Ikan Manfish

Beranda » Ikan » Ikan Manfish

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda diantaranya ialah memelihara berbagai jenis hewan. Salah satu binatang yang sering dipilih ialah ikan hias yang memiliki berbagai bentuk yang unik dan indah seperti ikan manfish.

Saat Anda memiliki akuarium, tentu keinginan untuk memiliki beragam jenis ikan hias akan selalu muncul. Selain menjadi hobi yang menyenangkan, memiliki ikan hias juga akan membuat rumah menjadi lebih indah dan tenang.

Ikan hias sendiri memiliki beragam jenis dan juga karakteristik yang berbeda diantara satu jenis dan lainnya. Jika Anda gemar mengoleksi berbagai jenis ikan hias, jangan lupa untuk memelihara ikan jenis manfish yang tak kalah menawan.

Karakteristik Ikan Manfish

Karakteristik Ikan Manfish

Dari beragam jenis ikan hias yang dapat dijumpai, manfish merupakan salah satu ikan yang sangat cantik. Memiliki nama lain ikan angelfish, warna dan corak dari ikan ini sangat beragam sehingga membuatnya populer.

Ikan hias air tawar ini masuk dalam keluarga cichlids dan memiliki nama ilmiah Pterophyllum. Berasal dari sungai yang ada di amazon, ikan ini banyak ditemukan di bagian Ekuador Timur, Peru dan Brazil.

Karakteristik ikan manfish diantaranya memiliki bentuk layang layang dengan 2 lengan sirip kebawah. Ukuran panjang ikan ini dapat mencapai lebih dari 15 cm dan memiliki kepala yang mengerucut serta bentuk pipih.

Ternyata ikan ini ini juga masuk dalam kategori ikan ominovora dan memiliki sifat rakus dan galak. Jenis ikan ini tidak segan untuk bersikap galak dengan ikan jenis lainnya.

Anda bisa dengan mudah menemukan ikan ini dipasaran karena banyak pecinta ikan yang mencarinya.

Jenis Ikan Manfish

Jenis Ikan  Manfish

Setelah mengetahui karakteristik, sekarang Anda harus mengetahui berbagai jenis ikan manfish. Tidak sedikit jenis ikan manfish termahal yang selalu diburu oleh banyak orang.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap beragam jenis ikan manfish yang harus Anda ketahui.

Dusky Blushing

Dusky Blushing

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki keunikan pada karakteristik tubuhnya yakni di bagian pipi yang lebih merah. Selain itu pada bagian mata ada warna hitam atau yang biasa disebut dusky.

Sebutan lain dari ikan ini adalah ikan manfish putih dikarenakan warna putih yang menjadi dominan. Harga dari ikan ini beragam tergantung dengan ukurannya mulai dari Rp 10.000 – Rp 75.000.

Black Veil Angelfish

Black Veil Angelfish

Jenis ikan selanjutnya yang biasa dicari ialah Black Veil Angelfish yang memiliki warna hitam diseluruh tubuhnya. Selain itu ekor yang dimiliki juga lebih panjang seperti jenis ikan slayer.

Ikan hitam ini memiliki harga yang beragam mulai dari Rp 10.000 – Rp 70.000 sesuai dengan ukuran yang dipilih.

Black Lace Angelfish

Black Lace Angelfish

Jenis ikan ini menyerupai dengan jenis sebelumnya yakni black veil angelfish. Namun, warna hitam pada ikan jenis ini tidak terlalu pekat dan memiliki pola yang unik.

Jika dengan pencahayaan yang tepat, maka Anda bisa melihat berbagai jejak pola alami ikan ini. Harga jenis ikan ini juga tidak terlalu berbeda dengan jenis sebelumnya yakni Rp 15.000 – Rp 75.000

Albino Angelfish

Albino Angelfish

Seperti namanya ikan ini memiliki ciri khas albino yakni mata yang berwarna merah. Warnanya dominan putih dan sedikit sentuhan silver dan kekuningan, ikan ini dianggap sebagai mutasi genetik karena tidak memiliki warna hitam.

Selain itu, ikan jenis ini juga memiliki umur yang cenderung lebih pendek dibanding ikan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan ikan ini sangat sensitif dengan berbagai penyakit.

Jika Anda tertarik untuk merawat ikan ini maka Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 – Rp 100.000.

Ghost Angelfish

Ghost Angelfish

Pilihan jenis ikan manfish selanjutnya yang memiliki bentuk dan warna yang indah ialah Ghost Angelfish. Ikan ini tidak mempunyai jejak pigmentasi sehingga seluruh warna pada tubuhnya sama yakni perak.

Dengan bagian ekor yang transparan, ikan ini menjadi sangat cantik dan membuat Anda menjadi senang memeliharanya. Untuk harga satu ekor ikan ini berada di rentang Rp 10.000 – Rp 100.000 sesuai dengan ukuran.

