Kucing British Shorthair

Beranda » Kucing » Kucing British Shorthair

Jika Anda sering melihat video-video kucing lucu, pasti Anda sudah pernah melihat jenis kucing british shorthair. Hewan lucu ini, memiliki ciri yang sangat mudah sekali dikenali. Bahkan, bisa dibedakan hanya dari sekali lihat saja, loh.

British shorthair adalah jenis kucing yang tidak terlalu aktif bergerak. Itulah sebabnya jenis kucing ini sering ditemui dalam keadaan tubuh yang gemuk yang semakin membuatnya lebih menggemaskan.

Meskipun harga dan perawatan dari kucing ini bisa terbilang cukup mahal, namun sangat banyak pecinta kucing yang ingin memeliharanya.

Fakta menariknya adalah hewan lucu nan menggemaskan ini, ternyata salah satu ras kucing tertua di dunia. Nah, bagi yang penasaran ingin tahu lebih detail tentang hewan yang satu ini, simak artikel ini hingga selesai.

Sejarah Kucing British Short Hair

Sejarah

Sejarah kucing british shorthair tergolong cukup berliku. Kisahnya cukup panjang karena sempat menjadi hewan yang bertugas melindungi sektor pertanian.

Sesuai dengan namanya, british shorthair merupakan jenis kucing Britania. Dahulu kala, hewan lucu ini memiliki populasi yang tergolong banyak. Pada saat Romawi masih menguasai Britania Raya, hewan ini dibawa oleh prajurit Roma untuk menangkal hama tikus di sektor pertanian.

Hewan lucu ini mengalami perkembangan populasi yang tergolong cepat dan banyak. Hingga pada akhirnya, tahun 1800-an, banyak orang yang baru menyadari kalau kucing ini ternyata lucu dan menggemaskan.

Akan tetapi, pada zaman dulu mereka sempat berada di ujung kepunahan. Tepatnya pada masa perang dunia II dulu, sebagian besar ras kucing di dunia hilang. Untungnya, british shorthair adalah salah satu yang masih tersisa. Pada akhirnya, ras kucing ini pun berhasil direvitalisasi.

Sekitar tahun 1967, british shorthair kemudian didaftarkan pada American Cat Association (ACA). Kemudian pada tahun 1980, barulah mereka resmi masuk. Lalu, kucing ini kemudian terdaftar sebagai trah yang resmi.

Ciri-Ciri Kucing British Shorthair

Ciri Ciri Kucing British Shorthair

Seperti yang telah kami singgung di atas, ciri-cirinya sangat mudah dibedakan. Nah, berikut kami jelaskan satu per satu agar Anda bisa mengenalinya:

  1. Berat badan jantan bisa mencapai 6 hingga 10 kg.
  2. Berat badan betina bisa mencapai 4 hingga 7 kg.
  3. Mampu bertahan hidup sekitar 12 hingga 20 tahun, terutama jika dirawat dengan baik.
  4. Bentuk matanya bundar.
  5. Bagian dagu berbentuk bulat.
  6. Terdapat otot di bagian dada.
  7. Memiliki hidung berbentuk sangat pesek.
  8. Bentuk kepala dan pipinya bulat.
  9. Memiliki bentuk mata yang bundar.
  10. Bulunya pendek dan memiliki beberapa jenis varian warna.
  11. Lehernya memiliki lekukan yang lebar dan lurus hingga ke dagu.
  12. Posturnya cukup pendek dan padat.
  13. Kakinya panjang dan kukunya kuat.

Sebagai tambahan, hewan lucu ini mirip dengan kucing scottish fold. Terutama scottish fold yang memiliki warna biru abu-abu. Jika dilihat oleh orang awam, keduanya sangat identik.

Namun, ada perbedaan di antara keduanya, yaitu pada bagian daun telinganya. British shorthair memiliki telinga normal, sedangkan scottish fold memiliki lipatan. Jadi, sebelum adopsi kucing british shorthair, kenali terlebih dahulu, ya.

Karakteristik Kucing British Shorthair

Karakteristik Kucing British Shorthair

British shorthair adalah ras kucing yang bersifat lembut dan santai. Mereka cocok menjadi teman Anda dan keluarga di rumah karena sifatnya pun sangat bersahabat.

