Anjing Alaskan Malamute

Beranda » Anjing » Anjing Alaskan Malamute

Apa yang Anda ketahui tentang anjing Alaskan Malamute? Ya, anjing berukuran besar dan berbulu tebal ini memang mirip dengan serigala. Namun ternyata masih banyak orang yang salah mengira Alaskan Malamute dengan Anjing Siberian Husky.

Pasalnya, secara sepintas kedua anjing ini terlihat serupa dan ciri-ciri fisiknya pun mirip sehingga sulit dibedakan. Padahal, kedua jenis anjing tersebut memiliki sejarah yang berbeda.

Informasi dibawah ini dapat membantu Anda mengetahui berbagai informasi penting, sebelum memutuskan untuk memelihara ras anjing yang satu ini.

Sejarah Anjing Alaskan Malamute

Anjing Alaskan Malamute merupakan salah satu ras anjing penarik kereta salju tertua yang berasal dari wilayah Arktik. Anjing ini telah menemani para suku nomaden di wilayah yang membentang dari Selat bering hingga Amerika Utara sejak 4.000 tahun lalu.

Jenis anjing ini dipercaya dibiakkan oleh Mahlemut dari Kotzebue Sound di barat laut Alaska yang merupakan salah satu suku nomaden bernama suku Inuit. Anjing yang mereka biakkan awalnya dimanfaatkan untuk berburu anjing laut.

Selain itu anjing ini juga dimanfaatkan untuk membantu penduduk menarik beban berat di kereta luncur dan ada juga yang digunakan sebagai perlindungan mereka dari beruang kutub.

Ciri-Ciri Anjing Alaskan Malamute

Ciri-Ciri Anjing Alaskan Malamute

Untuk membantu Anda mengenal ras anjing ini dengan lebih baik, simak ciri-ciri fisik dari Anjing Alaskan malamute kecil dan besar di bawah ini:

  • Panjang badan hewan kanin ini berkisar antara 58-65 cm dengan berat sekitar 34-38 kg.
  • Mampu bertahan hidup hingga 10 sampai 12 tahun.
  • Anjing ini memiliki Pundak yang kuat, dada lebar, bulu bagian luar yang tebal dan kasar yang membuatnya tahan terhadap cuaca dingin.
  • Bulu bagian dalamnya berminyak dan halus.
  • Alaskan Malamute memiliki telinga berbentuk segitiga yang berdiri tegak dan moncong sedang.
  • Bagian wajahnya dapat berwarna putih semua atau terdapat semacam topeng di wajahnya
  • Warna anjing ini bervariasi dari warna abu-abu muda hingga kehitaman, ada beberapa yang memiliki warna merah kehitaman.
  • Warna putih merupakan warna dominan terutama pada bagian bawah tubuh anjing, bagian tungkai, kaki dan wajah.

Sifat Anjing Alaskan Malamute

Sifat Anjing Alaskan Malamute

Setelah Anda mengenal sejarah dan ciri fisik dari jenis anjing ini, Anda juga perlu untuk mengenal sifat dan kebiasaan dari anjing ini. Hal ini penting agar Anda dapat memelihara hewan ini dengan baik dan maksimal.

Berikut sifat dan kebiasaan dari anjing Malamute Alaska yang perlu Anda ketahui:

1. Komunikatif

Walaupun tidak terlalu suka menggonggong Anjing ini termasuk bawel dan komunikatif. Bahkan ada beberapa pemilik yang mengajari anjing ini untuk bernyanyi.

2. Perlu Teman

Karena merupakan hewan yang terbiasa hidup dengan kelompoknya, disarankan untuk tidak meninggalkan anjing ini sendirian. Pasalnya, ia akan merasa kesepian dan bosan.

Kondisi ini akan membuatnya menjadi suka melolong, dan bahkan cukup mengganggu. Itulah sebabnya anjing ini selalu membutuhkan teman untuk bermain atau sekedar interaksi.

3. Sensitif

Anjing Alaskan malamute besar dan kecil masuk dalam kategori hewan yang sensitif dan memerlukan banyak perhatian. Jadi pastikan untuk meluangkan waktu untuk anjing ini jika anda menjadikannya hewan peliharaan.

4. Enerjik

Malamute merupakan anjing yang enerjik dan membutuhkan banyak gerak untuk membuatnya tetap sibuk. Kegiatan ini justru akan membuat anjing ini tetap sehat dan terhindar dari beragam masalah.

5. Tempat Terbuka

Karena anjing ini dibiakkan untuk terbiasa mengangkut barang dalam jarak jauh, maka Anda perlu memiliki tempat yang cukup luas sebagai sarana jelajah anjing ini di tempat terbuka jika ingin adopsi Alaskan Malamute.

Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan untuk memelihara jenis ini di apartemen atau rumah tanpa halaman. Karena hal tersebut akan membuat ruang gerak anjing menjadi terbatas.

