 1x dalam rentan waktu 2 minggu.

Lalu potong kuku anjing 1x dalam kurun waktu satu atau dua minggu. Lakukan sesudah mandi karena kuku sedang lembab jadi lebih mudah.

Untuk menjaga fisik agar tidak bermalas-malasan, sebaiknya ajaklah berjalan-jalan. Sesekali ajak juga bermain atau melakukan aktivitas fisik karena di dalam ruangan anjing ini lebih pendiam.

Makanan Anjing Chow Chow

Makanan Anjing Chow Chow

Saat ini ada banyak sekali tersedia makanan anjing dengan kualitas yang bagus. Baik itu makanan anjing dalam bentuk kering maupun makanan anjing dalam bentuk basah.

Kebanyakan pemilik anjing memilih makanan yang rendah lemak untuk menjaga berat badannya. Jadi, hindari memberi makanan anjing yang tinggi lemak.

Periksa secara berkala apakah anjing memiliki alergi pada makanan. Atau jika ingin memberi makan seperti makanan untuk manusia, periksa mana saja makanan untuk anjing ini yang aman.

Harga Anjing Chow Chow

Ada tiga tipe harga yang dibanderol untuk anjing chow chow di Indonesia. Yaitu yang diimpor dari negara Cina, Thailand dan yang lokal karena lahir di Indonesia.

KondisiHarga
Puppy Chow Chow (Stambum Indonesia)Rp5.000.000 – Rp14.000.000
Chow Chow Puppy (Non Stambum Thailand)Rp10.000.000 – Rp15.000.000
Chow Chow Puppy (Stambum Thailand)Rp15.000.000 – Rp25.000.000
Chow Chow Puppy (Non Stambum Vietnam)Rp7.000.000 – Rp12.000.000
Chow Chow Puppy (Stambum Vietnam)Rp12.000.000 – Rp20.000.000
Chow Chow (Cina)Rp10.000.000 – Rp15.000.000

Nah kini Anda telah mengetahui tentang berbagai hal mengenai anjing chow chow mulai dari sejarah, ciri-ciri, sifat dan karakter, cara merawat, harga, dan makanannya.

Jadi, kini tak perlu khawatir lagi karena Anda sudah semakin paham bila ingin adopsi anjing yang mirip dengan singa jantan ini.

Tinggalkan komentar