Ikan Arwana

Beranda » Ikan » Ikan Arwana

Ikan arwana selalu disebut sebagai raja ikan hias karena corak warna dan bentuknya yang menawan. Ikan ini sebenarnya berasal dari perairan yang ditumbuhi pepohonan dengan akar dan batangnya tumbuh di dalam air.

Ikan air tawar ini memiliki berbagai jenis bentuk, warna dan habitat asal dari masing-masing spesies. Selain itu, ikan arwana memiliki tubuh yang unik sehingga sempat disebut sebagai ikan naga.

Bentuknya yang unik inilah yang membuat ikan hias yang satu ini memiliki harga jual yang cukup fantastis. Bahkan, terdapat beberapa jenis ikan arwana yang dibandrol dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Jika anda berniat untuk mengetahui lebih lanjut terkait ikan ini, berikut beberapa ulasannya.

Jenis Ikan Arwana

Jenis Ikan Arwana

Berikut berbagai jenis ikan arwana yang sangat populer bahkan memiliki nilai jual yang fantastis, berikut ini diantaranya:

Arwana Red Tail Golden

Red Tail Golden

Ikan dengan nama golden red ini memiliki sifat agresif yang sangat natural sehingga sulit ditangkap. Karakter warnanya adalah keemasan, biru dan hijau dengan pertumbuhan bentuk tubuh sampai 90 cm.

Jenis ini berasal dari pulau Sumatera Indonesia yang tepatnya berada di wilayah Riau, Pekanbaru dan sekitarnya. Harga ikan arwana red tail golden sekitar Rp 3 juta untuk anakan dan Rp 20 juta untuk dewasa.

Arwana Banjar

Arwana Banjar

Jenis yang sering disebut banjar red arowana ini tidak tampak seperti ikan arwana merah meskipun ada pada level dua warna merah. Warna sirip orange dan ekor kekuningan menjadi karakter yang paling menonjol pada ikan ini.

Panjang arwana red banjar bisa mencapai 90 cm dan bergerak sangat aktif. Sehingga membutuhkan kapasitas akuarium yang sangat besar. Harga anakannya berkisar Rp. 650.000 per ekor dan Rp 8 juta untuk dewasa.

Arwana Cross Back Golden

Cross Back Golden

Ikan arwana cross back golden memiliki beragam nama julukan lainnya selain nama latin. Seperti Malaysian Gold, Taiping Golden, Pahang Golden dan Malayan Bonytongue dengan berbagai tipe warna. Ciri khas ikan ini adalah warna emas yang mencolok pada bagian punggung.

Anda dapat menemukan ikan ini di Perak, danau bukit merah serta Johor. Harganya dibandrol hingga mencapai sekitar Rp 1,5 juta untuk anakan dan Rp 10 juta untuk dewasa.

Arwana Brazil

Arwana Brazil

Ikan arwana brazil atau silver arowana memiliki harga yang terjangkau sehingga sering dijumpai di Indonesia. Uniknya, untuk mendapat mangsa jenis arwana ini mampu melompat ke udara. Selain itu, arwana silver juga didukung dengan karakter bentuk tubuh dan sirip panjangnya.

Seluruh tubuhnya berwarna silver dan memiliki ukuran hingga 1 meter saat dewasa. Harga Ikan arwana silver ditawar dari harga Rp75.000 untuk per ekor jenis anakan, sedangkan untuk dewasa sekitar harga Rp 2 juta.

Arwana Papua

Arwana Papua

Selain disebut arwana jardini, jenis ini bernama latin Scleropages jardinii juga dinamakan gulf saratoga atau arwana Australia. Jenis ini tampil seperti ikan arwana asia yang habitat aslinya berada di Australia dan Papua.

Akan tetapi warna kuning keemasan pada ikan arwana Papua tidak terlalu mencolok. Memiliki ukuran sampai 90 cm dan beratnya bisa mencapai hingga 17 kg. Untuk harganya sekitar Rp 2,5 juta untuk dewasa, sedangkan untuk anakan sekitar Rp. 125.000 per ekor.