Namun sayangnya, mereka bukan jenis kucing manja. Bahkan, mereka terkadang merupakan jenis kucing yang cukup merepotkan.

Meski begitu, british shorthair masuk ke dalam jajaran jenis kucing yang lucu dan menggemaskan. Bentuk badannya gempal dan tergolong besar.

Hewan lucu ini, cocok untuk Anda yang ingin memiliki kucing penuh kasih sayang, dan bersuara tenang. Mereka umumnya tidak berisik. Mereka pun merupakan jenis kucing yang senang duduk di pangkuan tuannya.

Mereka akan selalu mengikuti Anda. Namun, kucing ini tidak suka digendong, karena, mereka sangat sensitif jika dipegang di bagian bawah perutnya.

Cara Merawat Kucing British Shorthair

Cara Merawat Kucing British Shorthair

Seperti yang telah disebutkan di atas, kucing ini memiliki umur yang tergolong panjang. Terlebih jika kita rajin merawatnya dengan baik.

Perawatan yang tepat akan membuat kesehatannya terjaga dan umurnya lebih panjang. Jika anda ingin mengadopsinya di rumah, ketahui terlebih dahulu cara perawatannya berikut ini:

Cara Memandikan

Ada baiknya untuk memandikan kucing lucu ini satu kali dalam seminggu. Atau, jika kondisi badannya masih bersih, bisa dilakukan dalam dua minggu sekali.

Setelah kucing british shorthair dimandikan, silahkan luangkan waktu untuk menyisir rambutnya agar bulu-bulu mati bisa terangkat. Jangan lupa juga untuk membersihkan area kuping agar terhindar dari kutu maupun tungau. Sikat juga gigi mereka menggunakan sikat lembut.

Memotong Kuku

Hewan imut ini, merupakan jenis kucing pemburu. Umumnya mereka akan sangat senang dan nyaman memiliki kuku panjang. Anda boleh memotong kukunya atau membiarkannya panjang.

Namun jika kukunya mengganggu, anda bisa memotongnya secara rutin. Untuk memotong kuku mereka, gunakanlah pemotong kuku khusus kucing, ya.

Jangan menggunakan pemotong kuku khusus manusia. Pasalnya, gunting kuku kucing sudah didesain khusus untuk pemotongan yang lebih optimal, mudah dan aman bagi kucing.

Membawa ke Dokter

Anda harus rutin membawanya ke dokter hewan, terutama jika terlihat sakit. Kucing menggemaskan ini, memerlukan penanganan khusus dokter hewan.

Sangat disarankan untuk rutin melakukan konsultasi agar mereka tetap sehat dan berumur panjang. Jadi, membawa mereka ke dokter hewan tidak harus menunggu sakit terlebih dahulu.

Lakukan pemeriksaan rutinan agar mereka tercegah dari berbagai jenis penyakit yang suatu waktu bisa menyerang kucing Anda.

Kesehatan Mulut

Menyikat gigi harus menjadi aktivitas rutinan perawatan mereka. Karena, mereka dikenal cenderung memiliki masalah gusi dan peradangan. Namun, untuk menyikat gigi mereka, Anda harus tahu caranya.

Gunakanlah odol khusus kucing yang memiliki rasa tuna, mereka pasti akan menyukainya. Gunakan sikat berbulu pendek dan halus untuk menyikat gigi mereka karena cocok dengan bentuk gigi mereka.

Tempat BAB

Ada banyak tempat jual kucing british shorthair, namun pastikan juga Anda membeli tempat BAB-nya sekalian, ya. Tujuannya agar mereka tidak BAB sembarangan.

Selain itu mereka juga butuh privasi, sama halnya dengan manusia. Letakkan tempat BAB mereka jauh dari tempat minum dan makannya.

Jangan lupa juga untuk selalu rajin membersihkan tempat BAB-nya secara rutin. Karena kebersihan tempat membuang kotoran mereka juga sangat berpengaruh pada kesehatannya.

Makanan Kucing British Shorthair

Makanan Kucing British Shorthair

Perlu Anda ketahui, hewan lucu ini ternyata rentan terhadap obesitas. Jika tubuh mereka terlalu gemuk, kesehatannya pun akan terganggu.

