Kucing Mencret

Beranda » Kucing » Kucing Mencret

Kucing mencret merupakan masalah yang sering terjadi pada kucing peliharaan. Akan tetapi, penyebab dari mencret pada kucing ini sangat beragam sehingga jika pengobatan yang diberikan salah maka dampaknya akan semakin parah.

Oleh karena itu, kamu perlu mengenal apa saja penyebab mencret tersebut. Karena dengan mengetahui hal tersebut kamu bisa melakukan penanganan terbaik agar kucing peliharaan selalu sehat dan lincah.

Namun, mengenal hal ini saja tidaklah cukup. Karena kamu juga harus mengetahui kebiasaan kucing yang dipelihara.

Karena perbedaan kebiasaan inilah yang menyebabkan cara penanganan pada satu kucing menjadi berbeda dengan kucing lainnya. Walaupun penyebab mencret tersebut merupakan hal yang sama.

Penyebab Kucing Mencret

Penyebab Kucing Mencret

Kucing mencret dan muntah merupakan hal yang umum terjadi. Namun, hal ini tidak bisa kamu biarkan begitu saja.

Karena bisa saja penyebab mencret dan muntah tersebut adalah makanan, bakteri, virus dan lainnya. Jangan sampai kucing kesayangan mati karena kurangnya perhatian dari pemiliknya.

Lebih baik kamu berhati-hati dan membawa kucing tersebut ke dokter hewan ketika mengalami mencret. Akan tetapi, terdapat beberapa penyebab yang umum terjadi sehingga kotoran kucing menjadi encer, yaitu:

Minum Susu

Kucing merupakan makhluk yang sensitif. Karenanya, hewan ini tidak bisa makan dan minum dengan sembarangan walaupun kamu mengira makanan dan minuman yang diberikan itu baik.

Banyak pemilik kucing peliharaan yang belum mengetahui bahwa susu yang bisa dikonsumsi kucing merupakan susu khusus. Jika kamu memberikan susu formula ataupun susu cair secara sembarangan maka kucing yang dipelihara akan sakit perut dan menyebabkan mencret.

Kucing harus diberikan susu dari sesama kucing agar mudah dicerna. Jika berasal dari hewan lain maka besar kemungkinan saluran pencernaan kucing tersebut akan bermasalah dan menyebabkan muntah dan mencret.

Alergi Makanan

Penyebab kucing mencret yang berikutnya adalah disebabkan oleh alergi makanan tertentu. Layaknya manusia, beberapa kucing juga memiliki alergi akan beberapa makanan.

Hal ini juga sulit dideteksi walaupun pemiliknya memberikan perhatian penuh pada kucing tersebut. Hal ini biasa baru disadari ketika kucing telah menderita diare kronis.

Hal ini tentu berbahaya karena kucing menjadi mudah sakit dan tidak nafsu makan. Hal yang menarik adalah jika kamu memberikan makanan yang sama dalam waktu yang lama maka kucing peliharaan akan alergi pada makanan tersebut.

Oleh karena itu, berikanlah makanan kucing secara beragam. Fungsinya tidak hanya menjaga nutrisi dan vitamin kucing tetapi juga mencegah alergi makanan.

Infeksi Virus atau Bakteri

Penyebab kucing mengalami diare berikutnya adalah karena bakteri dan virus. Dua biang penyakit ini merupakan masalah umum yang tidak hanya menyerang kucing tetapi juga manusia.

Namun, virus dan bakteri pada kucing tentunya berbeda sehingga diperlukan pengetahuan dan penanganan khusus untuk mengatasinya. Bakteri dan virus ini akan menyerang sistem pencernaan kucing sehingga mengakibatkan diare.

Biasanya bakteri serta virus akan hilang dengan sendirinya dari tubuh kucing. Namun, untuk mempercepat proses penyembuhan gunakanlah antibiotik yang mudah ditemukan di pet shop terdekat.

Parasit

Biang masalah dari diare pada kucing yang paling besar adalah parasit. Hewan kecil satu ini akan menyebabkan diare yang semakin fatal jika menjangkiti anak kucing.

Karena sistem kekebalan tubuh anak kucing tidak sekuat kucing dewasa. Parasit ini biasanya masuk melalui makanan atau minuman yang tidak higienis.