Arwana Hijau

Arwana Hijau

Green arowana atau arwana golden pino berasal dari Asia yang memiliki perpaduan warna hijau samar, kuning dan emas. Jenis ini sering ditemui di Indonesia, Thailand, Myanmar, Malaysia, Kamboja dan Vietnam.

Karakternya memiliki warna mencolok dan kepala yang lebih besar serta mampu tumbuh hingga 90 cm saat dewasa. Harga ikan arwana golden pino anakan sekitar Rp. 250.000  per ekor, sedangkan yang dewasa mencapai harga sekitar Rp 5,5 juta per ekor.

Arwana Batik

Arwana Batik

Ikan arwana batik atau Myanmar Arowana dipenuhi dengan sisik yang berbentuk pola ikan batik. Ditambah perpaduan warna perunggu dan silver yang lebih dominan membuatnya tampak unik dan cantik.

Karena bentuk dari pola warnanya yang sangat unik, jenis arwana yang satu ini memiliki harga yang sangat fantastis. Ikan arwana batik bisa mencapai hingga sekitar Rp 56 juta untuk satu ekornya saja.

Arwana Super Red

Super Red

Jenis arwana Asia ini tergolong atraktif dan berwarna merah mencolok. Jadi tidak heran kalau para kolektor ikan hias sangat tertarik dengan jenis arwana super red ini untuk dikoleksi.

Harga ikan bernama latin Scleropages dijual mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per ekor untuk anakan. Sedangkan untuk yang dewasa dibanderol dengan harga Rp 25 juta sampai Rp 48 juta per ekor.

Arwana Black Golden

Black Golden

Ikan golden based black adalah salah satu jenis ikan arwana termahal karena sisiknya yang berwarna keemasan. Arwana jenis ini hidup di area rawa-rawa sehingga sulit ditemukan.

Itulah sebabnya arwana ini memiliki pola warna hitam di bagian sisiknya. Arwana black golden yang sering ditemukan di Penang Malaysia dengan harga sekitar Rp 18 jutaan.

Arwana Platinum

Arwana Platinum

Harga ikan arwana termahal dicapai oleh jenis arwana platinum karena memiliki tampilan yang indah dan mempesona. Harganya bisa mencapai Rp 5,7 miliar karena merupakan jenis arwana tercantik dengan warna tubuh yang memukau.

Bagaimana tidak, jika terkena cahaya lampu tubuhnya juga turut bercahaya dan mengkilap seperti platinum. Tidak hanya itu, Anda juga akan dibuat takjub sekaligus kagum dengan tekstur tubuhnya yang sangat halus.

Umumnya, harga arwana super platinum sekitar Rp100 juta per ekor dengan kualitas standar. Sedangkan untuk kualitas terbaik bisa mencapai Rp500 juta per ekor dan Rp50 juta untuk yang anakan.

Arwana Albino

Arwana Albino

Jenis arwana yang satu ini bisa dibilang cukup langka namun memiliki warna yang sangat menakjubkan. Hal tersebut menyebabkan jenis arwana ini digolongkan dalam ikan hias kelas atas.

Jenis arwana yang memiliki bentuk tubuh seperti arwana silver brazil ini bertingkah laku angkuh serta anggun. Selain itu, warna albino juga lebih cenderung pucat kekuning-kuningan.

Pembeda yang paling jelas terlihat adalah pada warna mata ikan arwana albino yang memiliki warna dasar merah. Dimana warna merah tersebut adalah pembuluh darah halus yang terlihat karena albino tidak memiliki pigmen sama sekali.

Terlebih lagi, warna kekuningan tersebut muncul karena merupakan warna daging yang tidak tertutupi oleh warna sisik. Untuk harga jual arwana albino tergolong sangat fantastis, yakni 1:30 jika dibandingkan dengan arwana silver brazil.