6. Sangat Bersahabat

Karena sifatnya yang komunikatif, maka anjing ini juga sangat bersahabat bahkan dengan orang asing sekalipun. Namun ini membuat anjing malamute tidak sesuai untuk dijadikan sebagai anjing penjaga.

7. Cerdas

Anjing Alaskan Malamute termasuk jenis anjing yang cerdas namun keras kepala. Anjing ini membutuhkan pemilik yang tegas yang dapat mengarahkan dia.

Jika tidak, akan sulit bagi Anda untuk mengatur anjing ini karena ia akan melakukan apa saja sesuka hatinya. Karena anjing ini cukup aktif dan cerdas.

8. Suka Berburu

Karena memang memiliki naluri berburu yang tinggi, anjing ini sangat suka mengejar binatang-binatang kecil yang ditemuinya. Binatang seperti kucing, tupai, burung maupun anjing kecil lain dapat menjadi sasaran kejarannya jika tidak diperkenalkan terlebih dahulu.

9. Suka Menggali

Kebiasaan yang satu ini harus menjadi perhatian Anda karena berpotensi menyebabkan timbulnya masalah. Anda dapat menyediakan tempat khusus untuk memfasilitasi sifat alaminya tersebut.

Dengan dilatih untuk menggali hanya di tempat yang sudah Anda sediakan semua akan terhindar dari masalah. Karena tentu saja anda tidak ingin anjing ini menggali di sembarang tempat bukan?

10. Tidak Tahan Hawa Panas

Karena memang berasal dari daerah kutub, anjing ini terbiasa dengan suhu dingin. Jika Anda ingin adopsi anjing jenis ini, Anda harus menyiapkan tempat teduh dan ber-AC dingin serta cukup air.

Hal ini penting untuk membuatnya tetap dingin dan nyaman. Selain itu, jangan membiarkan anjing ini untuk beraktivitas pada siang hari yang panas.

11. Bulu Rontok

Jenis ini akan mengalami kerontokan bulu sebanyak dua kali dalam setahun. Untuk itu, anda harus mempersiapkan diri untuk hal ini seperti menyiapkan sisir khusus anjing.

Karena dengan menyisir bulu dan membersihkan secara teratur dapat membantu Anda dalam menghadapi hal ini. Selain itu menyisir bulunya akan membuat lebih terawat.

Cara Merawat Anjing Alaskan Malamute

Cara Merawat Anjing Alaskan Malamute

Nah, kini saatnya bagi Anda untuk menggali informasi mengenai bagaimana cara merawat anjing Alaskan Malamute, berikut ini diantaranya:

  • Karena memiliki bulu yang tebal, jenis ini membutuhkan perawatan (grooming) lebih untuk menjaga keindahan bulunya.
  • Perawatan ekstra perlu Anda lakukan terutama pada waktu mengalami bulu rontok.
  • Jenis anjing ini rentan terhadap beberapa penyakit seperti katarak, tiroid, sakit pada tulang (elbow dysplasia), penyakit penyumbatan darah dan lainnya.
  • Karena merupakan jenis anjing yang aktif, Anda harus mengajaknya berjalan-jalan secara teratur untuk membakar energinya.
  • Disarankan untuk sering mengajak bermain seperti berlari, lempar bola dan olahraga.
  • Untuk kesehatan mulutnya, disarankan menggosok gigi anjing Anda dua atau tiga kali seminggu.
  • Rapikan kuku setiap dua minggu atau sebulan sekali.
  • Pastikan telinganya dibersihkan dan dicek setiap minggu untuk menghindari bau, ruam kemerahan atau adanya infeksi.
  • Umur anjing Malamute Alaska berkisar antara 10 hingga 12 tahun.

Makanan Anjing Alaskan Malamute

Makanan Anjing Alaskan Malamute

Makanan Anjing Alaskan malamute diet harus mengandung protein, vitamin dan mineral serta air. Anda dapat memberinya makanan khusus anjing yang berkualitas.

Hindari memberi makanan yang kita makan ke anjing ini karena berpotensi beracun. Berikut jenis makanan manusia yang beracun untuk anjing ini:

  • Coklat
  • Bawang bawangan
  • Anggur dan kismis
  • Alpukat
  • Kopi dan Teh
  • Alkohol

Anda bisa menemukan makanan untuk alaskan malamute dengan membelinya di toko hewan maupun toko online dengan mudah. Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan karakter anjing milik anda.

Harga Anjing Alaskan Malamute

Harga anjing Alaskan murni cukup bergantung dengan kondisinya, seperti warna, jenis kelamin, dan usia. Namun umumnya alaskan malamute dengan bulu abu-abu dan putih lebih mahal daripada hitam dan putih.

KondisiHargaKejuaraan
PuppyRp8.000.000Tidak
DewasaRp6.000.000Tidak
PuppyRp40.000.000Ada
DewasaRp30.000.000Ada

Nah, semoga informasi mengenai harga, sejarah, ciri-ciri, sifat, dan cara merawat anjing Alaskan Malamute di atas dapat menambah wawasan dan mempersiapkan Anda untuk mengadopsi salah satunya.

Tinggalkan komentar