Akibatnya, parasit akan menggerogoti tubuh kucing sehingga muncul berbagai penyakit seperti diare kronis, anemia dan lainnya. Untuk anak kucing hal ini akan sangat fatal karena memperpendek umurnya.

Inilah salah satu penyebab utama dari kucing mencret darah. Karena sistem pencernaan pada kucing terluka oleh parasit.

Konsumsi Makanan Busuk

Kucing yang konsumsi makanan busuk atau tidak higienis akan mudah terkena diare. Karena, usus kucing sangat sensitif sehingga mudah terkena penyakit jika makanannya tidak dijaga.

Oleh karena itu, jangan biarkan kucing peliharaan keluar rumah dan makan makanan sisa terutama yang berasal dari luar rumah. Karena kamu tidak tahu apakah makanan tersebut baik dan tidaknya atau malah dapat menyebabkan kucingmu keracunan.

Stres

Layaknya manusia, hewan seperti kucing juga dapat mengalami stres. Stres pada kucing cukup mudah dikenali karena biasanya hewan ini akan malas makan dan lebih suka tidur.

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka kesehatannya akan menurun. Dampaknya adalah kucing mudah terkena penyakit seperti diare.

Perubahan Iklim

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya bahwa kucing merupakan makhluk hidup yang sensitif. Oleh karena itu, ketika terjadi perubahan iklim yang cukup ekstrim maka kucing biasanya mudah sakit.

Karena, pada situasi seperti ini biasanya kucing mencret tidak mau makan dan lebih memilih berdiam diri untuk menyesuaikan diri dengan iklim sekitar. Hal ini akan membuat tubuh kucing menjadi rentan terkena virus serta bakteri.

Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki tempat tinggal khusus untuk kucing peliharaan. Pastikan juga suhu tempat tinggal kucing tersebut stabil agar tidak mudah terkena penyakit.

Cara Mengobati Kucing Mencret

Cara Mengobati Kucing Mencret

Kamu telah mengetahui beberapa penyebab diare pada kucing. Maka, sekarang kamu juga harus tahu bagaimana cara mengobati mencret pada kucing peliharaan masing-masing, yaitu:

Oralit Kucing

Cara pertama untuk mengobati diare pada kucing adalah dengan memakai obat oralit. Obat khusus kucing ini bisa kamu peroleh dengan mudah di toko hewan dengan harga yang terjangkau.

Pastikan kamu telah membaca anjuran dan cara pakainya terlebih dahulu. Fungsinya agar kamu tidak salah memberikan dosis obat tersebut.

Vitamin

Cara mengobati diare pada kucing yang berikutnya adalah memberikan asupan vitamin. Vitamin ini tentunya diperoleh dari pet shop karena terdapat berbagai vitamin penting untuk kucing.

Berbagai vitamin yang diberikan tidak hanya memperkuat tubuh kucing. Tetapi juga dapat mengobati kucing mencret berlendir dan jenis diare lainnya dengan baik.

Menjaga Kualitas Makanan

Salah satu penyebab dari diare kucing adalah makanan yang tidak higienis dan alergi makanan. Untuk mengatasinya kamu harus menjaga kualitas makanan kucing dan pastikan hewan peliharaanmu tidak konsumsi makanan dari luar rumah.

Selain itu, pastikan untuk memberikan menu yang berbeda setiap beberapa hari sekali. Karena, makanan yang sama dapat membuat kucing alergi akan makanan tersebut.

Kamu bisa menggunakan makanan kucing khusus baik yang kering atau berbentuk seperti kornet. Pastikan untuk memberikannya secara berselang-seling untuk menghindari alergi.

Berikan Tempe

Cara pengobatan lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memakai tempe. Tempe ini diyakini dan banyak terbukti berhasil mengatasi mencret pada kucing.

Namun, jangan berikan tempe ini begitu saja. Sebaiknya rebus terlebih dahulu sampai 5 menitan agar bakterinya mati lalu berikan kepada kucing yang mengalami diare.

Nah, itulah berbagai penyebab dari kucing mencret serta beberapa cara untuk mengobatinya. Jika diare pada kucing sudah parah, maka segera kunjungi dokter hewan terdekat untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan komentar