Meskipun kucing yang gemuk memang sangat disukai dan tampak menggemaskan. Namun sayangnya, mereka rentan terhadap penyakit berat seperti gagal jantung dan diabetes.

Di lain sisi, Anda juga wajib memenuhi asupan omega 3 & 6 di setiap makanan kucing british shorthair. Asupan tersebut untuk memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan oleh kucing.

Lemak omega sendiri berfungsi untuk membantu bulu mereka menjadi sehat. Sedangkan kandungan protein, bermanfaat untuk membangun massa otot dan membuang lemaknya.

Sebelum membeli makanan untuk mereka, lihatlah informasi kandungan yang tertera pada kemasan. Pastikan makanan yang Anda beli untuk mereka, terdapat kandungan yang dibutuhkan.

Fakta Menarik British Shorthair

Fakta Menarik

Selain memiliki sejarah yang panjang, mereka juga memiliki sejumlah fakta-fakta menarik, loh. Ingin tahu apa saja fakta-faktanya? Yuk, intip selengkapnya di bawah ini:

Berumur Panjang

Sedang mencari kucing yang kuat dan jarang terkena isu kesehatan? British shorthair bisa menjadi pilihan yang tepat. Di antara kucing lain, umurnya termasuk salah satu yang cukup panjang.

Mereka bisa hidup sekitar 14 hingga 20 tahun. Terutama jika Anda bisa merawat mereka dengan baik.

Sempat Terancam Punah

Selain akibat perang dunia II, ada momen di mana mereka pernah mengalami kepunahan besar-besaran. Tepatnya pada tahun 1890an, di tahun tersebut, mereka terancam mengalami kepunahan.

Penyebab kepunahannya yaitu karena adanya impor besar-besaran kucing Turkish dan Persia berbulu lebat. Hal tersebut membuat pengembang biak british shorthair mengalami penurunan.

Kucing yang Kalem

Mereka termasuk ke dalam jenis kucing yang kalem. British shorthair sangat aktif dalam bermain. Namun, setelah mereka tumbuh dewasa, aktivitas bermainnya akan semakin berkurang.

Pada saat dewasa, mereka hanya akan sering menghabiskan waktu dengan duduk dan tidur. Tapi, mereka akan suka berdekatan dan duduk berdampingan bersama tuannya.

Kucing Tertua

Kucing berbulu pendek ini, sudah masuk ke dalam daftar salah satu jenis kucing tertua di dunia. British shorthair diduga sudah ada sejak 2.000 tahun silam, atau pada abad pertama. Konon, mereka dibawa ke Britania Raya oleh pasukan Roma yang dulu sedang melakukan invasi.

Seiring dengan perkembangan zaman, mereka kemudian tumbuh berevolusi. Posturnya menjadi agak besar dan berbulu tipis, namun tebal. Mereka juga bisa beradaptasi dengan kondisi di mana mereka tinggal.

Warna yang Beragam

Kebanyakan orang hanya mengenal mereka dari penampilan warna bulunya yang khas, yaitu abu-abu. Padahal, ada cukup banyak varian yang populer. Terutama jika kita mencarinya di internet, kebanyakan gambarnya menunjukkan varian warna abu-abu.

Varian abu-abu ini, biasanya dikenal dengan sebutan british blue. Padahal selain itu, ada juga varian warna lain seperti putih, krim, hitam, hingga colorpoint seperti kucing Siamese dan Himalaya.

Artinya, kucing ini tidak memiliki ciri utama abu-abu. Karena ada juga varian warna lainnya. Untuk mengenalnya, bisa juga dari bentuk bulu dan badannya yang khas.

Rentan Obesitas

Jika ingin memeliharanya, pastikan Anda mengetahui cara perawatannya. Caranya sudah kami paparkan di atas. Kenapa harus mengetahuinya? Karena, kucing ini rentan terhadap obesitas. Jadi hati-hati, ya.

Ada banyak faktor kenapa obesitas sering menjadi permasalahan kucing tersebut. Salah satu alasannya karena mereka merupakan kucing yang tidak terlalu aktif ketika sudah dewasa. Bahkan, berat badan mereka bisa melebihi berat kucing normal pada umumnya.

