Cara Mencuci Pasir Kucing

Beranda » Kucing » Cara Mencuci Pasir Kucing

Agar kucing tidak buang air dan buang kotoran sembarangan, maka sebagai pemilik harus menyediakan pasir di litter box sebagai tempat pup. Selain itu, ada baiknya juga untuk tahu cara mencuci pasir kucing agar tetap bersih dan tidak bau.

Pasalnya, kotoran kucing terkadang memiliki bau yang cukup menyengat akan membuat sehingga seluruh penjuru ruangan beraroma kotoran kucing.

Membersihkan pasir kucing juga dapat menghemat pengeluaran kamu agar tidak terlalu sering membeli pasir. Karena pasir zeolit, bentonit, dan jenis yang lainnya masih bisa digunakan kembali ketika sudah dicuci.

Cukup banyak cat lovers yang melakukan hal ini untuk menghemat pengeluaran mereka. Jadi akan sangat disayangkan apabila kamu belum mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau pada pasir kucing.

Cara Mencuci Pasir Kucing

cara membersihkan pasir kucing

Langkah langkah mencuci pasir kucing bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kamu bahkan bisa melakukannya di rumah dengan bantuan dari beberapa peralatan pembersih.

Berikut cara membersihkan pasir kucing:

  1. Pisahkan kotoran kucing dari pasir dengan serokan terlebih dahulu.
  2. Setelah sudah tidak ada kotoran kucing, rendam pasir ke dalam air agar sisa kotoran dapat terpisah dari pasir.
  3. Jika sudah bersih, pindahkan pasir ke nampan secara merata.
  4. Kemudian semprotkan cairan desinfektan ke pasir kucing.
  5. Selanjutnya jemur nampan berisi pasir tersebut di bawah sinar matahari.
  6. Setelah pasir sudah kering, maka pasir sudah bisa digunakan kembali.
  7. Selesai.

Pastikan juga kotak tempat buang kotoran kucing sudah dibersihkan. Namun jika kamu belum tahu caranya, maka kamu bisa mengetahuinya di panduan berikutnya dibawah ini.

Membersihkan Kotak Kotoran

cara mencuci pasir kucing agar bersih dan tidak bau

Setelah kamu melakukan cara mencuci pasir kucing diatas, pastikan juga untuk membersihkan kotak tempat membuang kotoran kucing agar baunya bisa menghilang.

Pasalnya, akan percuma jika pasir sudah bersih namun tempatnya masih kotor. Karena bau dari kotoran kucing masih menempel di kotak pasir kucing tersebut.

Untuk membersihkannya, kamu harus menggosok dan menyikat bagian sudut dalam kotak. Gunakan air hangat dan deterjen yang tidak meninggalkan aroma yang kuat, misalnya sabun untuk cuci piring.

Setelah itu bilas sampai bersih sehingga tidak meninggalkan sisa sabun yang menempel. Hindari produk pembersih yang memiliki bau amonia dan sitrun karena kucing tidak suka dengan bau tersebut.

Selanjutnya keringkan kotak yang telah dicuci hingga benar-benar kering. Karena jika kotak masih dalam keadaan basah, maka pasir akan menempel di bagian sisi-sisi dan sudut kotak. Keringkan kotak dengan mengelapnya menggunakan handuk yang bersih.

Tips tambahan: Tambahkan sedikit soda kue ke dasar kotak sebelum litter atau pasir kucing dimasukkan. Pasalnya, soda kue mampu menyerap bau kotoran dan kencing dari kucing.

Nah, itulah beberapa tips sebagai cara kamu untuk mencuci pasir kucing agar tetap bersih dan tidak bau. Sangat mudah bukan? Sekarang kamu bisa lebih berhemat dalam pengeluaran kebutuhan pasir kucing.

Tinggalkan komentar