Clown Angelfish

Clown Angelfish

Ikan clown Angelfish ini memiliki corak dan motif yang berbeda dengan jenis ikan lainnya. Motif bercak hitam dan totol totol hitam menghiasi berbagai tubuh ikan ini.

Untuk ekor ikan ini tidak terlalu panjang dan cenderung pendek dibandingkan dengan jenis lainnya. Harga jenis ikan ini adalah Rp 9.000 – Rp 10.000 sesuai dengan berat dan juga ukuran ikan.

Koi Angelfish

Koi Angelfish

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan koi yang memiliki motif dan karakteristik yang mudah dikenali. Ternyata ikan manfish juga memiliki motif yang serupa sehingga diberi nama Koi Angelfish.

Kombinasi warna yakni putih dengan corak oranye membuat ikan ini sangat mirip dengan ikan koi. Hanya saja, ukuran dan bentuknya jelas berbeda dengan ikan koi yang biasa ditemui.

Harga ikan ini jika Anda membelinya di toko ikan hias beragam mulai dari Rp 15.000 – Rp 75.000.

Half Black Angelfish

Half Black Angelfish

Corak unik lainnya yang bisa ditemukan pada ikan hias ini adalah setengah hitam. Jika sebelumnya terdapat jenis ikan manfish yang memiliki warna hitam pada seluruh tubuhnya, maka ikan ini hanya memiliki warna hitam sebagian.

Sementara bagian tubuh lainnya berwarna silver dengan bagian mata yang sedikit kemerahan. Jika tertarik untuk memiliki ikan ini Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 hingga Rp 30.000.

Marble Angelfish

Marble Angelfish

Tidak terlalu tertarik dengan ikan yang hanya memiliki satu warna dan cenderung polos? Jangan khawatir, Anda bisa memiliki marble angelfish yang memiliki corak diseluruh tubuhnya.

Ikan ini memiliki perpaduan warna hitam dan putih diseluruh tubuh mulai dari kepala hingga sirip. Harga ikan besar manfish marble ini cukup terjangkau yakni Rp 7.000 hingga Rp 20.000 untuk satu ekor ikan cantik.

Platinum Angelfish

Platinum Angelfish

Jika sebelumnya terdapat ikan yang memiliki warna hitam diseluruh tubuhnya, maka kali ini adalah warna silver. Dengan warna silver yang menutupi seluruh tubuhnya, ikan ini terlihat sangat indah.

Harga yang ditawarkan untuk seekor platinum angelfish cukup terjangkau yakni Rp 5.000 – Rp 25.000 untuk satu ekor.

Baca juga: Ikan Komet

Zebra Angelfish

Zebra Angelfish

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki corak seperti zebra yakni garis garis hitam pada tubuhnya. Pada bagian ekor juga terdapat motif garis garis namun lebih tipis.

Warna matanya ialah merah dengan bentuk tubuh yang pipih seperti jenis manfish lainnya. Harga untuk ikan ini dengan ukuran 3 cm ialah Rp 5.000 dan semakin besar ukurannya akan semakin mahal harganya.

Altum Angelfish

Altum Angelfish

Harga ikan manfish termahal sepertinya masih dimiliki oleh jenis Altum Angelfish yang memiliki motif indah. Dengan warna dan corak yang indah, ikan ini memang sangat menarik untuk dirawat.

Bahkan jika Anda pandai dalam merawat ikan ini, tubuhnya mampu mencapai 6 inci. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu ekor Altum Angelfish.

Leopard Angelfish

Leopard Angelfish

Pilihan ikan manfish dengan motif dan corak unik selanjutnya ialah Leopard Angelfish yang memiliki corak seperti leopard. Dengan motif titik titik hitam diseluruh tubuhnya ikan ini memiliki bentuk yang menarik.

Pada bagian ekor dan sirip, ikan ini memiliki motif garis garis tipis yang unik. Untuk harga juga sangat bergam yakni Rp 5.000 – Rp 30.000 per ekornya.

Silver Angelfish

Silver Angelfish

Ikan jenis ini memiliki motif yang serupa dengan zebra, namun garisnya lebih sedikit dan lebih tebal. Warna dominan untuk ikan ini adalah silver dari mulut hingga ekor.

Warna mata ikan ini adalah merah dan membuat tubuhnya semakin unik. Harga untuk seekor ikan ini beragam mulai dari Rp 5.000 – Rp 30.000 sesuai dengan ukuran dan panjang ikan.

Gold Angelfish

Gold Angelfish

Memang warna ikan manfish sangat beragam dan setiap jenis memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Jenis selanjutnya yang cukup sering dicari oleh pecinta ikan hias ialah Gold Angelfish.

Sesuai dengan namanya, tubuh ikan ini didominasi oleh warna emas dari kepala hingga ekor. Untuk mendapatkan seekor ikan ini Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 20.000 hingga Rp 100.000

Cara Budidaya Ikan Manfish

Cara Budidaya Ikan Manfish

Apakah Anda tertarik untuk melakukan budidaya ikan manfish dan memelihara ikan lebih banyak ? Melakukan budidaya memerlukan ketelitian yang tinggi serta keuletan yang disiplin.