Agar jenis kucing yang bisa tumbuh besar ini tidak obesitas, kendalikanlah kadar makanannya. Buat juga mereka sedikit aktif agar tidak terus menerus diam dan tidur. Anda bisa mengajaknya bermain ke luar rumah, atau ke taman.

Terdapat Varian Longhair

Ternyata, british longhair adalah saudara dekat mereka, loh. Longhair adalah varian yang memiliki bulu panjang. Varian ini memiliki bulu yang panjang dan lebih lebat dari varian shorthair.

Hadirnya varian longhair, tidak lepas dari sejarah masa lalunya. Ketika british shorthair hampir punah, untuk mencegahnya, pengembang biak melakukan penyilangan dengan kucing Persia.

Nah, hasilnya, mereka pun tidak jadi punah, dan memiliki varian baru. Bulunya yang panjang mereka dapatkan dari ras Persia. Namun, saat ini longhair sudah menjadi kucing jenis tersendiri. Meski begitu, mereka masih memiliki kesamaan yang sangat identik.

Tampil di Film

Karena penampilannya yang menggemaskan, tidak heran jika mereka sering tampil di film-film. Salah satu film yang paling populer adalah Alice in Wonderland. Tidak hanya tampil di film, mereka juga ada di dalam bukunya.

Mirip dengan Scottish Fold

Jika Anda ingin mengadopsinya, pastikan ketahui dulu ciri-cirinya. Karena, british shorthair memiliki kesamaan dengan kucing scottish fold. Ketahui terlebih dahulu perbedaan kedua kucing tersebut.

Kedua kucing ini, memiliki bentuk badan yang sama besar. Bulunya pun memiliki varian yang sama, yaitu abu-abu. Sepintas, orang awam tidak akan bisa membedakannya.

Scottish fold adalah kucing yang berasal dari Skotlandia. Ras kucing asal Skotlandia ini, memiliki telinga yang berbentuk melipat. Bentuk telinganya itulah yang menjadi perbedaan antara kedua kucing tersebut. Selain dari bentuk telinga, Anda juga bisa membedakannya dari varian warna british shorthair yang lain.

Kucing Ideal untuk Keluarga

British shorthair dan Scottish fold termasuk ke dalam jenis kucing yang ideal untuk keluarga. Hal tersebut karena mereka memiliki temperamen yang tergolong kalem. Mereka juga merupakan jenis kucing yang toleran dan tidak suka mencari masalah.

Selain itu, yang terpenting mereka adalah jenis kucing yang tergolong sehat. Namun, pastikan Anda menjaga pola makan mereka agar tidak terkena obesitas.

British shorthair juga mudah akur dengan peliharaan yang lain. Misalnya, jika Anda memelihara anjing di rumah, kucing ini bisa dijadikan solusi peliharaan kedua. Sifat toleran dan baik mereka, tidak hanya kepada manusia saja, juga kepada hewan lainnya.

Harga Kucing British Shorthair

Harga Kucing British Shorthair

Kucing british shorthair adalah ras kucing yang tergolong cukup mahal. Bagaimana tidak, untuk kucing yang tanpa sertifikasi saja dibandrol hingga jutaan rupiah.

JenisUmurHarga
Kucing British Shorthair Jantan1 tahun3.500.000
Kucing British Shorthair Ras Asli6 bulan28.000.000
Kucing British Shorthair Anakan3 bulan20.000.000
Kucing British Shorthair Kitten2,5 bulan25.000.000
Kucing British Shorthair Indukan8 bulan30.000.000
Kucing British Shorthair Jantan ped ica4 bulan18.000.000
Kucing British Shorthair mix Persia5 bulan850.000

Untuk Anda yang sedang mencari kucing kalem dan cocok untuk keluarga, british shorthair adalah pilihannya. Mereka bisa berbaur dengan hewan yang lain maupun manusia.

Umurnya panjang dan jarang sekali terkena isu kesehatan. Cara perawatannya pun mudah, namun Anda harus memperhatikan porsi makanan mereka agar tidak obesitas.

Demikian informasi seputar kucing british shorthair. Dari penjelasan diatas, sedikit banyaknya kini Anda sudah mengenal mereka lebih dekat. Tertarik mengadopsinya? Saat ini, kucing tersebut sudah tidak sulit ditemukan di negara kita.  

Tinggalkan komentar