Arwana Afrika

Arwana Afrika

Salah satu jenis ikan hias air tawar ini hampir sama dengan Arapaima yang berasal dari Sungai Nil. Mereka berasal dari Kamerun, Gambia dan Senegal yang merupakan daerah Afrika bagian timur.

Ikan arwana berkepala bulat ini memiliki bentuk tubuh panjang hingga mencapai 1 meter dengan berat 10 kg. Itulah kenapa ikan berwarna hitam ini tampak lucu dan menggemaskan.

Ikan ini tergolong predator tipe atas Top Feeder yang berguna untuk membersihkan makanan di permukaan air. Terlebih makanan yang tidak dapat dijangkau oleh ikan tipe bawah dan tengah.

Warna dari jenis african arowana ini adalah coklat, perunggu dan abu-abu yang paling banyak dijumpai di penjual ikan.

Baca juga: Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Arwana

Cara Merawat Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Akan tetapi ikan ini tergolong sangat agresif dan otoriter sehingga untuk memeliharanya harus memiliki tempat khusus yang hanya dihuni oleh hewan soliter ini.

Selain itu, ikan ini membutuhkan ruang yang sangat luas untuk dapat bergerak bebas. Dengan begitu, arwana dapat hidup dengan tenang dan memperpanjang usia.

Terutama bagi jenis arwana albino yang tergolong lebih sensitif karena tidak memiliki pigmen. Maka sebelum itu, persiapkan beberapa peralatan pendukung untuk akuarium yang besar.

Aerator

Nantinya alat ini akan menambah kandungan oksigen dalam air. Terlebih lagi sebagai penyuplai udara bersih dalam akuarium.

Heater dan termometer

Berguna ketika suhu udara menurun drastis. Nantinya alat ini dapat menormalkan suhu air dalam akuarium.

Filter

Sangat penting untuk membuat air di dalam akuarium tetap dalam keadaan bersih. Untuk itu dibutuhkan pembersihan atau penyaring kotoran seperti filter yang dapat diletakkan di dalam akuarium.

Lampu

Penggunaan lampu dapat menerangi akuarium sekaligus menampilkan corak indah dari warna ikan.

Selanjutnya agar ikan dapat bertahan lama, lakukan cara perawatan dengan baik dan benar, berikut tipsnya:

Ganti Air Secara Rutin

Setidaknya ganti air akuarium dengan air bersih sebanyak 50% setiap dua hari sekali. Untuk keseluruhan air dalam akuarium, dapat diganti setiap 3 bulan sekali. Akan tetapi disarankan untuk tidak membuang seluruh air akuarium, tapi sisakan dan ganti secara berkala.

Pemberian Makanan

Dengan rutin memberikan makanan yang cocok, maka ikan arwana dapat hidup lebih lama dalam keadaan sehat. Anda dapat memberinya makan dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore.

Sedangkan agar sisiknya lebih bagus, Anda dapat memberi makan kelabang, kodok dan udang dengan porsi bebas. Pakan lainnya seperti jangkrik, ikan kecil, kroto, belalang, ulat jerman, ulat hongkong dan pelet khusus.

Yang perlu diperhatikan adalah hindari memberikan obat-obatan jenis apapun agar sisik arwana tetap terawat dan lebih bagus.

Kondisi Akuarium

Atur suhu akuarium secara berkala dengan suhu sekitar 25-27 derajat celcius dan untuk PH air yang normal sekitar 6-8. Jika PH kurang, Anda perlu melarutkan kapur ke dalam akuarium.

Hias akuarium seindah mungkin agar arwana betah dan tidak stres. Sehingga samakan dekorasi akuarium dengan habitat asli arwana yang dirawat.

Cukup dengan perawatan tersebut, usia arwana bisa mencapai sampai 50 tahun. Karena panjang umurnya arwana juga ditentukan oleh perawatan yang bagus dan rutin.