Jika tertarik, tertarik terdapat beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sehingga budidaya berhasil. Berikut ini adalah beberapa persiapan terbaik untuk melakukan budidaya ikan.

Wadah Pemijahan

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah wadah yang digunakan untuk melakukan pemijahan. Anda bisa menggunakan akuarium maupun kolam ikan untuk melakukan hal ini.

Namun menggunakan akuarium akan menjadi lebih mudah karena Anda bisa melakukan pengawasan lebih mudah. Hal ini karena akuarium tembus pandang dan bisa diletakan di tempat yang mudah dilihat.

Ukuran akuarium yang tepat untuk melakukan budidaya diantaranya ialah 80 cm X 40 cm X 40 cm. Perawatan akuarium yang tepat juga harus dilakukan sehingga ikan bisa tumbuh dengan baik.

Jangan lupa untuk melakukan pembersihan dinding akuarium secara berkala dengan menggunakan spons. Anda juga bisa menggunakan desinfektan untuk memastikan bahwa akuarium telah bersih.

Setelah menggunakan desinfektan jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih sampai tidak ada sisa. Diamkan selama satu hari akuarium yang sudah diisi air, setelahnya akuarium sudah siap untuk ditinggali indukan.

Memilih Indukan

Untuk menyukseskan budidaya ikan manfish, pastikan memilih indukan manfish yang sehat untuk dijadikan indukan. Anda juga harus bisa membedakan mana indukan manfish jantan dan betina yang bagus dan terpilih.

Ciri ciri indukan yang bagus dan sehat diantaranya ialah ukuran kepala yang besar untuk manfish jantan. Selain itu manfish jantan juga memiliki bagian punggung yang cenderung kembung.

Sementara untuk manfish betina memiliki ciri diantaranya ialah bagian tubuh yang lebih besar dan menonjol. Pada bagian antara mulut dan sirip, terdapat sebuah garis.

Pemijahan Manfish

Setelah menemukan induk yang tepat maka masukkanlah indukan terpilih ke dalam akuarium.  Perbandingan antara betina dan jantan ialah 1: 1, jangan lupa untuk memberikan paralon pada akuarium.

Penggunaan paralon dimaksudkan untuk mendukung proses bertelur induk betina manfish. Induk betina akan mulai membersihkan paralon dan kemudian menempelkan telur pada paralon tersebut.

Sementara manfish jantan akan semakin sering untuk menyemprotkan telur yang sudah tertempel dengan sperma. Hal ini dilakukan untuk melakukan proses pembuahan.

Perawatan Larva

Setelah telur sudah banyak dalam akuarium maka segera pisahkan telur tersebut dari induknya. Hal ini untuk mencegah induk memakan telur telur tersebut sehingga budidaya bsa menjadi gagal.

Pisahkanlah telur dalam akuarium ke wadah lain yang sudah dibersihkan sehingga telur tetap steril.  Setelahnya tunggulah 2 hingga 3 hari sampai telur menetas dan akan menghasilkan larva ikan.

Pada saat sudah menjadi larva, maka Anda tidak perlu memberikan makanan sampai hari ketiga. Ikan masih memiliki cadangan sendiri sehingga mereka belum memerlukan pakan lainnya.

Namun setelah memasuki hari ke 4 maka Anda sudah bisa untuk memberikan mereka pakan. Pakan yang bisa diberikan diantaranya ialah artemia dan kutu air yang bisa diberikan saat mereka sudah mulai berenang.

Merawat Bibit Ikan

Setelah bibit ikan manfish berusia 1 bulan maka pisahkanlah mereka ke aquarium lain. Demi membuat ikan dapat tumbuh besar berilah makanan alami seperti cacing sutra.

Anda juga harus melakukan perawatan akuarium setiap 2 minggu sekali dan memberikan filter. Lakukan perawatan dengan baik hingga usia 3.5 bulan sebelum Anda bisa memindahkan ke tempat lain.

Untuk mengetahui apakah terdapat perubahan maka lakukanlah pemantauan setiap 1 bulan sekali. Anda bisa menggunakan timbangan digital maupun mistar untuk mengetahui ukuran ikan yang pasti.

Berilah makanan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari untuk membuat ikan dapat tumbuh dengan baik. Perhatikan makanan yang diberikan jangan sampai berlebihan dan menimbulkan sisa makanan yang membuat akuarium kotor.

Akan lebih baik jika takaran pakan yang diberikan secara perlahan ditambah. Hal ini akan membuat ukuran ikan menjadi terus bertambah pula.

Itulah berbagai jenis ikan manfish dan cara melakukan budidaya yang mudah. Dengan perlakuan yang telaten dari Anda maka ikan manfish akan dapat tumbuh dengan baik.

Tinggalkan komentar