Anjing Akita Inu

Beranda » Anjing » Anjing Akita Inu

Siapa yang tidak kenal anjing Akita Inu? Anjing yang berasal dari prefektur Akita di wilayah timur laut Jepang ini sangat populer di kalangan pecinta hewan.

Anjing yang telah hidup sejak tahun 1600 ini memang memiliki karakter dan fisik yang sangat atraktif. Tak heran jika Akita Inu menjadi hewan peliharaan kaum borjuis di Jepang.

Jika Kamu penasaran dengan anjing yang satu ini, yuk langsung simak saja ulasan lengkap tentang Akita ini berikut ini.

Ciri-Ciri Anjing Akita Inu

Ciri-Ciri Anjing Akita Inu

Anjing bangsawan yang cukup populer di Jepang ini memiliki penampilan yang sangat gagah dan elegan. Namun, jenis anjing American Akita yang  memiliki postur tubuh lebih besar dibanding yang di Jepang.

Yang membuat Akita menggemaskan adalah perpaduan warna bulunya yang cantik. Kebanyakan Akita memiliki perpaduan warna bulu coklat-putih, dan sebagian lagi ada yang berwarna hitam dan abu-abu.

Akita juga mempunyai dua lapis bulu yang cukup tebal dan tahan air sehingga dapat membuatnya bertahan di suhu dingin. Pada lapisan pertama, bulunya terlihat lebih panjang sedangkan lapisan kedua cenderung lebih lembut dan menghangatkan.

Perlu diketahui, Anjing Akita biasanya mengalami kerontokan bulu sebanyak 2 kali dalam setahun.

Rata-rata Akita memiliki berat sekitar 50 Kg dan ukuran tubuh 71 Cm. Dalam hal ini, Akita inu betina memiliki tubuh lebih panjang dari Akita Inu jantan.

Anjing yang menjadi tokoh utama dalam film “Hachi: A Dog’s Tale” ini terlihat kekar dengan tubuhnya yang berotot dan kuat. Ciri fisik Akita yang lain adalah terdapat selaput di cakarnya yang membuat ia mampu berenang dan berselancar.

Hewan peliharaan Helen Keller ini identik dengan bentuk kepalanya yang seimbang dengan tubuhnya. Dia juga mempunyai kening lebar dengan lipatan tegas serta tulang dahi yang menonjol.

Fitur khas dari Akita Inu yang lain diantaranya adalah mata sipit berwarna coklat, hidung besar dan hitam, serta gigi rapi dan kuat dengan bentuk bibir yang rapat. Selain itu, Akita juga memiliki moncong yang lebar, kuat, dan panjang namun kecil di bagian ujung,

Yang paling membedakan Akita dengan anjing yang lain adalah telinganya yang berbentuk lancip, kecil, dan sedikit melengkung. Tidak hanya itu, Akita juga terlihat unik dengan bentuk ekornya yang melengkung ke atas.

Anjing yang dijadikan simbol kesehatan yang baik di Jepang ini memiliki harapan hidup kurang lebih 12 tahun.

Sifat dan Karakter Anjing Akita Inu

Sifat Anjing Akita Inu

Anjing trah Jepang ini sangat terkenal akan sifatnya yang manis dan setia. Meski begitu, Akita termasuk tipe anjing agresif yang memiliki insting pemburu sekaligus petarung yang luar biasa.

Pemburu

Terlahir sebagai anjing dengan insting memburu, Akita Inu biasanya menggonggong ketika menemukan sesuatu yang mencurigakan. Ia juga cenderung mengendap dan merendahkan tubuhnya sebelum kemudian menyerang.

Cerdas & Pemberani

Karakter anjing Akita Inu yang lain diantaranya adalah cerdas, pemberani, sangat suka mendominasi, dan kadang diskriminatif. Oleh karena itu, jika Kamu harus lebih waspada jika Kamu juga memelihara hewan lain di rumah.

Penjaga

Akita ini juga termasuk anjing dengan naluri penjaga yang baik karena ia akan selalu berusaha melindungi keluarganya dari berbagai ancaman. Ia juga akan selalu berusaha menjaga daerah yang menurutnya adalah wilayah kekuasaannya.

Walaupun terlihat garang, Akita bukanlah anjing yang hiperaktif namun bukan pemalas juga. Ia akan beraktivitas seperti melompat, berlari, dan bermain hanya ketika ia menginginkannya.

Di balik sifatnya yang terlihat berwibawa, Akita Inu merupakan anjing yang sangat mencintai kebersihan. Tak heran jika ia dijadikan patung untuk ikon kesehatan.

Suka Bermain dengan Anak-anak

Sifat anjing Akita yang mungkin paling banyak disukai orang adalah Akita senang bermain dengan anak-anak, berlarian, dan berjalan-jalan. Selain itu, ia juga menyukai salju dan salah satu anjing dengan skill berenang yang baik.

Anjing Akita Inu juga sering bertingkah lucu seperti mengeluarkan suara seolah ia sedang berbicara dengan bahasanya sendiri. Ia juga suka menjilati tubuh sendiri seperti kucing saat tubuhnya kotor.