Cara Budidaya Ikan Arwana

Cara Budidaya Ikan Arwana

Bagi pemula yang ingin membudidayakan ikan arwana boleh menggunakan akuarium saja. Selain sederhana, Anda juga tidak membutuhkan modal besar seperti budidaya ikan dalam kolam.

Berikut dibawah ini adalah beberapa langkah untuk membudidayakan ikan arwana dengan benar:

Siapkan Media

Siapkan sekitar 5 media akuarium untuk proses budidaya beserta alat perlengkapan. Siapkan aerator, filter air, alat pengatur suhu dan lampu untuk kebutuhan proses pembudidayaan.

Pemilihan Jenis

Penting memilih jenis ikan arwana yang hendak dikembangkan. Jika ingin mengambil keuntungan yang besar, disarankan memilih jenis arwana super red.

Karena selain banyak peminatnya, harga untuk benihya saja juga cukup fantastis, yakni sekitar Rp 1 juta per ekor. Namun jika Anda memiliki modal yang besar, alangkah lebih baik memilih alternatif jenis arwana yang lain.

Siapkan Indukan

Kualitas indukan akan menentukan perkembangbiakkan ikan selanjutnya. Bila indukan berkualitas bagus, maka besar kemungkinan hasil yang diperoleh juga akan baik. Pilihlah indukan arwana dengan kualitas terbaik dan sudah mencapai usia 4 tahun atau lebih.

Pisahkan untuk setiap jenis arwana yang akan dibudidayakan. Karena nantinya ikan indukan ini akan membutuhkan makanan khusus berupa udang.

Sangat penting dalam membedakan antara ikan arwana jantan dan betina. Arwana betina memiliki ukuran tubuh dan kepala yang lebih kecil, dan sebaliknya juga pada jantan. Arwana jantan memiliki ukuran tubuh dan kepala yang lebih besar dari betina.

Tentukan Waktu

Pilih waktu yang pas untuk proses perkembangbiakan. Dimana Anda harus dapat memahami ikan yang sudah menemukan pasangannya atau belum.

Ciri ikan arwana yang sudah menemukan pasangan, yakni ketika dua ikan yang berlainan sering berenang berdampingan. Selain itu, Anda juga bisa melihat kedekatan atau saling menempelnya kepala dan ekor.

Jika sudah, maka segera pindahkan ke dalam akuarium khusus pembudidayaan yang sudah dibuat senyaman mungkin.

Saat ikan betina sudah bertelur, maka yang jantan akan membuahi telur tersebut di dalam mulutnya seperti memakan semua telur. Namun faktanya, ikan arwana jantan menyimpannya hingga menjadi larva.

Setelah larva berumur 2 bulan, arwana jantan akan mengeluarkan larva tersebut dari mulutnya sehingga bisa berenang keluar.

Pembesaran Benih

Dalam proses pembesaran benih, makanan yang diberikan berbeda untuk setiap ukuran. Maka sangat dianjurkan untuk memisahkan ikan yang dikembangbiakkan dengan ikan lainnya.

Selanjutnya beri makan cacing pita untuk benih berukuran sekitar 1 cm. Berikan makanan tersebut sampai ikan berukuran sekitar 12 cm. Setelah mencapai ukuran 12 cm, pisahkan benih ikan dari induknya agar tidak dimakan oleh induknya ketika lapar.

Bentuk Ikan Arwana

Setelah proses pemisahan benih, kembangbiakkan sampai berukuran 25 dan 40 cm. Karena ukuran yang sering dicari adalah antara ukuran 25 sampai 40 cm.

Anda dapat menjemur ikan arwana saat pagi hari untuk menghasilkan warna yang alami. Karena pembentukan warna alami pada ikan ini berasal dari paparan sinar matahari pagi.

Nah, itulah beberapa tahap dalam budidaya ikan arwana yang bisa Anda lakukan. Ikan ini sangat menguntungkan karena memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Tinggalkan komentar