Jika Kamu memelihara Akita Inu, sebaiknya ajarkan beberapa jenis latihan karena ia sangat suka aktivitas yang tidak monoton. Hindari pelatihan rutin untuk aktivitas yang sama setiap harinya karena pada dasarnya Akita adalah anjing yang suka mengeksplor.

Makanan Anjing Akita Inu

Makanan yang harus diberikan kepada anjing Akita Inu adalah makanan basah agar perutnya tidak kembung. Jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi Akita diantaranya adalah beras, ubi, dan telur rebus.

Beberapa sayuran seperti wortel, kacang polong, dan kentang matang juga memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh Akita. Kamu juga bisa memberikan makanan kemasan berupa daging asli atau daging yang diolah dengan rempah alami atau buah.

Jadwal Makan

Untuk jadwal makan, idealnya Akita diberikan makan dua kali dalam sehari sejak bayi. Akita berusia di bawah 4 bulan sebaiknya diberikan makanan yang tinggi protein.

Memasuki usia 4 bulan keatas, Akita harus mulai diet. Seminggu sekali Akita dianjurkan untuk berpuasa untuk mensterilkan saluran pencernaan dan mencegah kembung.

Saat puasa, Akita tetap harus diberikan makan. Namun makanannya hanya potongan apel tanpa biji, kulit, dan bagian tengahnya, atau wortel kecil dan blueberry.

Cara Merawat Anjing Akita Inu

Cara Merawat Anjing Akita Inu

Jenis anjing Akita Inu sangat cocok tinggal di rumah yang terdapat pelataran luas dan pagar yang kokoh. Karena, ia akan lebih leluasa untuk bermain dan berlarian sehingga terhindar dari stres.

Ajak Bersosialisasi

Kamu juga harus sering bersosialisasi dengan Akita Inu agar ia lebih jinak sebab bagaimanapun ia tetap anjing yang agresif. Kamu bisa mengajaknya berkeliling komplek karena ia pasti akan sangat menyukainya.

Berikan Latihan Fisik

Untuk latihan fisik, kamu dapat melatih berbagai gerakan yang berbeda setiap harinya karena ia akan lebih suka. Meski ia termasuk anjing yang cerdas, kamu tetap butuh kesabaran saat melatih sebab tak jarang ia bertingkah egois.

Saat usia 18 bulan, tulang dan sendi Akita inu belum berkembang secara sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya hindari aktivitas mendorong atau menarik benda-benda berat.

Mandikan Saat Kotor

Soal kebersihan, Akita cukup terampil dalam membersihkan tubuhnya sendiri. Makanya, kamu hanya perlu memandikannya saat benar-benar kotor saja.

Kamu juga lebih disarankan untuk membasuh Akita saat cuaca terik karena bulunya yang tebal akan lebih cepat kering. Jangan lupa untuk menggunakan sikat yang lembut untuk membersihkan bagian tubuh Akita yang kotor.

Sesekali kamu juga disarankan untuk membersihkan Akita dengan tangan sembari melakukan pemijatan. Hal ini sangat membantu Akita menjadi lebih rileks.

Bersihkan Bagian Mata

Kamu juga harus membersihkan bagian mata Akita secara berkala karena organ vital tersebut sering mengeluarkan kotoran. Gunakan kapas yang lembut dan air bersih serta cotton bud untuk area yang sulit dijangkau.

Bawa ke Dokter

Meskipun pada musim tertentu Akita Inu Hachiko akan merontokkan bulu, tapi jika kerontokannya tidak wajar kamu tetap harus waspada. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh jamur atau kutu yang bersarang di tubuhnya.

Jangan ragu untuk membawa Akita Inu ke dokter hewan apabila ada hal yang tidak normal. Perawatan intensif di klinik hewan akan memulihkan kondisinya seperti semula.

Jadi, anjing Akita Inu bisa menjadi hewan peliharaan yang akan membuat hari-hari kamu lebih berwarna. Harga anjing Akita sendiri beragam, mulai dari belasan juta hingga puluhan juta, tergantung dari originalitas, kondisi kesehatan, dan sertifikatnya.

Harga Anjing Akita Inu

Harga Anjing Akita Inu

Dengan sifat, karakter, dan penampilan yang dimiliki oleh anjing akita inu yang sangat menarik, membuat harga yang dibandrol tergolong cukup fantastis. Bagaimana tidak? Untuk anak anjing dengan registrasi penuh, bisa mencapai 15 juta sampai 25 juta.

Anjing Akita Inu sangat populer di negara Thailand. Selain itu, Thailand juga merupakan negara pertama yang mengembangkan anjing jenis ini sehingga dapat di import ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Anjing Akita yang diimpor dari negara barat, seperti Amerika memiliki harga jauh lebih tinggi. Harga terendah untuk satu ekor anakan anjing akita inu bisa mencapai $2000 atau sekitar 30 juta rupiah.

Sedangkan untuk anak anjing yang memiliki sertifikat catatan keluarga dan berpenampilan bagus, bisa ditawar dengan harga yang lebih tinggi dari 1,5 sampai 3 kali lipat.

Nah, itulah informasi terkait anjing akita inu yang sangat populer. Apakah anda berminat untuk memeliharanya di rumah? Beritahu kami melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar